Tutorial

10 Cara Mengatasi OVO Paylater Tidak Muncul Beserta Penyebabnya

Cara Mengatasi OVO Paylater Tidak Muncul sebenarnya cukup mudah dilakukan, karena hanya dengan memastikan tidak ada hutang yang tertunggak saja dan data pribadi di OVO Paylater tidak diubah secara mendadak terutama saat ada tagihan yang belum dilunasi.

Karena hampir sama dengan Paylater lainnya, OVO juga memberikan kebijakan kepada setiap penggunannya jika melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan syarat yang diberlakukan.

Apa Itu OVO Paylater?

Apa Itu OVO Paylater
Apa Itu OVO Paylater

OVO Paylater merupakan layanan pembayaran online yang memungkinkan setiap pengguna untuk melakukan pembelian tanpa perlu membayar langsung.

Sistem pembayarannya akan dilakukan waktu yang akan datang sesuai dengan periode atau tanggal yang telah disepakati. Layanan ini telah terintegrasi dalam aplikasi OVO yang dapat diakses dengan mudah.

Menariknya, setiap pengguna juga diberi kebebasan untuk memilih tenor cicilan yang disediakan yaitu mulai dari 3,6, hingga 12 bulan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Cara Aktivasi OVO Paylater

Cara Aktivasi OVO Paylater
Cara Aktivasi OVO Paylater

Proses pengajuan OVO Paylater juga relatif cepat dan mudah. Apabila disetujui, pengguna dapat dengan mudah memonitor tagihan dan jangka waktu pembayaran melalui aplikasi OVO secara langsung.

Keamanan transaksi juga terus ditingkatkan dengan teknologi enkripsi dan perlindungan data yang kuat. Namun untuk aktivasi OVO Paylater ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti :

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 21 tahun
  • Nomor telepon aktif dan bisa dihubungin
  • Aplikasi OVO sudah di Upgrade Premiere
  • Memiliki kartu identitas, seperti KTP, SIM, atau Paspor
Baca Juga :  3 Cara Menghapus Tulisan di Video Tanpa Aplikasi

Jika semua syarat untuk melakukan aktivasi OVO Paylater diatas sudah terpenuhi, selanjutnya kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut dengan mengikuti langkah dibawah ini.

  • Buka aplikasi OVO di perangkat hp.
  • Di menu utama, klik Aktifkan OVO Paylater.
  • Pilih menu Aktifkan Sekarang.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui notifikasi SMS.
  • Upload foto selfie memegang KTP.
  • Isikan data diri secara lengkap sesuai dengan yang diminta.
  • Baca dan pahami syarat dan ketentuannya.
  • Tunggu dalam waktu 1 x 24 jam agar pihak OVO memvalidasi data yang kamu berikan.
  • JIka diterima, kamu akan mendapatkan notfikasi terkait aktivasi OVO Paylater.

Penyebab OVO Paylater Tidak Muncul

Sebagai pengguna yang aktif menggunakan Paylater sebagai pembayaran di berbagai merchant, penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja faktor penyebab Paylater tidak muncul.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab OVO paylater tidak muncul ketika ingin digunakan yang sangat sering terjadi dan wajib diperhatikan, yakni diantaranya :

Tidak Memenuhi Syarat

OVO Paylater memiliki persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap pegguna untuk dapat mengakses layanan tersebut. Ini mungkin batas usia, keuangan, atau verifikasi identitas yang belum selesai.

Ketika pengguna tidak memenuhi syarat-syarat ini, maka fitur OVO paykater tidak akan muncul sebagai opsi pembayaran.

Perubahan Data Pribadi

Perubahan data pribadi, terutama yang terkait dengan informasi identitas atau keauangan, bisa menyebabkan OVO Paylater tidak muncul. Jika ingin mengubah informasi data pribadi, seperti email atau nomor handphone, sebaiknya lakukan verifikasi dengan pihak OVO.

Selain itu, jika ada ketidaksesuaian antara informasi yang tercatat di OBO dengan data pribadi yang telah dibuat sebelumnya, hal ini juga dapat mempengaruhi ketersediaan OVO Paylater.

Baca Juga :  3 Cara Meliburkan Toko Di Shopee Sementara Melalui Aplikasi Dan Browser Terbaru

Melebihi Jumlah Limit

OVO Paylater memiliki batas kredit yang diberikan kepada pengguna berdasarkan jumlah faktor, termasuk riwayat pembayaran, transaksi sebelumnya, dan kondisi keuangan.

Jika pengguna telah mencapai atau melebihi batas kredit yang tersedia, OVO Paylater tidak akan muncul saat melakukan pembayaran.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memahami dan memantau batas kredit yang diberikan oleh OVO agar dapat menggunakan layanan ini dengan efektif.

Akun Dibekukan atau Diblokir

Akun OVO Paylater Dibekukan atau Diblokir
Akun OVO Paylater Dibekukan atau Diblokir

Jika OVO mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, pelanggaran kebijakan, atau masalah keamanan pada akun pengguna, pihak OVO tidak akan segan-segan untuk mengambil tindakan keamanan seperti pembekuan atau blokir akun.

Nah, apabila akun sudah dibatasi, maka kamu tidak menggunakan layanan Paylater lagi untuk kegiatan transaksi.

Tagihan Belum Lunas

OVO paylater memberikan ketentuan pembayaran dengan tenor yang cicilan bisa dipilih. Jadi apabila pengguna memiliki tagihan yang belum dibayar atau melebihi batas waktu pembayaran, sistem OVO otomatis akan menonaktifkan fitur paylater sebagai langkah keamanan.

Cara Mengatasi OVO Paylater Tidak Muncul

Meski ada banyak faktor penyebab diatas, kini kamu juga akan menemukan beberapa cara mengatasi OVO Paylater tidak muncul yang bisa kamu coba satu per satu. Adapun beberapa cara mengatasi OVO Paylater tidak muncul, silahkan perhatikan penjelasan dibawah ini.

1. Lunasi Tagihan Yang Tertunggak

Lunasi Tagihan Yang Tertunggak
Lunasi Tagihan Yang Tertunggak

Melunasi tagihan yang tertunggak merupakan salah satu cara mengatasi OVO Paylater tidak muncul. Karena OVO Paylater melibatkan pembayaran dalam jangka waktu tertentu.

Jadi apabila periode atau tanggal jatuh tempo pembayaran lewat, sistem OVO akan memberikan tindakan dengan menonaktifkan opsi Paylater.

Agar ini tidak terjadi, sebaiknya bayar tagihan tepat waktu dan cek stasus tagihan secara berkala untuk menghindari keterlambatan pembayaran.

2. Penuhi Batas Minimal Pembayaran

Memastikan bahwa jumlah pembayaran kamu sesuai dengan persyaratan dan batas yang telah ditetnukan oleh OVO akan membantu mengatasi tidak munculnya fitur OVO Paylater.

Baca Juga :  Kenapa Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar? Cek Disini!

Karena jika pembayaran belum memenuhi batas minimal atau terlambat dibayarkan, sistem OVO mungkin akan menonaktifkan opsi Paylater sebagai tindakan keamanan.

Untuk itu, melunasi tagihan sesuai dengan ketentuan yang berlaku akan membantu memastikan OVO paylater kembali tersedia saat melakukan transaksi.

3. Upadate Aplikasi OVO

Upadate Aplikasi OVO
Upadate Aplikasi OVO

Cara mengatasi OVO Paylater tidak muncul paling mudah bisa kamu lakukan yaitu dengan meng-update aplikasi OVO yang dimiliki. Meski hal ini terlihat tidak memungkinkan, namun tindakan ini daoat memperbaiki bug, oeningkatan keamanan, dan pembaruan fitur.

Jadi dengan memastikan bahwa kamu menggunakan versi terbaru aplikasi OVO, maka dapat mengoptimalkan kinerja aplikasi dan memperbarui setiap perubahan atau perbaikan yang mungkin telah dilakukan oleh pengembang.

4. Hubungi Dukungan Pelanggan

Tim dukungan pelanggan dapat memberikan bantuan langsung dan memeriksa status akun OVO yang lebih mendalam. Untuk cara mengatasi OVO Paylater tidak muncul, kamu bisa menghubungi customer service OVO melalui :

  • Call Center : 1500 696
  • Email : cs@ovo.id
  • Twitter : ovo_id

Dengan menghubungi tim OVO untuk cara mengatasi OVO Paylater tidak muncul, kamu juga akan mendapatkan informasi tentang langkah-langkah yang harus diambil, memberikan panduan khusus untuk masalah yang dihadapi, dan memberikan solusi yang sesuai.

Alternatif Lain Cara Mengatasi OVO Paylater Tidak Muncul

Jika cara mengatasi OVO Paylater tidak muncul diatas tidak dapat membantu kamu untuk memunculkan fitur tersebut, berikut ada beberapa alternatif lain yang bisa kamu coba sebagai cara mengatasi OVO Paylater tidak muncul dengan mudah.

  • Hindari membayar tagihan lewat tangga jatuh tempo.
  • Pastikan tidak mengubah data secara mendadak terutama saat ada tagihan yang menunggak.
  • Penuhi batas minimal pembayaran OVO Paylater.
  • Datangi booth OVO untuk mengtasi Paylater yang dibekukan.
  • Lunasi denda telat bayar tagihan yang tersedia.
  • Pastikan akun tidak diblokir atau dibekukan.

Artikel Menarik Lainnya : 9 Penyebab dan Solusi OVO Gangguan Transfer Hari Ini

Kesimpulan

Cara Mengatasi OVO Paylater Tidak Muncul
Cara Mengatasi OVO Paylater Tidak Muncul

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan cara mengatasi tidak munculnya fitur Paylater saat melakukan pembayaran yang paling umum dan bisa dilakukan yaitu dengan melunasi tagihan yang tertunggak. Karena OVO akan selalu memberikan tindakan bagi pengguna yang tidak melunasi tepat waktu untuk menjaga keamanan penggunaan.

Back to top button