Tutorial

10 Cara Memperbaiki KTP yang Buram dan Tips Merawatnya Dengan Benar

Terdapat beberapa cara memperbaiki KTP yang buram dapat Anda lakukan. Dengan begitu, tidak perlu khawatir apabila sedang mengalami kendala satu ini. KTP sendiri memiliki peran yang sangat penting sehingga jika terdapat kerusakan maka pastikan segera memperbaikinya.

Cara Memperbaiki KTP yang Buram Atau Rusak

Cara Memperbaiki KTP yang Buram Atau Rusak
Cara Memperbaiki KTP yang Buram Atau Rusak

KTP yang mengalami buram pada bagian tulisannya tentu akan sangat merepotkan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk segera mengganti KTP tersebut agar tidak mengganggu keperluan saat ingin memakainya. Di bawah ini cara memperbaiki selengkapnya:

  • Pastikan Memenuhi Syarat Memperbaiki KTP

Langkah pertama sebelum menerapkan cara memperbaiki KTP yang buram adalah memastikan kartu identitas tersebut memenuhi syarat untuk dilakukan perbaikan. Lantas, apa saja syarat tersebut? Di bawah ini diantaranya:

  1. KTP rusak
  2. KTP yang terkelupas
  3. Huruf di KTP buram
  4. Huruf di KTP tidak terbaca sama sekali
  • Datang ke Dukcapil Terdekat

Cara memperbaiki KTP yang buram atau rusak adalah dengan datang ke Dukcapil terdekat. Jika lokasi Anda masih mengharuskan untuk membawa surat pengantar dari RT maupun RW, maka pastikan menyiapkan nya terlebih dahulu. Kemudian simak langkahnya di bawah ini:

  1. Pastikan datang ke Dukcapil terdekat
  2. Serahkan KTP yang buram
  3. Tunggu proses pencetakan ulang KTP
  4. Umumnya hal ini memerlukan waktu 1 hari
  5. Anda dapat datang kembali untuk mengambil KTP yang baru
  6. Pastikan tidak diwakilkan oleh orang lain
  7. Petugas akan melakukan verifikasi dengan pemilik KTP asli
  8. Selesai
  • Memperbaiki KTP secara Online

Anda juga dapat memperbaiki KTP tersebut secara online agar lebih mudah dan praktis. Layanan ini umumnya sudah disediakan oleh pihak Dukcapil setempat sehingga tidak ada salah nya jika memanfaatkannya. Supaya lebih jelas, cara memperbaiki KTP yang buram di bawah ini:

  1. Masuk ke website/WA/aplikasi Dukcapil terdekat
  2. Lengkapi formulir yang tersedia
  3. Tunggu hingga mendapatkan proses verifikasi dari petugas
  4. Dapatkan pemberitahuan untuk datang ke Dukcapil
  5. Pastikan membawa dokumen yang diperlukan
  6. Petugas akan memberikan KTP terbarunya
  7. Anda bisa membawa KTP tersebut ke rumah
  8. Selesai
  • Memperbaiki KTP Buram di Jakarta

    Memperbaiki KTP Buram di Jakarta
    Memperbaiki KTP Buram di Jakarta

Masyarakat yang berdomisili di DKI Jakarta, maka dapat menerapkan cara memperbaiki KTP yang buram dan rusak dengan lebih praktis. Pasalnya sudah ada aplikasi ALPUKAT Betawi yang dapat dipakai. Oleh sebab itu, simak cara memperbaiki KTP yang buram selengkapnya di bawah ini:

  1. Masuk ke aplikasi Play Store
  2. Unduh aplikasi ALPUKAT Betawi
  3. Buka aplikasi tersebut
  4. Mulai membuat akun
  5. Masukkan nama, NIK, email, nomor hp, dan lain sebagainya
  6. Lakukan pengisian data dengan lengkap dan benar
  7. Setelah itu Anda akan masuk ke menu Home
  8. Klik menu Percetakan KTP
  9. Tekan ikon +
  10. Pilih data keluarga untuk dapat mencetak KTP baru
  11. Masuk ke kolom Keterangan Permohonan
  12. Pastikan memilih menu Pergantian-rusak
  13. Tentukan kelurahan sesuai domisili masing-masing
  14. Tentukan juga tanggal pengambilannya
  15. Tekan menu Kirim Permohonan
  16. Centang dokumen persyaratan nya
  17. Pilih opsi Selanjutnya
  18. Unggah dahulu persyaratan nya
  19. Klik Selanjutnya
  20. Tunggu sampai keterangan terlihat tentang penjadwalan
  21. Cara memperbaiki KTP yang buram selesai
Baca Juga :  8 Cara Mengatasi Isi Voucher Telkomsel Sistem Sibuk

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

  • Memperbaiki KTP Buram di Surabaya

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah Surabaya, maka bisa menerapkan cara memperbaiki KTP yang buram atau rusak dengan mudah. Lakukan pengajuan layanan nya melalui aplikasi KIOS Layanan Publik. Jika masih bingung, langsung saja simak langkahnya berikut:

  1. Ajukan permohonan lewat aplikasi KIOS Layanan Publik
  2. Yakni melalui halaman berikut https://www.surabaya.go.id/anjungan/index.php
  3. Setelah itu, masuk ke halaman utamanya
  4. Kemudian pilih layanan kependudukan
  5. Klik Pengajuan KTP Elektronik
  6. Lakukan cara memperbaiki KTP yang buram selanjutnya sesuai instruksi yang ada
  • Memperbaiki KTP Buram di Bekasi

    Memperbaiki KTP Buram di Bekasi
    Memperbaiki KTP Buram di Bekasi

Masyarakat yang tinggal di daerah Bekasi, maka bisa memanfaatkan aplikasi E-Open apabila ingin memperbaiki KTP buram maupun rusak. Prosesnya pun terbilang cukup mudah dan praktis. Langsung saja simak beberapa cara memperbaiki KTP yang buram di bawah ini:

  1. Buka Play Store di hp
  2. Unduh aplikasi E-Open
  3. Setelah itu, buka aplikasinya
  4. Lakukan pendaftaran
  5. Tekan menu KTP
  6. Klik menu Status Percetakan yang ada
  7. Isi NIK KTP
  8. Ketuk tombol cari
  9. Tentukan lokasi pengambilan terdekat
  10. Tentukan juga waktu pengambilan nya
  11. Pastikan mengunggah persyaratan nya
  12. Tunggu hingga terlihat pesan Pendaftaran Berhasil
  13. Cek email permohonannya
  14. Setelah itu cek status permohonannya melalui aplikasi tersebut
  15. Selesai

Cara Mengganti Foto KTP yang Buram

Cara Mengganti Foto KTP yang Buram
Cara Mengganti Foto KTP yang Buram

Tidak hanya tulisan yang buram, terkadang foto di dalam KTP Anda juga mengalami buram atau rusak. Oleh sebab itu, penting untuk segera memperbaikinya juga karena caranya sangat mudah. Supaya lebih jelas, maka simak beberapa panduan selengkapnya di bawah ini:

1. Datang ke Dukcapil

Langkah pertama untuk mengganti foto KTP yang buram atau rusak adalah dengan datang ke Dukcapil. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu lokasi Dukcapil terdekat dari rumah masing-masing. Kemudian luangkan waktu untuk datang langsung ke lokasinya.

Baca Juga :  7 Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Cepat

Terlebih saat ini sudah bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps apabila Anda masih belum mengetahui rute menuju lokasinya. Pastinya, proses datang ke Dukcapil dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa perlu khawatir akan salah alamat.

2. Bawa Persyaratan nya

Sebelum berangkat ke kantor Dukcapil terdekat, sangat penting bagi Anda untuk membawa persyaratan nya. Tidak perlu khawatir karena syarat untuk mengganti foto KTP tersebut terbilang cukup mudah. Apabila masih belum mengetahuinya segera cek pada ulasan di bawah ini:

  • e-KTP yang lama
  • Fotokopi KK

3. Ajukan Permohonan Penggantian Foto KTP

Selanjutnya, Anda bisa langsung mengajukan permohonan penggantian foto KTP kepada petugas Dukcapil. Kemudian serahkan juga KTP lama beserta KK yang sudah dibawa. Tunggu sampai petugas melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Mereka akan memberikan formulir surat pernyataan tentang perubahan elemen data KTP. Tunggu sampai proses administrasi tersebut selesai. Nantinya Anda akan diminta untuk melakukan pengambilan foto ulang.

4. Lakukan Pengambilan Foto KTP Baru

Sebelum mengambil foto ulang, biasanya petugas akan melakukan verifikasi data KTP lagi. Tepatnya melalui proses scan atau pindai sidik jari. Anda hanya perlu mengikuti seluruh instruksi dari petugas Dukcapil tersebut.

Jika sudah, maka Anda dapat melakukan pengambilan ulang foto KTP. Dengan begitu, foto KTP akan kembali dicetak menggunakan foto terbaru. Tentu saja seluruh proses penggantian foto tersebut tidak memerlukan biaya apapun alias gratis.

 Beberapa Ketentuan Ganti Foto KTP yang Baru

Sebagian dari Anda mungkin masih belum mengetahui, bahwa sebenarnya seluruh masyarakat yang ada di Indonesia diperkenankan untuk melakukan penggantian foto KTP. Akan tetapi, tentu perlu memenuhi terlebih dahulu beberapa ketentuan ganti foto tersebut.

Seperti foto KTP yang kondisi gambar atau fotonya sudah dalam keadaan buram. Tentu foto tersebut tidak dapat dilihat dengan jelas atau terdapat kerusakan pada bagiannya. Begitu juga saat KTP yang Anda miliki sudah dalam keadaan terkelupas sehingga sulit untuk dikenali.

Foto KTP juga dapat dilakukan penggantian jika pemilik yang bersangkutan memiliki perubahan pada penampilannya. Contohnya saja apabila dahulunya tidak mengenakan jilbab sehingga saat ini mengenakan jilbab. Atau bisa juga ketika sudah melakukan prosedur operasi wajah.

 Tips Merawat KTP Agar Tidak Mudah Buram atau Rusak

Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar KTP tidak mudah buram atau rusak lagi. Terlebih jika sudah menerapkan beberapa cara memperbaiki KTP yang buram seperti di atas. Oleh sebab itu, usahakan simak beberapa tips merawat selengkapnya berikut:

1. Hindarkan dari Air

Supaya KTP yang sudah Anda perbaiki dapat bertahan lebih lama, maka pastikan menyimpannya dengan baik. Hindarkan dari air karena bisa saja menjadikan KTP rusak dan buram tulisannya. Tentu Saja hal ini akan sangat merugikan penggunanya.

Baca Juga :  Kenapa Chat Telegram Tiba Tiba Hilang Padahal Tidak Dihapus? Ketahui 4 Penyebab Dan Solusi Terbaiknya!

Anda bahkan perlu memperbaikinya lagi sehingga hanya akan membuang waktu dan tenaga. Oleh karena itu, hindarkan KTP dari air. Contohnya saja saat menyimpan KTP di dalam kantong baju atau celana. Cek dahulu sebelum merendam baju atau celana tersebut di dalam air.

2. Simpan di Tempat Kering

Setelah menerapkan cara memperbaiki KTP yang buram seperti pada langkah di atas, kemudian mendapatkan KTP baru maka usahakan selalu menyimpannya di tempat yang kering. Pastikan lokasinya juga aman dan sesuai sehingga tidak mudah terkena air atau kotoran lainnya.

Pasalnya, saat KTP tersebut terkena air, maka bisa saja chip yang ditanam di dalamnya mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, bisa saja KTP tersebut mudah terkelupas sehingga tulisan yang ada akan menjadi buram dan sulit untuk di baca.

3. Jangan Ditekuk

Untuk menyimpan KTP, jangan sampai Anda menekuk nya. Hal ini hanya akan membuat KTP tersebut lebih mudah rusak. Padahal, kartu ini memiliki banyak fungsi sehingga penting untuk merawat dan menyimpannya dalam keadaan sebaik mungkin.

Hindari menekuk KTP saat ingin menyimpannya. Jangan sampai juga menyimpannya di sembarang tempat sehingga tidak akan mudah rusak. Hal ini agar KTP baru tersebut tetap awet dan tahan lama terutama setelah menerapkan cara memperbaiki KTP yang buram.

4. Jangan Dicoret-coret

Anda mungkin memiliki anak kecil yang sedang aktif di dalam rumah. Saat menyimpan KTP dengan sembarangan, mungkin saja mereka akan memainkan nya. Mereka juga bisa saja mencoret-coret KTP tersebut sehingga tulisannya menjadi buram dan tidak terlihat lagi.

Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari hal ini. Simpan KTP Anda dengan sebaik mungkin dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Tentu hal tersebut sangat penting agar KTP tidak dijadikan sebagai bahan mainan baik si kecil di rumah.

5. Hindari Melakukan Laminating

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa proses laminating bisa saja menyebabkan kerusakan pada chip yang tertanam di dalam KTP. Oleh karena itu, hindari melakukan hal ini. Cukup simpan saja di tempat yang kering sehingga terhindar dari debu dan kotoran.

Jauhkan juga dari anak-anak maupun air. Atau hal-hal lainnya yang dapat merusak KTP tersebut. Pakai KTP sesuai dengan kebutuhan setelah itu langsung simpan agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Terlebih KTP memiliki fungsi yang sangat penting bagi masyarakat di tanah air.

6. Simpan di Dompet

Anda dapat menyiapkan dompet khusus untuk menyimpan KTP tersebut. Pastikan juga tempat penyimpanan KTP tersebut pas ukurannya. Hal ini agar KTP tidak mudah rusak saat disimpan di dompet tersebut. Hindari dompet dengan tempat penyimpanan KTP yang terlalu kecil.

Pasalnya, bisa saja saat mengambil dan menaruh KTP terjadi gesekan yang terlalu keras. Hal ini juga tentu memicu adanya kerusakan pada kartu identitas tersebut. Oleh sebab itu, pastikan menyimpannya di dompet dengan ukuran penyimpanan yang pas dan sesuai.

Cara Memperbaiki KTP yang Buram
Cara Memperbaiki KTP yang Buram

Sekarang Anda dapat mulai menerapkan cara memperbaiki KTP yang buram seperti pada langkah-langkah di atas. Jangan lupa juga untuk menerapkan beberapa tips untuk merawat KTP tersebut. Agar nantinya saat KTP diperlukan dapat langsung memakainya dalam keadaan bagus.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button