Tips

Kenapa HP Realme Tiba Tiba Mati Sendiri? Berikut 7 Penyebab dan Solusinya

Kenapa HP realme tiba tiba mati masih menjadi topik hangat belakangan ini. Masih banyak pengguna realme yang merasa bingung dan khawatir terhadap daya tahan smartphone yang saat ini mereka gunakan.

Di era digitalisasi seperti saat ini, smartphone semakin dibutuhkan sebagai sarana komunikasi, memperoleh informasi dan berbagi pengetahuan. Karena kebutuhan tersebut, sangat mengkhawatirkan jika ponsel kita terserang dan tiba-tiba mati.

Secara khusus Mocipay ingin menjawab kenapa HP realme tiba tiba mati dalam topik ini. Oleh karena itu, semua pengguna HP realme wajib mengikuti pembahasan berikut untuk menemukan alasan dan solusi terefektif.

Kenapa HP Realme Tiba Tiba Mati Sendiri

Realme salah satu daftar ponsel pintar yang diminati masyarakat. Meskipun realme tergolong produk yang baru masuk ke Indonesia pada tahu 2018, namun promosi dan kualitas yang ditawarkan perusahaan ini tidak perlu diragukan lagi.

Kenapa HP Realme Tiba Tiba Mati Sendiri
Kenapa HP Realme Tiba Tiba Mati Sendiri

Banyaknya pengguna ponsel realme tentu tidak lepas dari masalah-masalah ketika ponsel dioperasikan, karena itu kenapa HP realme tiba tiba mati kerap dilontarkan.

HP realme tiba-tiba mati tentu tidak lepas dari perawatannya dan usia pakai idealnya sendiri, namun secara umum berikut alasan kenapa HP realme tiba tiba mati sendiri yang perlu anda ketahui.

  • Kerusakan pada Sistem Aplikasi

Sistem error salah satu alasan kenapa HP realme tiba tiba mati. Ini merupakan permasalahan pada perangkat lunak yang tidak pernah di perbaharui. Inilah alasan mengapa ketika pemberitahuan update muncul anda harus segera memperbaharuinya.

Update ini dilakukan untuk memperbaharui bug atau error yang membuat sistem bekerja lambat dan menguras daya baterai. Kerusakan akibat sistem yang error biasanya ditandai dengan kegagalan memuat aplikasi atau muncul notifikasi aplikasi terhenti.

  • HP Terlalu Panas

Hp terlalu panas
Hp terlalu panas

Overheat atau HP terlalu panas merupakan masalah yang kerap terjadi pada sebuah ponsel, begitupun dengan HP realme.

Baca Juga :  3 Cara Mencairkan Paylater Gojek Lewat Tokopedia, Akulaku & Blibli

Ini terjadi karena HP digunakan dalam jangka waktu lama atau digunakan dalam lingkungan yang panas. Ketika anda memaksakan kinerja ponsel dari waktu ke waktu membuat chip-chip didalam HP menjadi panas dan meningkatkan suhu secara keseluruhan. Tentu saja hal ini membuat ponsel dalam masalah salah satunya padam secara tiba-tiba.

Selain lingkungan dan waktu pengoperasian, overheat pada HP realme juga disebabkan penggunaan aplikasi berat yang membutuhkan daya dalam jumlah besar untuk menjalankannya.

  • Baterai Bermasalah

Baterai bermasalah bisa menjadi faktor penyebab kenapa HP realme tiba tiba mati sendiri. Baterai yang sudah drop seperti kembung dan soak adalah masalahnya.

Kondisi HP sudah tidak bagus lagi atau sudah digunakan bertahun-tahun menjadi salah satu penyebabnya. Perlu anda ketahui bahwa presentasi baterai akan menurun drastis dari waktu ke waktu, terlebih jika anda tidak merawatnya secara efisien.

  • Adanya Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Adanya Aplikasi yang Tidak Kompatibel
Adanya Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Memasang aplikasi yang tidak support salah satu alasan umum kenapa HP realme tiba tiba mati. Biasanya aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem smartphone berakibat pada kerusakan salah satunya overheating yang sudah kita bahas.

Aplikasi-aplikasi berat akan membuat kerja HP semakin lambat dan rentan terserang malware. Pastikan anda mengetahui aman atau tidaknya sebuah aplikasi sebelum di gunakan dan mengunduh nya di perpustakaan android yaitu google play store.

  • Ruang Penyimpanan Penuh

Permasalahan ruang penyimpanan yang penuh bisa menjadi alasan kenapa HP realme tiba tiba mati. Aplikasi atau game yang terlalu banyak akan membuat memori anda semakin menipis, karenanya memori tidak mampu menjalankan sistem operasi yang berakibat padam.

  • Ada Komponen yang Mengalami Kerusakan

Ada Komponen yang Mengalami Kerusakan
Ada Komponen yang Mengalami Kerusakan

Kenapa HP realme tiba tiba mati? Mungkin kerusakan hardware penyebabnya. Semua komponen pada HP realme saling terkoneksi dalam sistem operasi perangkat, jika salah satu mengalami masalah tentu mempengaruhi keinerja yang lain dan berakibat kegagalan fungsi.

Biasanya komponen HP yang paling rentan adalah baterai, system on chip dan layar. Hardware atau komponen HP yang rawan rusak terjadi karena kebiasaan pengguna seperti membiarkan suhu ponsel panas atau tidak membersihkan cache secara berkala.

Baca Juga :  Techyhit Com: 8 Fitur Menarik Situs Penambah Followers

Bacaan menarik untuk anda: 5 Cara Cek HP Realme Bekas Yang Berkualitas

  • Kerusakan Fisik

Handphone memiliki komponen yang cukup rentan dan berakibat fatal jika tidak di rawat. LCD atau touchscreen merupakan komponen besar yang mudah rusak karena jatuh atau terkena goresan.

Apakah ponsel anda sering terjatuh dan terkena air? jika iya, kedua hal ini bisa menjadi penyebab kenapa HP realme tiba tiba mati. Air yang tertinggal membuat ponsel tidak bisa menyala, begitupun kerusakan LCD akibat sering terjatuh.

Solusi Mengatasi HP Realme Tiba Tiba Mati

Setelah menelaah ketujuh penyebab kenapa HP realme tiba tiba mati, tentu anda membutuhkan solusi yang sesuai untuk menanganinya.

Namun sebelum itu, kamu wajib memperhatikan dan melakukan pengecekan berdasarkan opsi-opsi yang sudah kami jabarkan. Masing-masing pembaca pembaca memiliki masalah yang berbeda, mengetahui kendala yang terjadi pada HP realme anda akan membantu mempercepat penyelesaikan.

  • Lakukan Force Start

Lakukan Force Start
Lakukan Force Start

Langkah pertama untuk menghidupkan HP realme yang tiba -tiba mati yaitu menekan dan menahan tombol power dan volume secara bersamaan selama 5 menit atau sampai muncul logo realme.

Pada beberapa kasus cara ini terbukti ampuh mengatasi HP realme yang mati tiba-tiba. Sebaiknya lakukan cara ini sambil mengisi daya atau pastikan sisa beterai ponsel anda masih banyak ketika padam.

  • Dinginkan dan Atur Penggunaan Ponsel

Suhu ponsel secara langsung mempengaruhi kinerja perangkat anda, sehingga overheating menjadi alasan kenapa HP realme tiba tiba mati.

Pertama-tama periksa suhu ponsel saat padam untuk mengetahui penyebabnya. Jika benar overheating masalahnya, anda harus mendinginkan ponsel sebentar lalu isi daya. Gunakan kabel pengisi daya original untuk mengantisipasi baterai terkuras habis akibat suhu terakhir.

Setelah itu, tekan tombol power atau lakukan force start untuk menghidupkan HP realme. Biasanya setelah suhu netral kinerja ponsel lebih lancar.

  • Isi Daya Ponsel

Isi daya ponsel
Isi daya ponsel

Apabila kedua cara diatas tidak membantu, maka solusi menghidupkan HP realme tiba tiba mati adalah mengisi daya beberapa jam kedepan. Sebenarnya cara ini dilakukan untuk memeriksa dan memastikan baterai ponsel terisi penuh sebelum force start dilakukan.

Nah, jika mendeteksi kerusakan fisik atau HP sebelumnya terkena air maka kamu bisa merendam ponsel kedalam beras semalaman (buka komponen terlebih dahulu). Ini mungkin terdengar kuno, namun beberapa pengguna mengklaim cara ini sangat membantu

  • Bawa ke Pusat Service

Ketika tiga cara diatas tidak membantu, maka membawa HP ke pusat service adalah solusi terbaik. Kamu bisa mendatangi realme service center atau tukang service di lokasi terdekat untuk menangani HP realme yang tiba-tiba padam.

Baca Juga :  Ingin Menjadi Youtuber Gaming? Ini yang Perlu Kamu Persiapkan

Disana teknisi akan memeriksa komponen-komponen HP untuk menemukan masalahnya. Kamu bisa memperbaiki ponsel setelah bernegosiasi tentang harga service dengan teknisi.

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Setelah HP menyala, langkah yang harus anda lakukan tentunya pemeliharaan untuk mencegah kendala yang sama terjadi berulang-ulang.

Oleh karena itu, periksa dan hapus aplikasi yang tidak kompatibel. Kamu bisa mengingat kembali aplikasi-aplikasi yang terpasang di unduh playstore ataupun tautan dari sumber yang tidak jelas. Jika benar, kamu harus membuang dan mendapatkan aplikasi yang sama secara resmi.

Ini juga akan membantu mempersempit penyebaran malware di HP kamu. Seperti yang kita ketahui, aplikasi yang tidak resmi biasanya di susupi virus yang membahayakan data pribadi dan perangkat.

Tips Merawat HP Realme

Tips merawat HP Realme
Tips merawat HP Realme

Merawat HP akan menghindari anda dari masalah ponsel lambat, tidak merespon dan tiba-tiba mati. Oleh karena itu, di ujung pembahasan kenapa HP realme tiba tiba mati Mocipay ingin berbagai beberapa tips merawat ponsel pintar anda supaya lebih awet.

Tips Deskripsi Singkat
Merawat baterai Untuk menjaga kualitas baterai hindari pengisian berlebihan. Isi baterai saat daya di kisaran 20% dan lepaskan kabel charger saat baterai penuh. Atur mesin pengingat (alarm) sesuai waktu biasanya anda mengisi baterai.
Hindari overheat Hindari penggunaan berat untuk menjaga suhu ponsel tetap stabil. Jangan memaksa HP beroperasi seharian penuh, berikan jeda dan matikan ponsel untuk merawat komponennya.
Memperbaharui perangkat lunak Perbaharui perangkat lunak setiap kali pemberitahuan update muncul. Ini akan membantu anda mencegah bug dan error sistem.
Optimalkan penyimpanan Selain menghapus aplikasi tidak kompatibel, anda juga harus mengoptimalkan penyimpanan untuk membantu operasi perangkat berjalan lancar.
Gunakan antivirus Menggunakan antivirus akan meminimalisir penyebaran malware pada ponsel. Jika enggan, kamu bisa memperhatikan kunjungan situs dan tautan yang dibuka.
Gunakan aplikasi dari sumber resmi Selalu pastikan anda mengunduh aplikasi dari google playstore yang merupakan perpustakaan resmi android.
Hindari kerusakan fisik Pasang casing dan pelindung layar berkualitas untuk melindungi perangkat dari benturan. Sebisa mungkin jauhkan HP realme anda dari hujan, genangan air atau benda keras.

Akhir Kata

Kenapa HP Realme Tiba Tiba Mati
Kenapa HP Realme Tiba Tiba Mati

Beberapa faktor penyebab kenapa HP realme tiba tiba mati sudah anda ketahui melalui pembahasan ini. Sejalan dengan faktor penyebab diatas, kamu bisa gunakan solusi yang sudah Mocipay rangkum.

Jangan lupa terapkan tips-tips merawat ponsel untuk mencegah timbulnya masalah yang sama dalam pengoperasian HP realme sahabat. Semoga informasi diatas bermanfaat, sekian.

Back to top button