Tutorial

8 Cara Menonaktifkan TikTok Sementara Waktu

Cara Menonaktifkan TikTok Sementara – Merasa terganggu dengan semua pengguna TikTok karena selalu memberikan komentar negatif akibat postingan yang kamu unggah? Tidak perlu khawatir, karena MOCIPAY akan memberikan cara menonaktifkan akun TikTok sementara.

Tentunya, selain memberikan dampak yang positif, ternyata aplikasi ini juga bisa membawa sisi negatif jika terlalu berlebihan ketika menggunakannya. Untuk itu, rehat dari media sosial adalah alternatif yang sangat memungkinkan untuk menyehatkan mental dan batin dari banyaknya gunjingan.

Cara Menonaktifkan TikTok Sementara

Kerap sekali aplikasi TikTok ini dapat mengganggu mental para penggunanya. Untuk itu ada baiknya selalu berhati-hati dalam menggungah video agar tidak menimbulkan dampak yang tidak baik bagi diri sendiri maupun kepada para penonton.

Jadi untuk menghindari hal tersebut, kini TikTok meluncurkan fitur menonaktifkan agar tidak berdampak buruk bagi penggunanya. Adapun tips dan cara menonaktifkan TikTok sementara, yakni sebagai berikut :

  1. Silahkan buka TikTok kamu, kemudian login dengan menggunakan akun pribadi yang ingin kamu nonaktifkan sementara.
  2. Pada halaman utama, klik menu profil yang berada disebelah kanan bawah layar.
  3. Klik tiga garis yang berada disisi sebelah kanan atas layar, lalu pilih opsi Pengaturan dan privasi.
  4. Selanjutnya, klik opsi menu Akun.
  5. opsi menu Akun
    opsi menu Akun
  6. Pilih dan klik menu Nonaktifkan atau hapus akun.
  7. hapus akun
    hapus akun
  8. Maka akan muncul 2 pilihan, yaitu Nonaktifkan akun dan Hapus akun secara permanan. Karena ingin menonaktifkan akun TikTok sementara, klik opsi Nonaktifkan akun.
  9. opsi Nonaktifkan akun
    opsi Nonaktifkan akun
  10. Klik Nonaktif, kemudian selesaikan proses verifikasi SMS untuk mengkonfirmasi bahwa akun tersebut merupakan akun milik pribadi kamu.
  11. nonaktifkan akun ini
    nonaktifkan akun ini
  12. Masukkan 6 digit kode agar menonaktifkan akun sementara dapat diproses oleh pihak TikTok, lalu klik Nonaktifkan akun.
  13. Masukkan 6 digit kode
    Masukkan 6 digit kode

Perlu diketahui bahwasannya, menonaktifkan akun TikTok sementara ini hanya berlaku selma 30 hari. Ketika kamu ingin mengaktifkan kembali, kamu harus login sebelum 30 hari.

Baca Juga :  9 Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Hilang Hari Ini 2024

Apabila kamu login lebih dari waktu yang telah ditentukan, maka akun kamu tidak akan bisa masuk lagi. Hal tersebut terjadi karena akun kamu sudah di nonaktifkan secara permanen oleh pihak TikTok. Maka untuk itu pastiikan sebelum 30 hari setelah penonaktifan kamu sudah login kembali ke akun TikTok yang telah kamu nonaktifkan.

Cara Menonaktifkan TikTok Permanen

Selain cara menonaktifkan TikTok sementara, kini aplikasi tersebut juga meluncurkan fitur yang dapat menghapus akun secara permanen. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak langkah dibawah ini :

  1. Silahkan login ke akun TikTok pribadi yang ingin kamu nonaktifkan secara permanen.
  2. Pada halaman utama, klik menu profil yang berada disebelah kanan bawah layar.
  3. Kemudian klik tiga garis yang berada disisi sebelah kanan atas layar, lalu pilih opsi Pengaturan dan privasi.
  4. Klik opsi menu Akun.
  5. Lalu klik menu Nonaktifkan atau hapus akun.
  6. Maka akan muncul 2 pilihan, yaitu Nonaktifkan akun dan Hapus akun secara permanan. Karena ingin menonaktifkan akun TikTok permanen, klik opsi Hapus akun secara permanen.
  7. Selanjutnya pilih salah satu alasan mengapa kamu harus menonaktifkan akun secara permanen atau kamu juga bisa klik lewati.
  8. Tekan simbol tanda bulat sampai memberikan tanda centang, kemudian klik Lanjutkan.

Penghapusan akun membutuhkan waktu beberapa saat hingga sistem berhasil menghapus seluruh contact kamu. Untuk itu jangan mengoperasikan akun TikTok kamu dalam kurun waktu 30 hari.

Cara Menghapus Akun TikTok Lama Yang Lupa Password

Cara menghapus akun TikTok lama yang lupa password tidak jauh berbeda dengan metode cara menonaktifkan TikTok sementara. Namun kamu harus menggunakan fitur lupa kata sandi terlebih dahulu agar kamu dapat mengaksesnya.

Baca Juga :  7 Aplikasi Top Up Higgs Domino Termurah Via Pulsa, DANA, OVO, Gopay

Adapun tutorial cara menghapus akun TikTok lama yang lupa password yang bisa kamu coba, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Login ke akun TikTok di ponsel kamu terlebih dahulu.
  2. Pada menu login, gunakan email atau nomor HP kamu.
  3. Lalu pilih opsi lupa kata sandi yang berada dibagian bawah.
  4. Kemudian masukkan nomor HP yang terhubung dengan akun TikTok pribadi kamu.
  5. Klik opsi kirim kode, lalu tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS.
  6. Setelah itu, masukkan kode verifikasi yang telah dikirim.
  7. Jika sudah berhasil login ke akun TikTok lama kamu, selanjutnya kamu bisa menghapusnya secara permanen dengan tutorial yang telah dijekaskan diatas.

Postingan menarik lainnya: 7 Cara Mengubah Word Ke PDF Di HP Tanpa Aplikasi

Cara Memulihkan Akun TikTok tanpa Email atau Nomor Telepon

Tentunya setelah mengetahui bagaimana cara menonaktifkan Tiktok sementara, kamu juga wajib tahu bagaimana cara memulihkan akunnya kembali. Pemulihan akun ini juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan Instagram.

Simak setiap langkah dibawah ini agar proses memulihkan akun TikTok tanpa email atau nomor telepon berhasil dilakukan. Berikut caranya :

  1. Silahkan buka aplikasi TikTok pribadi kamu di ponsel maupun laptop.
  2. Pilih ikon tanda tanya yang terletak di bagian atas aplikasi TikTok.
  3. Kemudian klik masuk. Kamu bisa pilih opsi login dengan menggunakan akun Instagram, nama pengguna TikTok, nomor telepon atau Email.
  4. Klik opsi nama pengguna dan masukkan nama pengguna TikTok kamu.
  5. Setelah itu, klik Butuh bantuan yang terletak dibagian bawah.
  6. Masukkan informasi terkait tentang masalah pemulihan akun. Seperti nama pengguna dan alamat email alternatif. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti.
  7. Masukkan bukti Screenshot agar lebih valid, kemudian klik Laporakan.
  8. Tunggu hingga pihak TikTok kembali menghubungi kamu. Jangan lupa cek notifikasi secara berkala agar proses pemulihan dapat kamu ketahui.
Baca Juga :  6 Cara Melihat Keranjang Belanja Di TikTok

Postingan Menarik Sebelumnya: 3 Cara Menghapus Tulisan di Video TikTok dan CaPCut Lewat HP

Alasan ingin Menonaktifkan TikTok Sementara Waktu

Alasan  Penjelasan
Butuh Istirahat dari Media Sosial Terlalu banyak waktu yang dihabiskan di media sosial, termasuk TikTok, dapat menjadi tidak sehat. Menonaktifkan sementara akun TikTok bisa memberikan Anda istirahat yang dibutuhkan dari konsumsi konten online yang berlebihan.
Fokus pada Tugas atau Pekerjaan Lain Kadang-kadang, Anda mungkin perlu fokus pada tugas atau pekerjaan yang membutuhkan perhatian penuh tanpa gangguan dari aplikasi media sosial. Menonaktifkan TikTok sementara dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas.
Mengurangi Gangguan Selama Belajar Bagi siswa, TikTok bisa menjadi gangguan saat belajar atau mengerjakan tugas sekolah. Menonaktifkan akun selama periode belajar dapat membantu Anda berkonsentrasi dengan lebih baik.
Kebutuhan untuk Privasi atau Keamanan Terkadang, seseorang mungkin ingin menjaga privasi atau keamanan mereka di media sosial dengan menonaktifkan akun sementara. Ini bisa karena masalah privasi, keamanan data, atau perlindungan dari interaksi negatif.
Mengatasi Kecanduan Media Sosial Jika Anda merasa kecanduan TikTok atau media sosial lainnya, menonaktifkan akun sementara dapat menjadi langkah pertama dalam mengatasi kecanduan tersebut. Ini memberikan Anda waktu untuk merefleksikan pola penggunaan Anda.

Kesimpulan

Cara Menonaktifkan TikTok Sementara Waktu
Cara Menonaktifkan TikTok Sementara Waktu

Nah, sudah tahukan bagaimana cara menonaktifkan TikTok sementara? Lakukanlah setiap langkah yang telah dijelaskan diatas agar akun kamu berhasil dinonaktifkan. Jangan lupa masukkan kode yang telah dikirim melalui SMS. Semoga informasi diatas bermanfaat dan Selamat Mencoba.

Back to top button