Tutorial

10+ Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Dan Bergoyang Tanpa Perlu Service

Panik layar hp menimbulkan garis dan bergoyang? Mengetahui Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Dan Bergoyang tanpa perlu service adalah utama yang harus dipahami agar perangkat bisa digunakan kembali dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Sampai saat ini banyak pengguna hp Android atau Iphone lebih memilih untuk memperbaiki hp yang bergaris atau bergoyang ke pusat service. Sebenarnya hal tersebut langkah yang tepat untuk menghindari terjadinya kerusakan yang lebih lanjut.

Namun tak jarang pengguna mencari tahu bagaimana cara mengatasinya sebelum membawa ke pusat service karena beberapa alasan tertentu seperti menghemat biaya perbaikan.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari cara mengatasi layar handphone bergaris dan bergoyang tanpa perlu service. Kamu telah menemukan artikel yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada perangkat hp yang kamu miliki.

Penyebab Layar Hp Bergaris dan Bergoyang

Penyebab Layar Hp Bergaris dan Bergoyang
Penyebab Layar Hp Bergaris dan Bergoyang

LCD atau Liquid Crystal Display merupakan salah satu komponen penting pada perangkat smartphone yang berfungsi untuk menampilkan sebuah gambar.

Jika LCD mengalami benturan dan tekanan yang keras, biasanya akan menimbulkan kerusakan pada layar seperti munculnya garis dan layar goyang tanpa disentuh.

Namun, ternyata layar hp bergaris dan bergoyang bukan hanya disebabkan oleh tekanan maupun benturan.  Tetapi ada penyebab lainnya. Penasaran apa saja penyebabnya? Perhatikan penjelasan dibawah ini.

HP Jatuh Terlalu Keras

Hp jatuh dari ketinggian sehingga mengakibatkan benturan yang terlalu keras akan membuat beberapa komponen perangkat rusak dan mengakibatkan layar LCD pecah.

Hal ini sangat sering terjadi dan kerap dialami semua pengguna smartphone yang tidak berhati-hati ketika menggunakan hp yang dimiliki. Tak jarang akibat dari hal tersebut, layar hp menampilkan garis warna-warni.

Baca Juga :  20 Digit Kode PLN Periksa: Hilangkan Tanda Peringatan "Periksa" pada Token Listrik

Sistem Error

Ciri-ciri Sistem Pada Ponsel Error Deskripsi
Bootloop Ponsel terjebak dalam siklus restart tanpa henti
Force close aplikasi Aplikasi keluar secara paksa tanpa pemberitahuan
Tidak bisa booting Ponsel tidak dapar menyala atau masuk ke sistem operasi
Sistem operasi tidak stabil Ponsel sering mengalami lag atau crash sistem operasi
Pesan error saat menjalankan aplikasi Muncul pesan error saat membuka aplikasi tertentu
Ponsel hang atau tidak responsif Ponsel tidak merespons input atau perintah pengguna
Masalah koneksi jaringan Koneksi jaringan atau Wi-Fi tidak berfungsi dengan baik
Tidak bisa update sistem Gagal melakukan pembaruan atau upgrade sistem operasi
Hilangnya data atau file File atau data pada ponsel menghilang tanpa alasan yang jelas
Error saat menginstall aplikasi Gagal menginstall aplikasi baru dengan pesan error tertentu

Meski terlihat sangat tidak memungkinkan, namun fakta nya sistem yang error bisa menjadi problem baru karena bisa menimbulkan garisan dan membuat layar menjadi bergoyang.

Misalnya saja ketika hp android yang dimiliki gagal flashing rom. Efek yang ditimbulkan akan membuat perangkat smartphone yang dimiliki menampilkan garis yang tak wajar.

Gangguan Software

gangguan perangkat lunak atau software menjadi faktor penyebab layar hp bergaris dan bergoyang. Beberapa kemungkinan yang mengakibatkan gangguan perangkat lunak yang mempengaruhi tampilan layar :

  • Kesalahan sistem operasi
  • Pembaharuan perangkat lunak yang gagal
  • Aplikasi pihak ketiga yang tidak kompatibel
  • Virus atau Malware
  • Pengaturan layar yang bermasalah

Lagi asik browsing namun tiba-tiba muncul notifikasi paket data hampir habis? Yuk isi ulang pulsa atau paket data kamu hanya di aplikasi MOCIPAY dapatkan harga termurah dan promo menarik lainnya.

LCD Tertimpa

Tekanan fisik yang kuat dan benturan pada LCD dapat merusak dan menyebabkan masalah visual seperti garis dan goyangan pada layar. LCD adalah teknologi layar yang sangat sensitif terhadap tekanan dan kerusakan fisik.

Jika ponsel mengalami benturan atau tekanan yang cukup kuat, bisa menyebabkan komponen internal mengalami kerusakan. Apabila layar hp bergaris dan bergoyang akibat tertimpa, hal yang dapat dilakukan hanya membawa perangkat yang dimiliki ke pusat service.

Masalah Konektor Layar HP Terlepas

Konektor layar adalah bagian vital yang menghubungkan layar dengan motherboard atau bagian pengendali lainnya dalam ponsel. Sehingga ketika konektor terlepas atau tidak terhubung dengan baik, dapat menyebabkan layar hp bergaris atau bergoyang.

Baca Juga :  6+ Cara Download Video Capcut Tanpa Watermark Mudah dan Gratis

Berikut adalah beberapa cara konektor layar yang terlepas dapat menyebabkan masalah pada layar :

  • Munculnya garis-garis pada layar ponsel.
  • layar hp bergoyang atau mengalami getaran ketika ponsel digunakan.
  • Membuat tampilan tidak stabil atau bahkan mati secara sporadis.
  • Membuat layar kurang responsif terhadap sentuhan.

Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Dan Bergoyang

Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Dan Bergoyang
Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Dan Bergoyang

Setelah mengetahui apa saja faktor penyebab yang membuat layar hp bergaris dan bergoyang, maka selanjutnya yaitu memahami cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang.

Salah satu cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang yang paling mudah dan praktis adalah dengan menonaktifkan show pointer location yang terdapat di perangkat handphone kamu.

Untuk mengetahui cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang lainnya yang da[at dilakukan dengan mudah, silahkan simak informasi pembahasan dibawah ini

1. Nonaktifkan Show Pointer Location

Nonaktifkan Show Pointer Location 
Nonaktifkan Show Pointer Location

Cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang yang pertama yaitu dengan menonaktifkan show pointer location. Fitur ini menunjukkan lokasi tap di layar hp dengan garis-bidik.

Umumnya akan ditandai dengan sebuah garis horizontal yang muncul di penggalan atas layar untuk mendeteksi koordinat. Nah, untuk menghilangkan garis horizontal di layar hp coba masuk ke fitur Developers Options untuk mematikan opsi pointer location.

Berikut adalah cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang dengan mematikan pointer location.

  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Tentang telepon.
  • Klik Build Number sebanyak 7 kali dengan cepat hingga pengaturan Opsi Pengembangan muncul.
  • Pergi ke Opsi Pengembangan dan scroll kebawah.
  • Cari Show Pointer location dan matikan sehingga tidak ditandai.
  • Garis-garis berwarna pada layar akan hilang dan kembali normal.

2. Restart Perangkat dan Gunakan Safe Mode

Restart Perangkat dan Gunakan Safe Mode 
Restart Perangkat dan Gunakan Safe Mode

Restart perangkat dan gunakan safe mode adalah langkah cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang. Tindakan ini berfungsi untuk melacak kinerja sistem operasi serta menemukan diagnosis jika terdapat trouble dalam sistem operasi tersebut.

Mengaktifkan safe mode saat kondisi hp retak atau layar bergaris yang terdapat pada software, sistem akan segera mengirimkan sinyal atau notifikasi.

Untuk mengaktifkan fitur safe mode agar cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang ini berhasil, ikuti langkah dibawah ini.

  • Tekan dan tahan tombol power hingga muncul menu pop up pada layar.
  • Klik dan tahan tombol power off sampai muncul pop up lain.
  • Lalu klik Ok untuk me-reboot ho ke fitur Safe Mode.
  • Otomatis hp akan berada dalam mode aman atau safe mode.
Baca Juga :  2 Cara Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pemula

3. Tekan Layar LCD HP

Meski terlihat seperti tidak memungkinkan, namun fakta nya ini termasuk cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis tanpa harus service.

Layar hp bergaris dan bergoyang biasanya karena tertekan benda keras yang membuat LCD error, sehingga tindakan awal yang bisa kamu lakukan yaitu mengamati dan menekan permukaan layar yang tidak rata dengan perlahan.

4. Nonaktifkan Fitur Smart Sidebar

Nonaktifkan Fitur Smart Sidebar 
Nonaktifkan Fitur Smart Sidebar

Smart debur berfungsi untuk mempermudah pengguna hp android melaksanakan multitasking ketika sedang membuka suatu aplikasi.

Smart si debur ini sudah banyak diterapkan pada hp keluaran terbaru yang diklaim mampu mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang.

Untuk menonaktifkan fitur smart si debur di hp Android agar layar tidak bergaris dan goyang lagi, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Silahkan buka menu pengaturan.
  • Cari Kepraktisan Pintar.
  • Pilih Opsi Smart Si debur.
  • Lanjutkan dengan menonaktifkan Smart Assistant.

5. Reset Perangkat

Reset perangkat akan menjadi solusi cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang jika permasalahannya saat sedang masuk ke sistem saja namun tidak dalam keadaan booting.

Adapun cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang dengan cara reset perangkat, kamu bisa mengikuti langkah -langkah berikut ini.

  • Buka menu Setelan di Android.
  • Masuk ke menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Terakhir, klik Kembalikan ke Setelan Pabrik.

6. Menggunakan Aplikasi LCD Fixer

Jika  layar bergaris dan goyang, sebaiknya pertimbangkan menggunakan Dead Pixel Test and Fix. Pasalnya aplikasi ini dikembangkan berfungsi sebagai cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang.

Diklaim mampu bekerja dengan cara mendeteksi pixel yang rusak, kemudian menghilangkan nya garis di hp seolah-olah terlihat menjadi normal. Bagi kamu yang membutuhkan bantuan aplikasi ini, silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  • Install aplikasi Dead Pixels Test and Fix.
  • Jalankan aplikasi.
  • Klik Check Dead Pixel dan Fix Dead Pixels untuk mulai mengoptimalkan layar.

Artikel Menarik Lainnya : 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara Saat Menelpon

Akhir Kata

Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Dan Bergoyang
Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Dan Bergoyang

Itulah beberapa cara mengatasi layar hp bergaris dan bergoyang yang bisa kamu lakukan sebelum membawa ke service. Semua metode diatas terbukti dapat membantu dan mengatasi permasalahan pada hp yang bergaris dan goyang.

Namun perlu dicatat, apabila sudah melakukan semua cara diatas tetapi tidak ada perubahan pada smartphone dan justru membuat perangkat hp yang dimiliki memburuk, sebaiknya diserahkan pada ahli service saja untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Back to top button