Ragam

Rincian Biaya Hidup Di Australia Yang Harus Anda Ketahui

Inilah Rincian Biaya Hidup Di Australia Yang Harus Anda Ketahui! – Bagi Anda yang berencana ingin tinggal di Australia, tentunya harus mengetahui biaya hidup di Australia. Sebab, dengan mengetahui hal tersebut bisa menghindarkan Anda dari berbagai masalah finansial ketika tinggal di Australia.

Rincian Biaya Hidup Di Australia

Rincian Biaya Hidup Di Australia
Rincian Biaya Hidup Di Australia

Perlu Anda ketahui, biaya hidup di Australia antara satu orang dengan yang lainnya bisa berbeda-beda. Perbedaan dari biaya hidup di Australia ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kebutuhan bulanan, status, penghasilan dan lain sebagainya. Nah, adapun perkiraan biaya yang dibutuhkan saat berada di Australia berdasarkan status seseorang Anda sebagai berikut:

  • Pekerja

    Pekerja
    Pekerja

Jika Anda berstatus sebagai seorang pekerja, maka setidaknya biaya hidup di Australia yang perlu Anda keluarkan setiap bulannya adalah sekitar $2.150 sampai $4.000. Jumlah tersebut jika di rupiah-kan adalah 22.1 sampai 41.2 juta rupiah. Namun jumlah tersebut dapat berkurang jika Anda mau berhemat dan mengatur pengeluaran sebaik mungkin.

Untuk Anda yang ingin memangkas pengeluaran bulanan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti misalnya memasak sendiri makanan Anda, membawa bekal saat bekerja, dan menyewa rumah yang bertipe studio di kawasan pinggiran. Sebab, harga sewa rumah tipe studio yang berada di pinggiran kota tentunya akan jauh lebih murah.

Bagi Anda yang berencana membeli rumah di Australia tentunya estimasi di atas kurang valid. Sebab harga rumah di Australia terutama di wilayah perkotaan tergolong cukup mahal. Oleh karena itulah, ketika hendak membeli rumah Anda perlu melakukan persiapan yang matang dan bekerja dengan keras agar bisa membeli rumah idaman.

Baca Juga: Review Vaseline Gluta Hya: Rangkaian, Manfaat dan Harga

  • Mahasiswa Atau Pelajar

    Mahasiswa Atau Pelajar
    Mahasiswa Atau Pelajar

Biaya hidup di Australia yang diperlukan oleh pelajar atau mahasiswa setiap bulannya berkisaran di antara $1.100 hingga $2.50. Jumlah ini apabila di konversi ke rupiah adalah 1.8 sampai 25.7 juta rupiah. Namun pengeluaran ini jumlahnya bisa berkurang apabila Anda mendapatkan beasiswa dari pemerintah atau pun yayasan. Terutama jika beasiswa tersebut tidak hanya mencakup biaya pendidikan, namun biaya transportasi, tempat tinggal dan makan.

Nah, untuk Anda yang tidak mendapatkan beasiswa atau hanya mendapatkan beasiswa namun hanya beberapa biaya pendidikan, ada beberapa tips agar bisa menghemat pengeluaran. Seperti misalnya memanfaatkan fasilitas asrama yang disediakan oleh kampus, tidak menggunakan kendaraan pribadi, serta mengurangi kebiasaan konsumtif.

Beli barang yang memang dibutuhkan, bukan hanya karena mengikuti gaya atau tren. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat hiburan, pastikan untuk tidak melakukannya terlalu sering agar pengeluaran Anda tidak membengkak. Karena itulah, ada baiknya Anda membuat jadwal berlibur agar pengeluaran Anda tetap stabil.

  • Berkeluarga

    Berkeluarga
    Berkeluarga

Rincian biaya hidup jika Anda memiliki status berkeluarga adalah berkisaran di antara $3.540 sampai $6.000 alias 36.5 sampai Rp61.9 rupiah. Namun biaya ini hanya berlaku jika Anda tinggal berdua dengan pasangan saja. Jika Anda sudah memiliki anak, tentunya jumlahnya akan jauh lebih banyak dibandingkan perkiraan di atas.

Baca Juga :  8 Distributor ATK Termurah Di Indonesia Terbaru 2024

Hal ini dikarenakan, ketika memiliki anak akan ada pengeluaran tambahan seperti biaya makan, sekolah, dan lain sebagainya. Untuk itu, bagi Anda yang berencana memiliki Anda, ada baiknya mempersiapkan dana terlebih dahulu. Tujuannya agar masa depan dari si anak terjamin, sehingga anak dapat tumbuh dan berembang dengan baik sebagaimana mestinya.

Agar hal tersebut bisa terwujud, Anda dan pasangan harus saling bekerja sama. Sebab, tanpa bekerja sama akan sulit akan mengumpulkan dana untuk masa depan anak. Karena itulah, jaga komunikasi yang baik dengan pasangan demi masa depan yang cerah untuk calon anak.

Tips Berhemat Ketika Tinggal di Australia

Tips Berhemat Ketika Tinggal di Australia
Tips Berhemat Ketika Tinggal di Australia

Setelah mengetahui biaya hidup di Australia, tentunya Anda juga harus mengetahui tips berhemat ketika tinggal di Australia. Karena, tanpa mengetahui tips berhemat ketika tinggal di Australia bisa menyebabkan Anda terlibat dengan berbagai masalah finansial. Oleh sebab itu, dibawah ini adalah tips berhemat selama tinggal di Australia:

1. Buat Daftar Belanja

Tips pertama jika Anda ingin berhemat selama tinggal di Australia adalah dengan membuat daftar belanja. Dengan membuat daftar belanja, akan menghindarkan Anda dari sifat impulsif dan konsumtif karena membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Tidak hanya itu, membuat daftar belanjaan sebelum berbelanja tanpa disadari juga membantu Anda dalam mengatur pengeluaran bulanan. Dengan begitu pengeluaran bulanan Anda tidak akan membengkak melebihi daftar belanjaan.

Karena itulah, sebelum berbelanja catat apa saja yang hendak dibeli dengan melihat jumlah persediaan barang tersebut di rumah Anda. Pastikan total dari jumlah barang yang Anda beli tidak menghabiskan semua dana yang Anda miliki. Sebab, Anda harus tetap memiliki tabungan yang nantinya digunakan untuk keperluan mendadak. Jangan sampai Anda tidak memiliki tabungan sama sekali, sebab akan menyusahkan diri sendiri nantinya.

2. Belanja Barang Diskon

Tips berikutnya jika Anda ingin menghemat pengeluaran selama tinggal di Australia adalah dengan membeli barang-barang diskon. Hal ini seba, ketika Anda membeli barang yang sedang diskon, secara otomatis biaya hidup di Australia yang harus Anda keluarkan akan menurun. Dengan menurunnya biaya bulanan yang harus Anda keluarkan tersebut akan membuat jumlah uang yang bisa Anda tabung menjadi lebih banyak.

Karena itulah, saat berbelanja Anda harus jeli melihat barang atau toko yang sedang mengadakan diskon. Nah, pada umumnya barang akan mendapatkan diskon cukup banyak ketika sedang merayakan hari besar atau ulang tahun dari tempat tersebut. Oleh sebab itu, cobalah menghafalkan atau mencatat hari-hari penting tersebut agar ketika berbelanja Anda akan mendapatkan diskon.

Baca Juga :  20 Digit Kode PLN Periksa: Hilangkan Tanda Peringatan "Periksa" pada Token Listrik

3. Buat Skala Prioritas

Tips berhemat selanjutnya adalah dengan membuat skala prioritas. Dengan membuat skala prioritas Anda akan mengetahui kebutuhan mana yang harus didahulukan. Tanpa membuat skala prioritas, bukan tidak mungkin akan membuat Anda mengutamakan membeli atau melakukan pembayaran yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Akibatnya, kebutuhan utama terabaikan dan membuat kehidupan menjadi kacau. Untuk mengurangi kemungkinan hal itu terjadi, Anda perlu membuat skala prioritas. Untuk poin-poin nya, mulai dengan kebutuhan yang sangat penting hingga yang tidak terlalu penting. Jika semua kebutuhan penting telah terdaftar dan ternyata masih terdapat sisa dana, maka Anda boleh membeli kebutuhan yang kurang penting tersebut.

4. Memasak Makanan Sendiri

Memasak sendiri juga merupakan salah satu cara jitu jika Anda ingin menghemat pengeluaran. Sebab, membuat masakan sendiri untuk makan akan jauh lebih murah dibandingkan membeli makanan di tempat makan. Hal ini dikarenakan dengan memasak sendiri makanan Anda bisa menyesuaikan pendapatan dengan pengeluaran untuk makan. Karena itu, jika Anda memang ingin berhemat bisa dimulai dengan memasak makan sendiri.

Nah, bagi Anda yang ingin berhemat mulailah dengan memasak makan yang sederhana namun kaya akan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan hanya karena ingin berhemat Anda mengabaikan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, jika Anda tidak memperhatikan kandungan gizi pada tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

5. Turunkan Gaya Hidup

Cara berhemat yang terakhir adalah dengan menurunkan gaya hidup dan menghindari gaya hidup konsumtif. Contoh menurunkan gaya hidup adalah dengan mengurangi kebiasaan mengeluarkan uang untuk hal yang kurang penting. Seperti misalnya jika Anda hampir setiap hari pergi ke kafe, maka Anda harus mengganti kebiasaan tersebut dengan mengunjungi kafe hanya satu kali dalam seminggu.

Selain itu, kebiasaan membeli barang-barang bermerek yang menghabiskan banyak uang juga perlu dikurangi. Sebab dengan melakukan hal tersebut, maka secara otomatis pengeluaran Anda akan menjadi jauh lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

Perbandingan Biaya Hidup Negara Lain Dengan Australia

Selain harus mengetahui biaya hidup di Australia, Anda juga perlu mengetahui biaya hidup di negara lain. Dengan mengetahui hal tersebut Anda akan tahu perbandingan biaya hidup antar negara. Nantinya informasi tersebut dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan apakah anda yakin untuk pindah dan menetap di Australia.

Perbedaan biaya hidup di Australia dengan negara lain ini dapat diakibatkan oleh berbagai faktor yang menyertainya. Beberapa faktor tersebut di antaranya gaya hidup, harga bahan makanan, tempat tinggal dan lain sebagainya. Nah adapun perbandingan biaya hidup di Australia dengan negara lainnya adalah sebagai berikut:

1.   Australia Dengan Inggris

Perbandingan biaya hidup Australia dengan inggris tidak terlalu besar. Sebab perbandingan biaya hidup di Australia dengan Inggris berada di rentang kisaran yang sama yaitu £8.00 hingga £1.300. Angka tersebut jika dipecahkan jumlahnya sekitar 14 juta hingga 23 juta rupiah. Alasan yang mendasari jumlah biaya hidup di Inggris dan Australia tidak terlalu jauh berbeda adalah kerja sama ekonomi antara dua negara tersebut.

Baca Juga :  Tabel Kur Mandiri 2024: Plafon 5 Juta Hingga 500 Juta

Sedikit tips untuk Anda yang ingin tinggal di kedua negara tersebut namun dengan biaya hidup yang rendah, hindari tinggal di kota besar seperti London dan Sydney. Karena meskipun gaji yang diterima ketika bekerja di kota besar cukup tinggi, biaya hidup di kota besar tentunya juga akan sama tingginya. Sebaliknya, jika Anda tinggal di kota kecil UMR dan biaya hidupnya tidak akan setinggi di kota-kota besar.

2.   Australia Dengan Amerika

Bagi Anda yang berencana tinggal di Amerika, maka Anda harus bersiap untuk menyiapkan biaya hidup 23 hingga 55 juta sebulan. Biaya hidup di Amerika memang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan biaya hidup di Australia. Untuk alasan utama yang membuat biaya hidup di Amerika dengan Australia sangat berbeda adalah terletak pada UMR-nya dari kedua negara tersebut.

Selain itu jumlah penduduk, gaya hidup, harga bahan pokok, dan tingkat inflasi juga menyebabkan perbedaan biaya hidup dari kedua negara tersebut. Jadi jika Anda datang ke kedua negara tersebut jangan terkejut apabila biaya hidupnya sangat berbeda. Tetapi yang terpenting, negara mana pun yang akan Anda pilih untuk tinggali pastikan Anda sudah bersiap dengan biaya hidup di negara tersebut.

Karena pindah dan menetap ke suatu negara asing tanpa persiapan akan membuat Anda mengalami masalah finansial yang akan merepotkan diri sendiri. Sebab, tentunya Anda tidak ingin sampai mengalami hal yang merepotkan dan tidak menyenangkan seperti itu.

Biaya Hidup Di Australia
Biaya Hidup Di Australia

Selain biaya hidup di Australia, kami juga menyediakan gambaran kelebihan dan kekurangan hidup di Negara maju tersebut seperti :

Aspek Kelebihan Tinggal di Australia Kekurangan Tinggal di Australia
Kesempatan ekonomi Peluang pekerjaan yang baik dan gaji yang tinggi Biaya hidup yang tinggi
Kualitas hidup Standar hidup yang tinggi, layanan kesehatan dan pendidikan berkualitas Cuaca yang tidak menentu
Lingkungan alami Keindahan alam, pantai, dan taman nasional yang menakjubkan Risiko kebakaran hutan
Keamanan dan stabilitas Tingkat kejahatan yang rendah dan stabilitas politik Biaya properti yang tinggi
Sistem pendidikan Sistem pendidikan berkualitas tinggi dan universitas ternama Biaya pendidikan yang tinggi
Keanekaragaman budaya Masyarakat yang multikultural dan toleransi budaya Persaingan pekerjaan yang ketat
Akses pelayanan kesehatan Sistem kesehatan universal dan akses yang baik ke perawatan medis Waktu tunggu dalam sistem kesehatan
Kesempatan imigrasi Program imigrasi yang terbuka untuk berbagai kategori Proses imigrasi yang panjang dan rumit
Keberagaman fauna Keanekaragaman satwa liar dan hewan endemik unik Beberapa hewan berbahaya
Kualitas udara bersih Udara segar dan kualitas lingkungan yang baik Pemanasan global dan cuaca ekstrim

Nah itulah tadi informasi mengenai gambaran biaya hidup di Australia serta penjelasan lainnya seputar Negara Australia. Semoga informasi mengenai perkiraan biaya hidup di Negara Australia di atas bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk pindah ke Australia.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button