Tutorial

5 Cara Menggabungkan Video Di TikTok Menjadi Satu Video

Cara Menggabungkan Video Di TikTok Menjadi Satu Video – Ada banyak konten video yang saat ini bisa diakses di internet. Terlebih dengan adanya media sosial, konten video tersebut bisa mudah kita temukan seperti di YouTube, Instagram, Facebook dan TikTok.

TikTok sendiri merupakan aplikasi yang menyajikan konten video yang cukup viral di tanah air. Pengguna bisa menemukan video lucu, keren dan unik pada aplikasi TikTok. Selain itu pengguna juga bisa membuat sendiri video TikTok untuk kemudian diunggah ke akun TIkTok mereka.

Pada aplikasi ini sudah disediakan fitur-fitur seperti efek untuk membuat video menarik dan unik. Video yang sudah dibuat, nantinya dapat dibagikan ke akun media sosial lainnya seperti Instagram, WhatsApp dan lain-lain.

Artikel menarik lainnya: 6 Cara Simpan Video Tiktok Tanpa Nama Dengan Mudah

Cara Menggabungkan Video Di TikTok

Cara Menggabungkan Video Di TikTok
Cara Menggabungkan Video Di TikTok

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat video TikTok, seperti menggunakan filter dengan tambahan backsound. Bahkan pengguna juga bisa berkolaborasi dengan pengguna lain untuk menggabungkan video TikTok. 

Sebenarnya untuk mengedit dan menggabungkan video TikTok, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya. Sebab pada aplikasi TikTok ini sudah tersedia fitur Duet untuk membuat video kolaborasi dengan semua pengguna TikTok. Fitur tersebut adalah fitur Duet.

Agar bisa membuat video duet TikTok, tentunya kamu harus sudah mempunyai akun terlebih dahulu. Selain itu, jenis video yang bisa digunakan untuk kolaborasi harus dari profil pengguna Publik atau tidak dikunci (akun privat). Berikut langkah-langkah yang bisa kamu simak dan ikuti tentang Cara Menggabungkan Video Di TikTok:

Baca Juga :  2 Cara Tethering HP ke HP, Sambungkan Hotspot Ke HP Lain

1. Cara Menggabungkan Video Di TikTok Langsung

Cara Menggabungkan Video Di TikTok
Cara Menggabungkan Video Di TikTok

Cara Menggabungkan Video Di TikTok yang pertama adalah dengan menggabungkannya langsung melalui aplikasi TikTok di hp kamu. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

  1. Pertama buka aplikasi TikTok di handphone kamu, pastikan kamu sudah login dengan akun yang kamu gunakan
  2. Selanjutnya cari dan pilih konten video yang sudah dipublikasikan yang ingin kamu buat video kolaborasinya pada tampilan Beranda atau pada profil pengguna.
  3. Putar dan jalankan video yang akan kamu jadikan video duet di TikTok
  4. Selanjutnya tekan tombol Share yang ada di pojok kanan bawah tampilan
  5. Nantinya akan muncul lagi beberapa opsi ketika akan membagikan video, silakan kamu pilih opsi Duet. Maka TikTok akan menampilkan tampilan kotak untuk video kamu dan milik pengguna lain yang akan dijadikan video duet
  6. Silakan kamu buat rekaman video dengan menekan tombol rekam warna merah yang ada dibagian bawah tampilan. Pastikan kamu menyesuaikan dengan tayangan video TikTok milik pengguna lain agar bisa sesuai
  7. Jika sudah selesai merekam, tekan tombol Next yang ada di pojok kanan bawah untuk melanjutkan ke proses upload
  8. Tekan tombol Post untuk menggunggahnya
  9. Namun sebelumnya kamu bisa menambahkan caption atau keterangan pada video yang kamu buat

2. Menggabungkan Dua Video atau Lebih di TikTok

Kamu bisa mendapatkan hasil gabungan dua atau lebih video di TikTok tanpa perlu aplikasi pihak ketiga selama durasi video tidak melebihi ketentuan TikTok. Cara Menggabungkan Video Di TikTok dengan menggabungkan dua video atau lebih antara lain:

  • Buka aplikasi TikTok. Ketuk tombol “+”, kamu akan melihat tombol upload di sebelah kanan tombol rekam. Pilih video yang ingin kamu gabungkan, kamu bisa memilih berapa pun jumlah video tersebut. Secara otomatis, video-video tersebut akan bergabung dengan sendirinya secara berurutan.
  • Untuk menyesuaikan durasi klip video, klik tab ‘Default‘ dan gerakkan handle yang ada di antara video tersebut sesuai keinginanmu.
  • Lihat pratinjau video sebelum kamu melanjutkan apakah sudah sesuai atau belum. Jika sudah selesai, klik tombol ‘Next‘.
  • Selanjutnya kamu bisa menambahkan efek, teks, atau backsound ke dalam video sebelum membagikan.
Baca Juga :  5 Cara Melihat Orang Yang Menonton Reels Kita di Instagram

3. Menggabungkan Video TikTok dari Galeri

Apabila sudah memiliki file rekaman video sendiri dan tersimpan di memori galeri cara ini bisa dilakukan, yuk simak Cara Menggabungkan Video Di TikTok berikut ini

  1. Buka aplikasi TikTok
  2. Pilih tombol +
  3. Lihat samping kanan ada pilihan Unggah/Upload
  4. Otomatis akan muncul semua koleksi video yang ada di galeri
  5. Pilih salah satu video atau dua juga boleh hingga muncul angka 1-2
  6. Lalu klik Next
  7. Di proses ini bisa pilih Sinkronisasi Suara berfungsi menambahkan musik dari fitur tiktok, pilih musik yang cocok dan kamu suka
  8. Sedangkan untuk Default adalah suara asli yang ada di video yang kamu ambil digaleri.
  9. Lalu klik posting
  10. Tunggu sampai proses posting selesai

4. Menggunakan Fitur Pause dan Record

Cara ini harus dilakukan secara langsung sehingga harus persiapan secara matang sehingga pengambilan video bisa maksimal. Berikut Cara Menggabungkan Video Di TikTok dengan menggunakan fitur pause dan record:

  • Buka aplikasi TikTok di hp kamu
  • Tekan menu + yang ada dibawah tengah
  • Lalu tekan tombol record berwarna merah untuk memulai merekam video yang pertama
  • Lalu tekan kembali tombol berwarna merah untuk melakukan pause
  • Cari tempat lain atau adegan lainnya yang menurut kamu sesuai
  • Lalu kembali lanjut dengan menekan lingkaran untuk record lagi dalam pengambilan video yang kedua
  • Apabila kamu sudah menyelesaikan untuk merekam keduanya klik tombol centang
  • Lakukan editing untuk penyempurnaaan video kamu agar jauh lebih menarik.

5. Menggabungkan Video Dengan Bantuan Aplikasi Lain

Jika kamu ingin menggunakan efek yang lebih menarik saat menggabungkan video. Kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi lain. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menggabungkan video ini adalah Foto Grid.

Baca Juga :  3 Cara Menghapus Akun TikTok Yang Tidak Bisa Login

Aplikasi Foto Grid merupakan aplikasi yang bisa membantu kamu untuk menggabungkan 2 video dalam 1 layar. Penggabungan 2 video ini bisa dilakukan dengan mengunduh video yang kamu inginkan dan membuat video kamu secara terpisah.

Link Download Aplikasi Foto Grid:

Nama Aplikasi Foto Grid: Kolase Foto & Grid
Ukuran Download 25 MB
Jumlah Download 10 jt+
Link Download Klik Disini

Tips Menggabungkan Video Tiktok menjadi Satu Video

Tips Keterangan
Gunakan Fitur Album di TikTok Saat membuat video baru di TikTok, Anda dapat memilih klip video dari album Anda dan menggabungkannya langsung di dalam aplikasi.
Gunakan Aplikasi Pengedit Video Ada banyak aplikasi pengedit video di toko aplikasi seperti InShot, KineMaster, atau FilmoraGo yang memungkinkan Anda untuk menggabungkan, memotong, dan menambahkan efek pada video.
Kualitas Video Pastikan semua video yang akan digabungkan memiliki kualitas yang baik dan resolusi yang serupa untuk hasil terbaik.
Transisi yang Halus Saat menggabungkan dua klip atau lebih, pertimbangkan untuk menambahkan transisi agar gabungannya terlihat mulus dan tidak tiba-tiba.
Pertimbangkan Musik Latar Jika Anda ingin menambahkan musik latar, pastikan musiknya mengalir dengan baik sepanjang video dan tidak terdengar putus-putus saat beralih dari satu klip ke klip lainnya.

Penutup

Cara Menggabungkan Video Di TikTok
Cara Menggabungkan Video Di TikTok

Demikian tips yang bisa kamu coba mengenai cara menggabungkan video di TikTok untuk membuat video kamu menjadi lebih menarik dan keren. Selamat berkreasi membuat video musik keren, unik dan lucu dan jangan lupa bagikan video yang kamu buat ke layanan media sosial lainnya. Semoga bermanfaat!

Back to top button