Tutorial

2 Cara Mengetahui Baterai Speaker Bluetooth Penuh, Manual Dan Lewat Perangkat Terhubung

Cara Mengetahui Baterai Speaker Bluetooth Penuh dapat dilakukan dengan dua metode yaitu secara manual dan melalui perangkat yang di sambungkan seperti smartphone, tablet, atau laptop.

Jika speaker yang dimiliki tidak mendukung pengaturan pengaturan tampilan daya baterai tersisa, alternatif lain yang harus dilakukan yaitu membaca kertas panduan yang terdapat di dalam kotak speaker. Karena tiap produsen akan memberikan petunjuk terkait penggunaan dan keterangan sisa baterai pada kertas tersebut.

Sekilas Tentang Baterai Speaker Bluetooth

Baterai speaker Bluetooth adalah sumber daya listrik portabel yang digunakan untuk menyediakan tenaga kepada speaker. Baterai ini memungkinkan speaker bluetooth untuk dioperasikan tanpa harus terhubung secara langsung ke sumber listrik.

Jika daya baterai speaker bluetooth habis, maka speaker tidak bisa difungsikan dan kamu harus mengisi ulang daya baterai nya dengan melakukan cas baterai sesuai waktu yang telah ditentukan.

Apakah Speaker Bluetooth Bisa Ganti Baterai?

Beberapa pengguna speaker bluetooth dan yang ingin membeli benda ini, sampai sekarang masih banyak yang bertanya-tanya “Apakah Speaker Bluetooth ini bisa ganti baterai atau tidak?”.

Secara umum, setiap speaker bluetooth dilengkapi dengan baterai internal, namun sebagian besar speaker bluetooth yang memiliki baterai internal sulit untuk diganti secara manual oleh pengguna dan hanya bisa diganti oleh teknisi. Akan tetapi, beberapa baterai speaker bluetooth bisa dilepas pasang oleh pengguna.

Cara Mengetahui Baterai Speaker Bluetooth Penuh

Cara Mengetahui Baterai Speaker Bluetooth Penuh
Cara Mengetahui Baterai Speaker Bluetooth Penuh

Ada dua cara mudah untuk mengetahui baterai baterai speaker bluetooth sudah penuh atau belum, yaitu secara manual dan melalui perangkat yang terhubung ke speaker.

Kedua metode ini memiliki langkah yang berbeda-beda, namun cara mengetahui baterai speaker bluetooth penuh melalui metode ini sangat mudah dilakukan dan hasilnya akurat.

1. Secara Manual

Beragam merek speaker bluetooth dikeluarkan dengan keunggulan masing-masing. Dimana tiap speaker biasanya dilengkapi dengan lampu indikator yang akan menandakan baterai speaker sudah penuh atau lemah (lowbet).

Baca Juga :  Login Snack Video Lewat Google, Bisa Langsung Dapat Koin

Biasanya lampu indikator baterai ini ditandai dengan warna hijau, biru, dan merah. Cara mengetahui baterai speaker bluetooth penuh dapat diketahui dengan ketiga lampu indikator baterai speaker.

  • Jika lampu indikator baterai ditandai dengan warna hijau atau biru, itu artinya baterai speaker Bluetooth masih penuh dan siap untuk digunakan.
  • Namun apabila lampu indikator baterai ditandai dengan warna merah, itu artinya baterai speaker sudah hampir habis atau lowbet.
  • Tetapi jika lampu indikator baterai ditandai dengan warna merah dan kedap kedip, itu artinya speaker perlu di cas dan tidak bisa menjalankan fungsinya lagi.
  • Selain itu, akan ada peringatan suara yang menyatakan bahwa daya baterai hampir habis.

2. Lewat Perangkat Terhubung

Lewat Perangkat Terhubung
Lewat Perangkat Terhubung

Sudah banyak speaker bluetooth yang dilengkapi dengan teknologi canggih yang akan memudahkan pengguna untuk mengetahui berapa sisa daya baterai hanya dengan menyambungkan ke perangkat hp saja.

Cara mengetahui baterai speaker bluetooth penuh ini tergolong praktis dan lebih efektif, pasalnya perangkat akan menampilkan sisa daya baterai speaker bluetooth.

  • Nyalakan Speaker Bluetooth dan pastikan memiliki daya.
  • Silahkan pairing Speaker bluetooth terlebih dahulu ke Hp.
  • Setelah terhubung, tunggu beberapa saat, akan muncul presentase sisa beterai perangkat bluetooth yang terhubung.
  • Misalnya saja saya terhubung dengan speaker bluetooth ES120N, Terhubung, Baterai 50%, Aktif.

Hasil dari presentase sisa daya baterai speaker bluetooth ini biasanya akurat apabila baterai speaker yang dimiliki masih bagus dan tidak ngedrop. Jika baterai speaker sudah tidak stabil, presentase cara mengetahui baterai speaker bluetooth yang ada di hp bisa berubah-ubah.

Berapa Lama Daya Tahan Baterai Speaker Bluetooth?

Daya tahan baterai speaker bluetooth berbeda-beda tergantung merek dan kualitas dari speaker yang dimiliki. Biasanya daya tahan baterai untuk speaker portabel cenderung bertahan sekitar 6 hingga 10 jam.

Namun beberapa speaker ada yang bertahan 12 sampai 16 jam. Salah satu speaker portabel yang dapat bertahan lama adalah JBL Flip 5, dengan ketahanan hingga 14 jam dalam keadaan daya baterai full.

Untuk portabilitas tertinggi, perangkat seperti JBL Charger 4 juga termasuk speaker bluetooth yang memiliki daya tahan lama karena bisa berfungsi ganda sebagai stasiun pengisian daya untuk ponsel dan tablet.

Baca Juga :  7 Daftar Pinjaman KUR Tanpa BI Checking Serta Syarat Pengajuannya

Berapa Lama Ngecas Speaker Bluetooth Yang Normal

Berapa Lama Ngecas Speaker Bluetooth Yang Normal
Berapa Lama Ngecas Speaker Bluetooth Yang Normal

Waktu pengisian daya atau chargering pada speaker bluetooth juga bervariasi tergantung kapasitas baterai dan power output dari charger yang digunakan. Secara umu, speaker Bluetooth terisi penuh sekitar 3 hingga 5 jam.

Waktu pengisian daya harus mengikuti petunjuk penggunaan yang diberlakukan oleh produsen speaker. Petunjuk pengisian daya ini bisa kamu lihat pada kertas kotak speaker, karena setiap speaker baru akan dilengkapi dengan panduan penggunaan speaker termasuk pengisian daya.

Penting untuk diketahui bahwa menggunakan charger yang tidak disarankan akan mempengaruhi waktu pengisian daya dan kualitas baterai. Jadi pastikan kamu menggunakan charger bawaan yang diberikan untuk menghindari penurunan kinerja atau kerusakan baterai.

Penyebab Baterai Speaker Bluetooth Cepat Habis

Hanya ada dua faktor penyebab speaker bluetooth cepat habis, yaitu penurunan kinerja baterai atau kerusakan baterai dan kapasitas daya baterai rendah.

Jika penyebabnya karena penurunan kinerja baterai, biasanya itu dikarenakan oleh beberapa faktor, mulai dari penggunaan yang berlebihan atau tidak teratur, umur baterai yang sudah tua, pengisian yang tidak tepat, dan chargering speaker bluetooth yang tidak sesuai dengan petunjuk penggunaan.

Sementara jika penyebabnya karena kapasitas daya baterai speaker rendah, maka jangka waktu pakai speaker harus disesuaikan dengan ketahanan nya atau jangka pakai nya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyeleksi kapasitas daya baterai pada speaker yang ingin dibeli.

Hal ini bertujuan untuk menghindari pencarian cara mengetahui baterai speaker bluetooth penuh yang berulang dan jangka pakai yang panjang.

Tips Memilih Speaker Bluetooth Baterai Tahan Lama

Tips Memilih Speaker Bluetooth Baterai Tahan Lama
Tips Memilih Speaker Bluetooth Baterai Tahan Lama

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli speaker bluetooth, salah satunya adalah kualitas suara dari speaker tersebut. Karena sudah banyak speaker bluetooth beredar dengan kualitas suara yang tidak enak di pendengaran.

Berikut adalah beberapa tips memilih speaker bluetooth selain cara mengetahui baterai speaker bluetooth penuh yang wajib diketahui.

Kualitas Suara

Pastikan untuk memilih speaker dengan kualitas suara yang baik dan enak di dengar. Perhatikan faktor-faktor seperti kekuatan suara, jernihnya suara, dan kualitas bass yang dikeluarkan oleh speaker.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Cara Menggunakan Template CapCut di PC dan Laptop

Sebelum membelinya, disarankan untuk melakukan tes suara terlebih dahulu di toko atau membaca ulasan online untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas suara dari merek speaker bluetooth yang akan dibeli.

Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai speaker bluetooth bervariasi, sehingga tak heran jika banyak yang bertanya cara mengetahui baterai speaker bluetooth penuh. Sebelum membeli speaker, pilih lah speaker dengan kapasitas baterai yang besar untuk waktu pemutaran yang lebih lama.

Karena, kapasitas baterai yang lebih tinggi akan membelikan masa pakai yang lebih panjang tanpa perlu bertanya lagi bagaimana cara mengetahui baterai speaker bluetooth penuh.

Efisiensi Baterai

Cari speaker yang menggunakan teknologi efisiensi energi untuk memaksimalkan masa pakai baterai. Carilah model speaker bluetooth yang menggunakan teknologi seperti Low Wnwrgy (BLE) untuk menurangi konsumsi daya baterai.

Portabilitas

Pertimbangkan penggunaan speaker, jika berencana untuk membawa speaker saat berpergian, pililah mode yang ringkas dan ringan agar mudah dibawa dengan kapasitas baterai yang tinggi. Namun jika speaker digunakan di dalam rumah, silahkan pilih ukuran speaker sesuai dengan yang diinginkan.

Koneksi dan Kompatibilitas

Selain cara mengetahui baterai speaker bluetooth penuh, tips memilih speaker agar tahan lama juga dengan memastikan koneksi dan kompatibilitasnya. Jadi pastikan speaker bluetooth yang dipilih kompatibel dengan perangkat, seperti smartphone, tablet, atau laptop.

Pilih lah speaker bluetooth yang dilengkapi dengan opsi koneksi tambahan, seperti jack audio atau kartu microSD, yang bisa berguna terutama jika kamu ingin menghubungkan perangkat tanpa bantuan Bluetooth.

Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik Baterai Tahan Lama

Ada banyak speaker bluetooth yang memiliki beragam keunggulan dan tidak semua speaker memiliki kualitas terbaik meski harga yang ditawarkan cukup mahal. Jadi agar tidak salah pilih ketika ingin membeli speaker Bluetooth, berikut beberapa merek speaker bluetooth terbaik dengan kualitas terjamin.

  • Marshall Emberton
  • Sony Speaker Nirkabel Portabel
  • JBL Flip 5
  • Simbadda Music Player CST 2000 N+
  • Dazumba DW266
  • Advance K1506
  • JBL Clip 4
  • Harman Kardon Aura Studio 4
  • W-KING Speaker Portabel T9 Pro
  • Wireless DAT DT1210 FT

Postingan Menarik Lainnya : 8 Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah dengan Mudah: Pasti Berhasil!

Akhir Kata

Cara Mengetahui Baterai Speaker Bluetooth Penuh
Cara Mengetahui Baterai Speaker Bluetooth Penuh

Jadi cara mengetahui baterai speaker bluetooth penuh diatas dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara manual dan lewat smartphone yang dimiliki. Namun jika speaker bluetooth yang dimiliki tidak mendukung pengaturan tampilan daya baterai tersisa maka satu-satunya cara mengetahui baterai speaker bluetooth penuh yang bisa dilakukan hanya dengan cara manual saja.

Jadi bagi kamu yang ingin membeli speaker, pastikan perangkat speaker yang digunakan mendukung tampilan sisa daya baterai ke perangkat yang ingin disambungkan agar tidak kesulitan untuk mengetahui cara mengetahui baterai speaker bluetooth penuh.

Back to top button