Tips

Pengalaman Didatangi DC Akulaku, Simak Ini Agar Tidak Terjadi Pada Kamu!

Saat ini ada banyak orang mempunyai pengalaman didatangi DC Akulaku untuk melakukan penagihan terhadap pinjaman yang sudah di lakukan. Kejadian tersebut tentunya dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi masyarakat agar bisa lebih bijak dalam melakukan pinjaman online.

Seperti sudah diketahui bahwa keberadaan dari pinjaman Online semakin marak dan banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini. Terlebih lagi karena kebutuhan yang semakin tinggi dan proses pinjaman di pinjol semakin mudah, maka membuat banyak orang tertarik melakukan pinjaman.

Hanya saja tidak sedikit dari peminjam justru akan kesulitan dalam melakukan pembayaran atau telat selama beberapa kali. Inilah penyebabnya, pihak dari pinjaman online akhirnya  harus melakukan penagihan kepada para nasabah termasuk dari Akulaku.

Salah satu penagihan yang dilakukan oleh  mereka adalah mendatangi para pengguna layanan pinjaman online. Tidak sedikit dari pengguna ternyata sudah memiliki pengalaman didatangi DC Akulaku. Jika Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada diri sendiri, maka sebaiknya simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Akulaku?

Sebelum mengetahui bagaimana pengalaman didatangi DC Akulaku, maka penting bagi Anda agar mengetahui dahulu sekilas tentang Akulaku. Jadi ini merupakan salah satu aplikasi perbankan dan pinjaman online yang cukup populer di Asia Tenggara.

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2014 dan beroperasi di beberapa negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Indonesia, Malaysia dan Filipina. Sebagai salah satu aplikasi perbankan, Akulaku menawarkan sejumlah layanan mulai dari perbankan digital, kredit, investasi digital hingga broker asuransi.

Dengan lengkapnya layanan yang mereka tawarkan tersebut, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan keuangan dari masyarakat dimana semakin banyak. Jangan khawatir! Sebab Akulaku juga sudah mengantongi izin dari OJK Indonesia sehingga soal keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Kendati sudah mengantongi izin, tetapi apabila pengguna ingin menggunakan layanan perbankan mereka, maka harus membaca sekaligus menyetujui syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa memahami semua proses yang terdapat di dalamnya.

Pengalaman Didatangi DC Akulaku Bagi Pengguna

Pengalaman Didatangi DC Akulaku Bagi Pengguna
Pengalaman Didatangi DC Akulaku Bagi Pengguna

Akulaku memang menjadi salah satu aplikasi pinjaman online yang tengah banyak digunakan oleh masyarakat sekarang. Tetapi kebanyakan dari peminjam sekarang juga mengalami kesulitan dalam melakukan pembayarannya.

Baca Juga :  570+ Nama Second IG Aesthetic, Keren, Unik, Terbaru 2024

Jika sudah terdapat penagihan secara tidak langsung, maka bukan tidak mungkin kalau pengalaman didatangi DC Akulaku menjadi mimpi buruk bagi para peminjam. Terlebih lagi aplikasi ini menjadi salah satu pinjaman online yang menerapkan sistem penagihan menggunakan DC alias dept collector.

Bahkan tidak sedikit dari DC tersebut datang secara tiba-tiba sehingga mungkin akan  membuat sejumlah pengguna justru merasa semakin khawatir. Terlebih lagi kalau kondisi belum mempunyai dana cukup untuk melakukan pembayaran.

Tetapi sebelum mendapatkan pengalaman didatangi DC Akulaku sebenarnya terdapat sejumlah tanda mereka akan datang ke rumah Anda. Oleh sebab itulah, Anda sebaiknya harus pandai-pandai dalam mengenali tanda tersebut.

Sebagai informasi tambahan, DC Akulaku sudah tersebar di kota-kota besar seperti di Jabodetabek, Jawa Tengah serta Jawa Timur. Nantinya mereka akan datang ke rumah sesuai 90 pihak debitur menunggak pembayaran.

Tetapi memang kapan pastinya mereka akan datang ke rumah ternyata tidak ada yang tahu. Sebab pihak DC Akulaku sendiri tidak akan pernah mendatangi rumah tanpa pemberitahuan. Bahkan mungkin tahu-tahu mereka sudah menunggu pengguna di rumah.

Selain itu, dari pengalaman didatangi DC Akulaku oleh pengguna lainnya mengatakan bahwa tanda lain adalah ketika HP mulai sepi dari telefon atau SMS dari DC Akulaku. Secara umum, DC tersebut akan melakukan penagihan melalui SMS dan telefon terlebih dahulu.

Tetapi jika ternyata penagihan tersebut tidak membuahkan hasil, maka mereka mungkin akan segera menghentikan penagihan melalui SMS dan telefon. Pada waktu inilah sebaiknya harus hati-hati, sebab mereka biasanya akan langsung datang ke rumah.

Baca Juga: 4 Cara Menonaktifkan Getcontact Agar Tidak Terlihat

Ini Cara Akulaku Melakukan Penagihan

Ini Cara Akulaku Melakukan Penagihan
Ini Cara Akulaku Melakukan Penagihan

Pengalaman didatangi DC Akulaku memang menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar orang. Terlebih lagi mereka mungkin akan melakukan penagihan secara brutal ketika di rumah sehingga cukup meresahkan.

Sebenarnya pihak Akulaku sendiri mempunyai beberapa cara yang dilakukan untuk menagih hutang dari para debitur tersebut. Untuk lebih jelasnya simak beberapa cara pihak Akulaku melakukan penagihan di bawah ini.

Mengirimkan Pengingat

Agar tidak mendapatkan pengalaman didatangi DC Akulaku, maka tahap awal mereka biasanya akan mengirimkan SMS atau WA sebelum tanggal jatuh tempo. Ini sebagai pengingat kepada debitur mengenai kewajiban dalam melakukan pembayaran.

Di tahan inilah, biasanya belum masuk ke bagian tim penagihan secara langsung dan masih ditangani oleh customer service. Sebab fungsi utamanya adalah memberikan edukasi kepada mereka.

Baca Juga :  10 Penyebab Top Up DANA Gangguan Hari Ini & Cara Mengatasinya

Pesan Peringatan Berupa Warning Letter

Apabila sudah melewati tanggal jatuh tempo, biasanya 3 hari grace period, tim penagihan akan mulai bekerja. Yakni mereka akan bekerja dengan mengirim pesan kepada debitur sebagai peringatan untuk segera membayar.

Adapun peringatan tersebut bernama warning letter dan biasanya pesan tersebut juga tidak gagal sampai ke nasabah. Tidak hanya melalui SMS saja, tetapi juga dapat melalui WhatsApp.

Di tahap inilah fungsi utamanya adalah sebagai pengingat sekaligus edukasi kepada nasabah yang sudah masuk jatuh tempo. Mereka disarankan agar segera melakukan pembayaran tagihan beserta denda keterlambatan.

Proses Penagihan Melalui Telefon

Sebelum mendapatkan pengalaman didatangi DC Akulaku, maka pihak dari aplikasi pinjaman online tersebut akan melakukan penagihan melalui telefon. Sebab telefon menjadi sarana komunikasi yang digunakan oleh para dept collector berikutnya. Panggilan tersebut bisa dilakukan menggunakan sistem robotik ataupun secara langsung.

Biasanya intensitas panggilan yang tinggi akan dilakukan pada akun-akun dimana dipandang sebagai pengguna dengan risiko tinggi gagal bayar. Tidak hanya sebagai pengingat jumlah tagihan saja, tetapi juga sebagai pengingat mengenai jumlah denda yang harus dibayarkan.

Datang ke Rumah

Jika ternyata sejumlah cara diatas sudah dilakukan tetapi masih belum membuahkan hasil, maka bersiap-siaplah memperoleh pengalaman didatangi DC Akulaku di rumah. Perusahaan pinjol sendiri diizinkan agar bekerja sama dengan pihak ke tiga untuk menciptakan efisiensi kerja.

Namun perlu diingat juga bahwa pihak ke-3 tersebut harus tunduk dengan sejumlah ketentuan sekaligus kode etik dari OJK. Jadi sudah dipastikan bahwa kunjungan ke rumah tersebut akan sesuai dengan kode etik yang ada.

Penagihan ke Teman, Keluarga dan Saudara

Tidak hanya itu saja! Ternyata masih terdapat proses penagihan lainnya selain kepada debitur yakni DC akan menghubungi keluarga, teman dan saudara debitur. Hal ini biasanya bersangkutan dengan nomor darurat yang sudah dicantumkan oleh pihak debitur.

Membuat Laporan ke SID OJK

Bukan hanya melakukan penagihan saja, tetapi perusahaan pinjaman online tersebut juga berhak melaporkan debitur yang sudah menunggak ke SID OJK atau BI Checking. Dengan hadirnya catatan riwayat kredit buruk itulah akan menghambat mereka dalam melakukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

Tips Ketika Didatangi DC Akulaku

Tips Ketika Didatangi DC Akulaku
Tips Ketika Didatangi DC Akulaku

Tidak bisa dipungkiri apabila pengalaman didatangi DC Akulaku memang menjadi pengalaman yang cukup buruk dan tidak ingin didapatkan. Apabila Anda sudah menunggak hutang di Akulaku dan tidak bisa dihubungi melalui media komunikasi, maka pihak DC akan datang langsung ke rumah.

Pada saat mereka mendatangi rumah Anda secara langsung, maka sebaiknya jangan panik atau menghindar terlebih dahulu. Sebab jika Anda justru panik, menghindar dan emosi maka akan mengakibatkan kondisi semakin buruk. Oleh karena itulah, beberapa tips berikut ini mungkin akan sangat berguna jika tidak ingin pengalaman didatangi DC Akulaku jadi mimpi buruk.

  • DC mempunyai tugas untuk menagih tagihan yang tertunggak kepada para nasabah. Oleh sebab itulah jangan sampai kabur atau menghindari kedatangan mereka. Cobalah menerima kedatangan mereka dengan baik dan ramah agar tidak terjadi hal buruk.
  • Langkah selanjutnya dalam menghadapi mereka adalah jangan mudah terpancing oleh emosi. Sebab biasanya mereka mendatangi secara langsung adalah sengaja untuk memicu emosi para nasabah.
Baca Juga :  Informasi Harga Tiket Kapal Merak-Bakauheni 2024

Sebagai contohnya mereka mungkin akan berkata kasar atau mengancam akan mengambil harta benda di rumah. Bahkan mereka juga memberikan ancaman akan menempuh jalur hukum jika telat dalam membayar.

  • Langkah berikutnya yang bisa dilakukan oleh para nasabah adalah dengan mengecek surat tugas dari pihak DC tersebut. Selain itu juga minta mereka menunjukkan kartu identitas hingga surat sertifikasi resmi. Tujuannya adalah untuk terhindar dari debt collector
  • Tips agar bisa sukses dalam menghadapi seorang DC adalah menjelaskan bagaimana kondisi keuangan debitur dengan baik. Sebab nantinya pihak DC akan memberikan solusi dan tenggat waktu pembayaran tambahan.
  • Apabila terjadi kekerasan selama proses penagihan, maka tidak ada salahnya untuk melaporkan kepada pihak berwajib apabila sudah terjadi kekerasan tersebut. Sebab kekerasan bentuk apapun tidak diperbolehkan dalam proses penagihan hutang.

Cara Agar Tidak Sampai Telat Bayar Akulaku

Cara Agar Tidak Sampai Telat Bayar Akulaku
Cara Agar Tidak Sampai Telat Bayar Akulaku

Akulaku menjadi salah satu lembaga keuangan yang sedang populer selama beberapa tahun terakhir ini. Sebab mereka menawarkan proses yang mudah untuk mendapatkan pinjaman dana sehingga semakin banyak dipilih oleh masyarakat.

Tetapi sebagai pengguna sebaiknya jangan sampai mendapatkan pengalaman didatangi DC Akulaku secara langsung akibat menunggak melakukan pembayaran. Nah agar tidak sampai telat bayar, maka beberapa cara berikut wajib dilakukan oleh seorang debitur.

Silahkan Menghitung Jumlah Hutang

Langkah paling awal yang harus dilakukan oleh debitur adalah menghitung jumlah hutang terlebih dahulu. Mulai dari jumlah pinjaman pokok hingga bunga yang harus dibayarkan oleh Anda nantinya.

Membuat Anggaran Keuangan

Tahap berikutnya, Anda bisa membuat anggaran keuangan dengan rinci untuk memastikan mempunyai rencana pembayaran lebih terstruktur. Silahkan prioritaskan pembayaran hutang di Akulaku sebagai anggaran utama terlebih dahulu.

Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Tidak sedikit dari masyarakat yang terjebak dalam hutang memutuskan untuk membuka hutang kembali untuk mengatasi masalah keuangan. Padahal cara tersebut sangat salah karena akan menyebabkan kondisi keuangan buruk dan tagihan membengkak.

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Pengalaman Didatangi DC Akulaku
Pengalaman Didatangi DC Akulaku

Agar Anda tetap bisa membayar jumlah tagihan di Akulaku maka silahkan terapkan gaya hidup hemat. Bisa dimulai dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan mengurangi makan di luar.

Akulaku merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang sangat populer di Indonesia dan Asia Tenggara. Sebagai salah satu platform keuangan, mereka juga menawarkan penagihan secara langsung ke rumah. Pengalaman didatangi DC Akulaku tentunya tidak pernah ingin Anda rasakan bukan?

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button