Tutorial

3 Cara Login DANA Tanpa Aplikasi Via Web Secara Online

Cara Login DANA Tanpa Aplikasi – Di antara begitu banyaknya kalangan masyarakat yang menggunakan aplikasi dompet digital DANA, terkadang tak sedikit dari mereka yang bertanya mengenai bagaimana tata cara login DANA tanpa aplikasi dengan mudah.

Pada dasarnya, masuk ke DANA tanpa perlu menggunakan aplikasi tersebut bisa dilakukan dengan mudah, baik menggunakan nomor telepon & kode OTP, email, dan website resmi. Agar Anda lebih paham mengenai tata caranya, maka bisa membaca penjelasannya di artikel berikut ini.

Tips Cara Login DANA Tanpa Aplikasi Paling Gampang

Tips Cara Login DANA Tanpa Aplikasi Paling Gampang
Tips Cara Login DANA Tanpa Aplikasi Paling Gampang

Salah satu aplikasi dompet digital yang cukup populer dan banyak diminati oleh kalangan masyarakat, yakni ada aplikasi DANA yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan praktis.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan pembayaran tagihan, transfer uang ke sesama pengguna DANA, melakukan pengisian saldo Dana, membeli pulsa, membeli tiket dan berbelanja online di berbagai marketplace online.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur keamanan kuat untuk memudahkan pengguna melakukan transaksi keuangan dan bisa terhubung dengan kartu kredit, kartu debit dan rekening bank.

Lebih lanjut, aplikasi DANA juga turut menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi digital bagi kalangan masyarakat, khususnya kaum milenial.

Yakni seperti misalnya transfer bank tanpa dikenakan biaya administrasi, pembayaran berbagai tagihan sampai dengan pembelian voucher game dengan berbagai promo yang menarik di dalamnya. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan banyak pengguna disini adalah, bisakah kita melakukan cara login DANA tanpa aplikasi?

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya cara login DANA tanpa aplikasi ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan nomor telepon & kode OTP, menggunakan email aktif sampai dengan mengakses DANA lewat website resmi.

Namun sebelum kita mengetahui tata caranya, sebaiknya Anda perlu tahu keuntungan dan kerugian melakukan proses login DANA tanpa aplikasi yang bisa Anda lihat di tabel keterangan berikut ini.

Keuntungan Login DANA Tanpa Aplikasi Kerugian login DANA Tanpa Aplikasi
Memungkinkan pengguna mengakses akun DANA dengan mudah dan cepat. Cara login DANA tanpa aplikasi memiliki tingkat keamanan lebih rendah, jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi berbasis perangkat ponsel.
Proses akses akun DANA di berbagai platform lebih fleksibel. Lebih rentan mengalami risiko pencurian data pribadi pengguna.
Memudahkan pengguna mengakses berbagai fitur dan layanan yang disediakan DANA. Keterbatasan fitur keamanan tambahan DANA yang bisa digunakan pengguna.
Tidak memakan ruangan penyimpanan di perangkat ponsel yang dimiliki. Kurangnya Keamanan
Pengguna tidak perlu melakukan pembaruan aplikasi DANA secara berkala. Akun Mudah Diretas
Menawarkan sistem keamanan yang lebih terjamin bagi pengguna. Mudah Lupa Password
Cara login DANA tanpa aplikasi tidak memerlukan adanya verifikasi. Kurang Efisien
Memudahkan pengguna melakukan proses login ke beberapa akun sekaligus. Bergantung Pada Koneksi Internet
Baca Juga :  9 Cara Membuka Sandi HP Realme Menggunakan Panggilan Darurat

Setelah Anda mengetahui keuntungan dan kerugian menerapkan cara login DANA tanpa aplikasi, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai tata cara dalam melakukan proses login DANA tanpa perlu menggunakan aplikasi tersebut.

Dalam menerapkan proses login DANA tanpa aplikasi bisa melalui 3 cara yang sudah disinggung di awal tadi, umumnya memiliki perbedaan tahapan yang cukup signifikan.

Oleh karena itulah, di bawah ini akan kita bahas satu per satu cara masuk akun DANA tanpa perlu menggunakan aplikasi yang perlu Anda perhatikan baik-baik.

1. Menggunakan Nomor Telepon dan Kode OTP

Menggunakan Nomor Telepon dan Kode OTP
Menggunakan Nomor Telepon dan Kode OTP

Sebagai informasi penting untuk Anda, bahwa cara login DANA tanpa aplikasi menggunakan nomor telepon dan kode OTP (One-Time Password), umumnya merupakan cara paling umum yang bisa dicoba oleh para pengguna.

Yang mana dalam hal ini, Anda nantinya perlu memasukkan nomor telepon aktif yang dimiliki, dan nantinya akan dikirimkan kode OTP ke nomor Anda untuk proses verifikasi.

Untuk tata cara melakukan proses login DANA dengan nomor telepon dan kode OTP, bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam penerapan cara login DANA tanpa aplikasi disini, yakni dengan masuk ke akun DANA melalui website browser yang terpasang di perangkat ponsel Anda.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu memilih bagian menu Login dengan Nomor Telepon”.
  • Kemudian, masukkan saja nomor telepon aktif yang Anda miliki dan pastikan sudah terdaftar di akun DANA Anda.
  • Jika sudah, Anda nantinya akan langsung menerima SMS yang di dalamnya berisikan kode OTP berjumlah 6 digital untuk proses verifikasi.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu memasukkan kode OTP di kolom yang sudah disediakan.
  • Terakhir, Anda hanya tinggal menunggu selama beberapa saat sampai Anda berhasil melakukan proses login di DANA tanpa perlu menggunakan aplikasi.

2. Cara Login DANA Tanpa Aplikasi Melalui Email Aktif

Apabila Anda sendiri lupa nomor telepon yang sudah didaftarkan di aplikasi DANA, maka cara lain yang bisa dilakukan untuk penerapan cara login DANA tanpa aplikasi yakni melalui email aktif.

Baca Juga :  7 Cara Mengubah Word Ke PDF Di HP Tanpa Aplikasi

Meski demikian, untuk melakukan cara ini Anda harus menghubungi pihak customer service terlebih dahulu agar proses login dengan menggunakan email bisa berjalan dengan lancar. Adapun untuk tata cara proses login DANA tanpa perlu aplikasi melalui email aktif, bisa Anda lihat di penjelasan berikut ini.

  1. Pertama-tama, buka aplikasi resmi DANA dan klik bagian “Login”.
  2. Setelah itu, Anda tinggal membuka email dan klik di bagian opsi “Compose Email” atau “Buat Email”.
  3. Dalam hal ini, pastikan Anda melakukan proses login dengan email yang sebelumnya sudah didaftarkan di DANA.
  4. Kemudian pada bagian subjek email, Anda silahkan tuliskan “Bisakah saya login DANA menggunakan email?” dan kirimkan ke alamat help@dana.id.
  5. Adapun di bagian isi email, silahkan Anda jelaskan bahwa Anda tidak dapat melakukan proses login DANA dengan salah satu dari berbagai kendala yang dialami. Seperti halnya karena nomor telepon yang tidak aktif, lupa nomor telepon yang didaftarkan, lupa PIN dan lain sebagainya. Selain itu, cantumkan juga data diri berupa KTP, alamat email aktif yang didaftarkan dan nomor HP lama yang diingat.
  6. Apabila semuanya sudah dituliskan, maka Anda tinggal mengirim email tersebut dan tunggu sekitar 1 sampai 3 hari kerja. Nantinya, layanan pelanggan DANA akan langsung memberikan email balasan yang dapat membantu Anda menyelesaikan permasalahan tersebut.

3. Mengakses DANA Via Web Resmi

Mengakses DANA Via Web Resmi
Mengakses DANA Via Web Resmi

Adapun cara login DANA tanpa aplikasi terakhir yang bisa Anda lakukan disini, yakni dengan mengakses DANA di website resminya. Meski demikian, Anda perlu tahu bahwa aktivitas login DANA melalui situs belakangan ini sudah dibatasi lantaran hanya bisa dilakukan lewat aplikasi resmi DANA tersebut.

Namun untuk melakukan proses login DANA melalui website resmi, bisa Anda lakukan dengan menerapkan langkah-langkah mudah sebagai berikut.

  • Langkah pertama, silahkan Anda buka website browser Google Chrome dan buka website resmi DANA di perangkat yang digunakan.
  • Di bagian halaman beranda, Anda tinggal cari tombol “Login” yang berada di bagian pojok kanan atas halaman dan klik bagian tombol tersebut.
  • Jika sudah, Anda nantinya akan langsung diarahkan ke halaman login DANA di web. Di halaman ini, Anda tinggal memasukkan nomor ponsel yang terdaftar di akun DANA.
  • Setelah itu, tinggal Anda klik saja bagian tombol “Lanjutkan”.
  • Nantinya, Anda akan langsung menerima SMS yang di dalamnya berisikan kode verifikasi dari DANA.
  • Langkah berikutnya, Anda hanya perlu memasukkan kode verifikasi tersebut di halaman login DANA di web resmi.
  • Apabila kode verifikasi yang dilakukan sudah berhasil, maka proses login DANA tanpa aplikasi dikatakan berhasil.
Baca Juga :  2 Cara Mencari Instagram Orang di Sekitar Kita, Mudah dan Praktis

Faktor-faktor yang Menyebabkan Pengguna Tidak Bisa Login DANA Tanpa Aplikasi

Meskipun sudah menerapkan ketiga cara login DANA tanpa aplikasi di atas, terkadang masih ada saja sebagian pengguna yang mengalami kendala di dalamnya. Yang mana, proses login DANA tanpa aplikasi masih belum juga menemukan hasil yang memuaskan alias terjadi kegagalan.

Permasalahan yang dialami ini, biasanya disebabkan oleh beberapa hal yang memang memengaruhi proses login DANA tanpa aplikasi tersebut.

Beberapa hal yang umumnya memengaruhi kegagalan proses login DANA tanpa aplikasi, yakni bisa berupa website DANA yang tidak menawarkan opsi login bagi pengguna, DANA hanya tersedia dalam bentuk aplikasi saja atau karena faktor keamanan akun.

Untuk lebih jelas mengenai faktor-faktor penyebab masalah kegagalan proses login DANA tanpa aplikasi, Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

  • Website DANA Tidak Menawarkan Opsi Login Akun Bagi Pengguna

Salah satu faktor penyebab kegagalan proses login akun DANA tanpa aplikasi, biasanya disebabkan karena masalah website DANA tersebut tidak menawarkan opsi login akun bagi para penggunanya.

Yang mana, situs website resmi DANA ini biasanya hanya dimanfaatkan sebagai sarana informasi pendukung saja bagi para pengguna aplikasi dompet digital DANA.

Adapun dalam hal ini, para pengguna biasanya hanya bisa menemukan berbagai informasi penting yang berkaitan dengan DANA mulai dari berbagai promo terbaru sampai dengan artikel seputar keuangan saja.

  • DANA Hanya Tersedia dalam Bentuk Aplikasi Perangkat Ponsel

Faktor lain yang menyebabkan kegagalan dalam proses login akun DANA tanpa aplikasi selanjutnya, yakni biasanya terjadi karena memang DANA hanya tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh melalui layanan Google Play Store dan App Store saja.

Terlebih lagi karena DANA dikenal sebagai aplikasi keuangan saja, maka tidak heran jika aplikasi ini terbilang sangat riskan untuk menawarkan versi lainnya, selain dalam bentuk aplikasi perangkat ponsel.

Dikarenakan memiliki ukuran file yang terbilang kecil dan ringan, maka para pengguna tidak perlu khawatir jika aplikasi tersebut dipasang di perangkat ponsel karena tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan.

  • Masalah Faktor Keamanan Akun Pengguna

Untuk faktor yang menjadikan pengguna gagal melakukan proses login DANA tanpa menggunakan aplikasi, yakni karena memang disebabkan adanya faktor keamanan akun pengguna.

Dalam hal ini, DANA biasanya hanya mengizinkan pengguna untuk melakukan proses login lewat perangkat yang sudah terverifikasi untuk menjaga keamanan akun pengguna.

Apabila Anda melakukan proses login dari perangkat baru, biasanya akan diminta untuk memasukkan nomor HP yang sebelumnya sudah terdaftar dan memasukkan kode OTP yang sudah dikirimkan lewat SMS dengan alasan keamanan.

Penutup

Cara Login DANA Tanpa Aplikasi
Cara Login DANA Tanpa Aplikasi

Demikianlah tadi pembahasan menarik bagi Anda seputar beberapa tips cara login DANA  tanpa aplikasi dengan mudah yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Meskipun demikian, ada baiknya bagi Anda untuk tetap mengakses akun DANA lewat aplikasi resminya demi menunjang keamanan dan kenyamanan penggunaan.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button