Tutorial

10 Penyebab Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya Lengkap Dengan Solusinya

Pertanyaan yang sering muncul ketika mengalami situasi tiktok tidak ada suaranya adalah Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya.  Saat putar video di aplikasi tiktok, sering kali video yang diputar tidak memiliki suara dan membuat pengguna tidak mengetahui apa yang dijelaskan pada video tersebut. Hal ini tentu membuat pengguna merasa terganggu pada saat scroll tiktok.

Pasalnya, saat menggunakan aplikasi tiktok, mendengarkan suara dari video yang kita putar merupakan hal yang sangat penting. Karena dengan mendengarkan suara dari video yang kita putar kita bisa mendapatkan informasi, terutama jika sedang memutar video tentang berita yang sedang tren saat ini.

Oleh karena itulah, banyak pengguna yang merasa jengkel ketika sedang asik scroll tiktok tetapi tidak ada suaranya. Untuk itu, Kamu tidak perlu khawatir karena pada artikel ini akan diberikan penjelasan mengenai Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya. Simak penjelasannya!

Sekilas Tentang Suara di Aplikasi Tiktok?

Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya
Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya / Sumber : All Things Windows

 

Tiktok merupakan aplikasi yang banyak digunakan saat ini. Bagaimana tidak? selain digunakan sebagai media hiburan dan pengetahuan, tiktok juga dapat memberikan keuntungan bagi para penggunanya.

Contohnya saja pengguna bisa memanfaatkan tiktok dengan berjualan, live, dan banyak hal lainnya yang bisa menghasilkan uang. Tetapi selain manfaatnya yang begitu banyak, tak jarang tiktok mengalami gangguan seperti video tiktok tidak ada suaranya.

Saat tengah menonton video tiktok, tidak nyaman rasanya jika video tiktok tidak memiliki suara. Oleh karena itu, perlunya mengetahui kenapa tiktok tidak ada suaranya. Karena bisa jadi hal ini disebabkan beberapa pengaturan atau error pada aplikasi tiktok.

Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya

Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya1
Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya / Sumber : Suatekno

 

Tidak sedikit pengguna yang mengalami tiktok tidak ada suaranya. Hal ini memang dapat terjadi karena beberapa hal seperti pengaturan atau error pada aplikasi tiktok. Selain itu, di bawah ini beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa tiktok tidak ada suaranya, antara lain :

Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini 4 Cara Membunuh Pohon Besar Dengan Garam Pasti Berhasil

1. Sound Dihilangkan

Salah satu penyebab kenapa tiktok tidak ada suaranya adalah karena sound dihilangkan. Hal ini memang sering terjadi mengingat adanya hak cipta dari sound tersebut.

Karena hal inilah banyak konten kreator yang menghilangkan sound sehingga menjadi penyebab kenapa video tiktok tidak ada suaranya.

2. Melanggar Hak Cipta

Penyebab kenapa tiktok tidak ada suara adalah karena melanggar hak cipta. Ketika mengunggah video di tiktok, sound sangat diperlukan dan pengguna wajib mencantumkan sound sesuai pencipta. Jika sound melanggar hak cipta, maka sudah otomatis sound akan dihapus dan akan menjadi penyebab kenapa tiktok tidak ada suaranya.

Baca Juga : 13 Penyebab Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul dan Solusinya

3. Volume Hp Dalam Keadaan Bisu

Ketika ingin mendengarkan video tiktok, diperlukan juga pengaturan dari Hp itu sendiri. Saat pengguna membuat suara Hp dalam kondisi bisu, maka sudah pasti video tiktok tidak ada suaranya. Oleh karena itu, pastikan untuk menaikkan volume Hp ketika ingin mendengarkan sound tiktok.

4. Menggunakan Aplikasi Tiktok Versi Lama

Bagaimanapun dalam penggunaan aplikasi, akan selalu ada pembaruan ke versi terbaru agar pengguna bisa mendapatkan beberapa fitur baru serta kelancaran pada saat menggunakan aplikasi. Begitu juga dengan kenapa tiktok tidak ada suaranya.

Oleh karena itu, untuk bisa memanfaatkan fitur baru dan bisa lancar dalam menggunakan aplikasi, sebaiknya selalu perbarui aplikasi ke versi terbaru agar menghindari bug atau error serta video tiktok tidak ada suaranya.

5. Koneksi Internet Tidak Stabil

Koneksi internet bisa mempengaruhi kualitas suara. Pasalnya, saat mengakses aplikasi tiktok, dibutuhkan terhubung ke jaringan dan sinyal yang baik agar bisa dengan lancar dalam menggunakan aplikasi tiktok.

Jika terdapat kendala yang menjadi penyebab kenapa tiktok tidak ada suaranya, bisa jadi karena pengguna tidak memiliki koneksi internet yang stabil. Untuk itu, pastikan menggunakan koneksi internet yang stabil.

Baca Juga :  4 Cara Cek Hutang Pulsa Indosat Tanpa Aplikasi

Cara Mengatasi Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya

Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya2
Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya / Sumber : Pngtree

 

Setelah mengetahui apa penyebab kenapa tiktok tidak ada suaranya, tentunya sebagai pengguna Kamu pasti ingin mengetahui bagaimana cara mengatasu kenapa tiktok tidak ada suaranya.

Saat membuka video tiktok, tidak lengkap rasanya jika video tersebut tidak memiliki suara. Karena dari video yang tidak ada suaranya, pengguna tidak bisa tahu apa yang dibicarakan pada video dan sound apa yang digunakan pada video tersebut.

Untuk itu, berikut ini beberapa cara mengatasi kenapa video tiktok tidak ada suaranya yang dapat Kamu coba :

  • Gunakan Sound Yang Bebas Hak Cipta

Cara mengatasi kenapa tiktok tidak ada suaranya yang pertama yang dapat Kamu coba adalah dengan menggunakan sound yang bebas hak cipta. Jika Kamu ingin menggunggah video di aplikasi tiktok, pastikan selalu menggunakan sound yang bebas hak cipta agar video selalu memiliki suara.

  • Tingkatkan Volume Hp

Untuk bisa mendengarkan suara pada video tiktok, Kamu bisa meningkatkan volume Hp. Karena jika volume Hp dalam keadaan bisu, bisa menjadi penyebab kenapa tiktok tidak ada suaranya. Untuk itu, pastikan untuk meningjatkan volume Hp agar video tiktok memiliki suara yang jelas.

  • Update Aplikasi Tiktok

Agar bisa mengakses aplikasi tanpa adanya gangguan seperti error atau bug, pengguna wajib mengupdate aplikasi tiktok. Selain itu juga, dengan mengupdate aplikasi tiktok ke versi terbaru bisa mengatasi masalah kenapa tiktok tidak ada suaranya. Untuk itu, selalu pastikan menggunakan aplikasi tiktok versi terbaru.

  • Pastikan Koneksi Internet Stabil dan Lancar

Hal yang terpenting ketika menggunakan aplikasi tiktok adalah dengan memastikan koneksi internet stabil dan lancar. Karena jika koneksi internet tidak terhubung, sudah otomatis aplikasi tidak bisa bekerja dan akan membuat tiktok tidak ada suaranya. Jadi, sebelum mengakses aplikasi tiktok, pastikan koneksi internet stabil dan lancar.

  • Restart Handphone

Cara mengatasi kenapa tiktok tidak ada suaranya selanjutnya adalah dengan melakukan restart Handphone. Jika sudah mencoba berbagai cara di atas tetapi masih saja tiktok tidak ada suaranya, Kamu bisa restart Handphone terlebih dulu agar Hp bisa lebih fresh dan bisa mengatasi video tiktok tidak ada suaranya.

Bagaimana Cara Mengatasi Tiktok yang Error?

Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya3
Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya / Sumber : Mea Digital Marketing

 

Selain cara mengatasi kenapa tiktok tidak ada suaranya, pada kesempatan kali ini juga akan dibahas bagaimana cara mengatasi tiktok yang error.

Memang dalam penggunaan setiap aplikasi tidak selamanya aplikasi bisa berjalan dengan baik, begitu juga dengan tiktok. Kadang kala ada saat dimana aplikasi error atau mengalami gangguan sistem.

Baca Juga :  5 Cara Beli E-Meterai Terkini Tahun 2024

Untuk itu, berikut ini beberapa cara mengatasi tiktok yang error yang dapat Kamu coba :

  1. Cek koneksi internet untuk memastikan sudah terhubung ke aplikasi tiktok.
  2. Periksa pembaruan aplikasi apakah sudah menggunakan aplikasi tiktok versi terbaru atau masih menggunakan versi lama. Jika masih menggunakan versi lama, silahkan perbarui aplikasi ke versi terbaru.
  3. Menghapus data aplikasi untuk membebaskan ruang penyimpanan. Karena pada saat aplikasi memiliki file sampah yang menumpuk, akan membuat aplikasi tiktok lebih lambat dari biasanya bahkan bisa menyebabkan error pada aplikasi.
  4. Memastikan tiktok tidak sedang dalam gangguan. Karena bisa saja memang aplikasinya yang sedang dalam perbaikan sehingga membuat aplikasi error dan membuat pengguna tidak bisa menggunakan aplikasi tiktok.
  5. Copot dan Pasang Ulang Aplikasi. Untuk mengatasi tiktok yang error, pengguna juga bisa copot dan pasang ulang aplikasi.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Miktofon di Tiktok?

Pastinya masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara mengaktifkan mikrofon tiktok. Hal ini memang masih menjadi pertanyaan bagi pengguna terutama bagi pengguna yang masih baru saja menggunakan aplikasi tiktok.

Artikel Menarik Lainnya : 3 Cara Berbelanja di TikTok Shop, Bisa Gratis Ongkir

Untuk mengaktifkan mikrofon di tiktok, pengguna bisa mengaktifkannya dengan 2 cara berikut :

  • Cara Mengaktifkan Mikrofon di Tiktok Melalui iPhone

Jika Kamu menggunakan aplikasi tiktok melalui iPhone, Kamu dapat mengaktifkan mikrofon di tiktok dengan cara di bawah ini :

  1. Buka menu Setting/Pengaturan pada iPhone.
  2. Gulir layar hingga muncul opsi Tiktok.
  3. Tekan Tiktok dan ketuk toggle di sebelah opsi Microphone untuk mengizinkan tiktok mengaktifkan mikrofon.
  4. Jika sudah mengizinkan penggunaan mikrofon di tiktok, maka toggle akan berwarna hijau.
  5. Selesai!
  • Cara Mengaktifkan Mikrofon di Tiktok Melalui Android

Bagi pengguna android, Kamu bisa mengaktifkan mikrofon di tiktok dengan beberapa cara di bawah ini :

  1. Buka menu Settings di smartphone Kamu.
  2. Pilih menu Privacy.
  3. Kemudian, ketuk Permission Manager.
  4. Selanjutnya, ketuk opsi Microphone, lalu gulir layar dan pilih Tiktok.
  5. Ketuk Allow untuk melanjutkan pengaktifan mikrofon di tiktok.
  6. Selesai!

Kesimpulan

Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya
Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya

Tiktok menjadi salah satu aplikasi paling populer saat ini. Semua kalangan bahkan sudah menggunakan aplikasi tiktok. Selain itu, penggunaannya juga sudah menyebar ke beberapa negara. Hal inilah yang membuat aplikasi satu ini menjadi sangat diminati.

Tetapi tak jarang pula tiktok mengalami gangguan seperti video tiktok tidak ada suaranya. Hal inilah banyak pengguna yang ingin mengetahui apa penyebab kenapa tiktok tidak ada suaranya.

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya, Kamu dapat membaca artikel di atas.

Demikianlah informasi mengenai Kenapa Tiktok Tidak Ada Suaranya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat ya!

Back to top button