TutorialTips

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir

Sedang mengalami masalah pada token listrik yang terblokir? sudah tahu cara mengatasi token listrik terblokir belum? jika belum, sebaiknya kamu tetap disini karena Mocipay akan menampilkan hal-hal yang menyebabkan ID pelanggan terblokir berikut upaya untuk mengembalikanya.

Kendala pada listrik merupakan masalah yang membuat kita lebih khawatir, tak terkecuali disaat token listrik diblokir oleh pihak berwenang. Terkait masalah tersebut sebenarnya PLN sudah memberlakukan aturan yang bisa saja menjadi faktor penyebab token listrik kamu diblokir.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir sebab sudah ada cara mengatasi token listrik terblokir dimana pelanggan harus membuat pengajuan kepada pihak PLN, agar lebih terperinci simak penjelasan dibawah!

Tentang Token Listrik

Token Listrik
Sumber Gambar: lifepal.co.id

Di Indonesia, kebutuhan listrik dipenuhi dengan cara membeli token listrik pada gerai resmi yang menyediakan penjualan token listrik.

Jadi, token listrik merupakan 20 digit nomor yang dimasukkan kedalam meteran prabayar dan digunakan untuk menambah daya pada meteran listrik. Melalui situs resmi PLN yang menyebutkan bahwa nilai listrik yang dijual di ATM atau payment point sebesar Rp20000, Rp50000, Rp100000, Rp250000, Rp5000000 dan Rp1000000.

Penggunaan token listrik sama halnya dengan voucher prabayar, token listrik harus dibeli terlebih dahulu kemudian di input pada meteran listrik prabayar dengan begitu jumlah daya akan bertambah sesuai dengan nominal pembelian.

Penyebab Token Listrik Terblokir

Cara mengatasi token listrik terblokir merupakan satu dari beberapa perbincangan hangat akhir-akhir ini. Dikatakan token listrik terblokir yang berarti ketika meteran tidak dapat berfungi karena kesalahan penggunaan yang mengakibatkan kamu tidak bisa menginput 20 digit nomor token listrik untuk menambah daya.

Jika terus dibiarkan maka daya tersisa kaan habis dan listrik ditempatmu akan padam. Sebelum kita masuk kedalam inti pembahasan yakni cara mengatasi token listrik terblokir mari ketahui hal-hal yang menyebabkan meteran kamu dibatasi pihak berwenang:

Baca Juga :  4 Cara Membersihkan Nama Di OJK Lengkap Dengan Tipsnya

1. Salah Input Nomor Token

Kesalahan umum yang mengakibatkan token listrik terblokir karena kamu salah menginput nomor token. Seperti yang kami sampaikan bahwa 20 digit perlu kamu masukkan ketika mengisi ulang token listrik, namun sebagian orang kurang jeli memperhatikan urutan nomor yang mengakibatkan token listrik terblokir.

Jika kamu melakukan kesalahan input tiga kali berturut-turut mengakibatkan ID pelanggan otomatis terblokir, maka dari itu perhatikan kembali 20 gigit sebelum kamu benar-benar memasukkan angkanya.

2. Lama Tidak Mengisi Pulsa Token

ID pelanggan akan diblokir ketika kamu cukup lama tidak mengisi pulsa token, yang berarti daya listrik sudah terbatas. Jika pihak berwenang mendeteksi ID kamu cukup lama tidak melakukan transaksi tersebut, mereka akan memblokir token listrik tersebut.

Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir

Meskipun saat ini kamu mengalami masalah token yang dibatasi, kamu tidak perlu khawatir karena beberapa cara mengatasi token listrik terblokir akan membantu kamu keluar dari masalah ini.

Cara mengatasi token listrik terblokir
Cara mengatasi token listrik terblokir

Akan tetapi perlu memastikan penyebab token listrik terblokir, hal ini dibutuhkan karena cara mengatasi token listrik terblokir dengan membuat pengajuan kepada pihak terkait yakni PLN.

Jika sudah meniti penyebab token listrik terblokir, langsung saja praktikkan beberapa cara mengatasi token listrik terblokir yang sudah kami rangkum berikut:

  • Hubungi Call Center PLN

Cara mengatasi token listrik terblokir yang pertama sekali dengan menghubungi call center PLN di nomor 123. Sebelum kamu menjelaskan masalah token listrik yang terblokir pastikan kamu memiki pulsa yang cukup, karena percakapan ini membutuhkan pulsa sesuai durasi telepon.

Baca Juga :  5 Cara Menghapus Aktivitas di Instagram Secara Keseluruhan
Call center PLN
Sumber Gambar: conews.iconpln.co.id

Sekarang hubungi nomor call center PLN diatas, sampaikan keluhan token listrik yang terblokir berikut dengan kemungkinan penyebab masalah diatas.

Tunggu sesaat sampai petugas mengonfirmasi keluhanmu, jika sudah mereka akan memberikan instruksi untuk mengaktifkannya kembali. Call center juga menyarankan agar petugas datang ketempatmu membereskan masalah token yang terblokir.

  • Datangi Kantor PLN Terdekat

Mendatangi kantor PLN terdekat merupakan cara mengatasi token listrik terblokir yang dapat kamu coba. Walaupun pada umumnya kamu dapat mengatasi permasalahan ini via telepon, akan lebih baik mengetahui rincianya dengan mendatangi kantor PLN yang ada disekitar lokasimu.

Untuk menghemat waktu pastikan kamu berkunjung saat jam operasional pada pukul 08.00-17.00. Saat datang dan bertemu petugas sampaikan keluhan, mungkin kamu harus memberikan jawaban pertanyaan yang mereka ajukan agar token listrik kamu kembali diaktifkan.

Lihat juga Cara Setting Alarm Token Listrik Semua Merk Agar Tidak Berisik

  • Menghubungi Via Email

Apabila kamu enggan terhubung mengunjungi kantor PLN terdekat, masih ada cara mengatasi token listrik terblokir yakni dengan menghubungi pihak berwenang via email. Untuk pengaduan via email kamu dapat memasukkan pln123@pln.co.id sebagai penerimanya.

Berikut cara mengatasi token listrik terblokir melalui email:

  1. Masukkan alamat email PLN diatas sebagai penerima pesan
  2. Pada bagian subjek masukkan “token listrik terblokir”
  3. Pada pesan masukkan ringkasan masalah yang kamu alami, jangan lupa menyertakan nama lengkap, nomor HP, ID pelanggan dan alamat rumah lengkap.
  4. Jika sudah kirim pesan dan tunggu sampai kamu menerima balasan email atau konfirmasi melalui telepon.
  • Akses PLN Mobile

Cara mengatasi token listrik terblokir
Aplikasi PLN Mobile

PLN mobile merupakan aplikasi yang dikeluarkan secara resmi oleh Perusahaan Listrik Negara, aplikasi ini sebagai sarana yang memudahkan masyarakat untuk mengisi ulang token lsitrik, membayar tagihan, mengajukan pemasangan baru dan melakukan pengaduan seperti saat token listrik yang terblokir.

Berikut merupakan cara mengatasi token listrik terblokir via PLN mobile:

  1. Masuk kedalam PLN mobile lalu klik pengaduan
  2. Sekarang pilih salah satu jenis pengaduan gangguan
  3. Selanjutnya masukkan ID pelanggan berikut dengan nomor meter yang sudah terdaftar pada akun PLN mobile atau kamu dapat memasukkan ID pelanggan secara manual
  4. Lihat tagging koordinat lokasi gangguan dan pastikan sudah sesuai, lalu pilih konfirmasi kemudian pilih YA jika sudah sesuai.
  5. Apabila kamu memiliki foto kendala kamu dapat melampirkanya lalu klik kirim pengaduan
  6. Kamu akan menerima nomor laporan berikut dengan formatnya, sekarang pilih OK sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait.
  • Hubungi melalui Media Sosial PLN

Cara mengatasi token listrik yang terblokir dengan menghubungi pihak PLN melalui berbagai media sosial, akan tetapi cara ini kurang efektif dilakukan jika dibandingkan empat opsi yang sudah kita bahas. Berikut daftar akun sosial media PLN yang dapat kamu kunjungi:

  1. Instagram: pln123_pln.co.id
  2. Facebook: PLN 123
  3. Twitter: @pln_123
Baca Juga :  Cara Melihat Riwayat Pencarian di Shopee

Untuk menyampaikan keluhan di media sosial masih sama, hanya saja kamu cukup jangkau pesan seperti direct message pada instagram dan lampirkan permasalahan yang kamu alami berikut dengan data lengkap pelanggan yang mempermudah mereka menemukan kendala pada token listrik milikmu.

Seperti yang kami sampaikan terkait keluhan pengguna via media sosial, cara ini kurang efektif dilakukan karena pada dasarnya mereka hanya akan update info terbaru layanan yang sedang dilakukan.

Akhir Kata

Penyebab dan Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir
Penyebab dan Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir
Penyebab Cara Mengatasi
✅ Salah memasukkan kode token Hubungi call center PLN atau datang ke kantor PLN terdekat untuk melakukan reset token
✅ Token sudah melebihi batas waktu Beli token baru atau bayar tagihan melalui aplikasi PLN atau website PLN
✅ Token sudah dipakai oleh orang lain Hubungi call center PLN untuk melakukan pengecekan
✅ Token rusak atau tidak dapat terbaca Beli token baru atau datang ke kantor PLN terdekat untuk melakukan penggantian token
✅ Adanya gangguan pada sistem PLN Tunggu hingga gangguan selesai atau hubungi call center PLN untuk informasi lebih lanjut

Kini pembaca lebih mengetahui penyebab dan cara mengatasi token listrik terblokir, apabila kamu berada dalam kesulitan diatas maka cobalah satu dari lima cara yang sudah dijabarkan.

Mungkin itu saja yang dapat kami bagikan terkait cara mengatasi token listrik yang terblokir, semoga informasi yang kami kemas bermanfaat bagi sahabat sekalian. Sampai bertemu ditopik yang berbeda!

Back to top button