Tutorial

3 Cara Menghapus Chat WA agar Tidak Bisa Dilacak Terbaru 2024

Cara Menghapus Chat Wa agar Tidak Bisa Dilacak banyak dicari-cari saat ini, pasalnya tutorial ini sangat membantu bagi pengguna WA yang ingin privasinya terjaga.

Alasan lainnya juga beragam mulai dari sekedar ingin menyembunyikan riwayat chat, hingga ingin menjaga hal yang dibicarakan atau file yang terdapat di riwayat chat bocor keluar.

Mengapa demikian? Karena saat ini Whatsapp sebagai platform komunikasi paling populer sangat rentan untuk di hack ataupun terkena pencurian data.

Maka untuk itu kamu harus tahu tutorial Cara Menghapus Chat Wa agar Tidak Bisa Dilacak yang sudah kami rangkum secara lengkap di bawah ini.

Sekilas Tentang Menghapus Chat Whatsapp

Menghaous chat di Whatsapp adalah tindakan untuk menghilangkan pesan-pesan yang telah dikirim atau diterima dalam percakapan di aplikasi tersebut.

Saat ini ada dua jenis menghapus chat atau pesan di Whatsapp, seperti :

Dua Jenis Menghapus Chat di Whatsapp
Dua Jenis Menghapus Chat di Whatsapp
  • Hapus untuk Saya – Jika memilih opsi ini, maka pesan hanya akan dihapus dari obrolan kamu sendiri. Pesan tersebut tetap akan ada di perangkat penerima dan mereka masih dapat melihatnya.
  • Hapus untuk Semua – Dengan opsi ini, pesan akan dihapus dari semua obrolan chat yang terlibat di dalamnya. Namun, perlu dicatat metode ini memiliki batas waktu untuk menghapusnya. Jika pesan yang telah dikirim lebih dari 2×24 jam, maka pesan tersebut tidak akan bisa dihapus lagi.

Menghapus pesan Whatsapp sangat berguna, terlebih jika ingin menghapus pesan sensitif atau ingin membersihkan obrolan tanpa harus menghapus seluruh percakapan.

Namun perlu dicatat, pesan yang sudah dihapus akan bisa di pulihkan kembali. Untuk itu, gunakan fitur ini dengan hati-hati sesuai dengan kebutuhan pribadi kamu sendiri.

Apakah Isi Chat Wa yang sudah Dihapus Bisa Dibaca Lagi?

Mengulik sebuah fakta yang belakangan ini banyak beredar dikalangan pengguna Whatsapp yang menyatakan bahwa chat yang sudah di hapus masih bisa di baca kembali.

Baca Juga :  6 Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Menggunakan Wifi Indihome Kita

Belum lama ini aplikasi pesan instant Whatsapp telah meluncurkan fitur baru yang bisa membaca pesan yang sudah di hapus melalui log notifikasi. Fitur tersebut adalah icon setting.

Untuk membaca chat Whatsapp yang sudah terhapus melalui fitur icon Setting, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan icon setting beberapa saat.
  • Pilih opsi simbol widgets yang muncul diatas windows yang terbuka.
  • Lalu seret widget setting ke home screen (layar utama).
  • Gulir kebawah ke Log Notifikasi  dan klik Log terkait dengan Whatsap pada daftar.

Selain memanfaatkan fitur yang ada di dalam Whatsapp, ternyata ada juga aplikasi yang didesain lengkap untuk membaca chat yang sudah terhapus di Wa yaitu aplikasi Notification Story.

Namun, kamu tidak bisa memulihkan semua pesan yang telah dihapus yang belum dibaca atau sebelumnya kita tidak melakukan interaksi.

Keuntungan Mengetahui Cara Menghapus Chat Wa agar Tidak Bisa Dilacak

Sebenarnya ada banyak manfaat yang akan dapatkan ketika menghapus chat Whatsapp agar tidak dilacak. Salah satu keuntungan yang akan kamu terima yaitu privasi lebih terjaga.

Tentunya masih ada keuntungan lain yang akan kamu dapatkan. Untuk mengetahui apa saja keuntungan tersebut, silahkan simak informasi penjelasan dibawah ini.

Privasi Lebih Terjaga

Ketika menghapus chat di Whatsapp, maka tanpa disadari kamu sudah memberikan perlindungan terhadap pesan yang ada di dalam Wa tersebut.

Dengan menghapus pesan-pesan tertentu, kamu dapat menjaga kerahasiaan informasi pribadi dan pesan-pesan sensitif dari orang lain. Hal ini sangat penting, terlebih jika kamu berbagi data pribadi atau informasi rahasia melalui obrolan Whatsapp.

Mencegah penyalahgunaan Pesan

Apabila kamu sudah terlanjur mengirim pesan yang tidak diinginkan atau salah kepada seseorang, menghapusnya dengan cepat dapat mencegah pesan tersebut disebarkan lebih lanjut atau digunakan secara negatif oleh pihak lain.

Misalnya saja seperti pesan-pesan yang mengandung informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat, atau kata sandi akan menjadi target penyalahgunaan.

Baca Juga :  5 Cara Membuat Tulisan Miring di Bio Instagram Tanpa Aplikasi

Menghindari Konflik atau Pertengkaran

Pesan yang dikirim dalam keadaan emosi atau implusi seringkali dapat memicu konflik atau pertengkaran yang tidak perlu. Sehingga dengan menghapus pesan tersebut, akan mencegah eskalasi situasi dan memberikan diri waktu untuk merenung sebelum berbicara kembali.

Bukan hanya itu saja, jika terjadi konflik atau pertengkaran, menghapus dapat menjadi tindakan awal untuk membuka jalan dalam pemulihan hubungan.

Melindungi Data Pribadi

Keuntungan lain yang akan di dapatkan ketika kamu mengetahui cara menghapus chat Wa agar tidak bisa dilacak atau di sadap yaitu melindungi data pribadi yang sudah terlanjur dikirim.

Jika kamu mengirim informasi pribadi seperti nomor kartu kredit atau kata sandi melalui pesan Whatsapp terhadap orang lain, kamu bisa menghapusnya untuk mencegah akses yang tidak sah.

Cara Menghapus Chat Wa agar Tidak Bisa Dilacak

Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus
Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus

Sebenarnya cara menghapus chat Wa agar tidak bisa dilacak bukanlah suatu permasalahan yang besar, pasalnya untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mengambil langkah yang mudah.

Sebenarnya cara menghapus chat Wa agar tidak bisa dilacak ini sangat penting diketahui, terutama jika kamu memiliki privasi penting yang ada di dalam room chat Wa kamu.

Berikut beberapa cara menghapus chat Wa agar tidak bisa dilacak yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis, yakni diantaranya :

1. Menggunakan Metode Umum

Menghapus Chat Wa agar Tidak Bisa Dilacak Secara Umum
Menghapus Chat Wa agar Tidak Bisa Dilacak Secara Umum

Cara menghapus chat Wa agar tidak bisa dilacak atau disadap yang pertama bisa kamu lakukan yaitu dengan menghapus pesan yang ada di riwayat Whatsapp kamu.

Metode ini cukup mudah dilakukan, karena sudah semua pengguna Whatsapp mengetahui cara ini. Jika ingin menghapus chat Wa agar tidak di bisa dilacak dengan cara ini, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Masuk ke aplikasi Whatsapp.
  • Pilih Pesan Whatsapp yang ingin dihapus.
  • Tekan Chat yang ingin dihapus hingga muncul ikon centang di profil Wa pengguna.
  • Klik ikon Sampah atau Hapus dibagian atas layar.
  • Konfirmasi penghapusan Pesan Wa dengan mengklik Hapus Chat.
  • Cara menghapus chat Wa agar tidak bisa dilacak berhasil dilakukan.

2. Menghapus Chat Wa agar Tidak Bisa Dilacak di Pesan Grup

Menghapus Chat Wa agar Tidak Bisa Dilacak di Pesan Grup
Menghapus Chat Wa agar Tidak Bisa Dilacak di Pesan Grup

Selain pesan personal yang harus dijaga, kamu juga harus waspada terhadap pesan grup yang berisi privasi keluarga, teman , maupun kerjaan.

Baca Juga :  6 Cara Pinjam Saldo DANA Tanpa Rekening, Mudah tanpa Proses Panjang!

Karena sampai saat ini, masih banyak orang yang ingin mencari tahu isi dari grup yang telah dibuat. Tentunya untuk cara menghapus chat Wa agar tidak bisa dilacak di pesan grup ini memiliki langkah yang berbeda.

Apabila kamu ingin mengetahui caranya, ikuti panduan selengkapnya berikut ini.

  • Buka obrolan grup Whatsapp kamu.
  • Masuk ke dalam obrolan grup.
  • Klik ikon titik tiga di sudut kanan atas.
  • Pilih opsi menu Lainnya > Bersihkan chat.
  • Klik Bersihkan chat untuk menyetujui penghapusan chat.
  • Secara otomatis pesan yang ada di grup akan terhapus.

Artikel Menarik Lainnya : 5 Cara Memperbarui Whatsapp Yang Kadaluarsa Tanpa Menghilangkan Chat

Kesimpulan

Cara Menghapus Chat Wa agar Tidak Bisa Dilacak
Cara Menghapus Chat Wa agar Tidak Bisa Dilacak
Cara Deskripsi
Aktifkan Verifikasi Dua Langkah Aktifkan fitur verifikasi dua langkah dalam pengaturan WhatsApp untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan pada akun Anda.
Perbaharui Aplikasi WhatsApp Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru WhatsApp, karena ini dapat menyertakan perbaikan keamanan dan privasi.
Perhatikan Privasi Akun Di dalam pengaturan WhatsApp, Anda dapat mengatur tingkat privasi akun Anda, termasuk siapa yang dapat melihat informasi terkait akun Anda.
Kelola Pengaturan Privasi Pesan Anda dapat mengatur siapa yang dapat melihat info status, foto profil, atau status “terakhir dilihat” Anda dalam pengaturan privasi pesan.
Gunakan Pesan Tertutup WhatsApp juga memiliki fitur “pesan tertutup” yang memungkinkan Anda mengirim pesan yang hanya dapat dibaca oleh penerima dan akan otomatis dihapus setelah waktu tertentu.
Hindari Pesan yang Sensitif Hindari mengirim pesan yang sangat sensitif atau informasi pribadi yang sangat rahasia melalui pesan teks biasa.
Waspadai Aplikasi Pihak Ketiga Hindari menginstal aplikasi WhatsApp pihak ketiga yang tidak resmi, karena ini dapat memiliki risiko keamanan.
Lakukan Pembaruan Keamanan pada Perangkat Pastikan perangkat Anda memiliki pembaruan keamanan terbaru untuk melindungi dari potensi ancaman keamanan.

Cara menghapus chat Whatsapp agar tidak bisa dilacak atau di sadap merupakan poin penting yang wajib diketahui. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga privasi yang terdapat didalam obrolan chat kamu kepada orang lain.

Itulah cara menghapus chat Wa agar tidak bisa dilacak yang bisa kamu coba di pesan obrolan umum dan pesan grup. Pastikan setiap langkah diatas dilakukan dengan benar, agar pesan Wa bisa dihapus dan tidak bisa dilacak oleh orang lain.

Semoga informasi cara menghapus chat Whatsapp agar tidak bisa dilacak dan di sadap ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button