TutorialTips

Lupa Username dan Password BRI? Ini 5 Solusi untuk Mengatasinya

Lupa Username dan Password BRI itu artinya kamu harus melakukan sesuatu hal yang dapat membantu kamu untuk mengetahui kembali data login ke bank yang akan dituju.

Kesalahan dalam memasukkan username atau password BRI merupakan kesalahan dan hal buruk yang karena akan mengunci atau kemungkinan akan memblokir bank yang digunakan saat ini.

Biasanya ini sangat umum terjadi dan hampir semua orang sudah pernah mengalami hal tersebut. Kebanyakan orang jika mengalami peristiwa ini, akan mengunjungi secara langsung kantor cabang BRI terdekat yang ada disekitarnya.

Akan tetapi bagi kamu yang tidak memiliki waktu karena sibuk, ada beberapa cara lain untuk menanggulangi lupa username dan password BRI tersebut. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya pahami artikel ini sampai selesai.

Memahami Tentang Username dan Password BRI

Memahami Tentang Username dan Password BRI
Memahami Tentang Username dan Password BRI

Username dan password BRI merupakan informasi yang digunakan untuk mengakses akun perbankan yang dimiliki. Berikut adalah penjelasannya :

  • Username – Username BRI merupakan suatu identitas unik yang digunakan oleh pemilik akun untuk melakuakan login di bank BRI. Biasanya, username terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Username ini umumnya diberikan saat kamu mendaftarkan akun di Bank BRI.
  • Password – Password BRI merupakan kata sandi rahasia yang ditentukan sendiri oleh pengguna untuk mengamankan akun yang dimiliki. Password ini digunakan sebagai metode otentikasi untuk memastikan bahwa kamu adlah pemilik sah dari akun tersebut.

Dengan menggunakan username dan password BRI yang benar, maka kamu dapat mengakses akun perbankan melalui layanan online banking, seperti BRI Mobile atau Internet Banking BRI untuk melakukan transkasi.

Apa yang Terjadi Jika Username dan Password BRI Salah?

Kesalahan dalam memasukkan username dan password BRI merupakan suatu hal yang buruk karena dapat mengunci atau memblokir rekening pribadi yang dimiliki.

Baca Juga :  10+ Cara Melihat Tipe Laptop Asus Windows 11 Dengan Mudah

Pasalanya, bank BRI sendiri hanya memberikan 3 kali masa percobaan saja. Jika kamu melakukan percobaan ketiga kalinya namun ternyata username dan password yang dimiliki tetap salah, sebaiknya segera mendatangi kantor cabang BRI terdekat yang ada disekitar kamu.

Ini adalah tindakan keamnan yang umum diadopsi oleh banyak lembaga keuangan untuk melindungi akun dari upaya hacking atau akses yang tidak sah.

Jadi dalam hal ini, kamu tidak akan bisa masuk dan mengakses berbagai layanan yang disediakan oleh bank BRI hingga kunci otomatis dilepas atau dibuka kembali.

Cara Mengatasi Lupa Username dan Password BRI

Cara Mengatasi Lupa Username dan Password BRI
Cara Mengatasi Lupa Username dan Password BRI

Salah satu hal yang menjadi permasalahan besar terkait bank yaitu lupa username dan password BRI yang dimiliki, terlebih jika kamu ingin mengirimkan uang kepada seseorang.

Namun hal ini bukan lagi suatu kendala yang sulit untuk diatasi, pasalanya sudah ada berbagai cara yang dapat dicoba untuk mengatasi hal tersebut. Namun pastikan kamu belum melakukan percobaan atau kesalahan pengisian user id atau password sebanyak 3 kali.

Adapun beberapa cara mengatasi lupa username dan password BRI yang bisa kamu coba dengan mudah dan praktis, yaitu sebagai berikut.

1. Menghubungi Call Center BRI

Cara mengatasi lupa username dan password BRI yang pertama bisa kamu coba yaitu dengan menghubungi layanan call center BRI.

Namun sebelum melakukan panggilan, ada beberapa data yang harus dipersiapkan, seperti nama lengkap, nama ibu kandung, nomor rekening, dan pulsa yang mencukupi.

Setelah semua data tersebut sudah lengkap, ikuti langkah-langkah untuk menghubungi call center terkait lupa username dan password BRI dibawah ini.

  • Buka menu Telepon atau Call di ponsel kamu.
  • Ketikkan nomor call center di 14017 atau (021) 1500 017.
  • Lalu klik Panggil.
  • Setelah terhubung, pilih menu layanan Berbicara dengan CS.
  • Sampaikan kendala atau tujuan kamu terkait lupa username dan password.
  • Ikuti intruksi yang disampaikan oleh Customer Service.
  • Tunggu hingga CS selesai memvalidasi data yang telah kamu sampaikan.
  • Jika data sesuai, maka CS akan menyampaikan username dan password kamu.
Baca Juga :  6 Cara Melihat Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store

2. Mendatangi Kantor Cabang BRI

Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait lupa lupa username dan password BRI, kamu juga bisa mendatangi kantor cabang terdekat yang ada disekitar kamu.

Mendatangi Kantor Cabang BRI
Mendatangi Kantor Cabang BRI

Akan tetapi kamu harus membawa dokumen atau data pendukung yang akan diminta oleh petugas nantinya, mulai dari :

  • Buku Tabungan dan Kartu ATM.
  • Identitas diri berupa KTP.
  • Smartphone yang memiliki aplikasi BRImo.

Apabila semua data sudah lengkap, berikut adalah langkah-langkah untuk menyampaikan kendala terkait lupa username dan password BRI pada Customer Service yang bertugas.

  • Kunjungi cabang kantor BRI yang ada disekitarmu.
  • Minta atau ambil nomor antrian.
  • Tunggu hingga CS memanggil nomor antrian yang kamu miliki.
  • Pihak CS akan menanyakan tujuan kamu, sampaiken kendala terkait lupa username dan password BRI yang kamu miliki.
  • Petugas akan meminta dokumen yang telah kamu siapkan.
  • Setelah itu, ikuti intruksi yang disampaikan oleh petugas.
  • Tunggu hingga CS memberikan username dan password BRI kamu.

3. Mengecek Email Pendaftaran BRImo

Solusi lain yang dapat dilakukan untuk cara mengatasi lupa username atau password BRI yaitu dengan mengecek email pendaftaran BRImo yang dilakukan untuk melakukan verifikasi pendaftaran.

Untuk mengeceknya cukup mudah :

  • Tinggal buka email yang digunakan untuk mendaftarkan IB BRI atau Mobile Banking.
  • Buka menu Inbox.
  • Pada kolom pencarian ketikkan Ib BRi atau BRImo.
  • Lalu klik inbox tersebut, maka akan muncul informasi terkait user id BRI yang dimiliki.

4. Memanfaatkan Aplikasi BRImo

Lupa username dan password BRI dapat teratasi dengan mudah apabila kamu memiliki akses langsung ke aplikasi BRImo. Tetapi untuk mengetahui username dan password menggunakan cara ini, kamu harus memiliki pulsa.

Memanfaatkan Aplikasi BRImo
Memanfaatkan Aplikasi BRImo

Hal tersebut dikarenakan, pengguna perlu melakukan verifikasi SMS dan email aktif langsung untuk mendapatkan data login. Berikut adalah panduannya :

  • Silahkan buka aplikasi BRImo di perangkat smartphone kamu.
  • Klik Login dan pilih opsi Lupa Username/Password.
  • Lalu klik Lanjutkan.
  • Masukkan data yang diminta, mulai dari nomor KTP, nama ibu kandung, dan nomor rekening pengguna.
  • Setelah itu, klik Lanjutkan.
  • Maka akan muncul halaman konfirmasi data dan klik Lanjutkan.
  • Masukkan 4 digit nomor Hp terakhir yang terdaftar di BRImo.
  • Lanjutkan dengan mengklik Link pada SMS.
  • Pilih menu Lihat Username dan cek email yang terdaftar pada BRImo.
  • Masukkan kode OTP dari email yang telah dikirimkan oleh pihak BRI.
  • Terakhir, user id dan password akan tampil pada layar.
Baca Juga :  7 Cara Menemukan Agen BRILink Terdekat dari Lokasi Saya

Tips Agar Tidak Lupa Username dan Password BRI

Agar kejadian ini tidak terulang lagi, sebenarnya ada beberapa tips dan trik yang dapat kamu coba untuk menghindari lupa user id atau password BRI tersebut, seperti dibawah ini.

1. Membuat Catatan Khusus

Membuat catatan khusus untuk menyimpan username dan password BRi dapat menjadi salah satu cara untuk membantu kamu dalam mengingat informasi tersebut.

Catatan tersebut bisa kamu buat dengan memanfaatkan aplikasi yang didesain khusus untuk membuat catatan pengguna smartphone. Namun penting untuk menjaga keamanan catatan dengan baik, seperti :

  • Gunakan metode pengaman untuk catatan.
  • Enskripsi catatan.
  • Gunakan kode atau petunjuk yang hanya dimengerti oleh kamu sendiri.
  • Hindari memberikan perangkat ponsel kamu kepada orang yang tidak dikenali.

2. Hindari Menggunakan User ID atau Password Asal-Asalan

Tips agar tidak lupa username atau password BRI yaitu hindari menggunakan user ID dan password asal-asalan. Pasalnya, username atau password merupakan data login yang akan digunakan untuk kegiatan transaksi kamu sehari-hari.

Sebaiknya, gunakan user ID atau password yang berhubungan dengan kamu atau bisa kamu ingat. Akan tetapi, selalu hindari penggunaan password yang lemah untuk mencegah terjadinya hacking.

3. Gunakan Fitur Pengingat

Menggunakan fitur pengingat atau reminder juga tips yang berguna untuk membantu kamu mengingat username dan password BRI yang dimiliki. Karena dengan adanya fitur pengingat ini dapat membantu kamu mengakses kembali informasi login yang membuat kamu lupa.

4. Sering Mengakses Aplikasi BRImo atau Internet Banking

Sering mengakses aplikasi BRI Mobile (BRImo) atau Internet Banking juga dapat membantu kamu untuk mengingat username dan password BRI yang dimiliki.

Karena secara konsisten berinteraksi dengan aplikasi dapat memperkuat memori pengguna terkait informasi data login pada akun. Namun, penting untuk memastikan bahwa kamu mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat saat menggunakan aplikasi tersebut.

Artikel Menarik Lainnya : 5 Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo : Wajib anda ketahui!

Kesimpulan

Lupa Username dan Password BRI
Lupa Username dan Password BRI

Lupa username dan password BRI itu artinya kamu tidak bisa menggunakan layanan yang tersedia di Bank tersebut. Agar peristiwa ini tidak terjadi lagi setelah mencari tahu cara mengatasinya, sebaiknya simpan user ID dan password BRI kamu di catatan.

Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa memanfaatkan fitur pengingat yang terdapat pada aplikasi BRImo untuk memudahkan kamu mengetahui username dan password BRI.

Semoga informasi lupa username dan password BRI ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button