Ragam

Rincian Biaya Umroh 2 Orang Terbaru 2024 Sesuai Paket yang Dipilih!

Rincian Biaya Umroh 2 Orang Terbaru 2024 Sesuai Paket yang Dipilih! – Bagi Anda di rumah yang mungkin berencana melaksanakan ibadah umroh dalam waktu dekat, maka sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu informasi seputar rincian biaya umroh 2 orang terbaru di tahun 2024.

Terlebih lagi, biaya melaksanakan ibadah umroh sendiri terbilang bervariasi sesuai dengan paket yang dipilih oleh pengguna. Oleh karena itulah pada artikel berikut ini, akan dijelaskan secara detail mengenai rincian biaya umroh 2 orang dan beberapa hal penting sebelum melaksanakan ibadah umroh nantinya.

Berapa Rincian Biaya Umroh 2 Orang Sesuai Paket yang Dipilih Pengguna?

Biaya Umroh 2 Orang Sesuai Paket yang Dipilih Pengguna
Biaya Umroh 2 Orang Sesuai Paket yang Dipilih Pengguna

Belakangan ini, ketertarikan umat Muslim di Indonesia akan pelaksanaan ibadah umroh terbilang semakin meningkat. Hal ini wajar, dikarenakan ibadah umroh menjadi opsi alternatif bagi umat Muslim yang tidak bisa melaksanakan ibadah haji karena keterbatasan kuota haji yang sudah ditetapkan oleh pihak terkait.

Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah, kira-kira berapa rincian biaya umroh 2 orang yang harus Anda persiapkan nantinya? Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kisaran biaya umroh untuk 2 orang, Anda perlu tahu bahwa haji dan umroh merupakan dua jenis ibadah yang sangat penting bagi umat Islam.

Meskipun sama-sama dilaksanakan di Tanah Suci, akan tetapi kedua jenis ibadah tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk mempermudah Anda dalam membedakan antara ibadah haji dan umroh, maka bisa melihat tabel penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh
Pengertian ·         Haji

Ibadah tahunan dengan mengunjungi Baitullah atas niat beribadah kepada Allah SWT di waktu yang sudah ditentukan.

 

·         Umroh

Berkunjung ke Baitullah dengan niat ibadah kepada Allah SWT dengan waktu yang tidak ditentukan.

Hukum Pelaksanaan Ibadah ·         Haji

Haji merupakan rukun Islam yang memiliki hukum wajib bagi umat Islam, khususnya bagi mereka yang mampu secara fisik dan finansial.

 

·         Umroh

Hukum umroh menurut sejumlah ulama, menyatakan wajib. Akan tetapi ada Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi, yang mana menyatakan bahwa hukum umroh adalah sunnah mu’akkad / sunnah yang sangat dianjurkan.

Waktu Pelaksanaan ·         Haji

Waktu pelaksanaan ibadah haji sendiri, yakni di waktu tertentu dalam 1 tahun.

·         Umroh

Ibadah umroh, biasanya dilakukan kapan saja dalam setahun dan tidak terikat dengan waktu-waktu tertentu.

Rukun Ibadah ·         Haji

Rukun ibadah ada beberapa hal seperti Ihram, Wukuf di Arafah, Thawaf Ifadhah, Sa’i, Tahallul dan tertib.

 

·         Umroh

Rukun ibadah umroh seperti halnya ibadah haji, hanya saja tidak ada Wukuf di Arafah.

Kewajiban yang Dijalankan ·         Haji

Ibadah haji memiliki 5 kewajiban, yakni niat Ihram dari Miqat, Mabit di Muzdalifah, Mabit di Mina, melempar jumrah dan Thawaf Wada’.

 

·         Umroh

Sementara ibadah umroh memiliki dua kewajiban, yakni Ihram dan menjauhi larangan Ihram.

Durasi Pelaksanaan Ibadah ·         Haji

Ibadah haji biasanya memiliki durasi pelaksanaan sekitar 40 hari di Tanah Suci.

 

·         Umroh

Sementara durasi pelaksanaan ibadah umroh, yakni sekitar 9 sampai 12 hari perjalanan.

Perbedaan Biaya ·         Haji

Biaya ibadah haji cenderung lebih mahal.

 

·         Umroh

Biaya ibadah umroh relatif lebih terjangkau. Meski demikian, Anda perlu tahu terlebih dahulu informasi seputar rincian biaya umroh 2 orang atau sesuai jumlah orang yang ingin diajak ibadah bersama.

Apabila ingin melaksanakan ibadah umroh, maka perlu mengetahui terlebih dahulu seputar rincian biaya umroh 2 orang. Dalam hal ini, biaya umroh biasanya terdiri dari beberapa komponen yang perlu dipertimbangkan, mulai dari tiket pesawat, visa umroh, transportasi di Arab Saudi, biaya akomodasi, makanan dan ziarah ke tempat-tempat suci.

Adapun biaya umroh sendiri, umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti halnya tanggal keberangkatan, durasi perjalanan, jenis paket umroh dan fasilitas yang dipilih oleh para pengguna. Dari beberapa faktor tersebut, disini akan kita bahas mengenai rincian biaya umroh 2 orang yang dipengaruhi oleh jenis paket yang ditawarkan.

Beberapa pilihan paket yang ditawarkan oleh pihak jasa travel umroh, biasanya menawarkan biaya umroh yang berbeda-beda. Agar Anda lebih jelas dan paham, maka bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: 3 Contoh Soal HOTS dan Jawaban Ketenagakerjaan Dan Pengangguran

  • Paket Umroh Reguler

    Paket Umroh Reguler
    Paket Umroh Reguler

Mengenai pilihan paket umroh yang pertama, yakni ada paket umroh reguler. Paket umroh reguler satu ini, umumnya mencakup biaya tiket penerbangan, visa umroh, hotel, makan tiga kali, bus dengan AC, Muthowwif, pembimbing, air zam-zam, perlengkapan dan manasik.

Umumnya paket umroh reguler ini banyak diminati oleh kalangan masyarakat, dikarenakan fokus kegiatannya memang pada pelaksanaan ibadah umroh. Adapun mengenai rincian biaya umroh 2 orang untuk jenis paket umroh reguler sendiri, tentunya cukup terjangkau bagi para pengguna.

Yang mana, pengguna yang ingin memilih paket umroh ini, maka perlu menyiapkan biaya umroh sekitar Rp 24 juta – Rp 28 juta per orang dengan pilihan hotel yang beragam. Sementara itu, untuk durasi perjalanan umroh yang dilakukan yakni selama 9 hari.

  • Paket Umroh Ekonomis

Selain paket umroh reguler, Anda juga bisa memilih jenis paket umroh lain yakni paket umroh ekonomis. Dalam hal ini dikatakan, bahwa paket umroh ekonomis sendiri telah memiliki fasilitas seperti halnya paket umroh reguler.

Hanya saja yang membedakan paket umroh ekonomis dengan reguler, yakni pada fasilitas unggulan yang diberikan di dalamnya. Yang mana pada paket umroh ekonomis, biasanya akan ada fasilitas lebih unggul berupa maskapai dan hotel yang berbeda dari paket umroh reguler.

Untuk rincian biaya umroh 2 orang pada paket umroh ekonomis sendiri, biasanya sekitar Rp 26,9 juta per orangnya. Sehingga jika Anda ingin berangkat umroh untuk dua orang, maka bisa memperhitungkan berapa budget yang harus dikeluarkan nantinya.

  • Paket Umroh Plus City Tour

Jauh berbeda dengan jenis paket umroh reguler dan ekonomis, paket  umroh plus city tour ini menawarkan layanan yang berbeda. Yang mana paket umroh satu ini bisa dijadikan pilihan, apabila Anda menginginkan menjalankan kegiatan ibadah umroh sembari liburan ke beberapa negara yang ingin dituju.

Baik itu ke negara Turki, Dubai maupun ke berbagai negara Timur Tengah lainnya yang Anda inginkan selama ini. Meski demikian, prioritas utama dari paket umroh satu ini tetap pada pelaksanaan ibadah umroh.

Terkait rincian biaya umroh 2 orang pada paket umroh plus city tour sendiri, tentunya sedikit lebih mahal sekitar Rp 28 juta sampai Rp 35 juta untuk setiap orangnya. Adapun mengenai durasi perjalanan yang ditawarkan di paket umroh plus city tour ini, yakni sekitar 12 sampai dengan 14 hari.

  • Paket Umroh VIP

Apabila Anda menginginkan pengalaman menjalankan kegiatan ibadah umroh dengan fasilitas yang eksklusif dan mewah, maka bisa menggunakan paket umroh VIP untuk 2 orang satu ini. Dengan menawarkan rincian biaya umroh 2 orang yang terbilang cukup mahal, paket umroh satu ini juga menyediakan fasilitas penunjang yang pastinya unggulan bagi pengguna.

Hal ini terlihat dari mulai fasilitas hotel, transportasi yang digunakan, makanan yang disediakan, tiket pesawat, dan lain-lain ditambah dengan fasilitas wisata liburan menarik. Pada pilihan paket umroh VIP satu ini, Anda akan diberikan fasilitas hotel bintang 5 yang lokasinya berada di dekat Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Untuk menggunakan paket umroh VIP satu ini, Anda perlu menyiapkan rincian biaya umroh 2 orang sebesar Rp 35 juta sampai Rp 40 juta setiap orangnya. Meskipun biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal, akan tetapi dari segi fasilitas yang diberikan tidak perlu diragukan lagi.

Tips Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berangkat Umroh

Setelah membahas mengenai kisaran rincian biaya umroh 2 orang dengan beberapa pilihan paket umroh yang ditawarkan, maka selanjutnya Anda harus tahu seputar beberapa tips yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat umroh.

Beberapa persiapan penting yang perlu Anda persiapkan sebelum berangkat umroh, di antaranya yakni sebagai berikut :

1. Pilih Agen Travel Umroh dengan Kredibilitas Terbaik

Pilih Agen Travel Umroh dengan Kredibilitas Terbaik
Pilih Agen Travel Umroh dengan Kredibilitas Terbaik

Tips penting yang perlu Anda lakukan pertama sebelum berangkat umroh, yakni pastikan terlebih dahulu untuk memilih pihak agen travel umroh yang sudah memiliki kredibilitas yang baik.

Agen travel umroh yang berkualitas dan terpercaya, biasanya sudah memiliki informasi nama perusahaan, alamat, keberadaan kantor fisik, surat izin hingga NPWP perusahaan yang jelas.

Oleh karena itulah sebelum menggunakan jasa agen travel umroh, pastikan Anda melakukan pengecekan informasi tersebut terlebih dahulu.

2. Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Pribadi

Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Pribadi
Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Pribadi

Hampir sama seperti ketika Anda berlibur ke suatu tempat, membawa perlengkapan pribadi ketika umroh juga penting untuk Anda persiapkan dengan baik dan matang.

Disini, Anda bisa membawa beberapa perlengkapan pribadi yang dibutuhkan selama menjalani ibadah umroh seperti baju ihram, baju tidur, baju sehari-hari, buku doa dan Al Qur;an, alat mandi, sandal, sepatu, jaket, masker dan perlengkapan pribadi lainnya.

Dan yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni Anda perlu membawa beberapa obat-obatan dan vitamin pribadi untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap fit saat menjalani ibadah umroh nantinya.

3. Cek Jadwal Perjalanan dan Fasilitas Umroh yang Dipilih

Umumnya, pelaksanaan ibadah umroh dilakukan selama kurang lebih 9 hari, yang mana dihitung mulai dari masa keberangkatan dan kepulangan jemaah umroh. Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini sudah banyak jasa agen travel umroh yang turut memberikan fasilitas tambahan bagi pengguna berupa fasilitas wisata ke beberapa destinasi religi.

Jika Anda memilih paket umroh dengan tambahan layanan liburan ke beberapa negara tertentu, sebaiknya perlu mengecek jadwal perjalanan dan fasilitas umroh yang dipilih agar ibadah umroh yang dilaksanakan berjalan lancar dan nyaman.

4. Lihat Budget Umroh yang Harus Dikeluarkan

Yang tidak kalah penting untuk Anda persiapkan sebelum berangkat umroh, yakni melihat rincian biaya umroh 2 orang yang harus dikeluarkan nantinya.

Sebab meskipun berangkat dengan menggunakan jasa agen travel, Anda sendiri juga perlu untuk mengalokasikan sejumlah uang untuk kebutuhan lain yang bisa saja muncul secara tiba-tiba ke depannya nanti.

Dengan menerapkan salah satu tips penting sebelum berangkat ibadah umroh satu ini, maka risiko terjadinya pembengkakan biaya umroh dapat diminimalisir dengan baik.

 

Rincian Biaya Umroh 2 Orang
Rincian Biaya Umroh 2 Orang

Jadi, itulah tadi informasi penting yang bisa Anda ketahui mengenai rincian biaya umroh 2 orang terbaru di tahun 2024, yang mana bisa disesuaikan dengan pilihan paket umroh yang diinginkan.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button