Tutorial

6 Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar Yang Wajib Kamu Ketahui!

Bagaimanakah cara agar LCD rusak tidak menyebar? Mengalami suatu moment, yang mana LCD HP rusak karena pecah atau retak merupakan pengalaman yang sangat menyedihkan sekaligus membuat panik.

Namun sekarang anda tidak perlu lagi khawatir, dalam artikel ini kami akan menyajikan beberapa cara agar LCD rusak tidak menyebar. Yuk disimak sampai tuntas yah!

Sekilas tentang LCD

Apa itu LCD
Apa itu LCD

Sebelum lanjut mencari tau tentang cara agar LCD rusak tidak menyebar, kami akan menjelaskan secara singkat terlebih dahulu apa itu LCD.

LCD, singkatan dari Liquid Crystal Display merupakan layar kristal air, sebagai komponen yang berfungsi untuk menghasilkan gambar pada layar. Layar LCD terdiri dari beberapa lapisan material, termasuk lapisan filter cahaya, lapisan kristal air, dan lapisan polarisasi.

LCD menjadi komponen paing berperan agar perangkat dapat digunakan dengan nyaman dan optimal. Ketika terjadi sedikit saja kerusakan pada bagian LCD, maka akan mempengaruhi kenyamanan saat menggunakan HP.

Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar

Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar
Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar

Ketika layar LCD anda rusak, ada beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membantu mengurangi penyebaran kerusakan yang lebih luas dan parah.

Langsung saja, berikut kami tampilkan sejumlah cara agar LCD rusak tidak menyebar:

Baca Juga :  3 Cara Mengganti Nama FF Gratis Terbaru 2024

1. Hentikan Penggunaan dan matikan HP

Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar
Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar/ safetysign.com

Cara agar LCD rusak tidak menyebar yang pertama adalah dengan segera menghentikan penggunaan dan mematikan ponsel. Jangan coba-coba untuk menghidupkan ponsel kembali, sebelum LCD berhasil diperbaiki.

2. Hindari suhu panas

Ketika suhu HP panas, maka kerusakan LCD akan semakin cepat menyebar. Oleh karena itu, selain menghentikan penggunaan dan mematikan HP, hindarilah juga tempat yang ber suhu panas atau terdapat sinar ketika akan menyimpan HP, karena ini dapat memperburuk kerusakan dan menyebabkan penyebaran yang lebih luas.

3. Letakkan HP di tempat yang stabil

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya dalam cara agar LCD rusak tidak menyebar yaitu dengan memastikan HP diletakkan di tempat yang stabil dan aman, agar tidak terkena getaran maupun goncangan yang dapat memperparah kerusakan.

4. Hindari tekanan dan benturan

Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar
Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar

Ketika LCD HP anda sudah rusak, apalagi jika tingkat kerusakannya parah, maka jangan coba-coba untuk menekan area LCD yang rusak tersebut. Tekanan atau benturan tambahan dapat memperburuk kondisi HP dan menyebabkan penyebaran kerusakan yang lebih parah.

5. Simpan dengan hati-hati

Ketika akan meletakkan atau memindahkan HP yang LCD nya sudah rusak, sangatlah diperlukan kehati-hatian. Pastikan untuk melindunginya dari tekanan, getaran, benturan. Akan tetapi letakkanlah dengan pelan, bagaikan meletakkan telur agar tidak pecah.

6. Bawa ke tukang service HP

Cara agar LCD rusak tidak menyebar yang terakhir adalah dengan membawa ponsel ke tukang service HP. Tanyakan atau mintalah solusi terbaik untuk permasalah HP anda.

Baca Juga :  6 Cara Melihat Aplikasi Yang Disembunyikan Di HP Oppo

Namun untuk masalah terkait LCD retak atau pecah, biasanya ahli service HP lebih menyarankan untuk mengganti LCD yang baru. karena jika masih tetap menggunakan LCD yang rusak tersebut, risiko akan kerusakan kembali pasti ada dan besar kemungkinannya!

Harga untuk mengganti LCD dapat bervariasi tergantung merek dan tipe ponsel anda. Namun pada umumnya, harga mengganti LCD berkisar dari Rp350.000 hingga Rp500.000.

Tips Menjaga LCD Agar Tidak Mudah Pecah

Tips Menjaga LCD Agar Tidak Mudah Pecah
Tips Menjaga LCD Agar Tidak Mudah Pecah/ makeuseofimages.com

Selain membagikan tentang cara agar LCD rusak tidak menyebar, dalam artikel ini kami juga akan memberikan anda beberapa tips menjaga LCD agar tidak mudah pecah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan Pelindung Layar yang bagus

Tips yang pertama yaitu dengan menggunakan pelindung layar atau tempered glass. Komponen ini akan melindungi layar HP anda ketika secara tidak sengaja HP terjatuh atau terbentur.

Agar lebih aman lagi, sebaiknya gunakan lah pelindung layar yang berkualitas bagus atau memiliki ketahanan yang kuat terhadap goresan dan pecah.

Ada beberapa rekomendasi tempered glass atau pelindung layar yang bagus, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Nillkin Tempered glass
  2. Mocolo Tempered glass
  3. Spigen Tempered glass
  4. Hippo Tempered glass
  5. Optimuz Tempered glass
  6. Zagg Invisible Shield Tempered glass
  7. Spigen Tempered glass
  8. Maxfeel Tempered glass
  9. Rhinoshiel Tempered glass
  • Hindari HP dari suhu ekstrem

Pernah gak kamu melihat layar ponsel yang didalamnya terdapat bintik hitam, sementara layarnya tidak ada yang pecah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh suhu ekstrem.

Oleh karena itu, jauhkan perangkat dari sehu ekstrem, baik panas maupun dingin, sebab suhu ekstrem perlahan dapat merusak LCD.

  • Gunakan HP dengan lembut

Tips dalam menjaga LCD agar tidak rusak yang selanjutnya adalah menggunakan perangkat dengan lembut. Hindari memukul, membenturkan, atau pun menjatuhkan HP secara kasar. Perlu diingat bahwa HP, buka tempat untuk meluapkan emosi yang gaes.

  • Simpan atau letakkan HP dengan aman

Sering kali terjadi kasus LCD pecah karena asal meletakkan HP sembarangan, misalnya di pinggiran meja, sehingga tidak sengaja kesenggol dan akhirnya jatuh.

Baca Juga :  3 Cara Meliburkan Toko Di Shopee Sementara Melalui Aplikasi Dan Browser Terbaru

Oleh karena itu, simpanlah ponsel anda di tempat yang aman dan stabil saat sedang tidak digunakan. Hindari meletakkan di tempat-tempat ketinggian yang sempit. Selain itu, hindari juga meletakkan HP dengan menumpuk barang diatasnya karena dapat menyebabkan tekanan pada layar.

  • Berikan pengawasan ketika digunakan anak-anak

Jika perangkat sedang digunakan oleh anak-anak, maka diperlukan pengawasan yang ekstra agar mereka tidak menggunakannya dengan kasar atau menjatuhkan nya. Karena sejatinya, mereka tau nya hanya menggunakan saja, tidak dengan cara pemakaian yang baik!

  • Lakukan pemeliharaan rutin

Tips yang terakhir untuk menjaga LCD dari kerusakan adalah dengan melakukan pemeliharaan rutin. Jika anda menemukan goresan ataupun retakan kecil pada pelindung layar, segeralah ganti dengan pelindung layar yang baru, guna untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Kesimpulan

Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar
Cara Agar LCD Rusak Tidak Menyebar

Dalam situasi yang mana LCD HP rusak, pemahaman akan cara agar LCD rusak tidak menyebar merupakan hal yang wajib harus dimiliki.

Dengan menerapkan langkah-langkah perlindungan yang tepat, anda dapat mencegah penyebaran kerusakan pada layar LCD yang lebih luas atau parah.

Back to top button