Ragam

Rincian Tenor dan Bunga Kur BRI 100jt 2024

Ternyata masih banyak sekali orang yang belum mengetahui KUR BRI 100jt. Padahal ini sangat penting untuk diketahui utamanya bagi Anda yang berencana mengajukan pinjaman ke Bank BRI.

Oleh karena itulah, pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai kredit usaha rakyat BRI 100 juta tahun.

KUR BRI 100jt 2024

Perlu Anda ketahui KUR BRI 100jt tentunya sangat berbeda dengan kredit usaha rakyat di tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini wajar saja sebab jumlah kredit usaha rakyat bisa berubah setiap tahun nya karena dipengaruhi beberapa faktor seperti misalnya inflasi.

Nah, itulah mengapa Anda harus mengecek kurs ketika hendak mengajukan pinjaman agar tidak terkejut karena jumlahnya yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

Tetapi yang perlu Anda ingat, pada umumnya kenaikan KUR BRI 100jt  tidak terlalu jauh jumlahnya dengan jumlah kredit usaha rakyat di tahun sebelum-sebelumnya.

Karena itulah bagi Anda yang ingin mengajukan KUR tidak perlu panik akan mengalami kenaikan jumlah kredit usaha rakyat yang signifikan.

Hal ini karena jumlah KUR BRI 100jt masih tergolong sangat wajar dan berada di batas normal sehingga tidak akan terlalu membebani debitur.

Nah, agar Anda tidak khawatir mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat ke Bank BRI tentunya ada baiknya jika Anda mengetahui KUR BRI 100jt. Adapun, jumlah KUR BRI 100jt adalah sebagai berikut:

Tenor Angsuran
1 Tahun Rp.8.606.700 / bulan
1,5 Tahun Rp.5.823.200 / bulan
2 Tahun Rp4.432.100 / bulan
3 Tahun Rp3.042.000/bulan
4 Tahun Rp2.348.600/bulan
5 Tahun Rp1.933.300/bulan

Dari tabel di atas, Anda menjadi tahu jumlah angsuran yang harus dibayarkan sesuai dengan tenor nya. Sedikit saran, pastikan sebelum mengajukan kredit usaha rakyat untuk memilih jenis pinjaman yang paling sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Jangan memaksakan diri memilih pinjaman di luar kemampuan Anda hanya karena ingin angsuran cepat selesai.

Karena bukannya cepat selesai, Anda bukan tidak mungkin malah akan kesulitan saat melakukan pembayaran angsuran hutang.

Hal ini tentunya perlu dihindari sebab bisa merepotkan dan juga merugikan diri sendiri sebab bisa berpengaruh ke skor kredit.

Baca Juga :  Call Center Kartu Kredit Bank Mega 24 Jam Beserta Jenis Layanannya

Jika skor kredit jelek, ketika suatu saat Anda melakukan peminjaman bisa dipersulit atau lebih buruknya lagi ditolak.

Baca Juga: 9 Distributor Pampers Harga Pabrik di Beberapa Kota

Bunga KUR BRI 100jt 

Bunga KUR BRI 100jt 2023
Bunga KUR BRI 100jt

Setelah Anda mengetahui informasi mengenai KUR BRI 100jt, tentunya Anda juga harus mengetahui bunga yang dikenakan ketika mengajukan kredit usaha rakyat.

Hal ini juga tidak kalah penting diketahui agar tidak menyusahkan diri sendiri karena beban bunga yang dikenakan dan harus bayar melebihi kesanggupan Anda.

Nah, untuk jumlah persen bunga yang ditetapkan oleh Bank ini relatif lebih stabil dibandingkan dengan jumlah kredit usaha rakyat.

Hanya bukan berarti jumlah bunga ini tidak bisa berubah menjadi lebih tinggi. Sebab, jika pihak Bank ingin menaikkan jumlah persen dari bunga pinjaman bisa saja karena itu merupakan hak mereka.

Itulah kenapa Anda tetap harus mengetahui bunga kredit usaha rakyat sebelum memutuskan mengajukan pinjaman.

Adapun untuk Anda yang ingin mengetahui bunga dari KUR BRI 100jt adalah seperti pada tabel di bawah ini:

Tenor Jumlah Bunga
1 Tahun 0,273/bulan
1,5 Tahun 0,268/bulan
2 Tahun 0,265/bulan
3 Tahun 0,264/bulan
4 Tahun 0,265/bulan
5 Tahun 0,267/bulan

Meskipun pada tabel tersebut menyatakan bahwa jumlah persen bunga semakin sedikit jika tenor nya lama, Anda jangan sampai terkecoh.

Sebab pada kenyataannya apabila di totalkan, jumlah uang yang harus dibayarkan akan semakin banyak jika tenor nya lama.

Karena itu apabila Anda ingin jumlah bunga yang dibayarkan tidak banyak maka jangan ambil pinjaman yang tenor nya lama.

Pastikan hanya melakukan pinjaman dengan tenor lama apabila memang Anda benar-benar butuh dan mendesak saja. Dengan begitu jumlah uang pinjaman yang harus Anda kembalikan tidak terlalu banyak.

Syarat Mengajukan KUR BRI 100jt 

Syarat Mengajukan KUR BRI 100jt 2023
Syarat Mengajukan KUR BRI 100jt

Jika Anda berencana mengajukan kredit usaha rakyat, tentunya Anda juga harus mengetahui syarat-syaratnya.

Karena, jika tidak berhasil memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak Bank sudah tentu pengajuan kredit usaha rakyat yang Anda ajukan akan ditolak.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Nah, persyaratan pengajuan kredit usaha rakyat sendiri sebenarnya tidaklah sulit untuk dipenuhi. Adapun untuk persyaratan yang harus dipenuhi jika Anda ingin mengajukan KUR BRI 100jt adalah seperti berikut:

  • Warga Negara Indonesia

Syarat pertama yang harus dipenuhi jika ingin mengajukan pinjaman adalah Anda harus merupakan warga negara Indonesia.

Hal ini dikarenakan kredit usaha rakyat memang diperuntukkan secara khusus untuk warga negara Indonesia.

Jadi meskipun Anda tinggal di Indonesia tetapi bukan warga negara Indonesia, maka tidak mungkin bisa mendapatkan kredit usaha rakyat tersebut.

Baca Juga :  10+ HP Android 3 Jutaan Terbaik Paling Banyak Diburu

Untuk bisa mendapatkan pinjaman ini harus dibuktikan dengan dokumen yang menyatakan bahwa Anda adalah warga negara Indonesia.

Nah, untuk dokumen pendukung tersebut bisa berupa Kartu Tanda Penduduk, Akta Kelahiran, atau pun Kartu Keluarga.

Jadi jika dokumen tersebut hilang atau rusak segera lapor ke pihak berwenang agar bisa mendapatkan yang baru sehingga Anda akan bisa mendapatkan pinjaman kredit usaha rakyat tersebut.

  • Memiliki Usaha Aktif

Syarat berikutnya agar kredit usaha rakyat yang Anda ajukan disetujui adalah memiliki usaha yang masih aktif dijalankan.

Maksudnya usaha yang Anda miliki tersebut melakukan aktivitas produksi dan distribusi secara berkelanjutan. Jadi usaha tersebut bukan hanya dilakukan sesekali saat Anda ingin menjalankannya.

  • Usaha Telah Berjalan Lebih Dari 6 Bulan

Syarat berikutnya yang juga Anda wajib penuhi jika ingin mengajukan kredit usaha rakyat adalah memiliki usaha yang setidaknya telah dijalankan lebih dari 6 Bulan.

Jadi jika usaha Anda masih tergolong baru dan belum dijalankan lebih dari 6 bulan urungkan niat Anda mengajukan kredit usaha rakyat.

Tunggu usaha Anda telah dijalankan lebih dari 6 bulan baru lakukan pengajuan kredit usaha rakyat maka pengajuan yang Anda lakukan tidak akan ditolak.

  • Tidak Melakukan Kredit Lain

Tidak memiliki kredit di tempat lain juga harus dipenuhi agar pengajuan kredit usaha rakyat di Bank BRI Anda tidak ditolak.

Alasan mengapa pihak Bank menolak memberikan pinjaman jika Ada memiliki kredit di tempat lain adalah khawatir tidak bisa melakukan pembayaran angsuran.

Hal ini tentunya sangat wajar dan bisa dipahami sebab tentunya pihak Bank tidak ingin mengalami kerugian karena Anda gagal melakukan pembayaran.

  • Mengisi Formulir

Syarat berikutnya yang harus Anda penuhi adalah mengisi formulir yang berisikan permohonan Anda mengajukan kredit usaha rakyat.

Nah, saat mengisi formulir tersebut pastikan untuk mengisinya dengan benar. Sebab bisa jadi karena salah ketika mengisi formulir tersebut akan berdampak ditolaknya permohonan yang Anda ajukan.

  • Menyertakan Jaminan

Menyertakan jaminan juga merupakan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh orang yang ingin mendapatkan kredit usaha rakyat.

Untuk jaminan yang bisa Anda berikan adalah surat-surat berharga seperti misalnya BPKB kendaraan ataupun sertifikat tanah dan rumah.

Semakin tinggi nilai dari jaminan yang diajukan maka akan membuat pihak Bank tidak ragu mengabulkan permohonan kredit yang Anda ajukan.

Tidak hanya itu, jaminan yang memiliki nilai tinggi juga akan membuat jumlah pinjaman yang bisa Anda dapatkan menjadi lebih banyak.

Karena itu, apabila Anda menginginkan pinjaman dalam jumlah banyak pastikan jaminan yang diberikan juga memiliki nilai yang tinggi.

  • Menyertakan Dokumen Lainnya

Syarat terakhir yang perlu Anda penuhi jika ingin memperoleh kredit usaha rakyat adalah dengan menyertakan dokumen pelengkap.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey

Beberapa dokumen yang biasanya diminta oleh pihak bank adalah fotocopy KTP, KK, surat-surat terkait usaha yang dimiliki. Nah, pastikan semua dokumen tersebut Anda siapkan sebelum mengajukan pinjaman.

Cara Mengajukan KUR Online

Cara Mengajukan KUR Online
Cara Mengajukan KUR Online

Untuk Anda yang sibuk, ada baiknya mengetahui cara untuk mengajukan KUR secara online. Sebab, cara ini sangat memudahkan Anda karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Itulah mengapa tidak mengherankan jika banyak orang yang lebih menyukai melakukan pengajuan pinjaman kredit usaha rakyat dengan cara ini.

Untuk bisa melakukan pengajuan kredit usaha rakyat secara online, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Nah, adapun cara untuk mengajukan KUR BRI 100jt adalah seperti di bawah ini:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka browser yang ada pada ponsel Anda.
  2. Setelah itu ketikan dari situs resmi KUR BRI pada kolom yang disediakan oleh mesin pencarian
  3. Kemudian setelah browser menampilkan website dari KUR BRI silakan masuk ke website
  4. Jika Anda sudah berhasil masuk ke halaman utama website tersebut silakan cari menu Ajukan Pinjaman.
  5. Nantinya setelah berhasil masuk halaman beranda Anda akan diminta untuk login untuk bisa melanjutkan proses pengajuan pinjaman. Jika belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan daftar akun pada menu Daftar di Sini.
  6. Jika sudah berhasil login silakan tekan Ajukan Pinjaman KUR.
  7. Berikutnya Anda akan ditampilkan mengenai syarat dan ketentuan mengenai pengajuan KUR. Jika Anda ingin melanjutkan proses pengajuan kredit usaha rakyat maka Anda harus menyetujui syarat tersebut.
  8. Kemudian Anda perlu memasukkan biodata pada form yang disediakan. Isi form tersebut dengan benar sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.
  9. Setelah mengisi biodata diri, berikutnya Anda akan diminta untuk mengisi informasi mengenai usaha yang Anda miliki dengan sebenar-benarnya.
  10. Jika sudah Anda bisa melanjutkan mengunggah dokumen-dokumen pendukung lainnya.
  11. Lalu kemudian silakan tekan tombol Selanjutnya untuk bisa masuk ke halaman pengajuan pinjaman.
  12. Apabila sudah berhasil masuk ke halaman pengajuan pinjaman, silakan isi nominal kredit dan tenor yang diinginkan.
  13. Setelah itu, tekan tombol hitung angsuran agar Anda tahu jumlah angsuran yang harus dibayarkan.
  14. Kemudian Anda hanya harus menekan tombol ajukan pinjaman agar pengajuan Anda segera di proses.
  15. Terakhir Anda hanya perlu menunggu halaman informasi mengenai persetujuan pinjaman yang Anda lakukan.
Rincian Tenor dan Bunga Kur BRI 100jt
Rincian Tenor dan Bunga Kur BRI 100jt

Nah, itulah informasi mengenai KUR BRI 100jt beserta bunga nya yang harus Anda ketahui. Semoga informasi mengenai KUR BRI  beserta bunganya yang kami sampaikan di atas bisa berguna khususnya bagi Anda yang berencana mengajukan kredit usaha rakyat di Bank BRI.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button