Tutorial

Kenapa Chat Telegram Tiba Tiba Hilang Padahal Tidak Dihapus? Ketahui 4 Penyebab Dan Solusi Terbaiknya!

Banyak yang bertanya kenapa chat telegram tiba tiba hilang padahal tidak dihapus?, mungkin karena terkadang ada beberapa chat pada telegram yang hilang secara tiba-tiba padahal tidak pernah dihapus.

Kenapa Chat Telegram Tiba Tiba Hilang Padahal Tidak Dihapus
Kenapa Chat Telegram Tiba Tiba Hilang Padahal Tidak Dihapus

Jika kamu adalah salah satunya yang pernah mengalami hal tersebut dan ingin mengetahui kenapa chat telegram tiba tiba hilang padahal tidak dihapus, simaklah artikel kali ini hingga selesai.

Sekilas Tentang Chat Telegram

Chat telegram secara umum adalah berupa pesan antara pengguna dengan pengguna lainnya. Chat telegram merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh aplikasi telegram untuk mempermudah para pengguna untuk saling bertukar pesan.

Chat Telegram
Chat Telegram

Dengan adanya chat telegram ini juga memudahkan para pengguna untuk berbagi file berupa foto, video maupun dokumen lain dalam ukuran yang lebih besar dan juga bisa menampung banyak anggota grup.

Itulah mengapa chat telegram ini sangat diminati oleh orang-orang terutama mereka yang berbisnis besar atau mereka yang bekerja dan perlu mengirimkan dokumen dalam ukuran besar.

Kenapa Chat Telegram Tiba Tiba Hilang Padahal Tidak Dihapus?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwasanya chat telegram merupakan salah satu fitur untuk saling bertukar pesan atau informasi baik itu informasi penting maupun yang lainnya dan hilangnya chat telegram secara tiba tiba bisa mempengaruhi pekerjaan atau isi percakapan si pengguna tersebut.

Baca Juga :  6 Cara Convert Video Menjadi Full HD Tanpa Aplikasi

Sebenarnya chat telegram tiba-tiba hilang itu sangat jarang terjadi namun untuk beberapa kasus dari para pengguna pernah mengalaminya padahal chat telegram tersebut tidak di hapus dan hal itu membuat para pengguna kebingungan.

Penyebab Kenapa Chat Telegram Tiba Tiba Hilang Padahal Tidak Dihapus

Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa chat telegram tiba tiba hilang padahal tidak dihapus yang dirangkum dari beberapa sumber:

Telegram Error

Salah satu penyebab kenapa chat telegram tiba tiba hilang padahal tidak dihapus adalah error nya telegram sehingga memungkinkan beberapa chat telegram terhapus dengan sendiri saat telegram kembali normal dan kamu coba masuk kembali ke akun kamu.

Namun hal seperti ini jarang karena walaupun telegram eror chat telegram biasanya akan pada semula tapi tidak menutup kemungkinan dapat juga menghapus dengan sendirinya.

Penghapus Otomatis Aktif

Penyebab kenapa chat telegram tiba tiba hilang padahal tidak dihapus yang berikutnya adalah penghapus otomatis pada telegram kemungkinan sedang aktif sehingga saat mengirimkan chat dalam beberapa saat chat tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Riwayat Chat Dihapus Sepihak

Riwayat chat dihapus sepihak juga merupakan salah satu penyebab kenapa chat telegram tiba tiba hilang padahal tidak dihapus. Jika lawan chat telegram kamu menghapus atau menarik kembali chat yang dikirimkan maka otomatis chat di telegram kamu juga akan hilang.

Fitur Obrolan Rahasia Aktif

Di telegram tersedia fitur obrolan rahasia yang dimana fitur ini berfungsi untuk menghapus pesan secara otomatis dalam waktu yang ditentukan. Jadi bisa saja fitur obrolan rahasia yang sedang aktif merupakan salah satu penyebab kenapa chat telegram tiba tiba hilang padahal tidak dihapus.

Baca Juga :  7 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark di Telegram

Cara Menonaktifkan Fitur Hapus Otomatis Dan Fitur Obrolan Rahasia Pada Telegram

Jika kamu kebingungan dan tidak tahu cara untuk menonaktifkan fitur hapus otomatis dan fitur obrolan rahasia pada telegram, kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

  • Buka aplikasi Telegram
  • Pilih garis tiga yang ada di pojok kiri atas
Garis Tiga
Garis Tiga
  • Pilih pengaturan
Pengaturan
Pengaturan
  • Kemudian pilih privasi dan keamanan
Privasi Dan Keamanan
Privasi Dan Keamanan
  • Lalu pilih hapus pesan otomatis dan secret chat (obrolan rahasia)
Fitur Hapus Otomatis Dan Secret Chat
Fitur Hapus Otomatis Dan Secret Chat
  • Atur untuk menonaktifkan jika posisi sedang aktif, selesai.

Cara Mengatasi Chat Telegram Tiba Tiba Hilang Padahal Tidak Dihapus

Untuk kamu yang sedang mengalami chat telegram tiba tiba hilang tidak perlu khawatir karena masih ada solusi yang bisa di coba untuk mengatasi chat telegram hilang tiba tiba, sebagai berikut ini:

Ekspor Data Telegram

Untuk membantu kamu mengatasi chat telegram yang tiba-tiba hilang kamu bisa mengekspor data telegram kamu, caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telegram di PC
  • Klik garis tiga pada pojok kiri atas
  • Lalu pilih pengaturan
  • Dan pilih lanjutan(advanced)
  • Selanjutnya pilih ekspor data telegram
  • Pilih chat yang ingin diekspor lalu klik ekspor
  • Langkah terakhir, klik tampilkan data saya setelah selesai proses ekspor

Gunakan Folder Cache

Selain ekspor data kamu juga bisa gunakan folder cache untuk mengatasi chat telegram tiba tiba hilang, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba:

  • Buka file manager(pengelola file) di Hp kamu
  • Pilih Android lalu klik Data
  • Kemudian pilih org.telegram.messenger dan pilih cache
  • Salin ke folder lain untuk disimpan

Gunakan Folder Telegam Di File Manager

Kamu juga bisa gunakan folder telegram yang ada di file manager (pengelola file) di hp kamu untuk mengatasi chat telegram yang tiba tiba hilang, berikut beberapa caranya:

  • Buka file manager (pengelola file) di Hp kamu
  • Pilih folder telegram
  • Lalu buka file dokumen tersebut yang berisi data telegram
  • Kemudian pulihkan data, Selesai
Baca Juga :  6 Cara Melacak HP dengan IMEI Tanpa Aplikasi, Bisa Dilakukan Sendiri!

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Langkah terakhir yang bisa kamu coba jika 3 cara diatas tidak bisa adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yaitu aplikasi Restore Deleted Text Messages. Aplikasi Restore Deleted Text Messages merupakan aplikasi yang bisa recovery(memulihkan) chat pada beberapa aplikasi tidak hanya chat telegram.

Kamu bisa download aplikasi ini di playstore dan kemudian buat akun dengan mendaftar aplikasi Restore Deleted Text Messages. Aplikasi ini aman dan sudah didownload oleh lebih dari 5juta orang.

Apakah Chat Di Telegram Bisa Dilihat Orang Lain?

Jika kamu bertanya apakah chat di telegram bisa dilihat oleh orang lain jawabannya adalah tentu Bisa kalau orang tersebut membuka telegram kamu dan kamu tidak mengunci chat kamu atau tidak menggunakan secret chat.

Secret chat adalah fitur yang melindungi chat kamu dengan kata lain jika kamu menggunakan atau mengaktifkan secret chat maka yang bisa melihat chat telegram kamu hanyalah kamu sendiri dengan lawan chat kamu, jadi chat telegram kamu akan aman dari orang lain.

Secret chat (pesan rahasia) ini aman untuk digunakan selama perangkat kamu tidak hilang dan untuk lebih memastikan chat telgeram kamu aman kamu bisa aktifkan kunci aplikasi telegram.

Apakah Log Out Aplikasi Telegram Bisa Menghapus Chat?

Nah, pertanyaan seperti ini juga sering ditanyakan, dan yang perlu kamu ketahui adalah chat telegram tidak akan hilang walaupun kamu log out dari akun telegram kamu dengan kata lain chat telegram akan ditampilkan seperti semula saat kamu login kembali ke akun telegram kamu.

Semua chat telegram bisa hilang jika kamu menghapus akun kamu dan tidak pernah login lagi selama 1 tahun. Dan untuk kamu ingat bahwasanya jika kamu tidak aktif selama beberapa bulan atau sesuai waktu yang kamu tentukan maksimal 1 tahun maka akun telegram kamu akan terhapus otomatis.

Kesimpulan

Kenapa Chat Telegram Tiba Tiba Hilang Padahal Tidak Dihapus?
Kenapa Chat Telegram Tiba Tiba Hilang Padahal Tidak Dihapus?

Penyebab kenapa chat telegram tiba tiba hilang padahal tidak dihapus di atas adalah sebagian dari beberapa, mungkin masih ada yang lain. Namun yang bisa kami rangkum untuk saat ini hanyalah yang tertera diatas. Semoga dengan solusi yang kami berikan kamu bisa mengatasi chat telegram kamu yang tiba tiba hilang. See you<3

Back to top button