Tutorial

3 Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA Tanpa Mengunjungi Kantor Cabang

Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA dapat dilakukan dengan dua metode, yakni melalui BCA Mobile Banking dan melalui Internet banking klik BCA. Untuk melakukan kedua metode ini, pastikan kamu memiliki data login agar rekening milikmu bisa diakses.

Namun proses menghapus mutasi ini memiliki beberapa ketentuan, pastikan kamu memahami ketentuan tersebut terlebih dahulu. Karena mutasi rekening BCA yang sudah dihapus, datanya tidak akan bisa dikembalikan lagi kecuali melalui petugas BCA secara langsung dengan alasan yang akurat dan dapat diterima oleh pihak bank BCA.

Sekilas Tentang Mutasi Rekening BCA

Mutasi rekening BCA merupakan sebuah catatan transaksu keuanagan yang berlangsung melalui rekening bank tersebut. Hal ini mencakup segala transaksi seperti penarikan tunai, setoran, transfer antar rekening, pembayaran tagihan, dan lainnya.

Melalui mutasi rekening, nasabah dapat memantau secara rinci arus dana, memahami sumber dan penggunaan dana, serta mendapatkan informasi terkini tentang total saldo yang tersedia.

Mutasi rekening BCA juga berperan penting dalam mendeteksi aktivitas yang mencurigakan atau tidak sah, memberikan lapisan keamanan tambahan. Dengan hal ini, akan memberikan transparansi dan kendali yang diperlukan bagi nasabah untuk mengelola keuangan mereka dengan bijak.

Cara Cek Mutasi Rekening BCA

Bank BCA telah memberikan layanan untuk mempermudah nasabahnya dalam memeriksa mutasi rekening atau melihat riwayat transaksi. Mutasi rekening adalah riwayat atau catatan transaksi pada rekening bank yang merujuk pada aktivitas keluar masuknya dana.

Cara melihat mutasi rekening dapat dilakukan secara online dan offline, yaitu melalui galeri ATM BCA secara langsung dan lewat mobile banking. Untuk cek mutasi melalu m-banking ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Akses aplikasi BCA Mobile di ponsel kamu.
  • Di halaman utama, pilih opsi m-BCA
  • Masukkan kode akses yang diperoleh.
  • Pilih m-Info dan klik Mutasi Rekening.
  • Tentukan periode waktu yang ingin dilihat.
  • Terakhir, klik Kirim. Riwayat transaksi akan muncul pada layar.
Baca Juga :  8 Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Motor Tanpa Merusak Cat

Ketentuan Menghapus Mutasi Rekening BCA

Sebelum membahas lebih lanjut terkait cara menghapus mutasi rekening BCA, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa ketentuan menghapus mutasi rekening BCA berikut ini.

  • Aktivitas menghapus mutasi rekening merupakan pilihan dan tanggung jawab nasabah sepenuhnya. Pasalanya, pihak Bank BCA tidak akan turut ikut campur maupun bertanggung jawab keputusan atau pilihan nasabah dalam mengapus mutasi rekening.
  • Proses pengha[usan mutasi rekening BCA berjalan secara menyeluruh. Artinya, seluruh catatan atau riwayat kegiatan transaksi yang pernah terjadi di rekening akan di hapus otomatis dan tidak akan bisa dikembalikan lagi.
  • Namun dalam situasi darurat, kamu bisa mengembalikan data terkait mutasi rekening yang telah dihapus dengan melakukan pengajuan ke kantor cabang Bank BCA terdekat dengan alasan yang bisa diterima oleh petugas bank.

Apakah Mutasi Rekening BCA Bisa Dihapus?

Sebagai salah satu nasabah bank BCA, kemungkinan kamu pernah bertanya apakah mutasi rekening BCA ini bisa dihapus atau tidak?”. Nah sesuai ketentuan yang telah dijelaskan diatas, setiap nasabah bisa menghapus seluruh mutasi rekening BCA.

Namun data mutasi rekening tersebut tidak akan bisa dikembalikan lagi, kecuali dalam keadaan urgent dengan menyertakan alasan yang logis dan bisa diterima oleh petugas dari bank BCA.

Untuk itu, sebelum melakukan cara menghapus mutasi rekening BCA, pastikan terlebih dahulu data mutasi rekening yang dimiliki tidak memiliki riwayat transaksi penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA

Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA
Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA

Ada tiga cara menghapus mutasi rekening BCA yang bisa dilakukan dengan mudah, yaitu melalui BCA Mobile Banking, lewat Internet Banking KlikBCA, dan via galeri ATM bank BCA secara langsung.

Baca Juga :  5 Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo : Wajib anda ketahui!

Metode ini dinilai sangat efektif dan akan membantu kamu menghapus data mutasi rekening yang mengganggu. Adapun langkah-langkahnya, silahkan ikuti panduan selengkapnya dibawah ini.

1. Melalui BCA Mobile Banking

Menghapus Mutasi Rekening BCA Melalui BCA Mobile Banking
Menghapus Mutasi Rekening BCA Melalui BCA Mobile Banking

Cara menghapus mutasi rekening BCA pertama yang bisa kamu coba yaitu melalui aplikasi resmi mobile banking yang disediakan oleh bank BCA. Untuk melakukan cara menghapus mutasi rekening BCA melalui metode ini, silahkan install aplikasi BCA Mobile di playstore dan lakukan registrasi layanan melalui kantor cabang BCA terdekat.

Berikut langkah cara menghapus mutasi rekening BCA melalui mobile banking BCA.

  • Buka aplikasi BCA Mobile di hp.
  • Di halaman utama, pilih opsi menu m-BCA.
  • Masukkan kode akses BCA Mobile milikmu.
  • Jika indikator lampu di pojok kanan aplikasi berwarna hijau, klik menu m-Admin.
  • Scroll kebawah dan pilih opsi menu Hapus Daftar.
  • Pilih opsi dalam menghapus mutasi rekening yang diinginkan.
  • Semua data mutasi rekening akan ditampilkan.
  • Centang daftar mutasi rekening yang akan dihapus.
  • Lalu klik Delete.
  • Akan muncul data konfirmasi terkait penghapusan mutasi, silahkan baca dengan teliti dan klik OK.
  • Konfirmasi penghapusan mutasi rekening dengan memasukkan mPIN BCA Mobile milikmu.
  • Proses menghapus mutasi rekening BCA berhasil dilakukan.

2. Lewat Internet Banking KlikBCA

Menghapus Mutasi Rekening BCA Lewat Internet Banking KlikBCA
Menghapus Mutasi Rekening BCA Lewat Internet Banking KlikBCA

Alternatif lain yang bisa dilakukan sebagai cara menghapus mutasi rekening BCA dengan proses yang mudah dan praktis, yaitu melalui internet banking di klikBCA. Metode ini bisa kamu lakukan apabila kamu tidak memiliki aplikasi BCA Mobile Banking.

Berikut adalah panduan cara menghapus mutasi rekening bank BCA melalui internet banking klikBCA yang bisa kamu coba.

  • Silahkan kunjungi laman resmi klikbca.com melalui browser di ponsel.
  • Klik Login di pojok kanan bawah.
  • Masukkan nama dan password Internet BCA.
  • Pilih menu Administrasi di pojok kiri bawah.
  • Klik Hapus Daftar Rekening.
  • Pilih daftar riwayat transfer atau mutasi rekening yang akan dihapus.
  • Lalu klik Kirim.
  • Ceklis nama atau nomor rekening yang ingin dihapus mutasinya.
  • Lanjutkan dengan mengklik menu Proses di pojok kanan bawah.
  • Cara menghapus mutasi rekening BCA melalui internet banking berhasil dilakukan.
Baca Juga :  9 Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli: Wajib Kamu Periksa dengan Teliti!

Apakah Bisa Menghapus Mutasi Rekening BCA Melalui Galeri ATM?

Galeri atm merupakan salah satu layanan yang memungkinkan setiap nasabah bank BCA untuk melakukan kegiatan transkasi, seperti tarik saldo, transfer dana, cek saldo, dan lainnya.

Namun sangat disayangkan, proses penghapusan mutasi rekening melalui galeri ATM belum bisa dilakukan. Pasalnya, sampai saat ini belum ada fitur yang secara khusus untuk menghapus mutasi rekening bank BCA melalui atm galeri.

Jadi, cara menghapus mutasi rekening BCA hanya bisa dilakukan melalui kedua metode diatas saja. Pastikan tidak ada data mutasi rekening penting sebelum menghapusnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Akibat Dari Menghapus Mutasi Rekening BCA

Menghapus mutasi BCA memiliki konsekuensi serius terhadap manajemen keungan dan data mutasi transaksi yang berlangsung sebelumnya. Mutasi rekening adalah catatan lengkap transaksi keuangan, dan menghapusnya akan menghilangkan jejak historis aktivitas finansial.

Artinya, kamu akan kehilangan informasi vital tentang sumber pendapatan, pengeluaran. dan transfer dana. Tanpa mutasi rekening, nasabah akan merasa kesulitan untuk memantau perubahan saldo secara rinci atau menganalisis keuangan pribadi nasabah.

  • Selain itu mutasi rekening berperan dalam mendeteksi aktivitas keuangan yang mencurigakan atau tidak sah, sehingga dengan menghapus mutasi rekening BCA akan meningkatkan risiko meamanan.
  • Nasabah yang menghapus mutasi rekening BCA juga akan kehilangan kemampuan untuk melacak dan memverifikasi transaksi, yang dapat menyulitkan proses rekonsiliasi dan audit keuangan.
  • Oleh karena itu, menjaga integritas mutasi rekening BCA sangat penting untuk pengelolaan keuangan yang efektif dan keamanan finansial.

Artikel Menarik Lainnya : BCA Gangguan Hari Ini 2024, Kenali 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Akhir Kata

Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA
Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA

Proses menghapus mutasi rekening BCA ini cukup mudah dilakukan dan dapat dilakukan melalui 2 metode yaitu lewat aplikasi mobile BCA dan dengan mengakses situs internet banking BCA secara langsung. Sebaiknya pertimbangkan untuk menghapus riwayat transaksi ini, karena data mutasi yang sudah dihapus tidak akan bisa dikembalikan lagi.

Back to top button