Tutorial

8 Penyebab dan Cara Mengaktifkan ShopeePay yang Dinonaktifkan

Saat shopeepay dibekukan kamu mungkin berkunjung dalam artikel ini untuk mengetahui penyebab dan cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan untuk melanjutkan transaksi.

Memang, shopeepay kerap mengalami masalah yang membuatnya dinonaktifkan sementara dan permanen. Ini tentu meresahkan kamu yang memanfaatkan dompet digital shopee ini dalam bertransaksi pada aplikasi dan merchant tertentu.

Sekarang buang kekhawatiranmu itu, sebab Mocipay akan menyampaikan informasi penyebab shopeepay dibekukan berikut langkah  untuk mengaktifkanya kembali. Tanpa berlama-lama berikut merupakan uraian seputar shopeepay dan hal-hal yang berkaitan dengan pembahasan kita!

Tentang ShopeePay

Shopee merupakan salah satu platform marketplace terbesar dan terpopuler di Indonesia. Shopee menawarkan keunggulan seperti ragam produk, cara berbelanja yang mudah dan berbagai voucher-voucher yang menggiurkan.

shopeePay
shopeePay

Dalam penggunaanya shopee menawarkan layanan dompet digital bernama shopeePay yang memberikan kemudahan-kemudahan bagi penggunanya. ShopeePay sendiri sebagai layanan uang virtual yang dapat digunakan dalam pembayaran transaksi online dalam aplikasi shopee dan secara offline pada merchant yang menerima pembayaran melalui QRIS dan ShopeePay.

Shopeeapy salah satu dari banyaknya metode pembayaran yang tersedia di shopee, karena merupakan dompet digital yang ditawarkan shopee ada banyak keuntungan jika pengguna memanfaatkanya dalam berbagai transaksi, diantaranya:

  1. Mendapatkan cashback 1% hingga 50.000 koin shopee
  2. Pembayaran yang mudah, pengguna cukup top up shopeepay untuk melakukan semua transaksi dalam shopee.
  3. Mendapatkan voucher gratis ongkir lebih banyak apabila pengguna menggunakan shopeepay sebagai metode pembayaran.
  4. Biaya penanganan Shopeepay adalah 0% yang berarti kamu bebas biaya penanganan saat transaksi.

Artikel terkait shopeepay lainya Cara Convert Pulsa ke Shopeepay Gratis Biaya Admin Bank

Baca Juga :  5+ Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank dan Manfaatnya

Penyebab ShopeePay Dinonaktifkan

Untuk mitra shopee yang sudah terferifikasi dan memiliki saldo pada E-wallet ini tentu sangat khawatir ketika shopeepay mereka tidak dapat digunakan.

shopeepay dinonaktifkan
shopeepay dinonaktifkan

Shopee sendiri punya aturan penggunaan yang harus kamu perhatikan agar transaksi tidak terkendala, begitupun dengan shopeepay. Karena hal itu besar kemungkinan penyebab shopeepay kamu dinonaktifkan karena kesalahan transaksi dan hal-hal yang menyebabkan bug dalam aplikasi.

Untuk itu perlu mengetahui penyebab shopeepay dinonaktifkan sebelum kamu benar-benar memahami cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan. Adapun beberapa hal yang membuat shopee kamu dinonaktifkan sementara dan permanen adalah:

1. Melanggar Syarat dan Ketentuan

Salah satu penyebab shopeepay kamu dibatasi karena pelanggaran syarat dan ketentuan yang sudah diberlakukan shopee. Salah satu aktivitas yang dapat membekukan shopeepay adalah fake order dengan pembayaran via shopeepay.

Jika akun kamu terindikasi melakukan transaksi tersebut dapat menyebabkan fitur shopeepay dibekukan sementara dan permanen. Bukan itu saja, akses akun shopee akan dibatasi beberapa waktu kedepan sebelum kemu melakukan banding dan upaya pemulihan lainya.

2. Salah Memasukkan PIN Shopeepay

Lupa PIN Shopeepay
Lupa PIN Shopeepay

Salah memasukkan pin meruakan satu dari banyaknya penyebab shopeepay tidak dapat digunakan. Salah memasukkan PIN shopeepay sebanyak 3 kali berturut-turut dapat menyebabkan shopeepay kamu dinonaktifkan selama 30 menit, setelah itu kamu dapat mencoba memasukkan PIN kembali.

Kesalahan memasukkan PIN shopeepay 5 kali dalam kurun waktu 24 jam mengakibatkan shopeepay dinonaktifkan permanen, agar dapat digunakan kembali kamu harus mengajukan banding melalui cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan yang kami jelaskan berikutnya.

3. Ditemukan Aktivitas Mencurigakan

Adanya aktivitas yang tidak wajar menjadi alasan shopeepay kamu dinonaktifkan. Aktivitas yang tidak wajar ini seperti mengirimkan kontak atau link yang memaksa akun lain mengirimkan saldo dan melakukan transaksi di luar shopee.

Baca Juga :  6 Cara Mengetahui Nama Kontak Kita di Whatsapp Orang Lain Tanpa Aplikasi

Indikasi aktivitas tidak wajar ini dapat mengakibatkan shopeepay dinonaktifkan sementara sampai kamu mengajukan permintaan pemulihan akun.

4. Permintaan Menonaktikan Akun

Fitur pembayaran shopeepay dapat dinonaktifkan pemilik akun karena alasan tertentu, seperti nomor HP hilang atau ponsel dicuri agar saldo tidak disalahgunakan.

Walau demikian, kamu dapat mengganti PIN melalui PC ataupun ponsel orang terdekat melalui opsi “ubah PIN shopeepay maupun lupa PIN shopeepay ” dengan mengunjungi artikel Cara Melihat Pin ShopeePay Yang Lupa Tanpa Ganti Nomor

5. Akun Shopee Dihapus

Akun Shopee Dihapus
Akun Shopee Dihapus

Apabila pengguna menghapus akun shopee maka shopeepay akan otomatis dinonaktifkan permanen, karena shopeepay merupakan fitur shopee dimana ketika akun dihilangkan bersamaan dengan itu fitur didalamnya juga terhapus.

Untuk mengembalikan shopeepay yang dinonaktifkan permanen pengguna tidak dapat menghubungkan kembali nomor hp, maka dari itu cermati cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan berikut.

Apakah Shopeepay yang Dinonaktifkan bisa Kembali?

Setelah mengetahui manfaat dan penyebab shopeepay dinonaktifkan, pengguna mulai bertanya apakah shopeepay yang dinonaktifkan bisa kembali? Tentu saja bisa, seperti yang kami sampaikan bahwa kesalahan memasukkan PIN shoopepay sebanyak 3 mendapat toleransi 30 menit untuk mengaktifkanya kembali.

Berbeda dengan hal tersebut, kesalahan pengguna yang menempatkan shopeepay dinonaktifkan secara permanen harus mengikuti cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan dahulu.

Syarat Mengaktikfan Shopeepay yang Dinonaktifkan

Sebelum mempraktikkan sendiri cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan, ada beberapa syarat yang harus kamu siapkan seperti nama ibu kandung, alamat sesuai KTP apabila shopeepay sudah verifikasi premium, username shopee dan alasan aktivasi dengan menyertakan bukti berupa foto.

KTP merupakan salah satu dari syarat yang harus kamu punya untuk mengembalikan shopeepay sebagai bukti jikalau kamu merupakan pemilik shopeepay yang dinonaktifkan. Tidak itu saja, sebab pengajuan ini membutuhkan nomor HP tertaut di shopee dan alamat email yang aktif, apabila sudah menyiapkan syarat tersebut, lakukan cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan segera.

Baca Juga :  12+ Cara Mengetahui Judul Lagu Dari Video Tiktok Tanpa Aplikasi

Cara Mengaktifkan ShopeePay yang Dinonaktifkan

Berbicara mengenai cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan pihak shopee ternyata cukup mudah dan dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:

  • Melalui Customer Service Shopee

Langkah pertama sebagai cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaaktifkan dengan menghubungi customer service shopee pada 1500702 via telepon seluler. Untuk mencoba cara ini pengguna harus siapkan pulsa sesuai durasi percakapan.

Setelah terhubung, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk yang diarahkan. CS terkait akan menanyakan berbagai hal yang menyebabkan shopeepay kamu dinonaktifkan dan meminta identitas pemilik akun shopeepay tersebut. Tunggu sampai mereka selesai mengidentifikasi informasi dan ikuti petunjuk yang disampaikan.

  • Melalui Shopee ID Help Center

Cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan
Cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan

Cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan berikutnya dengan memanfaatkan layanan help center shopee. Sama seperti menghubungi customer service, pengajuan ini membutuhkan data-data yang sudah kita bahas diatas. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Masuk kedalam Help.shopee.co.id
  2. Lengkapi data form yang disediakan seperti username dan lain-lain
  3. Masukkan alasan pengajuan untuk mengaktifkan shopeepay yang diblokir
  4. Lampirkan data yang diminta agar proses pengajuan lebih cepat diproses, pilih centang lalu klik kirim
  5. Tunggu hingga CS shopee menghubungi kamu melalui email.
  • Email Resmi Shopee

Cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan tahap terkahir dengan menghubungi shopee via email Support@shopee.co.id dan kirimkan permohonan aktivasi.

Agar permohonan lebih cepat ditinjau lampirkan data-data yang sudah dikumpulkan sebelumnya, pastikan pengajuan sesuai skema. Jika sudah mengirimkan email, silahkan menunggu sampai peninjauan selesai dan mendapatkan konfirmasi email bahwa shopeepay siap digunakan.

Berapa Lama Shopeepay Diaktifkan Kembali?

Untuk mengaktifkan kembali shopeepay yang dinonaktikfkan shopee harus memverifikasi dan memeriksa data yang dikirimkan. Verifikasi data ini membutuhkan waktu 3 hari kerja untuk mengaktifkan kembali shopeepay kamu.

Namun jika data verifikasi akun yang kamu kirimkan belum lengkap, shopee kemungkinan membutuhkan waktu lebih dari 3 hari untuk mengaktifkanya, jadi pastikan kamu melengkapi data seperti yang sudah kami jabarkan ya.

Intip juga Cara Menggunakan Shopeepay Untuk Pemula

Kesimpulan

Penyebab dan Cara Mengaktifkan ShopeePay yang Dinonaktifkan
Penyebab dan Cara Mengaktifkan ShopeePay yang Dinonaktifkan

Cara mengaktifkan shopeepay yang dinonaktifkan bisa dikatakan cukup mudah apabila kamu melampirkan syarat pengajuan seperti yang sudah tercatat, ini dibutuhkan sebagai bukti bahwa shopeepay tersebut benar-benar milikmu dan mempercepat peninjauan akun oleh shopee.

Mungkin itu saja yang dapat Mocipay bagikan terkait penggunaan shopeepay, kunjungi kami untuk melihat infromasi lain yang mungkin kamu butuhkan, sekian.

Back to top button