Tutorial

3 Cara Mengganti Kartu Telkomsel dengan Nomor yang Sama

Hingga saat ini masih banyak orang yang bingung terkait cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama. Biasanya penggantian kartu Telkomsel dengan nomor yang sama dilakukan ketika kartu SIM dari pelanggan Telkomsel rusak atau hilang.

Sebenarnya kartu Telkomsel yang rusak atau hilang bisa saja dengan mudah digantikan yaitu dengan membeli kartu Telkomsel yang baru dengan nomor yang berbeda. Namun, dikarenakan nomor Telkomsel yang rusak/ hilang tersebut merupakan nomor HP yang sudah ditautkan ke berbagai akun maupun berkas pribadi yang penting. Selain itu, mengganti kartu Telkomsel dengan nomor baru yang berbeda akan membuat penggunanya menjadi kehilangan kontak yang sebelumnya tersimpan di kartu SIM yang rusak/ hilang.

Lantas, apakah ada cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama? Jangan khawatir guys! Tentu saja ada caranya. Penasaran apa saja cara yang dimaksud dan bagaimana melakukannya? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini!

Sekilas mengenai Telkomsel

Sumber: 1000logos.net

Telkomsel merupakan sebuah provider jaringan seluler telepon terbesar yang beroperasi di Indonesia dan yang paling banyak digunakan. Hal ini dipicu karena jaringan Telkomsel yang sudah terjangkau bahkan sampai ke pelosok/pedalaman sekalipun. Berbeda dengan provider jaringan kartu lain seperti Indosat, XL, Smartfren, Axis dll jaringannya masih belum bisa di akses di banyak tempat di Indonesia, terlebihnya di daerah pedesaan.

Sampai saat ini Telkomsel sudah mengeluarkan beberapa jenis layanan kartu yaitu kartu Telkomsel prabayar ( SimPATI, LOOP, dan Kartu AS) dan juga kartu HALO (Telkomsel pascabayar). Namun ada kalanya kita mengalami masalah terkait kartu fisik Telkomsel milik kita rusak atau masalah yang lebih sering terjadi yaitu kehilangan ponsel yang otomatis juga akan membuat pemilik HP tersebut kehilangan kartu SIM nya.

Semua orang tentu saja tidak ada yang menginginkan hal seperti itu terjadi. Namun apabila sudah kejadian, apakah yang harus dilakukan? Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti kartu SIM Telkomsel yang telah rusak atau hilang dengan nomor yang sama.

Informasi Terkait Penggantian Kartu Telkomsel dengan Nomor yang Sama

Penggantian Kartu Telkomsel dengan Nomor yang Sama
Penggantian Kartu Telkomsel dengan Nomor yang Sama

Sebelum mengetahui cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama, hal pertama yang penting untuk kamu ketahui tentu saja adalah mengkaji beberapa infomasi terkait penggantian kartu Telkomsel dengan nomor yang sama. Berikut ini kami tampilkan beberapa informasi yang penting untuk kamu ketahui sebelum melakukan penggantian kartu Telkomsel kamu yang rusak atau pun hilang.

  • Apakah bisa mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama?

Ya, anda tidak perlu khawatir apabila mengalami kendala terkait kartu SIM yang rusak atau hilang, karena anda dapat mengganti kartu anda yang rusak/ hilang tersebut dengan kartu SIM Telkomsel yang baru dengan nomor yang sama.

Baca Juga :  6 Cara Mendapatkan Koin TikTok Gratis 2024

Dengan demikian akun-akun maupun berkas anda yang tertaut ke kartu SIM yang lama tidak akan mengalami masalah. Selain itu, anda juga tidak seharusnya lagi merasa cemas dan khawatir akan kehilangan kontak anda yang sebelumnya tersimpan di kartu SIM anda yang hilang atau rusak tersebut. Sebab mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama tidak akan mengalami perubahan apapun.

  • Ganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama dilakukan dimana?

Biasanya, ketika anda ingin mengganti kartu Telkomsel anda yang telah rusak atau pun hilang dengan nomor yang sama, maka anda dapat mengunjungi gerai Telkomsel (GraPARI) terdekat.

  • Apakah mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama dapat dilakukan secara online?

Dengan kemajuan teknologi digital saat ini, pelanggan Telkomsel bahkan sudah bisa mengganti kartu Telkomsel dengan mudah secara online. Setelah memenuhi syarat dan telah selesai melakukan langkah-langkah untuk mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama, nantinya kartu Telkomsel yang baru akan diantar langsung kerumah anda. Caranya bagaimana? Silahkan cari tau pada pembahasan selanjutnya!

  • Apakah mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama dikenakan biaya?

Mengalami kendala terkait kartu Telkomsel yang hilang atau rusak tentu saja menjadi sebuah hal yang menjengkelkan. Mengapa demikian? karena untuk memperbaikinya, anda harus menghabiskan waktu dan tenaga untuk pergi ke Grapari.

Namun dibalik hal menjengkelkan tersebut, terdapat juga kabar baik yang mana kamu tidak akan dipungut biaya apapun (Gratis) untuk mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama.

  • Apa saja syarat untuk mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama?

Selanjutnya, bagian informasi yang paling penting untuk anda ketahui adalah syarat-syarat untuk mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama, seperti:

  1. Menyiapkan e-KTP dan KK (asli) yang terdaftar dalam kartu SIM Telkomsel anda sebelumnya
  2. Persiapkan juga 3 nomor kontak yang anda hubungi dalam 1 bulan terakhir
  3. Kartu fisik Telkomsel anda (jika kendalanya terdapat pada kartu Telkomsel yang rusak)

Cara Mengganti Kartu Telkomsel dengan Nomor yang Sama

Ada beberapa cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama. Jika anda mengalami kendala terkait kartu Telkomsel yang hilang atau rusak, maka perhatikanlah beberapa penjelasan di bawah ini:

Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama:

  • Melalui GraPARI

Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama
Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama melalui GraPARI/ teraa.net

Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama yang pertama adalah dapat dilakukan melalui GraPARI. Adapun beberapa langkah-langkah yang harus anda lalui adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan berkas yang diperlukan (e-KTP, KK, dan kartu SIM Telkomsel anda yang rusak). Jika kartu Telkomsel anda hilang maka cukup bawa e-KTP dan KK saja
  2. Kunjungi gerai Telkomsel (GraPARI) terdekat
  3. Ambil nomor antrian
  4. Apabila sudah giliran anda, sampaikanlah kepada petugas tentang tujuan anda yang ingin mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama
  5. Ikuti arahan dari petugas sampai kartu Telkomsel anda berhasil di ganti.
Baca Juga :  6 Cara Menentukan Shade Cushion Somethinc yang Tepat Sesuai Warna Kulit

Apakah penggantian kartu Telkomsel melalui GraPARI dapat diwakilkan?

ā‡’ Ganti kartu yang rusak ataupun hilang dapat diwakilkan dengan melampirkan surat kuasa bermeterai Rp10000 dari pemilik kartu, e-KTP asli dari pemberi dan penerima kuasa, dan Kartu Keluarga asli dari pemilik kartu

ā‡’ Jika anda ingin mewakilkan penggantian kartu Telkomsel dengan kondisi nomor Telkomsel anda terdaftar dalam layanan perbankan, maka syaratnya adalah melampirkan surat kuasa bermeterai Rp10000 dari pemilik nomor, e-KTP asli pemberi dan penerima kuasa, dan kartu keluarga asli. Namun, penerima kuasa harus terdaftar dalam satu kartu keluarga (KK) dengan pemilik nomor tersebut.

  • Via MyGraPARI

Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama via MyGraPARI

Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama juga dapat dilakukan melalui MyGraPARI. MyGraPARI adalah mesin layanan mandiri Telkomsel yang dapat melayani berbagai kebutuhan pelanggan Telkomsel seperti: bayar tagihan kartu Halo Telkomsel, ganti kartu, dan isi pulsa.

Cara ini akan memakan waktu yang lebih sedikit dibandingkan dengan cara yang pertama diatas. Hanya saja, sesuai dengan namanya “mesin layanan mandiri Telkomsel” mengharuskan anda untuk mengganti kartu Telkomsel anda dengan sendiri tanpa dibantu oleh siapapun.

Nah tanpa berlama-lama lagi, langsung saja perhatikan ini dia beberapa langkah – langkah mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama melalui MyGraPARI:

  1. Siapkanlah terlebih dahulu e-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan 2 nomor dari kontak anda yang dihubungi dalam 1 bulan terakhir
  2. Pilihlah menu “Pelanggan Telkomsel
  3. Kemudian tekan pada menu “Ganti Kartu
  4. Masukkan nomor kartu Telkomsel anda
  5. Langkah selanjutnya, masukkanlah nomor e-KTP dan KK untuk validasi data pelanggan
  6. Tunggu proses validasinya selesai. Jika sudah berhasil maka mesin akan mengeluarkan kartu Telkomsel baru dengan nomor yang sama.
  • Melalui Online

Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama secara online

Cara terakhir untuk mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama adalah via online. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama memungkinkan juga untuk dilakukan secara online (tidak perlu keluar rumah).

Jika kamu tertarik untuk mencoba cara ini, maka kamu dapat melakukan beberapa langkah – langkah dibawah ini:

  1. Kunjungi situs web “Asisten Virtual Telkomsel Veronika” melalui tautanĀ telkomsel.com Pastikan sebelumnya anda telah mempersiapkan berkas yang diperlukan yaitu e-KTP dan KK
  2. Kemudian, chat veronika dengan meng-klik link yang disediakan disamping tulisan dari “Chat Veronika” seperti yang terlihat pada gambar diatas
  3. Ketik “Ganti kartu” lalu tekan tombol kirim
  4. Maka Veronika akan mengarahkan anda ke tautan situs web untuk melakukan ganti kartu Telkomsel
  5. Lengkapi data yang diminta seperti nomor kartu Telkomsel anda dan alamat Email yang aktif.
  6. Anda akan menerima kode OTP yang dikirimkan ke Email tersebut, silahkan cek dan masukkan dengan benar
  7. Langkah selanjutnya, unggah dokumen berupa: Kartu identitas anda (e-KTP), foto diri sambil memegang e-KTP, dan masukkan juga masukkan nomor KK. Ukuran foto yang di upload tidak dapat melebihi 10 MB per foto.
  8. Masukkan alamat pengiriman/ lokasi anda dan pilihlah salah satu dari beberapa jasa kurir mitra Telkomsel yang tersedia (Biaya pengiriman ditanggung oleh pelanggan)
  9. Permintaan anda akan diproses. Apabila data sudah berhasil di validasi maka kartu ganti akan dikirim dari GraPARI terdekat dengan lokasi pengiriman yang telah kamu masukkan sebelumnya
Baca Juga :  7 Merk Tempered Glass Terbaik Dan Murah, Lengkap Dengan Harganya

Syarat dan ketentuan dalam cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama secara online:

  1. Pastikan nomor anda tidak terhubung dengan layanan perbankan
  2. Untuk pelanggan Telkomsel pascabayar (kartuHalo), pastikan anda tidak memiliki tunggakan tagihan
  3. Pastikan kartu Telkomsel anda masih aktif/ tidak berada pada masa tenggang (untuk pelanggan Telkomsel: SimPATI, Loop, dan kartu AS)
  4. Pembayaran biaya kirim hanya dapat dilakukan dengan metode pembayaran melalui Dana dan Shopeepay

Note:

Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama secara online memang sangat menguntungkan. Karena anda tidak perlu harus capek keluar rumah mengunjungi GraPARI dengan nomor antrian yang terkadang sangat panjang. Namun sangat disayangkan, cara ini belum mendukung ke semua wilayah Indonesia.

Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama secara online hanya dapat dilakukan di wilayah DKI Jakarta (Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan)

Kesimpulan dari cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama

 Cara Mengganti Kartu Telkomsel dengan Nomor yang Sama
Cara Mengganti Kartu Telkomsel dengan Nomor yang Sama
Metode Langkah-langkah
Melalui GraPARI 1. Datang ke GraPARI terdekat. 2. Bawa kartu identitas (KTP). 3. Sampaikan ke petugas bahwa Anda ingin mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama. 4. Tunggu petugas memproses permintaan Anda. 5. Terima kartu SIM baru dan pastikan nomor lama sudah aktif.
Melalui Agen Resmi 1. Temukan agen resmi Telkomsel terdekat. 2. Bawa kartu identitas (KTP). 3. Sampaikan ke agen bahwa Anda ingin mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama. 4. Tunggu agen memproses permintaan Anda. 5. Terima kartu SIM baru dan pastikan nomor lama sudah aktif.
Melalui MyTelkomsel 1. Download dan instal aplikasi MyTelkomsel. 2. Login dengan akun Telkomsel Anda. 3. Pilih menu “Bantuan”. 4. Sampaikan permintaan cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama. 5. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi.
Melalui *888# 1. Buka aplikasi Telepon. 2. Ketik *888# lalu panggil. 3. Ikuti petunjuk yang ada untuk mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama. 4. Terima kartu SIM baru dan pastikan nomor lama sudah aktif.
Melalui Call Center 1. Hubungi Call Center Telkomsel di 188. 2. Sampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama. 3. Ikuti instruksi yang diberikan. 4. Terima kartu SIM baru dan pastikan nomor lama sudah aktif.

Mengganti kartu Telkomsel yang telah hilang atau rusak bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan sekarang ini. Apalagi dengan dukungan teknologi digital yang sudah semakin canggih tentu saja telah mempermudah anda untuk melakukan berbagai hal termasuk mengganti kartu Telkomsel.

Nah, itulah beberapa cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama yang dapat dengan mudah anda lakukan. Semoga informasi yang telah kami sampaikan dalam artikel ini bermanfaat. Terimakasih dan selamat mencoba!

Back to top button