Tutorial

7 Cara agar Video CapCut Tidak Buram di Status WA

Bagaimana cara agar video CapCut tidak buram di status WA? Pencarian topik ini semakin banyak seiring dengan kepopueran aplikasi capcut dalam menghasilkan video.

Capcut salah satu aplikasi editing video yang paling banyak digunakan belakangan ini, terlebih ketika aplikasi TikTok hadir dan menjadi platform media sosial terpopuler. Banyak orang menggunakan aplikasi CapCut untuk mencari atau mengunduh video tertentu dan kemudian dituang kembali ke TikTok maupun whatsapp.

Meski kualitasnya tidak bisa diragukan lagi, nyatanya masih banyak diantara pengguna yang belum mengetahui tips agar video yang dihasilkan capcut tidak buram dan layak dipertontonkan ke kontak pengguna. Berikut kami uraikan penyebab dan cara untuk meningkatkan kualitas video anda!

Kenapa Video Capcut Buram di Status WA?

Kenapa Video Capcut Buram di Status WA?
Kenapa Video Capcut Buram di Status WA?

Whatsapp merupakan aplikasi perpesanan instan populer dari waktu ke waktu, aplikasi ini memungkinkan kita mengirim pesan dengan mudah menggunakan kuota sebagai mesin pendorongnya. Disini kamu juga bisa mengirim pesan teks, suara, gambar dengan fitur view once dan juga berbagai keseharian melalui fitur “status”.

Melalui fitur “status” anda bisa berbagai tulisan pendek, gambar dan juga video kepada kontak. Media tersebut bisa anda peroleh dari berbagai platform, salah satunya adalah capcut.

Memanfaat fitur tersebut, ternyata hampir semua orang tertarik mengunggah konten dan kesehariannya di whatsapp dengan waktu penayangan 24 jam setelah diunggah. Walau begitu, ada juga pengguna yang ingin menghapus cerita karena berbagai macam faktor salah satunya karena video buram.

Kenapa video capcut buram di status whatsapp? Memang, hal ini perlu anda pahami sebelum lebih jauh membahas cara agar video capcut tidak buram di status WA.

Penyebab Deskripsi
Kualitas video asli Ukuran video asli yang anda peroleh dari aplikasi capcut mungkin rendah atau buram. Jadi ketika ditampilkan di story WA, kualitas video akan tetap sama.
Ukuran video Kompresi gambar salah satu tindakan whatsapp agar video yang kamu unggah sesuai dengan ketentuan mereka. Jika video yang di unggah berukuran besar dan berkualitas HD, kompresi akan dilakukan sehingga video menjadi buram.
Koneksi internet Koneksi internet yang lambat atau tidak stabil saat unggah video menjadi satu alasan kenapa status wa menjadi buram. Karena itu, dibutuhkan internet yang memadai untuk menggunggah konten HD di WA.
Masalah teknis Masalah pada perangkat atau aplikasi itu sendiri menyebabkan kualitas video tidak sesuai yang diharapkan. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan cara mengunggah ulang video.
Baca Juga :  2 Cara Cairkan Spaylater Dengan Gestun Shopee Paylater

Cara agar Video Capcut Tidak Buram di Status WA

Jika sudah memahai alasan-alasan mendasar kenapa video capcut buram di status wa, maka kita akan melanjutkan pembahasan untuk menemukan cara agar video capcut tidak buram saat ditayangkan.

Cara agar Video Capcut Tidak Buram di Status WA
Cara agar Video Capcut Tidak Buram di Status WA

Seperti yang kita ketahui, capcut dikenal karena fitur lengkap dan kualitas video yang dihasilkan. Banyak orang bergantung pada aplikasi ini untuk menghasilkan video melalui menu editing lalu meneruskan penayangannya di TikTok, facebook maupun whatsapp.

Jika selama ini kuliatas video capcut yang kamu gunakan di story wa belum maksimal, kamu perlu mengetahui cara agar video capcut tidak buram di status wa berikut ini.

  • Menggunakan Bahan Video Berkualitas Tinggi

Selain mengunduh video dari seorang pengguna, di capcut kamu bisa mengedit foto dengan berbagai macam template. Template capcut merupakan sebuah desain yang sudah dirancang pengembang ataupun creator yang bekerjasama sehingga mempermudah kita membuat video.

Jadi, cara agar video capcut tidak buram di status wa yang pertama dengan menggunakan bahan video berkualitas tinggi. Jika kamu menggabungkan video atau foto berkualitas HD maka kamu bisa juga menghasilkan video yang berkualitas juga.

  • Menggunakan Template HD

Selain kualitas media yang di edit, menggunakan template HD salah satu cara agar video capcut tidak buram di status wa. Seperti yang sudah kami paparkan sebelumnya, template capcut salah satu pilihan desain yang biasa digunakan pengguna untuk mendapatkan video yang kekinian.

Jumlah template capcut yang tak terhingga dihasililkan pengguna yang berkreativitas atau dikenal dengan sebutan creator capcut. Masing-masing creator memiliki smartphone atau alat edit template yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi hasil akhirnya desainnya juga.

Karena itu Mocipay menyimpulkan salah satu cara agar video capcut tidak buram di status wa yaitu dengan cermat memilih template yang kamu gunakan. Jadi, selama template yang digunakan bagus, kualitas foto atau video yang digabungkan juga bagus, menghasilkan video berkualitas bukan hal yang mustahil.

  • Gunakan Kualitas Video Beresolusi Tinggi

Gunakan Kualitas Video Beresolusi Tinggi
Gunakan Kualitas Video Beresolusi Tinggi

Mengatur resolusi video salah satu cara agar video capcut tidak buram di status wa. Ada beberapa jenis reolusi video yang biasanya kita gunakan, seperti 480p, 720p, 1080p dan 4k. Di aplikasi capcut, ada juga rekomendasi resolusi untuk mendapatkan video yang jernih.

Baca Juga :  4 Cara Menambah Salah Satu Foto Slide Di Instagram

Jika mengunggah video untuk whatsapp, disarankan menggunakan resolusi 470p atau 720p saja. Sedangkan untuk TikTok dan Instagram, resolusi yang direkomendasikan adalah 720p maupun 1080p.

Resolusi video diatas hanya sebagai rekomendasi saja, jika video beresolusi 720p dinilai kurang memuaskan maka kamu bisa menambahnya. Dibawah ini panduan lengkap mengatur resolusi video sekaligus cara agar video capcut tidak buram di status wa.

  1. Buka aplikasi capcut lalu masuk ke proyek baru
  2. Pilih foto atau video yang ingin anda edit lalu klik tambah
  3. Setelah media berhasil masuk halaman pengeditan kamu memulai untuk mengedit video
  4. Kamu bisa memasukkan audio, teks, efek dan berbagai macam tools edit yang tersedia
  5. Jika sudah, tab ikon angka yang ada di pojok kanan atas
  6. Disini akan ditampilkan pilihan resolusi, tingkat bingkai dan laju bit
  7. Untuk hasil maksimal, atur resolusi video lalu gunakan 1080p dan atur tingkat bingkai menjadi 60 (FPS)
  8. Terakhir, silahkan ekspor video untuk menyimpan hasil editing.
  • Stabilkan Video

Masih membahas cara agar video capcut tidak buram di status wa, opsi selanjutnya kamu bisa stabilkan video di menu editing. Hal ini bisa kamu lakukan jika kualitas video yang tertangkap kamera goyang sehingga tampak buram. Untuk menstabilkan video capcut sebenarnya sangat mudah, berikut panduan-pandungan yang bisa anda ikuti:

  1. Silahkan buka aplikasi CapCut di smartphone kamu
  2. Jika sudah memiliki akun langsung masuk ke menu edit lalu klik proyek baru
  3. Disini kamu bisa menambahkan foto atau video yang akan distabilkan
  4. Di menu editing geser fitur-fitur ke kanan lalu klik stabilkan
  5. Pilih intensitas stabil yang anda inginkan (pemangkasan minimal, direkomendasikan hingga paling stabil)
  6. Klik centang, pilih ekspor dan resolusi yang anda butuhkan.
  7. Selesai, video berhasil distabilkan kamu bisa lanjutkan mengedit atau mengunggah video.
  • Gunakan Efek Sharpening

Gunakan Efek Sharpening
Gunakan Efek Sharpening

Cara agar video capcut tidak buram di status wa selanjutnya menggunakan efek sharpening atau yang kita kenal dengan efek “pertajam”. Biasanya efek ini digunakan pada foto selfie atau video yang menampilkan wajah.

Baca Juga :  10+ Cara Nonton Drakor Gratis Tanpa Aplikasi

Efek sharpening ini bisa kita gunakan untuk mempertajam video yang blur, berikut panduan lengkapnya:

  1. Buka aplikasi capcut di ponsel kamu
  2. Selanjutnya klik proyek baru lalu unggah video yang akan di edit
  3. Setelah klik tambah maka filter efek dan klik pada objek tersebut
  4. Lanjutkan memilih opsi sesuaikan lalu klik pertajam.
  5. Klik ikon centang di pojok kanan bawah lalu export video sebelum di tuangkan ke story whatsapp.
  • Hindari Kompres Berlebihan

Ketika mengirim video terlalu besar, secara otomatis whatsapp mengompres video sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Jadi, jika ukuran video anda besar sebaiknya jangan kompress manual dan percayakan tugas ini pada whatsapp. Sistem akan berupaya menghasilkan video yang lebih kecil dengan kualitas yang menyamai.

  • Hindari Zoom Video

Saat merekam dan saat video masuk menu edit, pastikan kamu menghindari fitur zoom dan gerakan cepat. Penggunaan fitur zoom dan teknik pengambilan video gerakan cepat menghasilkan gambar yang lebih buram dan kurang berkualitas.

Itulah beberapa cara agar video capcut tidak buram di status wa. Kamu bisa mencoba semua opsi yang Mocipay paparkan untuk membantu kualitas video lebih HD lagi.

Tips untuk Memaksimalkan Video CapCut di Status WA

Di ujung topik cara agar video CapCut tidak buram di status WA, mocipay punya beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan konten melalui fitur cerita whatsapp.

Mengapa sangat perlu memaksimalkan cerita whatsapp? Ini karena whatsapp sudah dimanfaatkan semua orang sebagai media komunikasi paling instan beberapa waktu belakangan. Whatsapp juga digunakan sebagai alternatif digital marketing secara online, sehingga semua fitur harus anda manfaatkan sebaik mungkin.

Ada beberapa tips memaksimalkan video CapCut di status WA, berikut diantaranya:

Tips Penjelasan
Koneksi Internet Gunakan koneksi internet yang stabil
Versi Terbaru Pastikan whatsapp anda dalam versi terbaru
Format Video Gunakan format video yang didukung whatsapp
Cek Ulang Cek ulang setelah mengunggah untuk mengetahui kualitas dari video dan tindakan lanjut.
Potong Video Pastikan anda memotong video besar menjadi beberapa segmen agar kompresi whatsapp tidak menghasilkan gambar yang buram.

Akhir Kata

Cara agar Video CapCut Tidak Buram di Status WA
Cara agar Video CapCut Tidak Buram di Status WA

Nah itulah beberapa trik agar video Capcut tidak buram di status WA, bagaimana cukup mudah bukan? Cara dan tips diatas bisa kamu coba beberapa kali untuk menghasilkan konten yang berkualitas di whatsapp.

Kami harap cara agar video CapCut tidak buram di status WA bermanfaat untuk kamu, sampai bertemu di pembahasan selanjutnya!

Back to top button