Tutorial

11 Cara Mudah Cari Judul Lagu Dari Video Instagram Reels dan IGTV

Cara mencari Judul Lagu Dari Video Instagram sebenarnya sangatlah mudah. Saat sedang scroll Instagram baik itu Reels maupun IGTV seringkali kita di jumpain video yang mengandung lagu favorit yang enak saat didengarkan.

Lantas, mengapa kita perlu untuk mengetahui cara cari judul lagu dari video Instagram? Salah satu alasannya mungkin ingin membagikannya kembali ke teman-teman atau menggunakannya dalam konten sendiri.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap cara cari judul lagu dari video Instagram seperti Reels atau IGTV mulai dari judul, pencipta, penyanyi dan link untuk menemukan lagu tersebut. Simak ulasannya yah!

Fitur-fitur Instagram Yang Wajib Diketahui

Sebelum membahas cara cari judul lagu dari video Instagram, ada baiknya untuk terlebih dulu mengetahui fitur-fitur instagram yang saat ini lagi trend.

Berikut adalah beberapa fitur Instagram yang penting untuk diketahui diantaranya sebagai berikut:

No Fitur Kegunaan
1. Feed Halaman utama Instagram untuk membagikan foto dan video ke feed mereka yang dapat dilihat oleh semua pengikut mereka.
2. Stories Membagikan foto, video, teks dan lainnya yang akan hilang dalam 24 jam setelah di posting.
3. IGTV (Instagram TV) Fitur untuk membagikan video dengan durasi yang lebih panjang daripada biasa di feed atau stories. Mirip seperti konten di YouTube.
4. Reels Fitur untuk membuat dan membagikan video singkat dengan musik dan efek yang kreatif. Biasanya durasinya diantara 15-30 detik. Mirip seperti TikTok.
5. IG Live Memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan siaran langsung yang dapat dilihat oleh pengikutnya.
6. Pesan (Direct Messages) Memungkinkan pengguna untuk dapat mengirim pesan secara pribadi ke pengguna lain.
7. Hastags Memungkinkan pengguna menggunakan hastag pada unggahannya agar lebih mudah ditemukan oleh orang yang mencari konten serupa.
8. Explore Tab Untuk menemukan konten baru dari orang-orang yang mungkin belum mereka ikuti.
9. Saved Posts Untuk menyimpan postingan yang disukai atau agar dapat dilihat lagi nanti.
10. Close Friend Untuk membagikan stories hanya kepada grup orang tertentu yang dipilih.
11. Filer dan Efek Untuk mengedit foto dan video sebelum mereka mempostingnya.
12. Mute Untuk menyembunyikan stories atau postingan dari beberapa pengguna tertentu tanpa harus berhenti mengikuti mereka.
13. Hide Your Story Untuk menyembunyikan stories dari pengguna tertentu.
14. Archive and Highlights Untuk menyimpan stories mereka dalam arsip dan menampilkannya di profil mereka sebagai highlights.
Baca Juga :  8 Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Motor Tanpa Merusak Cat

Cara Cari Judul Lagu Dari Video Instagram Reels dan IGTV

Sebenarnya ada banyak cara cari judul lagu dari video instagram Reels dan IGTV baik itu menggunakan aplikasi ataupun tidak. Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan dan panduan nya dibawah ini.

Menggunakan Aplikasi Identifikasi Lagu di Ponsel

Kamu dapat menggunakan aplikasi identifikasi lagu seperti Shazam, ShoundHound, Google Shound Search dan masih banyak lagi untuk mencari lagu dari video Instagram.

Caranya pun cukup mudah, cukup memastikan suara dalam video terdengar jelas pada aplikasi yang digunakan. Lalu aplikasi akan mencocokkan suara dengan database mereka dan akan memberikan informasi tentang judul lagu, pencipta, penyanyi dan link untuk menemukan lagu tersebut.

Aplikasi Shazam

Cara Cari Judul Lagu Dari Video Instagram Reels dan IGTV Dengan Mudah
Aplikasi Shazam

Cara cari judul lagu dari video instagram Reels dan IGTV yang pertama dapat menggunakan Aplikasi identifikasi lagu dari Shazam yang dapat kamu download di Google Play Store maupun App Store.

Download aplikasi Shazam di Play Store, kemudian lakukan installasi pada perangkat ponsel yang kamu gunakan. Berikut cara cari judul lagu dari video instagram Reels dan IGTV dengan menggunakan Aplikasi Shazam. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Shazam.
  2. Izinkan semua perizinan untuk menggunakan Shazam.
  3. Pastikan icon Shazam sudah tampil pada halaman utamanya.
  4. Kemudian buka aplikasi Instagram, lalu pilih video Instagram Reels atau IGTV yang ingin diketahui judul lagunya.
  5. Pastikan icon Shazam telah mengambang pada tampilan notifikasi ponsel.
  6. Selanjutnya tekan icon Shazam (ketuk pada notifikasi) sambil memutar video Instagram Reels atau IGTV.
  7. Tunggu hingga beberapa detik sampai proses Analyzing atau identifikasi selesai.
  8. Aplikasi Shazam akan menampilkan detail lagu seperti judul lagu, pencipta, penyanyi dan link download-nya.
  9. Selesai.

Aplikasi ShoundHound

Cara Cari Judul Lagu Dari Video Instagram Reels dan IGTV Dengan Mudah
Aplikasi SoundHound

Cara cari judul lagu dari video instagram Reels dan IGTV yang kedua dapat menggunakan Aplikasi identifikasi lagu dari ShoundHound yang dapat kamu download di Google Play Store maupun App Store.

Sebenarnya menggunakan aplikasi ShoundHound sama saja dengan cara yang pertama dengan aplikasi Shazam. Caranya cukup mudah, cukup memastikan suara dalam video terdengar jelas pada aplikasi yang digunakan.

Lalu aplikasi akan mencocokkan suara dengan database mereka dan akan memberikan informasi tentang judul lagu, pencipta, penyanyi dan link untuk menemukan lagu tersebut.

Baca Juga :  3 Cara Mendapatkan Teman Luar Negeri di Snapchat

Aplikasi Shortcut for Google Shound Sear

Cara Cari Judul Lagu Dari Video Instagram Reels dan IGTV Dengan Mudah
Aplikasi Shortcut for Google Sound Sear

Cara cari judul lagu dari video instagram Reels dan IGTV yang kedua dapat menggunakan Aplikasi identifikasi lagu dari Google Shound Search yang dapat kamu download di Google Play Store maupun App Store.

Caranya cukup mudah seperti menggunakan kedua aplikasi diatas, cukup memastikan suara dalam video terdengar jelas pada aplikasi yang digunakan.

Lalu, aplikasi akan mencocokkan suara dengan database mereka dan akan memberikan informasi tentang judul lagu, pencipta, penyanyi dan link untuk menemukan lagu tersebut.

Menggunakan Situs Web Midomi

Cara Cari Judul Lagu Dari Video Instagram Reels dan IGTV Dengan Mudah
Situs Web Midomi

Jika kamu tidak ingin membebani memori RAM di ponsel saat menggunakan aplikasi, maka cara cari judul lagu dari video instagram Reels dan IGTV bisa juga menggunakan Situs Web Midomi.

Cara ini hampir sama dengan menggunakan aplikasi Shazam, namun dengan menggunakan situs web Midomi membutuhkan 2 perangkat yang digunakan untuk memutar video dan membuka situs web Midomi.

  • Buka browser web seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan lain sebagainya.
  • Kunjungi situs web Midomi atau ketuk pada link:
  • Setelah situs web Midomi terbuka, klik tombol “Click and sing or hum dan sambil video Instagram Reels atau IGTV yang ingin kamu ketahui judul lagunya.
  • Jika muncul notifikasi browser yang bertuliskan “Allow Midoma to use microphone“, klik tombol Allow atau setuju.
  • Kemudian, klik sekali lagi tombol  Click to search.
  • Tunggu hingga beberapa detik sampai proses Analyzing atau identifikasi selesai.
  • Situs Web Midomi akan menampilkan detail lagu seperti judul lagu, pencipta, penyanyi dan link download-nya.
  • Selesai.

Cari di Google

Jika kamu tidak ingin repot mengunduh aplikasi identifikasi lagu, kamu dapat menggunakan cara cari judul lagu dari video instagram melalui mesin pencari (search engine) seperti Google.

Caranya pun cukup sederhana dan mudah untuk diterapkan. Cukup hanya mengetikkan dengan kata kunci pencarian “judul lagu + artis + Instagram” atau “lirik lagu + Instagram“.

Maka, kemungkinan besar informasi tersebut sudah tercantum pada deskripsi atau bahkan komentar di video Instagram Reels dan IGTV tersebut.

Tanyakan pada Pemilik Akun

Jika cara diatas masih belum berhasil, kamu dapat mencoba untuk menghubungi pemilik akun Instagram yang memposting video tersebut dan menanyakan perihal lagu yang ada pada video mereka.

Mintalah informasi tentang judul, pencipta, penyanyi dan link untuk menemukan lagu dari video Instagram tersebut. Siapa tahu, pemilik akun Instagram tersebut sangat bersemangat untuk membagikan informasi yang kamu butuhkan tersebut.

Gunakan Hastag (#)

Seperti yang telah dijelaskan pada fitur Instagram diatas, Hastag (#) adalah cara cari judul lagu dari video instagram Reels dan IGTV yang cukup efektif.

Baca Juga :  7 Cara Menstabilkan Video Di CapCut Agar Video Tidak Goyang

Coba gunakan Hastag seperti #lagubuataninstagram, #backsoundinstagram, atau #musiklatarinstagram untuk mencari informasi dari judul lagu tersebut.

Kamu dapat mencari hastag yang sesuai dengan genre lagu yang digunakan dalam video Instagram Reels atau IGTV tersebut.

Cek Pada Platform Musik Streaming

Cara cari judul lagu dari video instagram Reels dan IGTV juga dapat melakukan pengecekan secara langsung pada salah satu platform musik streaming seperti Spotify atau Apple Music.

Kamu dapat mengunduh ke dalam daftar putar (playlist) dan mendengarkan lagu tersebut secara penuh.

Menggunakan Aplikasi Instagram Musik

Pada umumnya, Instagram juga memiliki fitur musik yang memungkinkan penggunanya menambahkan musik latar belakang ke dalam video-nya.

Cobalah menggunakan fitur tersebut untuk mencari judul lagu dari video instagram Reels dan IGTV yang mirip dengan backsound lagu pada video Instagram tersebut.

Menggunakan Google Assistant

Cara Cari Judul Lagu Dari Video Instagram Reels dan IGTV Dengan Mudah
Menggunakan Google Assistant

Cara cari judul lagu dari video instagram Reels dan IGTV selanjutnya bisa kamu lakukan pada ponsel yang sudah dilengkapi dengan Google Assistant.

Ponsel yang sudah dilengkapi Google Assistant, akan memiliki fitur “Oke Google” yang berguna untuk menemukan judul lagu dengan cepat tanpa harus mengandalkan aplikasi.

Berikut langkah-langkah cara menggunakan Google Assistant:

  1. Tekan icon Home pada ponsel, maka secara otomatis akan menampilkan Google Assistant.
  2. Klik aktif untuk memulai dan menggunakan fitur Google Assistant.
  3. Ucapkan “Oke Google” untuk memulai.
  4. Tanyakan “Lagu apa ini?” sambil memutar video Instagram Reels atau IGTV.
  5. Tunggu hingga beberapa detik sampai proses Analyzing atau identifikasi selesai.
  6. Google Assistant akan menampilkan informasi seputar mulai dari judul lagu, artis, album dan tahun rilis-nya.
  7. Selesai.

Berkomentar Pada Postingan Video Instagram Reels atau IGTV

Cara Cari Judul Lagu Dari Video Instagram Reels dan IGTV Dengan Mudah
Berkomentar Pada Postingan Video Instagram Reels atau IGTV

Cara cari judul lagu dari video instagram Reels dan IGTV yang terakhir adalah berkomentar pada postingan video Instagram Reels atau IGTV.

Jika ada video Instagram Reels atau IGTV tidak menampilkan judul lagu backsound, maka dapat mengomentari postingan video Instagram tersebut yang berisi pertanyaan tentang judul lagu seperti “Nama Lagunya apa?”.

Dengan begitu, para pengguna Instagram atau netizen yang lain atau bahkan pengguna akun tersebut akan membalas komentar kamu. Meskipun cara ini tidak selalu langsung mengetahui judul lagu dari postingan video tersebut.

Baca Juga Artikel Tentang Instagram Disini ↓↓

Cara Membuat Reels di Instagram dengan Lirik 2023
Cara Menghapus Salah Satu Foto Slide di Instagram
2 Cara Menggabungkan Foto Dan Video Di Story Instagram
2 Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita 2023

Akhir Kata

Cari Judul Lagu Dari Video Instagram
Cari Judul Lagu Dari Video Instagram

11 Cara Mudah Cari Judul Lagu Dari Video Instagram Reels dan IGTV yang sudah dijelaskan diatas dapat kamu pilih dan gunakan.

Setelah kamu mengetahui judul lagu-nya, kamu juga bisa mendengarkan full album dari lagu-lagu aslinya, menambahkan ke daftar putar (playlist), membuat konten video dari lagu tersebut dan juga bermain alat musik hingga menyanyikan lagu tersebut.

Terakhir, pastikan kamu memiliki izin untuk menggunakan lagu tersebut sebelum menggunakan nya ke dalam video kamu. Jangan menyalin atau menggunakan lagu tanpa izin dari hak cipta, pemilik atau label rekaman.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button