Review

8 Perbedaan iPhone Inter Dan iBox, Jangan Sampai Salah Pilih

Perbedaan iPhone Inter Dan IBox sangat penting untuk diketahui terutama bagi kamu yang ingin membeli brand iPhone ini. Perbedaan yang paling umum dari iPhone inter dan iBox yaitu terletak pada garansi dan kode negara.

iBox adalah distributor resmi yang memasarkan produk dari Apple dan garansi nya 1 tahun bisa digunakan disetiap store iBox diseluruh Indonesia, sementara eks inter menyertakan garansi hanya 1 bulan dan klaim garansi hanya dapat dilakukan di negara asal pembelian iPhone tersebut.

Sekilas Tentang iPhone Inter dan iBox

IPhone ex inter atau biasa disebut eks internasional adalah iPhone bekas yang berasal dari luar negeri dan diedarkan di Indonesia yang bukan oleh distributor resmi. Harga dari iPhone inter ini dipasarkan dengan harga yang lebih murah.

Sementara iPhone iBox adalah iPhone resmi yang diedarkan oleh distributor resmi di Indonesia dengan garansi 100% resmi bisa digunakan di semua store iBox yang ada di Indonesia.

Perbedaan iPhone Inter Dan iBox

Perbedaan iPhone Inter Dan iBox
Perbedaan iPhone Inter Dan iBox

Mengetahui perbedaan iPhone Inter dan iBox merupakan hal yang sangat penting terutama bagi kamu yang dilema untuk memutuskan perangkat mana yang harus dibeli. Kedua jenis iPhone ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan terutama dalam garansi dan IMEI.

Untuk mengetahui apa saja perbedaan iPhone Inter dan iBox silahkan simak informasi penjelasan pada artikel dibawah ini.

1. Garansi

Garansi iPhone iBox
Garansi iPhone iBox

iBox adalah distributor resmi Apple. Dimana distributor ini mempasarkan perangkat langsung dari produsen iPhone. Itu artinya pengguna yang membeli iPhone di store iBox akan mendapatkan garansi resmi 100% yang bisa digunakan melalui service center yang Authorized Apple di Indonesia.

Baca Juga :  5 Efek Samping Salep Pelicin Wajah Barbie Beauty

Dengan membeli iPhone melalui iBox, konsumen akan mendapatkan garansi resmi selama 1 tahun dari berbagai lembaga, seperti TAM, SCM, SES, dan lainnya sebagai produk resmi dari Aple.

Sementara iPhone Inter tidak menyertakan garansi karena biasanya dijual secara tidak resmi. Apabila terjadi kerusakan pada perangkat iPhone yang digunakan, klaim garansi tidak bisa dilakukan di store iBox. Perbedaan iPhone Inter dan iBox, umumnya klaim garansi iPhone inter hanya dapat dilakukan di negara asal pembelian tersebut.

2. IMEI

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor unik yang diberikan kepada setiap perangkat iPhone untuk mengidentifikasi perangkat secara global. Perbedaan iPhone Inter dan iBox dalam hal IMEI pada proses pendaftaran dan aktivasi.

Kebanyakan iPhone inter yang masuk ke Indonesia memiliki IMEI yang belum terdaftar, sehingga iPhone inter bisa masuk ke kategori perangkat iPhone ilegal.

Dimana dampak dari IMEI yang tidak terdaftar atau ilegal adalah mengalami pemblokiran. Pengguna juga tidak bisa menggunakan layanan provider atau kartu SIM yang umum digunakan di Indonesia.

3. Kode Negara

Kode Negara iPhone
Kode Negara iPhone

Secara umum, produk Apple dilengkapi dengan kode negara sesuai dengan lokasi pemasaran perangkat tersebut. Di Indonesia, iPhone iBox biasanya memiliki kode negara PA/A, ID/A, FE/A.

Sementara itu, untuk iPhone eks inter memiliki kode negara yang berbeda dari iBox, seperti kode ZP/A (Singapura), LL/A USA (Amerika Serikat), dan CH/A CINA.

Perbedaan iPhone Inter dan iBox dari Kode Negara ini sangat penting untuk melacak asal dan klaim garansi sesuai negara. Pengguna dapat menggunakan nomor yang tertera pada kotak kemasan iPhone untuk mengaktifkan garansi resmi yang berlaku di negara asal iPhone tersebut.

Baca Juga :  7 Cara Gestun Shopee Paylater Langsung Cair Hitungan Menit

Untuk mengecek kode negara pada perangkat iPhone yang kamu miliki bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu melalui menu Pengaturan ponsel atau melihat secara langsung pada dus box (kotak HP iPhone).

4. Harga

Biasanya iPhone iBox dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan iPhone eks inter. Harga jual tersebut sebanding dengan manfaat, kenyamanan, dan perlindungan yang di dapatkan.

Kenapa iPhone Inter dipasarkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan iPhone iBox, ini disebabkan oleh iPhone eks inter tidak membayar pajak dan tidak ada garansi bagi penggunanya. Jadi hal inilah yang membuat harga iPhone Inter di bandrol dengan harga miring dari produk resminya.

5. Aksesoris dan Kelengkapan

Aksesoris dan Kelengkapan
Aksesoris dan Kelengkapan

Apa perbedaan iPhone Inter dan iBox? salah satunya adalah dari segi aksesoris dan kelengkapan saat baru pertama kali membeli iPhone tersebut.

Seperti halnya pada charger, dimana produk Apple selalu disesuaikan dengan negara tempat pemasaran nya. Karena itu tipe atau jenis charger bisa berbeda-beda untuk setiap negara tempat pertama kali membeli perangkat iPhone tersebut.

Charger iPhone iBox yang beredar di Indonesia biasanya memiliki dua kaki penghubung charger, sementara charger iPhone inter yang berasal dari luar negeri bisa memiliki tiga kaki penghubung ke daya listrik.

Selain itu pada buku panduan, biasanya pada iPhone iBox biasanya dilengkapi dengan buku panduan dengan bahasa Indonesia, sedangkan iPhone inter terkadang menggunakan bahasa asing sesuai dengan tempat asal iPhone dipasarkan.

6. Ketersediaan Produk

Dalam pemasarannya, iPhone eks inter memiliki kelebihan lain dari ketersediaan produknya. Seperti yang diketahui, setiap tipe iPhone memiliki jadwal perilisan yang berbeda-beda di setiap negara. Bahkan tidak jarang iPhone versi terbaru diluncurkan terlebih dahulu di luar negeri dibandingkan di Indonesia.

Baca Juga :  4 Perbedaan Celana Jeans dan Levis Yang Perlu Diketahui! Terbaru 2024

berbanding terbalik dengan iPhone eks inter, iPhone keluaran terbaru dari inter lebih cepat masuk ke Indonesia meski versi tersebut belum dirilis secara resmi di Indonesia dan harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan iPhone iBox.

7. Kartu Provider

Pengguna memiliki kebebasan untuk menggunakan berbagai jenis kartu SIM atau penyedia layanan yang tersedia pada iPhone iBox, sementara untuk iPhone Eks inter perlu mendaftarkan nomor IMEI terlebih dahulu agar dapat digunakan dengan sistem cara di Indonesia.

dalam beberapa kasus terakhir, iPhone eks inter kerap mengalami kegalalan dalam membaca kartu provider sehingga perangkat tersebut hanya menggunakan WIFI saja untuk dapat mengakses nya.

Meski perbedaan iPhone Inter dan iBox ini menjadi masalah besar, namun sampai saat ini masih banyak orang yang membeli iPhone eks inter.

8. Pajak

Perbedaan iPhone inter dan iBox terakhir yaitu IPhone inter yang diimpor biasanya mayoritas beredar secara ilegal tanpa membayar pajak. Sementara iPhone bekas yang dibawa secara pribadi biasanya telah membayar pajak di wilayah pabaen seperti bandara.

Untuk iPhone yang berasal dari distributor resmi seperti iBox atau Digimap, baik dalam kondisi baru tersegel maupun bekas pemakaian, telah menyelesaikan kewajibannya pembayaran pajak sebelum di edarkan ke pengguna di Indonesia.

Hal inilah yang membuat harga iPhone inter jauh lebih murah dibandingkan iPhone iBox resmi karena tidak membayar pajak sehingga tidak terdaftar IMEI di perangkatnya. Jadi iPhone eks inter ilegal sehingga lebih rawan diblokir oleh pemerintah.

Postingan Menarik Lainnya : 10+ Cara Mengatasi Hotspot Iphone Tidak Muncul Beserta Penyebabnya

Penutup

Perbedaan iPhone Inter Dan iBox
Perbedaan iPhone Inter Dan iBox

Perbedaan antara iPhone inter dan iBox terletak pada saluran distribusi, layanan purna jual, dan beberapa fitur tambahan mungkin tersedia. Delapan perbedaan dari iPhone inter dan iBox diatas bisa kamu jadikan sebagai referensi sebelum memutuskan untuk membelinya. Pastikan kamu tidak tergiur dengan harga murah untuk menghindari dampak yang akan terjadi di akhir.

Back to top button