Ragam

ATM BRI Gangguan Hari Ini? Ketahui 7 Penyebab Lengkap dengan Solusinya!

Gagal melakukan transaksi di ATM BRI? Yuk ketahui beberapa alasan dibalik ATM BRI gangguan hari ini. Aktivitas perbankan untuk saat ini termasuk sebagai salah satu kegiatan yang melekat pada sebagian besar orang. Ada banyak layanan BANK yang tersedia di Indonesia, termasuk salah satunya yaitu Bank BRI.

Namun, kadangkala terjadi masalah-masalah tertentu, seperti sekarang yang sedang terjadi banyak nasabah BRI yang mengeluh soal ATM BRI yang sedang gangguan hari ini. Apakah penyebab hal demikian bisa terjadi? Jangan khawatir! Dalam artikel ini kami akan menjelaskan alasan dibalik ATM yang sedang mengalami gangguan beserta solusinya!

Jenis Gangguan ATM BRI

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ATM BRI gangguan hari ini, terlebih dahulu kami akan menjelaskan beberapa jenis gangguan pada ATM BRI yang paling umum terjadi, diantanya adalah sebagai berikut:

  • Tidak bisa tarik tunai
  • Gagal transfer
  • Gagal melakukan pembayaran
  • Kartu ATM ditolak oleh mesin ATM

Apakah anda mengalami salah satu diantaranya? Jika iya, silahkan lanjut gulir layar anda kebawah dan ketahui sejumlah yang menjadi penyebab ATM BRI gangguan hari ini.

Penyebab ATM BRI Gangguan Hari Ini

ATM BRI gangguan hari ini
ATM BRI gangguan hari ini

Sebelum beralih ke solusi, hal pertama yang perlu untuk anda ketahui tentu saja adalah hal apa yang membuat  ATM BRI gangguan hari ini. Oleh karena itu, berikut ini kami informasikan beberapa hal yang menyebabkan ATM BRI gangguan hari ini:

  • Uang di mesin ATM habis

Masalah yang paling sering terjadi terkait ATM BRI gangguan adalah karena uang di mesin ATM kosong atau sudah habis, sehingga gagal digunakan oleh nasabah BRI untuk tarik tunai. Namun, kendala ini biasanya hanya berdampak pada aktivitas tarik tunai. Jika anda ingin melakukan transaksi lain seperti transfer atau membayar tagihan tidak akan terkendala ya sobat BRI.

  • Masalah teknis pada mesin ATM BRI

Penyebab paling umum selanjutnya yang membuat ATM BRI gangguan hari ini adalah karena adanya masalah teknis pada mesin ATM BRI. Masalah teknis yang dimaksud adalah seperti adanya kerusakan pada perangkat keras atau gangguan pada perangkat lunak dalam sistem ATM.

  • Sedang dalam pemeliharaan sistem

Demi meningkatkan kualitas pelayanan bagi nasabah, pihak BRI biasanya akan melakukan pemeliharaan sistem atau pembaruan perangkat lunak pada ATM secara rutin. Selama pemeliharaan sistem berlangsung, biasanya ATM BRI akan mengalami gangguan sementara dalam layanan.

Baca Juga :  15+ Rekomendasi HP Harga 1 Jutaan Spek Tinggi
  • Gangguan jaringan

Perlu untuk anda ketahui bahwa cara kerja ATM bergantung pada koneksi internet yang stabil agar dapat mengirimkan data transaksi customer ke kantor pusat. Sehingga ketika koneksi tidak bagus, ATM akan kehilangan koneksi dengan server bank. Pada saat itu terjadi, maka transaksi mungkin tidak akan dapat diproses dengan benar.

  • Beban transaksi tinggi

Layaknya seperti jaringan internet yang jadi lemot ketika sedang banyak pengguna yang mengakses jaringan yang sama diwaktu bersamaan, ATM BRI juga kemungkinan akan mengalami gangguan ketika terlalu banyak transaksi yang diproses secara bersamaan.

  • Masalah keamanan

ATM BRI gangguan hari ini dapat juga disebabkan karena masalah keamanan. Ketika sedang ada dugaan mencurigakan seperti upaya pencurian atau manipulasi terhadap mesin ATM, pihak BRI biasanya akan segera menghentikan fungsi ATM tersebut untuk sementara waktu hingga dilakukan pemeriksaan.

  • Gangguan eksternal

Meski kemungkinannya kecil, namun gangguan eksternal seperti gangguan cuaca maupun gangguan listrik juga dapat menyebabkan gangguan pada operasi ATM.

Solusi ATM BRI Gangguan Hari Ini

Anda telah mengetahui beberapa penyebab dari ATM BRI gangguan hari ini. Selanjutnya dibawah ini kami akan menampilkan sejumlah solusi yang dapat kamu lakukan ketika mengalami kendala tidak bertransaksi karena ATM BRI sedang gangguan.

  • Transaksi via Mobile Banking/ BRImo

Jika transaksi yang ingin anda lakukan sebelumnya adalah ingin melakukan pembayaran atau mau transfer uang, maka anda bisa menyelesaikan transaksi tersebut lewat aplikasi BRI mobile banking atau BRImo.

  • Transaksi lewat ATM lain

Ada juga solusi yang sangat simpel dan tidak ribet untuk kendala ATM BRI yang sedang gangguan hari ini yaitu dengan beralih bertransaksi lewat ATM lain. Anda tetap bisa bertransaksi dengan bebas biaya admin menggunakan kartu ATM BRI pada beberapa jenis ATM seperti ATM bersama, Link, Maestro, Prima, dan Cirrus.

Baca Juga :  Lengkap! Tabel Pinjaman FIF Jaminan BPKB Motor Terbaru 2024

Anda juga bisa bertransaksi menggunakan kartu ATM BRI anda melalui ATM BANK lain seperti ATM Mandiri, BCA, BNI, CIMBNiaga, dan semua jenis ATM Bank lainnya. Namun wajib harus dikenakan biaya admin ya sobat Mocipay.

  • Tarik tunai melalui BRI Link

Apabila tujuan anda ke ATM BRI sebelumnya adalah ingin melakukan tarik tunai, maka menggunakan aplikasi BRImo tentu saja bukan solusi yang tepat! Karena seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, aplikasi BRImo ini hanya memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi seperti transfer, bayar tagihan, atau yang lainnya secara online. Namun tidak untuk tarik tunai.

Oleh karena itu bagi sobat yang ingin tarik tunai, kami sarankan sebuah solusi terbaik yaitu dengan mengunjungi jasa penyedia BRI Link. Disini anda bisa melalukan semua jenis transaksi termasuk tarik tunai, tapi dengan catatan anda mungkin akan dikenakan biaya admin ya gaes.

  • Transaksi di BANK BRI

Jika memungkinkan dan anda sedang tidak terlalu sibuk anda juga bisa melakukan aktivitas transaksi anda yang tertunda karena ATM BRI sedang terjadi gangguan dengan mendatangi langsung BANK BRI. Tapi ingat ya, jika anda mengambil langkah ini, anda mungkin akan di hadapkan dengan antrian. Jadi dipikir-pikir lagi ya gaes, kalau ada solusi yang lebih gampang seperti yang sebelumnya telah kami jelaskan diatas, ngapain harus milih solusi yang akan mempersulit diri sendiri.

  • Hubungi call center BRI

Solusi yang terakhir untuk kendala ATM BRI gangguan hari ini adalah menghubungi call center BRI. Jangan ragu untuk menyampaikan kendala yang sedang anda hadapi ke pihak BRI. Anda dapat menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau (021) 1500 017.

Baca Juga :  50+ Judul Film Telegram Terbaru 2024: Indonesia, Barat, Korea

Penyebab Transaksi Gagal selain Karena ATM BRI Sedang Gangguan

Sumber: media.lifepal.co.id

Transaksi anda yang gagal bisa saja bukan disebabkan oleh sedang terjadinya gangguan pada ATM BRI. Ada berbagai masalah lain yang kemungkinan menjadi penyebab mengapa transaksi anda melalui ATM BRI gagal, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kartu ATM rusak

Penyebab yang pertama adalah karena kerusakan pada kartu ATM. Yang dimaksud dengan kerusakan pada kartu ATM disini adalah seperti chip tergores, laminating kartu yang terkelupas, patah, atau pita magnetik yang terkikis. Jika sudah seperti itu, sebaiknya anda segera mengganti kartu ATM anda dengan yang baru.

  • Kartu ATM terblokir

Transaksi anda gagal dapat juga disebabkan oleh kondisi kartu ATM anda yang sudah terblokir. Kartu ATM biasanya terblokir karena kesalahan memasukkan PIN hingga 3 kali atau dapat juga disebabkan oleh adanya aktivitas mencurigakan dalam akun Bank anda.

  • Transaksi tidak benar

Penyebab berikutnya adalah karena transaksi tidak benar dilakukan. Misalnya jika anda ingin transfer, nomor rekening tujuan yang anda masukkan tidak valid. Atau jika anda tarik tunai, nominal yang anda masukkan tidak sesuai dengan pecahan uang yang tersedia di mesin ATM yang anda gunakan.

Sumber: tabelpinjaman.com

Karena beberapa ATM ada yang mengkhususkan untuk menarik uang dengan pecahan Rp50000 saja atau Rp100000 saja, namun ada juga yang bisa keduanya. Maka dari itu, sebelum melakukan penarikan, penting bagi anda untuk memperhatikan pecahan yang tersedia pada mesin ATM terlebih dahulu melalui notif yang biasanya terlihat di muka mesin ATM.

  • Saldo tidak mencukupi

Setiap transaksi yang dilakukan pada mesin ATM tentu saja bergantung pada saldo yang tersedia di kartu ATM anda. Untuk dapat melakukan tarik tunai, transfer, pembayaran dan yang lainnya memerlukan adanya saldo. Oleh karena itu, sebelum bertransaksi perlu bagi anda untuk melakukan cek ketersediaan saldo terlebih dahulu.

Simpulan

ATM BRI Gangguan Hari Ini?
ATM BRI Gangguan Hari Ini?

Itulah sejumlah informasi yang dapat kami bagikan ke semua teman-teman yang membutuhkan akses yang lancar dan tanpa hambatan ke layanan perbankan. Seperti yang telah kami paparkan dalam artikel ini, terdapat banyak solusi untuk ATM BRI gangguan hari ini. Dengan demikian, anda seharusnya tidak perlu cemas jika sedang terjadi gangguan ATM BRI.

Back to top button