TutorialTips

6 Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP VIVO

Cara melihat aplikasi yang disembunyikan di HP Vivo merupakan salah informasi penting yang harus diketahui pengguna apabila ingin menggunakan aplikasi yang disembunyikan sebelumnya.

Menyembunyikan sebuah aplikasi merupakan layanan smartphone Vivo yang cukup menarik perhatian penggunanya. Bagaimana tidak, selain data-data akan terjaga kamu tidak perlu khawatir meminjamkan ponsel kepada teman karena adanya aplikasi privasi.

Lantas bagaimana cara melihat aplikasi yang disembunyikan di HP vivo berikut? Agar lebih terperinci, mari simak uraian yang Mocipay berikan!

Bagaimana Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO?

Opsi sembunyikan seringkali digunakan user vivo untuk menyembunyikan aplikasi pada layar beranda. Ini bertujuan untuk menjaga privasi baik data-data agar tidak terbaca nantinya.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP vivo
Cara menyembunyikan aplikasi di HP vivo

Cara menyembunyikan sebuah aplikasi di HP Vivo sebenarnya cukup mudah, namun kamu harus memasukkan 6 digit sandi privasi yang sudah diatur sebelumnya. Adapun cara-cara untuk menyembunyikan aplikasi dapat dilihat melalui cara berikut:

  1. Silahkan buka iManager
  2. Klik alat utilitas dan pilih enskripsi aplikasi
  3. Masukkan kata sandi privasi akunmu
  4. Setelah itu akan muncul tampilan privasi & enkripsi aplikasi
  5. Klik sembunyikan aplikasi dan lihat daftar aplikasi yang ada di smartphonemu
  6. Pada aplikasi yang ingin disembunyikan, klik tanda aktif lalu pilih ok ketika opsi untuk menyembunyikan tampil.

Cara untuk menyembunyikan aplikasi via iManager merupakan opsi yang dapat kamu lakukan untuk semua tipe HP Vivo, jadi bagi kamu yang masih awam dalam menyembunyikan sebuah aplikasi dapat mempraktikkan cara ini.

Intip jugaĀ Cara Menghilangkan Mode Aman Di HP VIVO Semua Tipe

Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP VIVO

Secara umum ketika kita menginstall sebuah aplikasi makan ikon akan muncul di layar beranda HP. Namun, karena alasan privasi dan kemananan data kamu harus sembunyikan aplikasi sehingga icon tidak akan muncul di samping aplikasi-aplikasi yang ada sebelumnya.

Baca Juga :  25+ Wallpaper Kupu Kupu Aesthetic Kualitas Terbaik

Setelah memahami smartphone vivo memiliki kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi, maka sejumlah pengguna mencoba cara melihat aplikasi yang disembunyikan di HP Vivo sebelumnya. Karena banyak pengguna yang kurang memahami pengoperasian ponsel sehingga kebingungan untuk menemukan aplikasi yang telah disembunyikan.

Nah, buat kamu vivo user yang sedang kesulitan mencari aplikasi yang tersembunyi dapat melihat uraian berikut dan sesuaikan dengan tipe android yang kamu miliki.

  • Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP VIVO Pada Menu Pengaturan

Agar menemukan aplikasi yang semula kamu sembunyikan, kamu dapat membuka fitur aplikasi yang ada pada menu pengaturan HP Vivo. Namun opsi ini membutuhkan 6 digit kata sandi nomor yang sudah kamu aktifkan sebelumnya.

Cara melihat aplikasi yang disembunyikan di HP Vivo
Cara melihat aplikasi yang disembunyikan di HP Vivo

Apabila lupa sandi enkripsi aplikasi, pengguna dapat memilih lupa kata sandi dan memasukkan data yang terdaftar dahulunya. Berikut adalah cara melihat aplikasi yang disembunyikan di HP vivo melalui menu pengaturan:

  1. Masuk pada menu pengaturan Vivo semua tipe
  2. Gulir untuk melihat keamanan (kata sandi, sidik jari dan wajah)
  3. Jika sudah pilih menu privasi dan enskripsi aplikasi
  4. Masukkan 6 digit kata sandi privasi kamu
  5. Akan muncul beberapa pilihan seperti opsi untuk menyembunyikan dan melihat aplikasi, sekarang klik lihat aplikasi yang sudah kamu sembunyikan sebelumnya
  6. Selesai
  • Cara melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP VIVO Via PlayStore

Google playstore merupakan pespustakaan aplikasi yang diperuntukkan bagi pengguna android. Ternyata, menampilkan aplikasi tersembunyi kamu dapat memanfaatkan keberadaan google playstore melalui cara berikut:

  1. Silahkan pergi ke playstore HP kamu
  2. Klik tiga garis horiontal dibagian pojok kiri atas
  3. Pilih menu aplikasi dan game saya
  4. Masuk pada menu terinstal, maka daftar aplikasi yang sudah di instal termasuk aplikasi yang disembunyikan akan tampil.
  • Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP VIVO via iManager

Selain menu pengaturan dan google playstore, pengguna dapat melihat aplikasi yang tersembunyi pada iManager dan untungnya cara ini bisa dilakukan pada semua tipe android.

Baca Juga :  788+ Nama FF Seram dan Artinya Yang Belum Dipakai
Cara menampilkan aplikasi tersembunyi ke layar HP via iManager
Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP VIVO

Sama halnya dengan menyembunyikan sebuah aplikasi, untuk menampilkannya kembali membutuhkan sandi akun seperti melihat aplikasi yang disembunyikan melalui menu pengaturan:

  1. Temukan iManager dan klik alat utilitas
  2. Pilih enkripsi aplikasi lalu masukkan kata sandi privasi kamu
  3. Secara otomatis tampilkan privasi & enkripsi aplikasi akan ditampilkan
  4. Sekarang klik lihat aplikasi tersembunyi dan daftar aplikasi yang disembunyikan akan tampil
  • Melihat Aplikasi yang Disembunyikan Melalui Aplikasi Mi File Manager

Mi File Manager merupakan sebuah aplikasi yang biasa digunakan Xiaomi user untuk mengatur file perangkat dengan mudah, sepeti mencari aplikasi, memindahkan file, dan menampilkan aplikasi-aplikasi yang tersembunyi.

Walaupun Mi File Manager diperuntukkan pengguna xiaomi ternyata vivo user dapat memanfaatkannya melakukan perintah seperti menampilkan aplikasi-aplikasi yang masih disembunyikan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menampilkan kembali aplikasi via Mi File Manager:

  1. Masuk ke google play store dan unduh aplikasi Mi File Manager
  2. Setelah itu masuk ke halaman utama untuk menemukan aplikasi ter instal di smartphone
  3. Pilih menu pengaturan
  4. Aktifkan “tampilkan berkas tersembunyi” maka aplikasi yang semula tidak terlihat akan ditampilkan
  • Menyeret Aplikasi ke Ruang Kosong

Salah satu penyebab aplikasi tidak tampil di layar HP vivo karena ter tindih oleh aplikasi yang lain, maka cara melihat aplikasi yang tersembunyi di HP vivo dengan melihat file berjudul folder.

Cara melihat aplikasi tersembunyi di hp vivo
Menyeret Aplikasi ke Ruang Kosong

Mungkin kamu merasa tidak pernah menyembunyikan sebuah aplikasi, namun mereka tidak ditemukan di layar HP dan besar kemungkinan saling tertindih dengan aplikasi lain. Sekarang temukan folder di hp kamu lalu seret salah satu aplikasi ke ruang kosong.

  • Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP VIVO dengan App Drawer

App drawer yang biasa disebut laci aplikasi tentunya memuat semua aplikasi yang kamu gunakan termasuk yang sudah disembunyikan.

Agar melihat aplikasi yang disembunyikan user vivo harus temukan laci aplikasi yang berada di home HP. Laci aplikasi ini biasanya berbentuk lingkaran ataupun titik tiga tergantung tipe android yang digunakan, temukan dan lakukan cara berikut:

  1. Setelah menemukan app drawer, klik ikon titik tiga akan ditampilkan semua aplikasi perangkatmu
  2. Kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih sembunyikan aplikasi
  3. Secara otomatis sistem akan menampilkan aplikasi yang tersembunyi
Baca Juga :  5 Cara Mengetahui Kode Voucher Axis Yang Rusak Dengan Serial Number

Artikel terkaitĀ Cara Menampilkan Aplikasi yang Tersembunyi di Android

Cara Menampilkan Aplikasi Tersembunyi di layar HP

Setelah memahami cara melihat aplikasi yang disembunyikan di HP vivo, kini pengguna dapat menonaktifkan pengaturan sembunyi dan menempatkannya dengan aplikasi-aplikasi di beranda.

Cara menampilkan aplikasi tersembunyi ke layar HP
Cara menampilkan aplikasi tersembunyi ke layar HP

Cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di layar HP paling mudah dilakukan di menu pengaturan dan iManager HP Vivo. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Pergi ke menu pengaturan handphone
  • Klik keamanan (kata sandi, sidik jari dan wajah)
  • Pilih privasi dan enskripsi aplikasi
  • Masukkan 6 digit kata sandi kamu dan klik sembunyikan aplikasi
  • Aktifkan lihat aplikasi tersembunyi lalu daftar aplikasi yang tidak terlihat akan ditampilkan
  • Sekarang matikan tanda aktif dan aplikasi akan ditampilkan di layar HP Vivo kamu

Atau pengguna Vivo dapat menampilkan aplikasi tersembunyi melalui IManager HP

  • Buka iManager lalu pilih alat utilitas
  • Klik enskripsi aplikasi dan masukkan sandi privasi yang sama
  • Pilih sembunyikan aplikasi, sama seperti cara diatas pengguna dapat mematikan tanda aktif agar aplikasi kembali muncul di layar HP
  • Selesai
Langkah Keterangan
Masuk ke Layar Utama Pastikan Anda berada di layar utama (homescreen) ponsel Anda.
Usap ke Atas dengan Dua Jari Pada layar utama, usap ke atas dengan menggunakan dua jari secara bersamaan. Ini akan membawa Anda ke area aplikasi yang disembunyikan (disebut “hidden apps”).
Masukkan Kata Sandi atau Pola Kunci Jika Anda telah mengatur kata sandi atau pola kunci untuk area aplikasi tersembunyi, Anda perlu memasukkannya untuk mengakses daftar aplikasi yang telah disembunyikan.
Akses Aplikasi yang Dibutuhkan Setelah masuk ke area aplikasi tersembunyi, Anda dapat melihat dan mengakses aplikasi yang sebelumnya Anda sembunyikan.
Pengaturan Tambahan (jika diperlukan) Di area ini, Anda juga dapat menambahkan atau menghapus aplikasi dari daftar tersembunyi atau mengubah pengaturan keamanan untuk aplikasi tersembunyi.

Kesimpulan

Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP Vivo
Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP Vivo

Ada beberapa opsi yang bisa digunakan sebagai cara melihat aplikasi yang disembunyikan di HP Vivo. Apabila kamu tengah kesulitan untuk menemukan dan menggunakan aplikasi tersembunyi dapat melihat tutorial dan cara menampilkan nya kembali di layar beranda.

Mungkin itu saja yang dapat Mocipay bagikan terkait cara melihat aplikasi yang disembunyikan di HP Vivo, semoga memberikan manfaat bagi pembaca dan sampai bertemu di pembahasan selanjutnya!

Back to top button