Ragam

11+ Baju Termahal di Dunia, Ada Yang Sampai Milyaran Rupiah!

Tahukah kamu bahwa ada beberapa baju termahal di dunia yang dijual dengan harga fantastis? Bahkan, diperkirakan harganya bisa sama dengan harga 1 unit rumah mewah, lho.

Ada yang karena bahannya, memang bermerek atau brand nya, bahkan karena punya kisah historis tersendiri. Kamu mungkin penasaran baju apa saja yang harganya mahal itu. Di bawah ini akan dibahas sekaligus brand-brand pakaian mahal yang saat ini masih eksis.

Baju Termahal di Dunia

Daftar Baju Termahal Di Dunia dengan Harga Fantastis

Baju termahal di dunia
Sumber: Yabatex

Bisa jadi kamu tidak pernah menyangka jika ada baju dengan harga fantastis yang di luar nalar. Padahal kenyataannya, semua baju termahal di dunia tersebut benar-benar ada.

Berikut beberapa baju termahal di dunia yang bisa kamu ketahui, yaitu:

1. Kaos Konser Led Zeppelin Tahun 1979 di Knebworth House

Pertama ada kaos konser Led Zeppelin sekitar tahun 1979 silam yang berlangsung di Knebworth House. Bisa dibilang, kaos ini sangat langka di dunia. Sebab saat itu digunakan sebagai tiket masuk ke belakang panggung untuk satu dari 2 konser Zeppelin di kota tersebut.

Oleh sebab itu, kaos konser Led Zeppelin dicetak dalam jumlah sangat terbatas. Hanya mereka yang dianggap cukup istimewa dan mendapatkan akses belakang panggunglah yang menggunakan kaos ini di tahun 1979.

Setelah konser di Knebworth Inggris sebanyak 2 kali, kaos ini pun mengalami kelangkaan. Sampai menjadikannya sebagai aset berharga bagi penggemar hardcore Zeppelin. Sekaligus menjadikannya sebagai baju termahal di dunia hingga sekarang.

Lalu berapa tepatnya harga baju tersebut? Melansir thericest.com, selama dilakukan lelang di eBay, kaos ini telah dilaporkan berhasil terjual dengan harga $ 10.000 atau sekitar Rp 142 juta pada penggemar Zeppelin garis keras.

2. Kaos Grafis Marilyn Manson 1992

Salah satu hal yang menjadikan kaos ini menjadi baju termahal di dunia karena didesain sendiri oleh Brian Warner atau yang biasa diberi julukan Marilyn Manson. Lebih tepatnya dulu saat masih tampil dengan nama “Marilyn Manson and The Spooky Kids”.

Konon, kaos yang menjadi baju termahal di dunia ini diberikan pada sesama musisi di fort Lauderdale, Florida. Tepatnya sebelum Manson menandatangani kontrak dengan Trent Reznor. Setelah itu, dirinya pun menghilangkan “Spooky Kids” dari nama panggungnya.

Oleh karena sangat dianggap ikonik, kaos ini diketahui sudah terjual dengan harga di luar nalar. Kalau kamu lihat di situs eBay kaos Marilyn Manson 1992 dibanderol sekitar $ 11,111 atau setara Rp 158 juta.

Buat kamu yang ingin berpenampilan elegan dan mempesona, maka bisa kombinasikan baju termahal di dunia dengan perhiasan indah seperti batu safir. Yuk, cek Inilah 5 Batu Safir Termahal dan Terindah di Dunia ini, ya.

3. Kaos Run DMC dari Adidas

Kaos Run DMC Adidas
Sumber: Triads

Selanjutnya ada kaos Rum DMC dari Adidas. Awalnya, perilisan kaos ini digunakan sebagai alat promosi demi membantu menjual pertunjukkan Run DMC di tahun 1980-an. Kaos Rum DMC by Adidas ini termasuk kaos hip hop yang saat itu lumayan menjadi trend.

Baca Juga :  Kuota Nonton Lokal Telkomsel Untuk Aplikasi Apa Saja? Ini Penjelasannya

Tahun 80-an menjadikan kaos hip hop tersebut justru mengalami kelangkaan. Padahal pada masa tersebut popularitasnya makin meninggi. Belum lagi, status Rum DMC dianggap makin ikonik. Semuanya makin membuatnya menjadi baju termahal di dunia.

Bagaimana tidak begitu, karena mungkin kamu tak akan percaya jika tahu berapa setiap unit kaosnya. Dilaporkan, kaos Run DMC telah terjual dengan harga $ 13,000 pada sebuah lelang. Data ini disebut cukup valid karena dikeluarkan sendiri oleh situs MoneyInc.

Selain itu, faktor yang membuatnya begitu bernilai adalah kaos tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan raksasa streetwear Adidas. Mereka yang bisa dikatakan sangat populer mengeluarkan produk unik dengan harga tinggi.

4. Kaos Tulisan “Home” dari John Lennon

Masuk jajaran baju termahal di dunia lainnya adalah kaos bertuliskan “Home” dari John Lennon. Bisa dibilang sedikit orang yang tak tahu siapa John Lennon. Penyanyi legendaris yang semasa hidupnya sering terlihat menggunakan kaos bertuliskan “Home”.

Sebagai informasi saja, tulisan “Home” yang tertera pada kaos John Lennon tersebut adalah logo restoran ternama yaitu Home. John Lennon kedapatan menggunakan kaos yang sama pada beberapa kesempatan.

Tidak hanya ketika menunjukkan performa di atas panggung, John Lennon juga mengenakannya saat di rumah untuk berfoto. Pada beberapa penampilannya di layar kaca pun John Lennon terlihat menggunakan kaos ikonik tersebut.

Salah satu baju termahal di dunia itu nyatanya dimaksudkan untuk mempromosikan restoran Home. Entah karena restorannya memang terkenal, atau telah dipakai oleh musisi legenda, kaos “Home” begitu dicari.

Tidak sedikit yang rela membayar mahal untuk membelinya sebagai koleksi. Untuk diketahui, tampilan kaos “Home” John Lennon terlihat cukup biasa dengan warna coklat yang mendominasi.

Namun jangan tanya berapa harga kaos tersebut berhasil terjual. Pastinya sangat mahal, karena per potongnya mencapai $ 16.400 atau setara Rp 233 juta. Bagaimana? Para Penggemar John Lennon apa berminat untuk membelinya?

5. Kaos Gambar “Donald Trump” dari Supreme

Berikutnya masih ada lagi baju termahal di dunia kali ini pun masih sebuah kaos. Uniknya, kaos termahal tersebut bergambar tokoh politik terkenal yaitu Donald Trump. Tidak tanggung-tanggung, kaos berharga fantastik ini dirilis oleh Supreme.

Brand populer yang biasa mengeluarkan produk dengan harga-harga mahal. Sekitar tahun 2023, Supreme diketahui sedang berkolaborasi dengan Molodkin untuk meluncurkan beberapa jenis produk kaos box-logo.

Walaupun saat itu, sampel dari kaos desain keduanya sudah dirilis, namun masih dianggap cukup sulit untuk menemukan sejumlah kaos tersebut di pasaran. Ternyata, penyebabnya adalah kaos tersebut dijual secara online.

Bahkan, banyak sumber menyebutkan baju termahal di dunia itu dijual secara terbatas. Membuat pembeli harus mengeluarkan effort sangat besar untuk bisa menemukannya. Atas dasar fakta ini, jangan heran jika harganya pun menjadi tinggi menjulang.

Satu diantara sekian kaos yang terkenal adalah bergambar negatif Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Gambar foto orang penting di US tersebut menjadi aksesoris belakang kaos. Berapa harganya jangan kaget.

Per unit kaos Donald Trump tersebut, berhasil terjual dengan harga mencapai $ 22,000 atau setara dengan Rp 312 juta. Walaupun begitu, kaos tersebut masih diburu banyak orang. Sebab bagaimanapun juga Supreme adalah merk streetwear terkenal.

6. Kaos Sutra Keith Haring

Kaos Keith Haring
Sumber: Etsy

Berikutnya masih ada baju termahal di dunia berupa kaos Keith Haring. Bagi yang belum tahu, Keith Haring adalah seorang seniman jalanan ikonik di tahun 1980-an. Dirinya mendapatkan ketenaran dengan menulis tanda-tanda kereta bawah tanah di kota New York.

Setelah itu, banyak karyanya yang muncul di berbagai tempat lainnya. Seperti di beberapa dinding museum tersohor di dunia. Mulai dari sana, Haring pun mulai mencetak kaos, pin, hingga kaos desain sendiri.

Baca Juga :  35+ Distributor Telur Ayam Terdekat Di Semua Kota Di Indonesia

Setelah jadi, Haring juga menjualnya di Pop Shop ikonik yang sangat terkenal di kota New York. Satu dari sekian karya Hering yang dibuatnya tahun 1980-an adalah sebuah kaos sutra bergambar kartun dengan gaya khas seni darinya.

Wajar jika menjadi baju termahal di dunia, karena kaos tersebut berhasil dibandrol dengan harga fantastis. Harganya mencapai $ 25,900 atau setara dengan Rp 368 juta per unitnya. Bagaimana dengan tampilannya, apakah cocok dengan harganya?

Silahkan kamu bayangkan sendiri, kaos yang disaring dengan tangan seorang seniman. Harng berusaha menampilkan karya dan adegan gaya kartun dalam kaos. Belum lagi hiasan berupa tetesan cat yang dibuat dari proses kreatif sang maestro seni Keith Haring sudah pasti fenomenal.

Kamu juga bisa cek 10 Merek Mobil Buatan Indonesia yang Mendunia disini, ya!

7. Kaos Olimpiade 1996 Kolaborasi Hanes dan UNICEF

Sekitar tahun 1996 di Atlanta, UNICEF dan Amerika Serikat diketahui sedang menjalin kerjasama dengan Hanes untuk membuat lelang kaos. Pada awalnya, lelang kaos tersebut dimaksudkan untuk membantu anak-anak miskin di seluruh dunia.

Masa awal penjualan, kaos ini hanya terjual sebesar US$ 1 saja, atau setara Rp 14.500,-. Namun, seiring berkembangnya waktu kaos olimpiade 1996 tersebut juga menjadi kian langka. Kaos ini pun berubah menjadi baju termahal di dunia.

Kaos tersebut dilelang hingga harganya mencapai US$ 42,000 atau setara dengan Rp 612,3 juta. Menariknya lagi, UNICEF dan Hanes berhasil mengumpulkan keuntungan lebih dari $ 1 juta per hari selama beberapa hari selama Olimpiade 1996 dari penggalangan tersebut.

8. Kaos “Revolution” The Beatles dari Nike

Selanjutnya adalah kaos dari merek pabrikan streetwear terpopuler lainnya yaitu Nike. Ada kaos dari Nike dengan tulisan “Revolution” yang dibandrol dengan harga fantastis. Revolution sendiri diambil dari salah satu judul lagu band The Beatles yang sangat tenar.

Kaos Nike “Revolution” menjadi baju termahal di dunia karena berhasil terjual dengan fantastis. Sekitar $ 50.000 atau Rp 711,2 juta dalam sebuah lelang yang digelar. Fakta lain menyebutkan jika di tahun 1987, Nike menggunakan lagu Revolution dari The Beatles untuk kampanye iklan mereka.

Oleh karena lagunya memang populer, membuatnya menjadi identik dengan citra budaya merek Nike sendiri. Oleh sebab itu, Nike memutuskan untuk membuat kaos dengan tulisan “Revolution”. Namun, berbeda dengan pihak The Beatles sendiri.

Mereka terlihat menentang keras penggunaan lagi Revolution untuk kepentingan komersial Nike. Walaupun tetap saja, Michael Jackson lah yang punya hak atas musik tersebut pada masa itu. Akhirnya Nike membuat keputusan untuk menarik iklan tersebut termasuk produk dengan lisensi resmi The Beatles.

Pada saat itu pun kaos Revolution yang sudah mahal menjadi makin langka. Harganya pun makin melejit. Sampai-sampai membuatnya masuk daftar baju termahal di dunia yang paling dicari hingga saat ini.

9. Kaos Motif Kulit Buaya dari Hermes

Kaos Hermes
Sumber: Merdeka

Bagi penggemar Fashion, mungkin sudah sangat familiar dengan merek Hermes. Bagaimana tidak, jika memang Hermes sendiri adalah salah satu brand fashion ternama dengan harga super fantastis.

Bukan hanya baju, namun tas, aksesoris hingga produk fashion lainnya terbukti selalu laris dan diburu oleh para pesohor hingga konglomerat di seluruh dunia. Jadi, kamu jangan sampai heran jika kaos dari Hermes tak ada yang murah.

Bahkan, ada produk mereka yang sampai menjadi baju termahal di dunia. Berjenis kaos dengan aksen motif buaya, berhasil dijual dengan harga di luar nalar. Bagi yang terbiasa koleksi produk Hermes mungkin tahu pakaian ini.

Oleh karena dari brand terkenal, kaos kulit buaya tersebut memiliki tampilan luar biasa mewah. Seban, dibuat memang dari kulit buaya asli, non sintesis sedikit pun. Kalau merasa penasaran, kaos ini dibandrol dengan harga $ 91, 500 atau sekitar Rp 1,3 miliar.

Baca Juga :  30+ Rekomendasi Kartu Kredit Yang Banyak Promo Menarik dan Pasti Untung

10. Kaos Bergambar Pesawat dari UNICEF

UNICEF diketahui tidak hanya melakukan kolaborasi dengan Hanes saja untuk olimpiade 1996 silam. Walaupun pada saat itu hasil kerjasama keduanya menuai sukses besar karena berhasil menjual produk fashion dengan harga fantastis.

Lembaga bergengsi dunia itu pun terlihat kembali membuat gebrakan baru yaitu baju termahal di dunia lebih tepatnya di sebuah acara pelelangan. UNICEF membuat produk fashion berbentuk kaos katun yang juga dimaksudkan dengan tujuan penggalangan dana.

Kamu mungkin tidak percaya, karena kaos tersebut diproduksi sangat terbatas. Di dunia diketahui jumlahnya hanya ada 12 buah saja. Siapa saja yang berhasil memilikinya pasti sangat beruntung.

Untuk desain kaosnya sendiri diberikan gambar pesawat yang sedang menjatuhkan box bantuan. Lumayan unik, dan seakan memberikan nilai tersendiri bagi para kolektor. Namun nyatanya, kaos tersebut jatuh ke tangan seorang dermawan.

Kala itu, sang dermawan berhasil membeli baju termahal di dunia itu dengan harga $ 300,00 atau sekitar Rp 4,26 miliar. Jika dihitung, untuk ukuran kaos katun harga tersebut tentunya sangat mahal. Namun mengingat hanya seberapa unit yang diproduksi, sebetulnya wajar saja.

Oleh karena produksi kaos tersebut memang untuk menggalang dana, semua hasil penjualan pin disalurkan ke gedung utama UNICEF di Kopenhagen. Di mana gedung tersebut merupakan tempat pendistribusian makanan dan perlengkapan anak-anak miskin dan kelaparan di Nairobi, Kenya.

11. Kaos Superlative Luxury

Diluncurkan di London sekaligus menjadi baju termahal yang pernah diproduksi di dunia. Harganya bahkan setara dengan mobil mewah Lamborghini. Sesuai harganya, kaos tersebut dinamai “Superlative Luxury”.

Hal yang membuatnya mewah dan berkelas dan menjadi baju termahal di dunia adalah karena diklaim terbuat dari energi hijau murni. Dalam proses produksinya mereka menggunakan energi matahari. Jadi bisa dikatakan 100% bebas CO2 (karbondioksida).

Belum lagi bagaimana cantiknya desain yang ditampilkan. Mereka memberikan akses bertatahkan berlian 9 karat hitam dan putih sebanyak 16 buah. Semua berlian yang disematkan disebut-sebut sangat langka di dunia.

Maka wajar jika harganya memang agak di luar nalar. Jelas tak semua orang mampu membelinya. Per unit kaos Superlative Luxury tersebut dibandrol hingga $ 400,000 atau setara dengan Rp 5,68 miliar.

12. Baju Supreme X Molodkin Sample Box Logo

Masuk jajaran baju termahal di dunia lainnya adalah Supreme x molodkin sample box logo. Lagi-lagi dari brand streetwear populer dunia yaitu Supreme. Baju ini dulu pertama kali diluncurkan tahun 2003. Hal yang membuatnya unik adalah beberapa sampel dari perilisan kaos ini hampir tidak terlihat di pasaran.

Belakangan diketahui, penjualannya dilakukan secara online. Walaupun begitu, nyatanya untuk mendapatkan baju tersebut seseorang perlu menyiapkan usaha yang cukup besar. Mengingat tidak sedikit yang menginginkannya sebagai koleksi.

Selain itu, baju ini juga dikenal begitu langka. Kalau pun sampai ditemukan, harganya terbilang fantastis. Mencapai $ 22.000 atau setara dengan Rp 320,7 juta. Ada yang ikut mencari juga?

Tips Mengecek Baju Original atau Imitasi

Tips Penjelasan
Perhatikan Label dan Tag Label dan tag pada baju asli biasanya dirancang dengan rapi dan berisi informasi tentang merek dan bahan. Label KW cenderung lebih kasar.
Bandingkan Harga Bandingkan harga baju dengan harga yang umumnya berlaku. Harga yang terlalu murah dapat menjadi indikasi produk KW.
Cek Kualitas Jahitan Jahitan pada baju asli biasanya rapi dan kuat. Jahitan KW mungkin tampak lebih kasar dan tidak rapi.
Perhatikan Logo dan Desain Periksa dengan cermat logo dan desain. Logo yang palsu sering memiliki perbedaan dalam warna, bentuk, atau proporsi dibandingkan dengan logo asli.
Pengecekan Kode Seri Beberapa merek menggunakan kode seri unik pada produk asli. Periksa apakah ada kode seri pada produk dan verifikasikan keasliannya jika perlu.
Pembelian Dari Sumber Terpercaya Belilah baju dari sumber yang terpercaya, seperti toko resmi merek atau situs web resmi, untuk memastikan keaslian produk.
Baju Termahal di Dunia
Baju Termahal di Dunia

Itulah beberapa baju termahal di dunia yang bisa kamu ketahui. Harganya tidak main-main karena per potong bisa mencapai ratusan juta rupiah. Beberapa memang berasal dari merek ternama seperti Hermen, Supreme, dan lainnya. Jadi, tidak heran sampai bernilai fantastis.

Back to top button