Tutorial

8 Cara Agar Laptop Tidak Panas Saat Bermain Game

Ingin bermain game namun tidak tahu bagaimana cara agar laptop tidak panas saat bermain game? Tidak perlu khawatir, pada artikel ini kamu akan menemukan beberapa tips nya.

Saat ingin mengunakan laptop untuk bermain game, sering sekali laptop menghasilkan panas yang cukup tinggi. Jika panas tersebut tidak dihilangkan dengan cepat, hal ini akan merusak komponen dalam laptop dan memperpendek masah pakainya.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga suhu laptop tetap rendah saat digunakan untuk bermain game. Selain agar terhindar dari panas, menjaga kondisi laptop juga dapat memperpanjang masa pemakaian.

Penyebab Laptop Panas Saat Bermain Game

Laptop panas adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang menggunakan laptop. Ini terjadi ketika laptop menghasilkan panas yang berlebih dan tidak dapat mengeluarkannya dengan baik, sehingga suhu di dalam laptop naik.

Bukan hanaya itu saja, saat bermain game laptop memerlukan daya pemrosesan yang lebih tinggi dari pada saat digunakan untuk tugas-tugas biasa.

Sehingga laptop menghasilkan panas berlebih, yang apabila tidak diatasi dapat merusak perangkat kerasnya dan komponen lainnya.

Penyebab paling umum yang menjadikan laptop panas, salah satunya adalah penggunaan laptop yang berlebihan. Berikut beberapa faktor penyebab laptop saat bermain game lainnya, yakni diantaranya :

  • Pengaturan Grafis tidak sesuai – Jika pengaturan grafis pada game terlalu tinggi, laptop perlu bekerja lebih keras untuk menangani grafis yang rumit.
  • Overclocking – Beberapa pengguna mungkin melakukan overclocking, sehingga meningkatkan kinerja komponen laptop diatas batas pabriknya. Ini dapat menyebabkan kenaikan suhu yang signifikan dan dapat merusak perangkat keras laptop.
  • Speak laptop yang rendah – Laptop dengan spesifikasi yang rendah seperti RAM yang sedikit, kartu grafis yang tidak mumpuni atau prosesor yang lebih, cenderung bekerja lebih keras saat bermain game yang membutuhkan spesifikasi tinggi.
  • Kualitas pendinginan yang buruk – Pendingin internalyang buruk atau pendingin laptop yang tidak efektif dapat menyebabkan suhu di dalam laptop meningkat dan memperburuk situasi. Sehingga sampai saat ini banyak orang yang mencari cara agar laptop tidak panas saat bermain game.
Baca Juga :  6 Cara Upload Story WA HD Android Dengan dan Tanpa Aplikasi Terbaru 2024

Cara Agar Laptop Tidak Panas Saat Bermain Game

Cara Agar Laptop Tidak Panas Saat Bermain Game
Cara Agar Laptop Tidak Panas Saat Bermain Game

Laptop merupakan sebuah komputer portabel yang dirancang untuk memudahkan penggunaannya di berbagai tempat ketika ingi menggunakannya.

Banyak orang yang memilih bermain game menggunakan laptop dibandingkan menggunakan Hp. Hal tersebut dikarenakan, laptop memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi dan lebih mampu mengatasi tugas yang lebih berat.

Namun ada beberapa cara agar laptop tidak panas saat bermain game yang bisa kamu perhatikan, yakni diantaranya sebagai berikut.

1. Menggunakan Cooling Pad Saat Bermain Game

Colling Pad adalah alat yang dirancang khusus untuk membantu meningkatkan sirkulasi udara di sekitar laptop dan mendingkan suhu laptop dengan cara mengeluarkan panas yang dihasilkan oleh komponen laptop.

Menggunakan cooling pad saat bermain game terbukti dapat mendinginkan laptop dan mencegah laptop menjadi panas saat digunakan untuk waktu yang lama.

Alat tersebut akan menambah sirkulasi udara yang dibutuhkan saat mesin laptop bekerja lebih keras untuk mengoperasikan game.

2. Bersihkan Laptop Secara Teratur

Cara agar laptop tidak panas saat bermain game selanjutnya adalah dengan membersihkan laptop secara teratur. Karena ini termasuk cara yang sangat efektif untuk mencegah laptop menjadi terlalu panas saat bermain game.

Kotoran dan debu yang menempel di laptop dapat menghambat aliran udara yang diperlukan untuk mendingkan laptop. Akibatnya, suhu laptop dapat meningkat dan menyebabkan masalah seperti kerusakan komponen dan kinerja yang menurun.

Namun untuk melakukan cara agar laptop tidak panas saat bermain game dengan membersihkan laptop, sebaiknya pelajari terlebih dahulu arsitektur laptop yang kamu miliki agar tidak merusak beberapa bagian laptop ketika berusaha untuk membukanya.

Baca Juga :  10 Cara Memperbaiki HP Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

3. Perhatikan Kondisi Thermal Paste

Memperhatikan kondisi thermal paste juga merupakan salah satu cara agar laptop tidak panas saat bermain game. Thermal Paste adalah bahan yang ditempatkan di antara prosesor dan heatsink pada laptop, yang berfungsi untuk mengisi celah dan membantu mentransfer panas dari prosesor ke heatsink.

Jika thermal paste tidak berfungsi dengan baik atau sudah kering, maka panas yang dihasilkan oleh prosesor tidak akan ditransfer dengan efisien dan dapat menyebabkan laptop menjadi terlalu panas.

Perhatikan Kondisi Thermal Paste
Perhatikan Kondisi Thermal Paste

Akibatnya, kinerja laptop menjadi menurun dan akan merusak beberapa komponen penting yang ada di dalam laptop tersebut.

Jadi ketika membongkar laptop dan menemukan bahwa thermal paste dalam keadaan mengering atau hampir habis, segera menggantinya dengan thermal paste baru.

4. Hindari Bermain Game Sambil Mengisi Daya

Secara umum pada saat mengisi daya, laptop akan menghasilkan sedikit lebih panas atau membuat suhu meningkat secara drastis.

Hindari Bermain Game Sambil Mengisi Daya
Hindari Bermain Game Sambil Mengisi Daya

Selain menghantarkan panas dengan cepat, kebiasaan seperti ini juga sangat tidak dianjurkan karena dapat membuat baterai menjadi cepat rusak. Meskipun demikian, hingga sampai saat ini masih banyak orang yang bermain game sambil mengisi daya.

5. Perhatikan Peletakan Laptop

Peletakan laptop juga merupakan faktor penting dalam mencegah laptop menjadi terlalu panas saat bermain game. Karena peletakan laptop yang salah dapat menghambat aliran sirkulasi udara dan meningkatkan suhu laptop, sehingga dapat mempengaruhi kinerja dan umur laptop.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam peletakan laptop sebagai cara agar laptop tidak panas saat bermain game, yaitu diantaranya :

  • Hindari meletakkan laptop di permukaan yang empuk atau di atas permukaan yang tertutup, seperti tempat tidur dan sofa.
  • Gunakan permukaan yang keras dan datar sebagai alas laptop.
  • Pastikan ventilasi laptop tidak tertutup oleh benda, seperti buku atau pakaian.
  • Posisikan laptop ditempat yang memungkinkan masuk dengan lancar.

6. Kurangi Pengaturan Grafis Game

Mengurangi pengaturan grafis game sangat efektif dilakukan dan termasuk cara agar laptop tidak panas saat bermain game.

Baca Juga :  3 Cara Mengganti Kartu Telkomsel dengan Nomor yang Sama

Karena semakin tinggi pengaturan grafis pada game. maka semakin banyak daya yang dibutuhkan oleh laptop untuk menjalankan game tersebut, sehingga dapat menyebabkan panas yang belebih di dalam laptop.

Dalam mengatur pengaturan grafis game, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Kurangi resolusi layar.
  • Matikan efek khusus cahaya, seperti bayangan dan efek cahaya yang dapat meningkatkan penggunaan daya dan mempengaruhi suhu laptop.
  • Kurangi detail grafis.
  • Batasi jumlah frame per detik.

Maka dengan mengurangi pengaturan grafis pada game, akan dapat mengurangi beban pada laptop dan mencegah laptop menjadi terlalu panas saat bermain game.

Namun perlu diketahui, bahwa mengurangi pengaturan grafis, kemungkinan dapat mengurangi kualitas grafis pada game tersebut.

7. Tutup Aplikasi Lain yang Tidak Diperlukan

Selain membuat kinerja laptop menjadi lelet, dengan menjalankan beberapa aplikasi yang sedang bekerja dibelakang layar dapat membuat laptop menjadi panas.

Karena setiap aplikasi yang dijalankan pada laptop akan mengkonsumsi daya dan mempengaruhi suhu laptop. Saat kamu bermain game, sebaiknya menutup aplikasi yang tidak diperlukan agar dapat mengurangi beban pada laptop.

Cara agar laptop tidak panas saat bermain game dengan menutup aplikasi ini perlu diketahui meskipun terlihat sepele, namun hal ini memberikan dampak yang buruk pada kondisi laptop yang sedang digunakan.

8. Istirahatkan Laptop

Mengistrahatkan laptop secara teratur dapat membantu mencegah laptop menjadi panas saat digunakan bermain game atau tugas berat lainnya.

Istirahatkan Laptop
istirahat kan Laptop

Pasalnya, saat laptop digunakan dalam waktu yang lama, maka laptop akan menghasilkan panas yang dapat menumpuk didalamnya. Jika panas tersebut tidak dihilangkan, akan merusak komponen dalam laptop dan memperpendek masa pakainya.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu membatasi pemakaian laptop saat bermain game agar laptop tetap berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan.

Artikel Menarik Lainnya : Kenapa Laptop Tidak Bisa Dimatikan? Berikut 7 Penyebab & Solusinya

Kesimpulan

Cara Agar Laptop Tidak Panas Saat Bermain Game
Cara Agar Laptop Tidak Panas Saat Bermain Game

Demikian beberapa cara agar laptop tidak panas saat bermain game yang perlu diperhatikan. Penting untuk diingat, bahwa panas yang berlebih dapat merusak komponen dalam laptop dan memperpendek masa pemakaiannya, sehingga tips diatas bermanfaat untuk menjaga kondisi laptop agar tetap awet.

Selain itu sangat penting untuk memperhatikan penggunaan laptop secara umum, seperti membersihkan laptop dari debu secara teratur dan tidak membiarkan laptop terkena cairan atau suhu yang sangat ekstream.

Semoga informasi cara agar laptop tidak panas saat bermain game ini bermanfaat dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya.

Back to top button