Tutorial

4+ Cara Upgrade Kartu XL 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu Dengan Mudah

Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor sangatlah perlu untuk diketahui bagi setiap pengguna kartu XL, karena kebijakan pemerintah yang akan menghapus jaringan 3G. Dengan demikian, pengguna kartu XL nantinya hanya bisa menikmati layanan seluler mulai dari jaringan 4G.

Pasalnya, proses penggantian kartu fisik XL (kartu SIM) tidak seharusnya terlalu ribet karena kini sudah bisa dilakukan secara mandiri seperti melalui XL center, melalui kode USSD, melalui website XL dan lain sebagainya.

Nah, yang menjadi sebuah pertanyaan, apakah proses upgrade kartu XL tersebut dapat dilakukan tanpa harus ganti kartu?

Untuk menjawab pertanyaan dan rasa penasaran akan hal itu, Team Mocipay akan memberikan cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu atau nomor dengan mudah yang akan di bahas secara detail pada artikel ini.

Sekilas Tentang XL Axiata

Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor Dengan Mudah
Sekilas Tentang XL Axiata

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu atau nomor ada baiknya kita mengenal lebih dekat sekilas tentang XL Axiata.

PT XL Axiata Tbk yang dahulu dikenal PT Excelcomindo Pratama Tbk atau disingkat XL Axiata adalah salah satu penyedia layanan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mereka menawarkan layanan seluler, internet, dan berbagai produk komunikasi lainnya.

XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 oktober 1996 dan merupakan salah satu perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia.

Perusahaan ini berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas dan akses digital di Indonesia, serta telah berperan aktif dalam pengembangan teknologi 4G dan 5G di negara tersebut.

XL Axiata juga dikenal karena berinvestasi dalam program sosial dan berkelanjutan untuk mendukung masyarakat dan lingkungan.

Baca Juga :  Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada? 8 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Manfaat Upgrade Kartu XL ke 4G

Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor Dengan Mudah
Manfaat Upgrade Kartu XL ke 4G

Sebelum masuk ke pembahasan cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu atau nomor ada baiknya kita mengetahui lebih dulu apa saja manfaat meng-upgrade kartu XL ke 4G.

Meng-upgrade kartu XL ke 4G memiliki beberapa manfaat. Berikut beberapa poin manfaat upgrade kartu XL ke 4G antara lain sebagai berikut:

  • Kecepatan internet menjadi lebih cepat dan stabil.
  • Jaringan lebih luas.
  • Kualitas panggilan suara menjadi lebih baik, jernih dan minim gangguan.
  • Pengalaman game online menjadi lebih baik.
  • Akses video streaming, aplikasi perbankan dan layanan berbasis internet lainnya menjadi lancar.
  • Komunikasi menjadi nyaman dengan berkirim chat lebih cepat, video call tanpa putus-putus dan menelpon dengan layanan VoLTE suara jernih.
  • Bonus kuota hingga lebih dari 30 GB.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan jika meng-upgrade kartu XL ke 4G. Meng-upgrade kartu XL ke 4G dapat meningkatkan pengalaman kamu dalam menggunakan layanan seluler dan internet terutama jika kamu sering menggunakan data seluler untuk berbagai aktivitas sehari-hari.

Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor

Di rangkum dari halaman xl.co.id, cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu atau nomor bisa dilakukan melalui website XL, melalui XL center online, melalui kode USSD, melalui Dealer XL terdekat dan melalui toko online. Simak ulasan dan panduan lengkapnya di bawah ini.

Menggunakan Situs Web XL Center Online

Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor Dengan Mudah
Menggunakan Situs Web XL (sumber: prioritasforyou.xl.co.id)

Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor yang pertama kamu dapat menggunakan situs web XL.

Kamu akan di arahkan untuk mengisi formulir elektronik dengan melengkapi data diri seperti Nomor Hp XL-mu, KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), Kartu SIM lama yang ingin di tingkatkan dan nomor Hp WA untuk video call.

Langkah-langkah Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu Menggunakan Situs Web XL

Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu dengan menggunakan situs web XL terbilang cukup sederhana. Simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Situs Web Resmi XL Center Online

Buka Peramban atau browser seperti Chrome atau Mozilla Firefox dan kunjungi situs web resmi XL Center Online atau pada link: https://prioritasforyou.xl.co.id/apply/simcard-services

  • Pilih Layanan Upgrade Kartu

Setelah masuk ke halaman situs web resmi XL Center Online, kamu akan menemukan beberapa jenis layanan seperti:

  1. Reaktivasi Kartu: Aktivasi ulang SIM Card yang sudah kadaluwarsa
  2. Ganti Kartu: Terima SIM Card baru bila terjadi kehilangan/kerusakan
  3. Upgrade Kartu: Upgrade SIM Card untuk menggunakan layanan 4G/4.5G
  4. Track Tiket: Lacak proses pengurusan SIM Card Anda
Baca Juga :  10 Cara Mengatasi OVO Paylater Tidak Muncul Beserta Penyebabnya

Karena ingin mengetahui cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu atau nomor, maka pilihlah layanan Upgrade Kartu.

  • Masukkan Nomor Yang Ingin Ditingkatkan Menjadi 4G

Masukkan nomor XL jaringan 3G lama mu yang ingin di tingkatkan ke jaringan 4G pada kotak “Nomor Hp” yang telah disediakan. Kemudian centang kotak verifikasi “Saya Bukan Robot” lalu Klik Lanjut.

  • Isi Data Diri

Setelah itu, upload KTP dan isi data diri seperti Nomor Kartu Keluarga, Nomor KTP, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Alamat KTP, Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, Kode Pos dan Nomor Hp untuk melakukan panggilan video (bertujuan untuk validasi data). Setelah itu Klik Lanjut.

  • Ambil Kartu XL

Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan proses. Setelah proses validasi selesai, kartu 4G bisa di ambil ke XL Center terdekat atau di kirim dari pusat ke alamat yang kamu berikan ke petugas CS pada saat video call tadi.

Lewat Kode USSD atau DIAL

Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor yang kedua dapat dilakukan lewat kode USSD atau DIAL pada menu telepon-mu. Namun, syarat menggunakan alternatif ini adalah harus sudah memiliki kartu XL yang berlogo 4G.

Adapun langkah-langkah cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi telepon pada ponsel-mu.
  • Ketikkan kode USSD atau DIAL *808*46# dengan kartu XL jaringan 3G tersebut.
Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor Dengan Mudah
Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor Dengan Mudah
  • Kemudian masukkan dan kirimkan “angka 1 Lanjutkan“, kemudian kamu akan menerima notifikasi SMS dari “XL-4G” yang berisi pesan:

    *808*46# dan restart ponsel Anda

  • Hubungi *808*46# lalu tekan 1 sekali lagi dari kode USSD atau DIAL dan mulai ulang (restart) ponsel.
  • Kemudian, pastikan dulu jaringan 4G pada ponsel kamu telah aktif dan restart untuk menyelesaikan proses.

Mengunjungi Langsung XL Center Terdekat

Selanjutnya cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu atau nomor bisa dilakukan dengan mengunjungi langsung XL Center terdekat. Dengan begitu, CS XL akan membantu kamu untuk melakukan pergantian kartu tersebut.

Namun, sebelum ke XL Center terdekat, ada baiknya untuk mempersiapkan terlebih dahulu dokumen seperti KTP dan kartu XL jaringan 3G yang ingin kamu ganti ke jaringan 4G.

Baca Juga :  10 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Melalui Toko Online

Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor Dengan Mudah
Melalui Toko Online (sumber: fastpay.co.id)

Cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu atau nomor berikutnya yang dapat kamu lakukan yaitu Melalui Toko Online yang bekerjasama dengan pihak provider XL tersebut.

Adapun toko online yang di maksud adalah mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, OLX, Blibli dan masih banyak lagi. Kamu akan dikenakan biaya Rp100 dan gratis ongkir loh.

Cara Cek Kartu XL Sudah 4G

Setelah proses penggantian kartu XL dari 3G ke 4G selesai dilakukan, tentu kamu penasaran kan apakah kartumu sudah benar-benar ter-upgrade dengan nomor yang sama.

Tidak perlu bingung lagi akan hal itu, ternyata ada kok cara mengecek kartu XL apakah sudah berhasil di upgrade. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka menu Telepon pada smartphone-mu.
  2. Ketikkan kode USSD atau DIAL *808*817# dan tekan panggil.
  3. Lalu, layar smartphone akan muncul jendela pop up yang menampilkan sederet informasi tentang kartu XL kamu, seperti antara lain:
    > Nomor kartu XL yang di pakai saat ini.
    > Status kesiapan layanan 4G pada nomor yang kamu gunakan seperti, kartu paket, dukungan area dan lokasi yang tercakup layanan 4G.

Beli Pulsa XL Reguler Termurah di Aplikasi Mitra TopUp

Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor Dengan Mudah
Beli Pulsa XL Reguler Termurah di Aplikasi Mitra TopUp

Setelah mengetahui cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu atau nomor tentunya kamu ingin tahu kan tempat beli pulsa XL reguler termurah dimana? Bagi kamu yang ingin membeli pulsa XL reguler dengan harga yang lebih murah, silahkan mengunjungi Aplikasi Mitra TopUp.

Selain itu, Mitra TopUp juga menjual berbagai produk digital lainnya seperti paket data, voucher data, token PLN, saldo E-Wallet (dompet digital) pembayaran tagihan dan lain sebagainya.

Link Download Aplikasi Mitra TopUp

Nama Aplikasi Mitra TopUp
Developer CV Mocipay Digital Indonesia
Ukuran 3,5 MB
Score 4,6 ★★★★☆
Total Download 1 jt+
Link Download https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mocipay.v2&hl=en_US

List Harga Pulsa XL Reguler di Aplikasi Mitra TopUp

Nominal Harga
Pulsa XL Reguler 5.000 Rp. 6.150
Pulsa XL Reguler 10.000 Rp. 11.125
Pulsa XL Reguler 15.000 Rp. 15.275
Pulsa XL Reguler 25.000 Rp. 25.350
Pulsa XL Reguler 30.000 Rp. 30.325
Pulsa XL Reguler 50.000 Rp. 50.250
Pulsa XL Reguler 100.000 Rp. 99.975

Itulah list harga pulsa XL reguler di Aplikasi Mitra TopUp. Penting untuk di ingat bahwa harga diatas sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan ketentuan pihak aplikasi maupun provider XL Axiata.

Artikel Menarik Lainnya Disini ↓↓

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Axis Tanpa Pulsa
8 Cara Top Up FF Pakai Pulsa, Mocipay, Dunia Games, Codashop
7 Rekomendasi Aplikasi Agen Pulsa Termurah 
5 Cara Transfer Pulsa Indosat ke Telkomsel, Lengkap dengan Biayanya

Akhir Kata

Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu atau Nomor Dengan Mudah
Cara Upgrade Kartu Xl 3G Ke 4G Tanpa Ganti Kartu

Itulah 4 cara upgrade kartu XL 3G ke 4G tanpa ganti kartu atau nomor dengan mudah yang bisa kamu lakukan secara mandiri.

Pihak provider XL Axiata juga akan memberikan bonus kuota sebesar 30GB bagi pelanggan yang berhasil melakukan proses upgrade kartu 4G.

Bonus ini bisa di pakai untuk jaringan XL 4G selama 30 hari atau sebulan penuh dalam kurun waktu 24 jam. Selain itu, pelanggan yang memiliki daftar kontak tak akan terhapus karena akan langsung berpindah di kartu SIM 4G yang baru.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button