Review

Kenali 10 Kelebihan Dan Kekurangan Layar Super Amoled

Sebelum menggunakan jenis layar super Amoled, pembahasan seputar kelebihan dan kekurangan layar super amoled sepertinya akan menambah pemahaman anda lebih jauh terkait keuntungan ataupun manfaat dari penggunaan layar super amoled dari sebelumnya.

Pada sebuah handphone, layar memang mempunyai peranan yang sangat penting dibandingkan dengan komponen pelengkap lainnya. Hal tersebut memang di karenakan layar merupakan komponen vital untuk dapat memberikan informasi secara efektif pada setiap penggunanya.

Sehingga pembahasan seluruh jenis layar serta kelebihan maupun kekurangannya tentunya tidak akan pernah ada habisnya. Untuk jenis layar super amoled, pembahasan lengkapnya akan anda temukan di halaman ini.

Pengertian Layar Super Amoled

hp dengan tampilan layar super amoled
hp dengan tampilan layar super amoled

Sebelumnya telah di singgung bahwa layar merupakan komponen vital untuk dapat memberikan informasi secara efektif pada setiap penggunanya.

Untuk itu penggunaan layar dengan kualitas yang baik tentu akan semakin meningkatkan aktivitas pengguna dalam menggunakan seluruh perangkat yang ada pada sebuah handphone.

Diantara 4 jenis layar yang bisa anda gunakan untuk smartphone anda, Amoled merupakan satu jenis terbaik dari antara lainnya.

Layar super amoled sendiri adalah singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Dari sisi penggunaannya, layar super amoled dikenali dengan jenis layar OLED dimana setiap pikselnya dikendalikan secara aktif oleh sebuah transistor (TFT).

Produksi layar super amoled untuk pertama kalinya muncul pada tahun 2006 oleh salah satu jenis ponsel yakni Samsung dan sejak saat itu smartphone samsung semakin dikenali sebagai produk yang sering memakai jenis layar super amoled ini.

Namun tidak hanya samsung, hp merk lainnya juga sudah ada yang meluncurkan beberapa ponsel yang sudah menggunakan layar dengan tipe super amoled.

Nah, di karenakan sangat di terima baik oleh semua konsumen atau masyarakat. Jenis layar super amoled terus mengalami pengembangan sejak pertama kali di luncurkan hingga saat ini.

Bahkan kini bukan hanya sekedar benda berpenampilan visual saja melainkan sudah tersebar dengan penambahan fitur atau fungsi yang lebih canggih sehingga membuat layar super amoled tergolong ke dalam salah satu jenis layar dengan teknologi yang paling banyak diminati.

10 Kelebihan dan Kekurangan Layar Super Amoled

kelebihan dan kekurangan layar super amoled
kelebihan dan kekurangan layar super amoled

Setelah melihat bagaimana karakteristik dari layar super amoled, kini anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan layar super amoled yang mungkin dapat menambah tingkat keinginanan anda untuk menggunakan tipe layar android ini.

Berikut 10 kelebihan dan kekurangan layar super amoled yang wajib anda ketahui sebelum menggunakan jenis layar ini pada ponsel pintar anda :

Baca Juga :  Sunscreen Svmy Apakah Sudah BPOM? Ini Jawabannya!

1. Tampilan warna yang lebih cerah

Dari sekian banyaknya kelebihan dan kekurangan layar super amoled, kelebihan yang pertama ialah tampilan warna yang lebih cerah.

Arti dari tampilan warna yang lebih cerah adalah saat anda menggunakan jenis layar super amoled maka anda akan menemukan tampilan warna layar ponsel yang lebih cerah dari sebelumnya.

Dimana Amoled mampu menghasilkan layar yang super terang seperti layar berwarna putih akan terlihat jadi sangat terang sedangkan untuk layar mode gelap akan tampak sangat gelap sesuai dengan tema yang telah di pilih.

Di samping itu, cakupan warna layar amoled juga cukup luas, bisa mencapai 100 % untuk standar DCI-P3 dan lebih dari 100 % untuk standar SRGB.

Keterangan cahaya yang diberikan sebenarnya tidak terlihat seperti sebuah LCD yang mengalami penghamburan cahaya sehingga warna cahaya yang di hasilkan pasti terlihat lebih baik.

2. Hemat konsumsi daya

hp mode hemat baterai
hp mode hemat baterai

Tidak hanya tampilan warna yang lebih cerah, hemat konsumsi daya juga masuk ke dalam kategori kelebihan dan kekurangan layar super amoled.

Jika anda mengaktifkan layar dengan mode gelap maka pastinya tidak ada aliran listrik yang akan di suplai oleh transistor. Otomatis konsumsi daya yang anda gunakan akan menjadi lebih rendah.

Bukan hanya itu, ada beberapa pengguna yang telah memastikan bahwa layar super amoled memiliki konsumsi daya 10 kali lebih rendah di bandingkan dengan layar IPS.

Namun walaupun demikian, konsumsi daya layar rendah bukan berarti satu-satunya faktor yang mempengaruhi awet atau tidaknya baterai pada suatu prangkat.

Kadang-kadang sistem manajemen daya bisa saja menjadi kunci dari kualitas baterai ponsel yang anda miliki.

3. Memiliki sudut pandang yang luas

Untuk kelebihan dan kekurangan layar super amoled selanjutnya ialah penggunaan layar amoled akan memberikan sudut pandang yang luas untuk semua penggunanya.

Jika dilihat dari sudut manapun tampilan ponsel anda akan lebih oke ketika menggunakan jenis layar super amoled karena tidak akan terjadi pergeseran warna.

Sehingga ketika anda sedang menonton film ramai-ramai bersama teman maupun keluarga tentu akan terasa sangat menyenangkan saat menggunakan layar super amoled.

Di samping itu, super amoled juga telah di yakini memiliki sudut pandang hingga 180 derajat baik secara vertikal maupun horizontal bahkan angka dari sudut pandang ini juga telah unggul 2 derajat lebih tinggi dari layar IPS LCD 178 derajat yang paling canggih.

4. Respon layar yang cepat

respon layar cepat dengan amoled
respon layar cepat dengan amoled

Apabila anda sedang mencari jenis layar dengan respon yang cepat maka anda bisa menggunakan layar super amoled.

Layar super amoled sudah memberikan respon yang sangat cepat dan ketika anda dihadapkan dengan pilihan antara layar IPS dengan refresh rate 90 Hz dan layar super amoled 60 Hz maka sebaiknya anda memilih layar hp dengan tipe amoled.

Dengan layar super amoled, anda akan memperoleh response time yang lebih singkat atau biasa di sebut dengan touch sampling rate yang artinya seberapa cepat suatu layar merespon sentuhan jari anda.

Faktor kecepatan ini sangat berpengaruh pada penggunaan ponsel ter khususnya bagi anda yang suka bermain game atau senang bekerja lewat ponsel pintar anda.

Baca Juga :  Sunscreen SPF 50 Untuk Umur Berapa? Ini Faktanya!

5. Lebih sederhana dan fleksibel

Tampilan yang lebih sederhana dan fleksibel tentunya sudah terbilang cukup menjadi salah satu faktor kelebihan dan kekurangan layar super amoled bagi anda.

Umumnya layar amoled standar memiliki konstruksi yang lebih sederhana. Amoled hanya terdiri dari pelat kaca, komponen material organik seperti OLED dan transistor.

Sehingga amoled tidak memerlukan lampu latar dan filter warna seperti layar berbasis LCD. Oleh karena itu, jika di lihat ukuran layar amoled pastinya lebih tipis di bandingkan dengan jenis layar lainnya.

Di karenakan ukurannya yang sangat tipis, amoled menjadi sangat fleksibel dan bisa di bekuk secara temporer maupun permanen. Sifat yang fleksibel menjadi latar belakang munculnya hp dengan layar lipat (foldable) seperti beberapa samsung galaxy Z fold 4 tipe 5G atau samsung galaxy Z fold 3 tipe 5G.

Nah, kedua merk hp tersebut mempunyai layar amoled yang bisa di bekuk secara tempore bahkan masih ada lagi galaxy S8 yang mirip seperti merk samsung tersebut dengan bekukan layar permanen karena sudah menggunakan jenis layar super amoled.

6. Memberikan tampilan yang tajam dan mendukung resolusi tinggi

ponsel dengan resolusi tinggi
ponsel dengan resolusi tinggi

Setelah anda mengetahui bahwa layar super amoled ternyata lebih fleksibel maka untuk kelebihan dan kekurangan layar super amoled selanjutnya ialah amoled nyatanya mampu memberikan kualitas tampilan yang tajam dengan densitas piksel per inci layar (ppi) berada di angka lebih dari 300.

Layar jenis amoled juga sangat mendukung untuk semua jenis gambar maupun video dengan resolusi tinggi termasuk refresh rate tinggi.

Kita tau bahwa refresh rate tinggi adalah kategori jumlah gambar yang bisa ditampilkan layar hanya dalam hitungan satu detik saja. Jika sebuah layar di ketahui punya refresh rate 60 Hz maka jumlah gambar yang dapat ditampilkan tiap detiknya adalah 60.

Dimana angka 60 Hz merupakan sebuah standar kemampuan yang di miliki oleh seluruh jenis layar masa kini.

7. Tersedia untuk pemasangan pemindai sidik jari dan kamera

Kelebihan dan kekurangan layar super amoled dibandingkan dengan layar IPS ialah sudah bisa di pasang dengan sensor pemindai sidik jari dan keamanan dengan fungsi kamera.

Salah satu faktor yang mendasari mengapa layar super amoled bisa memiliki fitur pemindai sidik jari dan kamera ialah adanya penambahan komponen tersebut di dalamnya dimana komponen tersebut bersamaan dengan sebuah transistor yang berada di belakang material organik layar amoled.

Istilah dari penanaman tersebut di sebut juga dengan kamera underdisplay. Sementara tujuan dari pembuatan tersebut tidak lain untuk menambah kepuasan pengguna terhadap tampilan layar amoled.

Kamera underdisplay ini juga bersifat tersembunyi sehingga ia hanya muncul saat akan dipakai untuk memfoto saja dan memang sengaja di taruh di panel layar agar kamera tersebut bisa mengambil gambar dan cahaya pun masuk sehingga objek berhasil ditangkap.

8. Harga lebih mahal

harga layar super amoled lebih mahal dari lainnya
harga layar super amoled lebih mahal dari lainnya

Dari beberapa data yang ada, kelebihan dan kekurangan layar super amoled juga terletak pada harganya yang lebih mahal di bandingkan dengan layar LCD baisa.

Seperti selapis layar OLED dengan notch yang di agonalnya 5,9 inci ternyata memakan biaya produksi 28,18 dollar AS atau sekitar Rp. 438.000 saat ini.

Baca Juga :  Lebih Murah Shopee atau Tokopedia? Ini Kelebihan Tokopedia Dibanding Shopee

Nah jika di bandingkan dengan layar LCD dengan tipe yang sama dan bentangan nya hanya 6 inci perlu biaya produksi sebesar 18,41 dollar AS atau sekitar Rp. 286.000 saja.

Perbedaan harga diatas dapat menjadi pertimbangan bahwa ada kemungkinan biaya produksi layar berbasis OLED bisa lebih murah pada masa mendatang ketika teknologi semakin berkembang.

9. Warna ponsel menjadi sangat terang

Kelebihan dan kekurangan layar super amoled di urutan ke sembilan ialah dapat membuat warna ponsel anda menjadi sangat terang.

Warna terang memang akan menciptakan suasana yang lebih hidup pada ponsel anda, akan tetapi bagi sebagian orang warna yang terlalu terang pastinya akan di anggap sangat berlebihan apalagi saat ponsel sedang di gunakan di luar ruangan.

Untuk itu pada urutan kelebihan dan kekurangan layar super amoled, warna ponsel menjadi sangat terang sudah menjadi bagian dari kekurangan jenis layar ini pastinya.

Sesuai fakta yang ber edar juga, banyak para content creator yang menghindari penggunaan layar super amoled dikarenakan cakupan warna layarnya yang bisa mencapai 100% DCI-P3.

Hal tersebut tentu bisa menimbulkan efek yang tidak baik karena gambar atau video bisa menghasilkan warna yang tidak sesuai saat proses editing berlangsung.

Sehingga masih ada beberapa diantara pengguna yang pastinya akan menyetel layarnya terlebih dahulu dengan cakupan warna 100% sRGB yang lebih terlihat natural sebelum melakukan sebuah aktivitas penting menggunakan ponsel mereka.

10. Usia penggunaan yang lebih singkat

Material organik yang ada pada layar amoled dapat mengeluarkan cahaya ketika ada aliran listrik yang mengalirinya.

Dimana makin sering layar menyala maka semakin cepat pula ia menua (haus) dan ini merupakan salah satu point kelebihan dan kekurangan layar super amoled mengacu pada kekurangannya.

Menurut pandangan robert triggs dari android authority, piksel biru adalah salah satu piksel yang paling gampang haus sehingga membutuhkan listrik yang lebih banyak di bandingkan dengan piksel merah dan hijau.

Sedangkan untuk layar super amoled memiliki piksel merah, biru dan hijau. Pengertian haus tidak selalu berarti piksel yang ada telah mati dan tidak bisa menampilkan gambar.

Akan tetapi ia tidak mampu lagi menghasilkan kecerahana yang sama dengan piksel-piksel lainnya. Sehingga membuat tampilan di layar tidak rata dan warnanya berubah secara permanen atau disebut burn-in.

Bagi anda yang sudah pernah menggunakan jenis layar super amoled tentu sudah tau bahwa layar super amoled memiliki usia pakai 100 ribu jam atau setara 11,4 tahun.

Itulah 10 kelebihan dan kekurangan layar super amoled lengkap dengan penjelasannya. Bagi anda yang sedang mencari ponsel dengan layar kualitas terbaik maka bisa menggunakan setiap merk ponsel yang sudah di lengkapi dengan layar super amoled setelah membaca kelebihan dan kekurangan layar super amoled diatas.

Klik judul berikut 10 Hp layar amoled terbaru di 2023 untuk tau merk ponsel yang sudah menggunakan layar super amoled.

Akhir Kata

Kelebihan Dan Kekurangan Layar Super Amoled
Kelebihan Dan Kekurangan Layar Super Amoled

Apakah penjelasan kelebihan dan kekurangan layar super amoled yang telah kami hadirkan sudah cukup untuk menambah referensi anda terkait penggunaan jenis layar ini?

Jika sudah, anda perlu memastikan kembali bahwa kelebihan dan kekurangan layar super amoled untuk setiap merk ponsel tidak memiliki kelebihan dan kekurangan layar super amoled yang sama kecuali pada semua tipe hp samsung.

Sekian informasi dari kelebihan dan kekurangan layar super amoled hari ini, semoga membantu dan sampai bertemu pada pembahasan topik lainnya di halaman blog mocipay sobat.

 

Back to top button