Tutorial

Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram Terbaru 2024

Saat ini banyak pengguna Ig mencari tahu bagaimana Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram karena berbagai alasan yang mungkin di dapatkan dari jenis akun yang digunakan sebelumnya.

Banyak pengguna memutuskan untuk menggunakan akun pribadi karena dapat mengontrol privasi dan keamanan konten yang dimiliki serta lebih fokus pada interaksi dengan para pengikut.

Sehingga sangat memungkinkan digunakan oleh pemilik Instagram yang hanya memanfaatkan akun tersebut untuk kebutuhan pribadi dan bukan untuk kebutuhan bisnis.

Nah, bagi kamu yang sudah terlanjur menggunakan akun bisnis atau kreator Instagram dan ingin beralih kembali menggunakan akun pribadi, ikuti informasi selengkapnya pada artikel ini!

Sekilas Tentang Akun Pribadi Instagram

Akun pribadi Instagram merupakan jenis akun yang dapat kamu buat di platform media sosial Instagram. Ketika kamu membuat akun menjadi bersifat pribadi, maka kamu akan memiliki kendali yang lebih besar atas siapa yang dapat melihat konten yang telah kamu bagikan.

Dengan akun pribadi kamu juga bisa mengatur profil kamu agar hanya bisa dilihat oleh pengikut yang telah kamu setujui sebelumnya.

Artinya orang tersebut harus mengirim permintaan mengikuti terlebih dahulu sebelum mereka dapat melihat postingan atau konten yang telah kamu bagikan sebelumnya atau di waktu yang mendatang.

Perbedaan Akun Pribadi dan Akun Profesional Instagram

Mungkin kamu pernah mendengarkan kedua jenis akun yang tersedia di Instagram ini, yaitu akun pribadi dan juga akun profesional (bisnis). Kedua jenis akun ini memiliki perbedaan, berikut adalah beberapa perbedaan dari keduanya.

Perbedaan  Akun Pribadi  Akun Bisnis atau Kreator
Tujuan Penggunaan Umumnya digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi secara sosial, berbagi foto dan video dengan teman, keluarga, dan pengikut pribadi. Untuk kebutuhan bisnis, merek, atau kreator konten untuk mempromosikan produk, layanan, atau konten pribadi yang dimiliki, serta untuk mengembangkan hubungan dengan audiens.
Privasi Pengguna dapat mengontrol privasi dan keamanan konten yang dimiliki. Profil hanya dapat dilihat oleh pengikut yang telah disetujui. Pengguna juga dapat mengontrol variasi konten yang dimiliki, tetapi memiliki opsi untuk membuat profil publik dan terbuka untuk semua pengguna.
Profil Profil pribadi yang mencerminkan kehidupan pribadi pengguna. Informasi profil terbatas pada foto profil, deskripsi singkat, dan tautan. Profil bisnis yang mencakup informasi lebih rinci seperti alamat bisnis, nomor telepon, jam operasional, tombol tindakan khusus (CTA) dan tautan eksternal.
Fitur Promosi dan Iklan Tidak memiliki akses ke fitur promosi atau iklan berbayar. Memungkinkan pengguna membuat kampanye promosi dan iklan berbayar untuk meningkatkan jangkau konten yang dimiliki.
Alat Analitik Terbatas pada metrik dasar seperti jumlah pengikut, suka, dan komentar pada postingan. Menyediakan alat analitik yang canggih dan terperinci, seperti jumlah tayangan, jumlah pengikut baru, tingkat keterlibatan, dan demograsi pengikut.
Baca Juga :  7 Cara Menemukan Agen BRILink Terdekat dari Lokasi Saya

Apakah Bisa Beralih ke Akun Pribadi Instagram?

Banyak orang yang bertanya-tanya “Apakah bisa beralih ke akun pribadi Instagram?” Jawabannya adalah bisa, setiap pengguna yang memiliki akun bisnis atau kreator bisa beralih ke akun pribadi.

Namun Instagram sendiri memiliki batasan yang membatalkan kemampuan beralih jika jenis akun kamu saat ini dianggap sebagai jenis akun khusus.

Umumnya, Instagram memberikan waktu 1 x 24 jam setelah kamu mengganti jenis akun menjadi akun bisnis atau kreator. Setelah waktu yang telah masa waktu yang telah ditentukan sudah habis, maka kamu memiliki kesempatan selanjutnya untuk melakukan cara beralih ke akun pribadi Instagram.

Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram

Cara beralih ke akun pribadi Instagram suatu hal yang cukup mudah dilakukan dan hampir setiap pengguna sudah mengetahuinya.

Namun bagi beberapa pengguna yang baru saja mengakses aplikasi ini, tentu saja ini masih sangat awam sehingga memerlukan trik khusus yang telah direkomendasikan oleh pengguna yang sudah berpengalaman sebelumnya.

Nah, bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki jenis akun profesional di Ig dan ingin mengalihkannya kembali menjadi akun pribadi. Berikut adalah langkah-langkah cara beralih ke akun pribadi Instagram.

  • Buka aplikasi Instagram di perangkat ponsel kamu.
  • Di menu utama, pilih menu Profil.
  • Klik ikon tiga garis yang berada di pojok kanan atas.
  • Pilih menu Pengaturan dan Privasi.
Pengaturan dan Privasi
Pengaturan dan Privasi
  • Klik menu Fitur dan Kontrol Kreator.
Fitur dan Kontrol Kreator
Fitur dan Kontrol Kreator
  • Lalu pilih menu Ubah Jenis Akun.
Ubah Jenis Akun
Ubah Jenis Akun
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Beralih ke akun Pribadi.
Beralih ke akun Pribadi
Beralih ke akun Pribadi
  • Akan muncul notifikasi pemberitahuan, silahkan memilih opsi Beralih ke Akun Pribadi.
Notifikasi Beralih ke akun Pribadi
Notifikasi Beralih ke akun Pribadi
  • Cara beralih ke akun pribadi Instagram berhasil dilakukan, akun siap untuk digunakan.

Penyebab Tidak bisa Beralih ke Akun Pribadi Instagram

Sudah mencoba setiap langkah cara beralih ke akun pribadi Instagram dengan benar namun, akun tersebut masih tetap menjadi akun bisnis? Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa alasan teknis atau kebijakan platform.

Baca Juga :  11 Cara Mengatasi Baterai Kembung dan Cepat Habis

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ada beberapa penyebab umum mengapa kamu tidak bida beralih ke akun pribadi, yakni diantaranya :

1. Jenis Akun Saat ini

Jika jenis akun yang digunakan saat ini merupakan akun bisnis atau akun kreator di Instagram, maka kamu mungkin tidak akan dapat beralih langsung ke akun pribadi.

Hal tersebut dikarenakan Instagram memiliki batasan yang membatalkan kemampuan beralih jika jenis akun kamu saat ini dianggap sebagai jenis akun khusus seperti bisnis atau kreator.

2. Bug atau Masalah Teknis

Terkadang bug atau masalah teknis yang terjadi pada aplikasi Instagram dapat mencegah kamu untuk beralih akun meskipun cara beralih ke akun pribadi Instagram sudah dilakukan dengan benar.

Ini biasanya disebabkan oleh kesalahan dalam aplikasi atau masalah jaringan yang digunakan pada perangkat. Untuk mengatasinya, cobalah tutup dan buka kembali aplikasi atau reset perangkat untuk melihat apakah masalah tersebut bisa teratasi.

3. Melanggar Kebijakan

Jika akun yang dimiliki terlibat dalam perilaku yang melanggar kebijakan Instagram, maka kemungkinan kamu tidak diizinkan untuk beralih ke akun pribadi sebagai tindakan keamanan.

Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan untuk mematuhi pedoman komunitas dan kebijakan yang telah diberlakukan oleh Instagram untuk menghindari pelanggaran agar cara beralih ke akun pribadi Instagram dapat dilakukan.

4. Versi Aplikasi

Penyebab mengapa Instagram tidak bisa dialihkan menjadi akun pribadi yaitu versi aplikasi yang digunakan saat ini masih versi aplikasi Instagram lama.

Maka agar hal tersebut dapat diatasi, pastikan kamu telah memperbaharui Instagram ke versi terbaru. Karena fitur baru atau perubahan sering kali hanya tersedia di versi terbaru dan versi lama mungkin tidak mendukung beberapa fungsi seperti beralih akun.

Baca Juga :  5 Cara Membatasi Hotspot Di HP Samsung Agar Tidak Boros

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Akun Pribadi Instagram

Sebelum memutuskan atau melakukan cara beralih ke akun pribadi Instagram sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang akan kamu terima dimasa yang akan datang.

Ini dilakukan agar saat beralih ke akun pribadi kamu tidak memiliki kendala. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan akun pribadi Instagram.

Kelebihan Menggunakan Akun Pribadi Instagram

  • Privasi pengguna lebih terjaga.
  • Interaksi lebih fokus pada lingkungan sosial, seperti teman, keluarga, dan pengikut pribadi.
  • Dapat menghindari pengikut atau akun-akun yang mungkin tidak diinginkan atau tidak dikenal secara pribadi.
  • Bebas dari kewajiban promosi.
  • Lebih fokus pada interaksi dengan para pengikut.
  • Bebas dari tuntutan bisnis atau komersial.

Kekurangan Menggunakan Akun Pribadi Instagram

  • Keterbatasan pemasaran dan bisnis.
  • Tidak mendapatkan akses ke fitur analitik lanjutan.
  • Tidak bisa mengintegrasikan dengan alat eksternal, seperti pengelolaan postingan. alat pemasaran email, atau alat analitik pihak ketiga.
  • Terbatas dalam penggunaan bisnis.
  • Jangkauan konten sangat terbatas.
  • Kurangnya fungsi terkait bisnis.

Postingan Menarik Lainnya : 13 Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram Yang Di Privasi

Kesimpulan

Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram
Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram

Itulah langkah-langkah cara beralih ke akun pribadi Instagram yang bisa kamu coba jika jenis akun yang digunakan saat ini merupakan akun bisnis atau kreator.

Namun agar cara beralih ke akun pribadi Instagram berhasil dilakukan, pastikan kamu sebelumnya beralih akun dalam waktu yang bersamaan pada saat akun dialihkan ke akun bisnis. Hal tersebut dikarenakan, Instagram sendiri memberikan batasan waktu beralih akun dalam waktu 1 x 24 jam.

Semoga informasi cara beralih ke akun pribadi Instagram ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button