Tutorial

Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka, Ini 9 Penyebabnya!

Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka? Tentu saja situasi ini tidak mengenakan dan akan menjadi permasalahan yang besar bagi kamu sendiri.

Sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak saat ini, wajar jika semakin banyak pula pembaharuan dan masalah yang terjadi, seperti status online yang terlihat tetapi sedang tidak diakses.

Bagi beberapa pengguna tentu ini menjadi masalah yang sangat mengganggu, karena akan membuat pengguna lain beranggapan bahwa kamu tidak ingin membalas Direct Message secepatnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu penyebab kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka pada artikel ini.

Sekilas Tentang Fitur Aktivitas Online Instagram

Fitur aktivitas online di Instagram merupakan sebuah fitur yang menampilkan status online pengguna. Fitur ini memungkinkan setiap pengguna untuk melihat apakah followers-Nya sedang aktif di IG saat ini.

Sekilas Tentang Fitur Aktivitas Online Instagram
Sekilas Tentang Fitur Aktivitas Online Instagram

Berikut beberapa informasi penting tentang fitur aktivatas online, yakni diantaranya :

  • Fitur aktivitas online IG dapat ditemukan dibagian pesan langsung atau Direct Message (DM).
  • Pengaturan privasi Instagram mepengaruhi bagaimana fitur aktivitas online berfungsi.
  • Fitur aktivitas online tidak selalu akurat.

Fitur aktivitas online dapat membantu setiap pengguna untuk mengetahui kapan pengguna lain sedang aktif dan memungkinkan interaksi yang lebih real time di Direct Message.

Namun privasi juga aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan fitur ini, sehingga aplikasi Instagram memberikan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan status online di akun nya.

Penyebab Kenapa Instagram Online Terus Padahal tidak Dibuka

Umumnya, status online terlihat apabila pengguna sedang mengakses akun Instagram yang dimiliki. Namun belakangan ini ada permasalahan yang terjadi dan beberapa pengguna Instagram tidak tahu apa penyebabnya.

Baca Juga :  4 Cara Top Up Shopeepay Pakai Pulsa Telkomsel, XL, Indosat & Tri

Permasalahannya yaitu Instagram online terus padahal akun sedang tidak diakses. Tentu hal ini akan berdampak tidak baik kepada pengguna, seperti menimbulkan kecurigaan atau permasalahan baru akibat DM yang tidak dibalas.

Kenapa Instagram Online Terus Padahal tidak Dibuka
Kenapa Instagram Online Terus Padahal tidak Dibuka

Salah satu penyebab kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka yaitu jendela aplikasi masih terbuka sehingga platform tersebut mendeteksi bahwa kamu masih mengakses akun Instagram yang dimiliki.

Adapun penyebab lain kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka atau diakses, yakni diantaranya sebagai berikut.

1. Notifikasi

Jika kamu memiliki notifikasi Instagram yang diaktifkan sebelumnya, maka kemungkinan ponsel menampilkan status online meskipun kamu tidak membuka atau mengakses aplikasi tersebut.

Notifikasi ini biasanya berasal dari pesan langsung, komentar, atau aktivitas lainnya yang melibatkan akun Instagram pribadi yang dimiliki.

2. Sinkronisasi Latar Belakang

Penyebab kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka yaitu sinkronisasi latar belakang yang masih terbuka. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa aplikasi termasuk IG dapat secara otomatis melakukan sinkronisasi di latar belakang untuk memperbaharui konten dan data terkait.

Ini termasuk memeriksa pembaruan postingan terbaru, memeriksa koneksi jaringan, atau melakukan tugas-tugas lain yang memerlukan akses internet sehingga menyebabkan kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka.

Sinkronisasi latar belakang seperti ini dapat membuat aplikasi terlihat online meskipun kamu tidak membukanya atau mengaksesnya secara aktif

3. Sesi Login Masih Aktif

Jika kamu atau seseorang yang memiliki akses ke akun Instagram kamu telah masuk ke perangkat lain hal ini kemungkinan akan menjadi penyebab kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka.

Karena Ig memungkin kamu masuk ke beberapa perangkat secara bersamaan dan semua perangkat tersubut akan menunjukkan status online yang besamaan juga.

4. Kesalahan Teknis

Terjadinya kesalahan teknis tentu saja bisa terjadi pada semua aplikasi dan ini juga akan menjadi salah satu penyebab kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka.

Kesalahan Teknis
Kesalahan Teknis

Kemungkinan hal ini terjadi karena bug atau masalah koneksi jaringan yang dapat menyebabkan aplikasi tidak melaporkan status aktif pengguna secara akurat.

Baca Juga :  Dapatkan Diamond Com Gratis : Bisa Klaim Diamond ML Gratis 2024?

Cara Mengatasi Instagram Online Terus Padahal tidak Dibuka

Setelah memahami penyebab kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka dan merasa terganggu dengan status online tersebut, ada beberapa cara mengatasinya yang dapat kamu coba.

Salah satu cara mengatasi yang paling sederhana yaitu menonaktifkan fitur Status Aktivitas online yang ada di Instagram. Berikut beberapa cara mengatasi IG online terus padahal tidak dibuka lainnya.

Tips Penjelasan
Coba Matikan dan Hidupkan Kembali Aplikasi Instagram Langkah ini bertujuan untuk menghentikan proses aplikasi yang mungkin berjalan di latar belakang dan memulai ulangnya. Ini bisa membantu mengatasi masalah sambungan yang terus terbuka.
Periksa Koneksi Internet Anda – Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Masalah sambungan mungkin disebabkan oleh koneksi internet yang buruk atau putus. Periksa sambungan Wi-Fi atau data seluler Anda.
Hapus Cache Aplikasi Instagram – Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi. Membersihkan cache aplikasi Instagram dapat membantu mengatasi masalah teknis yang terkait dengan data yang disimpan.
Perbarui Aplikasi Instagram – Pastikan Anda menggunakan versi terbaru aplikasi Instagram. Pembaruan terbaru sering mengatasi masalah teknis dan keamanan yang mungkin terjadi pada versi sebelumnya.
Restart Perangkat Anda – Me-restart perangkat Anda adalah cara yang sederhana namun efektif untuk mengatasi masalah sambungan. Ini membantu membersihkan cache sistem dan memulai ulang proses perangkat.

Jika masalah ini terus berlanjut dan pengaturan Status Aktivitas online juga sudah dinonaktifkan namun tidak ada perubahan sama sekali, kamu dapat menghubungi dukungan teknis IG untuk mendapatkan bantuan yang lebih lanjut.

Bagaimana Cara Mematikan Status Online di IG

Menonaktifkan status aktivitas online merupakan alternatif terbaik yang bisa dicoba apabila kamu tidak ingin diketahui sedang online di Instagram dan merasa terganggu dengan status aktivitas tersebut.

Cara ini dapat dilakukan dengan mudah melalui perangkat smartphone atau komputer. Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan status online di Instagram.

  • Buka aplikasi Instagram pribadi kamu di perangkat ponsel.
  • Pada halaman utama, pilih menu Profil.
  • Klik ikon tiga garis dan pilih menu Pengaturan.
  • Pilih menu Privasi.
  • Scroll kebawah dan pilih Status Aktivitas.
  • Klik ikon Tampilkan Status Aktivitas hingga berwarna hitam.
Baca Juga :  3 Cara Daftar Paket Combo Sakti Telkomsel 25 Ribu Lengkap dengan Kodenya

Secara otomatis status online atau sedang aktif akan dinonaktifkan, setelah itu kamu juga tidak akan bisa melihat status aktivitas pengguna lain selama status aktivitas masih dinonaktifkan. Meskipun demikian, kamu tetap bisa mengirim pesan pada akun lain.

Cara Mengetahui Siapa yang Online di Instagram

Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur terbaru yang bernama Last Seen . Fitur ini berfungsi untuk melihat aktivtas teman atau followers Instagram yang sedang online. Dapat dikatakan fitur ini hampir mirip dengan Facebook Massenger dan WhatsApp.

Meskipun demikian ada batasan tertentu yang dapat diberlakukan platform ini untuk melindungi privasi pengguna.

Cara Mengetahui Siapa yang Online di Instagram
Cara Mengetahui Siapa yang Online di Instagram

Perlu diketahui cara mengetahui siapa yang online di Instagram ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang tidak menonaktikan akivitas online-Nya. Jika sudah terlanjur menonaktifkannya, sebaiknya aktifkan kembali fitur tersebut.

  • Buka aplikasi Instagram di perangkat.
  • Pada halaman utama, klik menu Direct Message (DM).
  • Klik Pencarian dan cari nama pengguna yang ingin dilihat online.
  • Ketuk nama pengguna Instagram.
  • Cek waktu aktif terakhir pengguna apakah sedang aktif atau tidak.
  • Jika keterangannya sedang aktif maka pengguna IG tersebut sedang online.

Kenapa Tidak Bisa Melihat Orang yang Sedang Online di Instagram?

Sesuai dengan pembaharuan dan update fitur terbaru yang dirilis oleh Instagram yaitu Fitur Privasi Pengguna atau Status Aktivitas.

Dimana setiap pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut. Nah, apabila kamu menonaktifkan fitur tersebut maka maka tidak akan bisa melihat secara langsung siapa yang sedang online atau offline di platform tersebut.

Namun meskipun demikian, kamu masih tetap bisa melihat cerita yang telah dibagikan oleh pengguna lain di akunnya atau mengirimkan pesan kepada setiap pengguna.

Seperti yang diketahui, IG terus mengembangkan dan memperbaharui fitur-fiturnya, jadi ada kemungkinan fitur ini dapat berubah di waktu yang akan datang. Oleh karena itu, selalu update aplikasi Instagram kamu untuk mengetahui pembaharuan yang telah diberikan.

Kesimpulan

Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka
Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka ?

Jadi agar status online tidak selalu aktif sebaiknya tutup jendela aplikasi Instagram apabila sudah tidak ingin menggunakan atau mengakses aplikasi tersebut lagi.

Namun privasi juga aspek penting yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan fitur ini, jika kamu merasa terganggu dengan status online yang terus menerus terlihat kamu bisa menonaktifkan fiturnya melalui pengaturan privasi.

Semoga informasi kenapa Instagram online terus padahal tidak dibuka ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button