Tutorial

7 Cara Agar Video TikTok Tidak Buram, Upload Kualitas HD

Cara Agar Video TikTok Tidak Buram – Sudah berusaha membuat konten dengan kreatif namun hasilnya buram? Tidak perlu khawatir, karena melalui artikel ini kamu akan mendapatkan informasi terkait cara agar video TikTok tidak buram.

Selain menyediakan berbagai konten menarik, kini TikTok juga menyuguhkan fitur yang dapat membantu content creator nya dalam mengekspresikan diri lewat video kreatif yang akan di upload ke aplikasi TikTok.

Namun sampai saat ini masih ada masalah yang sangat sering terjadi dan dialami oleh para content creator, seperti kualitas video. Padahal para creator sudah mengubah dimensi HD standard, tetapi kualitas video masih tetap buram.

Nah, ada beberapa langkah cara agar video TikTok tidak buram dengan mudah. Yuk, langsung saja simak tips dan triknya dibawah ini.

Cara Agar Video TikTok Tidak Buram

Untuk mendapatkan kualitas video yang bagus tentu saja memerlukan beberapa  teknik pengambilan video. Jadi ketika mengambil sebuah video, pastikan tangan kamu tidak gemetaran atau tremor, agar rekaman video yang kamu ambil tidak buran.

Berikut beberapa cara agar video TikTok tidak buram yang bisa kamu coba, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Teknik Pengambilan Video

Teknik pengambilan video merupakan salah satu hal yang sangat jarang diperhatikan oleh para kreator. Padahal masalah teknik pengambilan video adalah faktor penentu kualitas video yang kamu rekam.

Baca Juga :  Daftar dan Cara Setting APN Smartfren Tercepat dan Stabil 2024

Namun, saat ini kamu tidak perlu khawatir lagi. karena ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar kualitas video yang kamu ambil lebih bagus :

  • Cari pencahayaan yang mendukung untuk merekam video, usahakan tidak membelakangi cahaya agar hasilnya lebih maksimal.
  • Gunakan bantuan flash apabila pada saat mengambil video sangat minim pencahayaan.
  • Menggunakan alat bantu seperti ring light atau tripot, untuk mencegah getaran atau tremor pada saat pengambilan video TikTok.
  • Mencegah pergerakan yang berlebihan. Karena akan mengurangi fokus pada video yang kamu rekam.

2. Atur Ukuran Resolusi Video TikTok

Perlu kamu ketahui bahwasanya dimensi HD standard untuk kualitas video yaitu resolusi minimal 1080p. Apabila kurang dari resolusi yang telah disarankan, dapat dipastikan bahwa hasil video yang kalian rekam akan buram dan kualitasnya tidak baik.

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan format terbaik, seperti MOV atau MP4. Untuk ukuran maksimal pengguna Android yang direkomendasikan adalah sekitar 72MB dan untuk iOS sekitar 287MB. Jadi usahakan ukurannya tidak melebihi dari yang disarankan agar mendapatkan kualitas video yang baik.

3. Mengubah Settingan Hemat Data

Cara Mengubah Settingan Hemat Data TikTok
Cara Mengubah Settingan Hemat Data TikTok

Tentu saja banyak orang yang mengubah pengaturan perangkat ponsel nya, salah satunya yaitu mengubah mode menjadi hemat data. Hal tersebut terjadi untuk menghindari aplikasi yang menyedot kuota internet yang berlebihan.

Namun, mode hemat data memberi efek buruk kepada beberapa aplikasi contohnya saja aplikasi TikTok. Efek nya yaitu ketika kamu mengaktifkan mode Hemat Data, ketika ingin merekam video TikTok kualitas dari hasil rekaman yang di dapatkan akan buram.

Baca Juga :  3 Cara Menghilangkan Notifikasi Planet 3 Paling Mudah

Maka untuk mencegah hal tersebut kamu harus menonaktifkan mode Hemat Data. Adapun langkah caranya yakni sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi TikTok pribadi kamu terlebih dahulu.
  • Pada halaman utama, pilih menu profil.
  • Lalu klik icon garis tiga, kemudian klik Pengaturan dan privasi.
  • Pilih opsi menu Penghemat Data, lalu klik icon yang berada disebelah kanan atas. Sebagai opsi untuk menonaktifkan penghemat data.

4. Menggunakan Filter TikTok

Menggunakan Filter TikTok
Menggunakan Filter TikTok

Cara agar video TikTok tidak buram selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan atau menggunakan bantuan filter yang telah disediakan ketika melakukan proses editing video.

Selain menjernihkan warna dalam gambar, filter juga dapat menimbulkan efek emosional terhadap video yang kamu rekam. Oleh sebab itu, kombinasi antara hasil grading, tentunya akan menciptakan kualitas video yang lebih bagus juga.

5. Menggunakan Bantuan Peralatan Rekaman Video

Menggunakan Bantuan Peralatan Rekaman Video
Sarana Peralatan Rekaman Video

Cara agar video TikTok tidak buram ini berkaitan dengan teknis dan sarana persediaan pada saat proses pengambilan video. Kamu juga harus memperhatikan keberadaan sarana rekaman untuk mendapatkan kualitas video yang lebih jernih.

Ada beberapa rekomendasi alat bantu sarana yang perlu kamu persiapkan, diantaranya :

  • Mikrofon, yang berfungsi sebagai alat bantu dalam merekam suara agar lebih jelas.
  • Tripod, yang berfungsi sebagai alat bantu meminimalisir guncangan tangan ketika creator sudah kelelahan dalam mengambil video TikTok.
  • Ring Light, dapat digunakan untuk menambahkan pencahayaan terhadap video tanpa mengurangi kontur wajah. Sehingga dapat membantu, ketika video rekaman TikTok terlihat buram dan kualitas video nya buruk.

6. Gunakan Koneksi Internet yang Kuat dan Stabil

Koneksi Internet yang Kuat dan Stabil
Koneksi Internet yang Kuat dan Stabil

Menggunakan koneksi internet yang kuat dan stabil juga salah satu cara agar video TikTok tidak buram. Mungkin cara ini terlihat sederhana dan cenderung terabaikan, namun koneksi internet yang lambat dan tidak stabil sangat mempengaruhi kualitas video TikTok.

Baca Juga :  3 Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota Indosat Gratis Tanpa Aplikasi

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan WIFI yang lancar, dengan begitu dapat dipastikan hasil rekaman video TikTok kamu akan lebih jernih dan tidak buram.

Cara Meningkatkan Kualitas Video TikTok

Nah, untuk meningkatkan kualitas video sebagai cara agar video TikTok tidak buram dan lebih jernih, kamu bisa menggunakan beberapa cara yang akan di jelaskan. Namun, untuk meningkatkan kualitas video kamu memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan editing terlebih dahulu.

Adapun beberapa sarana aplikasi video editing yang paling sering dimanfaatkan oleh content creator untuk meningkatkan kualitas video, yaitu :

  • CapCut
  • InShot
  • KineMaster Pro.
  • VivaVideo
  • VizMate
  • FunMate

Tentu saja sangat perlu memilih aplikasi yang bebas watermark, agar video tersebut terlihat lebih menarik. Jadi rekomendasi aplikasi diatas bisa kamu manfaatkan, karena watermark nya dapat dihilangkan ketika sedang melakukan editing.

Postingan Menarik Lainnya : 8 Cara Menonaktifkan TikTok Sementara Waktu

Kesimpulan

Cara Agar Video TikTok Tidak Buram
Cara Agar Video TikTok Tidak Buram

Sangat mudah bukan? Itulah beberapa langkah cara agar video TikTok tidak buram yang bisa kamu coba agar konten video kamu lebih menarik lagi untuk dilihat oleh para creator lainnya. Jangan lupa, perhatikan resolusi video TikTok agar ketika mengupload video tidak ada resolusi yang di kompres oleh aplikasi TikTok.

Semoga informasi diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu. Selamat Mencoba dan sampai ketemu di informasi selanjutnya!

Back to top button