TutorialTips

6 Cara Melihat Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store

Banyak orang yang masih belum paham terkait cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store. Apakah kamu termasuk salah satu diantaranya? Jika iya, maka kamu tenang saja, karena dalam artikel ini kamu akan kami arahkan untuk dapat mengetahui dengan mudah cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store.

Sebagai pengguna smartphone tentu saja anda sudah tidak asing lagi dengan kata “play store” yang merupakan alat yang biasa kamu gunakan untuk mendownload berbagai aplikasi apapun di HP kamu dengan mudah dan gratis tanpa batas.

Nah, taukah kamu? ternyata dalam play store ini kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang pernah kamu download dalam perangkat kamu baik yang masih terinstal maupun aplikasi yang sudah dihapus atau tidak terpasang lagi dalam smartphone mu. Jika kamu penasaran ingin mengetahui bagaimana caranya, maka pastikan sobat mengikuti bagian per bagian dari artikel ini sampai tuntas ya!

Seputar mengenai Google play store

Google play store
Google play store

Google play store atau yang lebih simpel disebut sebagai play store merupakan sebuah aplikasi yang sudah merupakan bawaan dari setiap smartphone yang memberikan layanan bagi pengguna dari perangkat tersebut untuk mengunduh berbagai jenis aplikasi seperti aplikasi medsos, games, dan lain-lain. Tak hanya itu saja, dalam play store ini anda juga bisa melakukan pembelian berbagai jenis buku.

Dengan adanya play store ini, kamu bisa mendapatkan aplikasi apapun secara gratis dengan mudah. Selain gratis, keamanannya juga sudah terjamin! sebab play store merupakan wadah atau layanan resmi untuk mendownload aplikasi. Dalam google play store ini, setiap aplikasi dilengkapi dengan deskripsi atau gambaran lengkap tentang aplikasi, seperti Cara penggunaannya, fungsi dan fitur, ulasan dan rating, dll.

Mengapa aplikasi di hapus?

Aplikasi merupakan suatu perangkat lunak (software) yang dirancang dengan beberapa fitur tertentu untuk dapat digunakan/ diakses oleh penggunanya dalam menjalankan fungsi dari aplikasi tersebut.

Baca Juga :  8 Aplikasi Membuat Emoji Wajah Sendiri Terbaru

Dalam play store ada banyak sekali aplikasi yang dapat kamu unduh dan pasang dengan mudah sesuai dengan kebutuhan kamu. Karena itu, menginstal dan menghapus aplikasi menjadi sebuah hal yang wajar bagi para pengguna smarphone. Hal itu dipicu dengan beberapa alasan seperti:

  • Pemicu yang paling besar adalah kapasitas memori RAM HP yang tidak mencukupi untuk memasang banyak aplikasi. Sehingga pengguna perlu menyaring apa saja aplikasi yang perlu dan tidak perlu untuk dipasang dalam perangkatnya.
  • Sebagai perbandingan. meng-instal dan menghapus aplikasi perlu dilakukan untuk mencoba seberapa efisien kegunaan dari aplikasi tersebut. Apakah sudah cukup memuaskan atau masih ada aplikasi serupa lainnya yang memiliki fitur yang lebih lengkap dan bagus.

Misalnya saja, seperti aplikasi per-Novelan. Ada banyak sekali aplikasi novel yang terdapat dalam play store dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Ketika kamu menginstal salah satu aplikasi novel namun ternyata tidak worth it ketika digunakan (tidak sesuai dengan deskripsi), maka tentu saja, otomatis aplikasi tersebut akan kamu un-instal dan kemudian beralih mencari aplikasi novel lain yang memiliki fitur seperti yang kamu inginkan.

Untuk apa mengetahui cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store?

Sebenarnya tidak ada tujuan penting yang di khususkan terkait mengetahui aplikasi yang pernah di download di play store ini, namun banyak orang yang penasaran dan ingin mencari tau caranya dengan beberapa tujuan tertentu, seperti:

  • Ingin melihat kembali aplikasi apa saja yang pernah ia gunakan di ponsel nya
  • penelusuran terkait aplikasi yang pernah di download di play store sering terjadi dalam sebuah hubungan berpacaran, khususnya untuk orang-orang dengan type posesif yang ingin mengetahui aplikasi apa saja yang pernah di download namun di hapus kembali oleh pasangannya
  • Ingin memasang kembali aplikasi yang sudah terhapus, namun sebelumnya sudah pernah di pasang dalam perangkatnya.

Dimana letak aplikasi yang sudah dihapus di play store?

Untuk melihat letak aplikasi yang sudah dihapus lewat play store, dapat kamu lakukan melalui beberapa langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi google play store di HP mu
  2. Klik ikon “profil” mu yang berada di sudut kanan paling atas
  3. Tap pada “Aplikasi saya dan game
  4. Kemudian klik pada “perpustakaan/ library” untuk melihat aplikasi yang pernah kamu instal di perangkat kamu
Baca Juga :  12 Cara Nembak Ceweknya Lewat WA Yang Tidak Alay 2024

Cara Menghapus Aplikasi

Cara menghapus aplikasi di Android dapat dilakukan melalui beberapa cara, seperti:

  1. Melalui Play Store. Caranya: Buka play store kamu > Ketuk ikon profil > Tap pada “Kelola aplikasi dan perangkat” > Klik “Kelola” > Maka semua aplikasi yang terpasang di HP mu akan ditampilkan.
    Jika kamu ingin menghapus salah satu atau beberapa dari aplikasi tersebut, tinggal kamu beri saja centang pada kotak yang disediakan lalu klik ikon “Hapus” yang berada di sudut kanan paling atas
  2. Melalui menu setelan/ pengaturan. Caranya: Buka menu setelan/ pengaturan di HP kamu > Scroll ke bawah, cari dan klik pada “Aplikasi” > Tap pada “kelola aplikasi” > Pilih dan ketuk pada aplikasi yang ingin kamu hapus > Tekan “uninstal
  3. Cara ketiga, merupakan cara yang paling simpel. Caranya yaitu dengan menekan lama pada ikon dari aplikasi yang ingin dihapus pada tampilan menu Home > Maka akan muncul beberapa opsi, silahkan pilih “Uninstal”

Cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store

Nah, untuk kamu yang sudah tidak sabar ingin mengetahui cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store, langsung saja perhatikan beberapa langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan buka aplikasi google play store di ponsel anda
  2. Kemudian, ketuk pada bagian “profil” yang berada di pojok kanan paling atas
    Cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store
    Cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store
  3. Pada beberapa menu yang ditampilkan, pilih dan kliklah pada “kelola aplikasi perangkat
    Cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store
  4. Setelah itu klik lagi pada bagian “Kelola
    Cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store
  5. Maka akan tampil semua aplikasi yang pernah kamu download di play store kamu
  6. Apabila kamu ingin melihat aplikasi yang pernah kamu download namun sudah kamu hapus, tinggal kamu tekan saja kolom “Di install” tersebut > Lalu klik “Tidak di install” Maka semua aplikasi yang pernah kamu install sebelumnya namun sudah kamu hapus dari perangkat kamu akan ditampilkan disana.
    Cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store

Bagaimana cara menghapus histori install an aplikasi di Play Store?

Selain menampilkan cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store, berikut ini kami tampilkan juga cara menghapus histori dari instalan aplikasi di play store. Ada beberapa langkah-langkah untuk menghapus histori install an aplikasi di play store adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi google play store anda
  2. Lalu klik “menu profil” anda yang terletak dibagian pojok kanan paling atas
  3. Dari beberapa opsi yang ditampilkan, klik lah pada menu “Setelan
  4. Kemudian, tap pada bagian “Umum (Preferensi akun, notifikasi)”
  5. Setelah itu tekan pada opsi “Prefensi akun dan perangkat
  6. Scroll ke bawah. Cari dan kliklah pada menu “hapus histori penelusuran perangkat
  7. Terakhir berikan konfirmasi dengan mengklik “Hapus histori
Baca Juga :  11 Cara Agar Video Story WA Tidak Buram Tanpa Aplikasi
Alasan Penjelasan
Melacak Aplikasi yang Digunakan Dengan melihat riwayat unduhan, Anda dapat melacak aplikasi mana yang pernah Anda unduh dan gunakan di perangkat Anda. Ini dapat membantu Anda mengingat aplikasi yang mungkin ingin Anda gunakan lagi.
Mengelola Ruang Penyimpanan Melihat daftar aplikasi yang pernah diunduh juga membantu Anda mengelola penyimpanan perangkat Anda. Anda dapat menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan untuk membebaskan ruang penyimpanan.
Keamanan dan Privasi Mengetahui aplikasi yang pernah diunduh adalah bagian dari menjaga keamanan dan privasi perangkat Anda. Ini membantu Anda mengidentifikasi jika ada aplikasi yang tidak dikenali atau mencurigakan.
Pengaturan Aplikasi Anda mungkin ingin melihat aplikasi yang pernah diunduh untuk memeriksa pengaturan dan izin yang diberikan kepada aplikasi tersebut. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola izin dan privasi dengan lebih baik.
Membantu dalam Penyelesaian Masalah Jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi tertentu, melihat riwayat unduhan dapat membantu Anda mengidentifikasi aplikasi yang terkait dengan masalah tersebut dan mencari solusinya.

Akhir Kata

Cara Melihat Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store
Cara Melihat Aplikasi Yang Pernah Di Download Di Play Store

Itulah beberapa langkah-langkah dalam cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store yang tentu saja akan sangat mudah untuk kamu ikuti dan praktek kan langsung di perangkat kamu.

Dengan mengetahui cara melihat aplikasi yang pernah di download di play store, kini kamu tak perlu bingung lagi ketika ingin melihat kembali riwayat aplikasi yang pernah terpasang dalam perangkat kamu atau ketika memiliki suatu kepentingan yang berkaitan dengan aplikasi yang pernah di download di play store dalam perangkat kamu.

Back to top button