Tutorial

7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri: Mudah dan Pasti Berhasil!

Banyak orang yang mencari tau bagaimana cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri. Di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, laptop menjadi salah satu alat yang sangat penting bagi sebagian besar orang terutama bagi pelajar, perkantoran, pengusaha, dan yang lainnya. Namun kadang-kadang, masalah teknis dapat terjadi, seperti salah satunya yaitu kerusakan pada keyboard laptop yang mengalami ke eror-an dengan mengetik sendiri.

Ketika keyboard laptop anda mulai mengetik sendiri tanpa ada anda memencet tombol apapun, itu bisa menjadi pengalaman yang sangat menjengkelkan dan mengganggu produktivitas anda. Sebenarnya apakah yang menyebabkan keyboard laptop bisa mengetik sendiri? Jika kamu ingin mengetahui informasi terkait penyebab dan cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri, maka pastikan kamu tidak melewatkan satu poin pun dari yang jelaskan dalam artikel ini.

Penyebab Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Penyebab Keyboard Laptop Mengetik Sendiri
Penyebab Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Mencari tau apa saja penyebab keyboard laptop mengetik sendiri merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum lanjut ke bagaimana langkah cara mengatasinya. Nah, anda tidak perlu khawatir, karena dibawah ini kami akan menjelaskan sejumlah penyebab dari keyboard laptop mengetik sendiri. Silahkan kamu simak, dan pertimbangkan kira-kira bagian penyebab yang mana yang membuat keyboard laptop anda bermasalah.

Penyebab keyboard Laptop Mengetik Sendiri
Gangguan Fisik Keyboard kemasukan cairan
Penumpukan kotoran pada keyboard
Masalah Hardware Keyboard telah rusak
Konektor rusak dan sambungan kabel longgar
Masalah touchpad
Masalah Software Virus dan Malware
Masalah Driver
Gangguan perangkat eksternal
  • Keyboard kemasukan cairan

Penyebab Keyboard Laptop Mengetik Sendiri
Sumber: republika.co.id

Hal pertama yang menjadi penyebab paling umum membuat keyboard laptop mengetik sendiri adalah karena terkena tumpahan air yang masuk ke dalam bagian keyboard laptop melalui sela-sela. Kondisi ini merupakan salah satu penyebab kerusakan keyboard laptop yang paling sering terjadi. Tumpahan air pada keyboard dapat merusak sirkuit internal yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan permanen, sebagian tombol tidak responsif, ataupun membuat keyboard menjadi mengetik sendiri.

  • Penumpukan kotoran pada keyboard

Tak hanya karena cairan saja, namun debu dan kotoran juga dapat menyebabkan kerusakan pada keyboard laptop sehingga mengetik sendiri. Ketika kotoran sudah mendempul, maka serpihan nya akan masuk ke bawah tombol yang dapat mengganggu kinerja keyboard sehingga tombolnya menjadi tidak responsif ataupun menjadi error.

  • Keyboard telah rusak

Penyebab keyboard laptop mengetik sendiri yang berikutnya dapat juga disebabkan karena kondisi fisik keyboard yang memang sudah terdapat kerusakan. Adapun kerusakan keyboard yang umum terjadi adalah seperti tombol keyboard terjepit atau rusak yang dapat menghasilkan karakter yang muncul secara otomatis.

  • Masalah touchpad

Perlu untuk anda ketahui bahwa beberapa laptop memiliki toucpad yang sensitif. Adanya kerusakan pada toucpad ini dapat menyebabkan pergerakan kursor secara tidak terkontrol ataupun penekanan tombol secara otomatis.

  • Konektor rusak dan kabel longgar

Penyebab Keyboard Laptop Mengetik Sendiri
Sumber: www.geekokomputer.com

Selanjutnya yang menjadi penyebab keyboard laptop mengetik sendiri dapat juga disebabkan karena komponen yang terhubung ke keyboard seperti bagian kabel penghubung, konektor, ataupun motherboard mengalami kerusakan ataupun sambungannya yang longgar. Kerusakan ini dapat mempengaruhi perilaku keyboard dan perangkat input lainnya.

Baca Juga :  8 Cara Memindahkan Foto Dari Google Foto Ke Galeri dengan Mudah
  • Virus dan Malware

Terinfeksi virus atau malware dapat juga menyebabkan kerusakan pada laptop. Masuknya virus dan malware ini dapat menyebabkan keyboard laptop menjadi mengetik sendiri, beberapa tombol tidak dapat berfungsi dengan normal ataupun mengirimkan perintah yang salah.

  • Masalah Driver

Keyboard laptop mengetik sendiri juga dapat disebabkan oleh kondisi driver perangkat perangkat yang sudah usang atau rusak. Perlu untuk anda ketahui bahwa kerusakan pada driver ini dapat mengakibatkan masalah pada perangkat input, termasuk keyboard dan touchpad.

  • Gangguan perangkat eksternal

Yang terakhir penyebab keyboard laptop mengetik sendiri adalah karena adanya gangguan dari berbagai perangkat eksternal lainnya seperti mouse, pemakaian keyboard eksternal, ataupun perangkat lain yang terhubung ke laptop juga dapat memicu masalah jika tidak diinstal atau dikonfigurasi dengan benar.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Jika anda mengalami masalah terkait keyboard laptop anda yang mengetik sendiri, perlu untuk anda ingat yang pertama, anda tidak boleh langsung merasa panik dan dengan buru-buru membawa laptop ke tukang service. Cobalah untuk melakukan beberapa cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri secara bertahap mulai dari langkah yang paling sederhana dan mudah. Jika setelah langkah yang terakhir, keyboard laptop anda belum juga pulih kembali barulah anda membawa perangkat anda ke service center laptop.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri
Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

 

  • Restart Laptop

Cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri pada langkah pertama mulailah dengan merestart laptop, karena terkadang keyboard error dapat disebabkan oleh masalah perangkat lunak sementara yang dapat teratasi dengan mudah hanya dengan merestart/ mulai ulang perangkat.

  • Periksa fisik keyboard laptop

Selanjutnya, lakukanlah pemeriksaan terhadap fisik keyboard secara menyeluruh dengan hati-hati. Memeriksakan fisik keyboard laptop dapat dilakukan melalui beberapa langkah-langkah seperti berikut ini:

  1. Bersihkanlah terlebih dahulu keyboard laptop anda dari debu dan kotoran yang menempel dengan pelan menggunakan kain lembut ataupun tissu
  2. Periksa apakah ada tombol pada keyboard laptop yang rusak atau terjepit
  3. Jika penyebab laptop anda mengetik sendiri kemungkinannya disebabkan karena terkena cairan, maka letakkanlah laptop anda dengan posisi terbalik supaya air bisa keluar. Hindari menjemur laptop dibawah terik matahari, karena bisa justru merusak komponen lain dalam laptop
  4. Jika langkah diatas sudah anda lakukan, hidupkanlah kembali laptop anda dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.
  • Cabut semua perangkat eksternal yang terhubung ke laptop

Cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri yang berikutnya yaitu dengan memutuskan semua perangkat eksternal seperti mouse, keyboard eksternal, ataupun perangkat lainnya. Karena sama seperti yang telah kami sebutkan pada penyebab keyboard laptop mengetik sendiri, salah satunya disebabkan karena gangguan dari berbagai perangkat eksternal yang di install atau di konfigurasi dengan benar.

  • Scan Malware atau virus

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri
Sumber: www.pinhome.id/ Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Anda tentu mengetahui bahwa adanya virus atau malware dapat berdampak pada perangkat lunak laptop secara keseluruhan termasuk ke fungsi dan kinerja keyboard. Oleh karena itu, lakukanlah pemindahan antivirus/ malware untuk memeriksa apakah ada ancaman yang mengganggu.

  • Perbarui sistem operasi

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, salah satu kerusakan keyboard disebabkan oleh adanya masalah pada perangkat lunak. Karena itulah mengapa penting untuk selalu mengupdate software. Maka dari itu, periksalah apakah sistem operasi anda sudah yang terbaru atau belum. Perbarui langsung apabila sistem operasi perangkat anda telah kadaluarsa.

  • Perbarui driver keyboard

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri
Sumber: www.youtube.com/ Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Lanjut cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri yaitu dengan memperbarui drived keyboard. Driver merupakan salah satu bagian dari perangkat lunak yang menjadi penghubung komunikasi antara perangkat keras dengan sistem operasi. Cara memperbarui driver dapat dilakukan melalui sejumlah langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama, silahkan buka device manager (temukan pengaturan device manager melalui pencarian windows/ start)
  2. Cari menu “keyboard
  3. Klik kanan, lalu pilihlah opsi “update driver
  4. Setelah itu restart perangkat anda
  5. Sistem akan menginstal ulang driver keyboard
  • Bawa perangkat ke Teknisi komputer

Jika semua langkah diatas tidak berhasil memulihkan kondisi keyboard laptop anda agar fungsinya normal kembali, maka cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri yang terakhir adalah dengan membawa perangkat ke teknisi komputer profesional, karena masalah tersebut bisa jadi terkait dengan masalah perangkat keras (hardware) yang memerlukan perbaikan atau bahkan penggantian komponen.

Baca Juga :  6 Cara Melihat Keranjang Belanja Di TikTok

Akhir Kata

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri
Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Mengetahui bagaimana cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri merupakan langkah yang penting untuk dapat memulihkan kembali produktivitas dan kenyamanan anda dalam mengoperasikan perangkat anda. Nah, itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri yang dapat membantu kamu untuk memulihkan kembali kestabilan kinerja keyboard laptop anda.

Namun jika anda merasa kesulitan untuk melakukan sendiri langkah memperbaiki keyboard laptop mengetik sendiri seperti yang telah kami jelaskan dalam artikel ini, maka sebaiknya anda konsultasi kan langsung dengan teknisi komputer atau orang yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam bidang perangkat keras. Jangan biarkan masalah keyboard laptop anda yang mengetik sendiri berlarut-larut. Segeralah ambil tindakan sebelum sampai ke tingkat kerusakan yang lebih parah.

Back to top button