Tutorial

2 Cara Mengambil Uang Di ATM BRI: Mudah dan Cepat!

Cara Mengambil Uang di ATM BRI merupakan proses yang umum dilakukan oleh banyak orang dalam kegiatan sehari-hari. Namun masih banyak orang, terutama pengguna ATM baru yang masih belum paham bagaimana cara mengambil uang di ATM BRI yang benar.

Jika kamu yang saat ini sedang membaca artikel ini adalah salah satu diantaranya, maka jangan kemana-mana! Ikuti terus bacaan ini, untuk mendapatkan langkah-langkah sederhana dan aman untuk mengambil uang di ATM BRI.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI
Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara mengambil uang di ATM BRI dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan kartu ATM dan tanpa menggunakan kartu ATM. Untuk pemahaman lebih lanjut, silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI Pakai Kartu ATM

Yang pertama adalah cara mengambil uang di ATM BRI dengan menggunakan kartu ATM. Cara ini dapat dikatakan merupakan cara yang paling umum dilakukan oleh nasabah BRI dalam melakukan penarikan tunai melalu ATM BRI. Adapun langkah-langkah dalam cara mengambil uang di ATM BRI dengan menggunakan kartu ATM adalah sebagai berikut:

Cara Mengambil Uang di ATM BRI
Sumber: atmlink.id/ Cara Mengambil Uang di ATM BRI
  1. Kunjungi mesin ATM BRI terdekat dengan lokasi anda saat ini
  2. Masukkan kartu debit anda ke mesin ATM BRI
  3. Silahkan pilih bahasa sesuai dengan keinginan anda (tersedia bahasa Indonesia dan bahasa Inggris)
  4. Masukkan PIN kartu ATM BRI anda
  5. Akan muncul beberapa menu pilihan, silahkan pilih pada opsi “tarik tunai
  6. Pilih jumlah yang ingin anda tarik. Klik “jumlah lain” untuk menarik uang dengan nominal lainnya yang berbeda dari menu pilihan nominal yang ditampilkan di layar mesin ATM
  7. Pilih jenis rekening “Tabungan” atau “Giro
  8. Tunggu beberapa saat uang anda akan keluar sesuai dengan nominal yang anda masukkan
  9. Ambil juga struk penarikan yang keluar dari mesin ATM untuk melihat sisa saldo dalam tabungan anda
  10. Terakhir, akan muncul pertanyaan apakah anda ingin lanjut melakukan transaksi lagi, tekan “tidak” jika tidak ada lagi transaksi yang ingin anda lakukan. Maka kartu ATM anda akan keluar secara otomatis.
Baca Juga :  3 Cara Transfer Pulsa Tri Beserta Syarat dan Biayanya

Note: Jangan sampai lupa mengambil kartu ATM-nya ya guys, karena kartu debit anda bisa ditelan oleh mesin ATM jika kelamaan di ambil.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI Tanpa Kartu ATM

Selanjutnya, ada juga cara mengambil uang di ATM BRI tanpa harus menggunakan kartu debit. Cara yang kedua ini cukup mudah. Namun terdapat syarat agar dapat melakukan penarikan tunai dengan cara ini, yaitu anda wajib harus memiliki akun BRImo. Agar lebih mudah untuk dipahami, langsung saja perhatikan berikut ini beberapa langkah-langkah dalam cara mengambil uang di ATM BRI tanpa menggunakan kartu debit:

Cara Mengambil Uang di ATM BRI
Cara Mengambil Uang di ATM BRI
  1. Langkah pertama, silahkan login terlebih dahulu ke aplikasi BRImo anda
  2. Pada halaman beranda BRImo, silahkan ketuklah pada menu “tarik tunai
  3. Pilih “rekening sumber dana
  4. Pada menu “jalur tarik tunai” silahkan pilih opsi “ATM
  5. Kemudian pilihlah nominal yang ingin anda tarik. Disini tersedia pilihan nominal yang bisa ditarik mulai dari Rp100.000 sampai Rp1.000.000. Anda tidak akan bisa memasukkan nominal selain dari yang telah ditampilkan pada aplikasi
  6. Tekan “Lanjutkan” lalu masukkan PIN BRImo anda
  7. Tunggu beberapa saat, anda akan menerima kode unik yang akan anda gunakan untuk bisa tarik tunai di ATM tanpa kartu. Perlu diingat, kode ini hanya akan berlaku selama 5 menit saja ya sobat Mocipay
  8. Jika sudah menerima kode unik, selanjutnya carilah ATM Link BRI yang dapat digunakan untuk tarik tunai
  9. Pilih menu setor/ tarik tunai kartu, atau klik tombol paling bawah pada sisi sebelah kiri
  10. Masukkan 6 digit kode unik penarkan yang sudah anda dapatkan tadi pada aplikasi BRImo
  11. Masukkan nomor Handphone yang digunakan pada aplikasi BRImo
  12. Silahkan ambil uang anda, pastikan jumlah uang yang anda tarik sesuai dengan nominal penarikan yang sudah anda masukkan sebelumnya.

Mengapa Saya Gagal Mengambil Uang di ATM BRI?

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Sudah menyelesaikan transaksi tetapi uang tidak kunjung keluar? Jangan langsung panik! Mari ketahui beberapa penyebab mengapa bisa gagal mengambil uang di ATM BRI.

  • Uang di mesin ATM habis

Penyebab yang paling umum mengapa pengambilan uang di ATM BRI gagal adalah karena uang di dalam mesin ATM sudah habis atau kosong. Saat hal seperti ini terjadi biasanya akan terlihat tulisan “Maaf, transaksi tidak bisa dilakukan saat ini” atau “maaf, persediaan uang di ATM ini kurang” Jika kamu menghadapi situasi yang demikian anda tidak perlu khawatir, karena saldo anda tidak akan berkurang kok guys.

  • ATM rusak

Penyebab yang pertama adalah karena kerusakan pada kartu ATM. Kerusakan yang dimaksud disini adalah seperti chip tergores, laminating kartu yang terkelupas, patah, atau pita magnetik yang terkikis. Jika sudah seperti itu, sebaiknya anda segera mengganti kartu ATM anda dengan yang baru.

Baca Juga :  2 Cara Menjadi Distributor Unilever, Ini Syarat dan Keuntungannya

Cara mengganti kartu ATM bisa dengan mudah anda lakukan lewat Bank BRI atau bisa juga dilakukan sendiri dengan menggunakan bantuan mesin ganti kartu ATM BRI secara digital (Replacement Card Machine).

  • Server BRI sedang gangguan

Penyebab gagal tarik tunai di ATM BRI yang berikutnya adalah karena server BRI sedang gangguan. Server BRI mengalami gangguan biasanya dipicu oleh dua hal diantaranya adalah BRI sedang dalam pemeliharaan jaringan (maintenance) atau memang sedang ada terjadi masalah di pusat data yang membuat koneksi mesin ATM dengan server bank menjadi error.

  • Saldo tidak mencukupi

Setiap transaksi yang dilakukan pada mesin ATM tentu saja bergantung pada saldo yang tersedia di kartu ATM anda. Untuk dapat melakukan tarik tunai, transfer, pembayaran dan yang lainnya memerlukan adanya saldo dalam rekening anda. Oleh karena itu, sebelum bertransaksi perlu bagi anda untuk melakukan cek ketersediaan saldo terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan juga saldo yang tersisa setelah dilakukan penarikan tidak kurang dari minimal saldo tabungan yang telah ditentukan. Apabila sisa saldo kurang dari minimal saldo tabungan BRI anda, maka otomatis penarikan juga tidak akan berhasil. Supaya anda tidak bingung, berikut kami sajikan contohnya:

Berdasarkan gambar diatas, sisa saldo saat ini adalah Rp250.000 dan minimal sisa saldo tabungan adalah Rp25.000. Maka saldo yang bisa ditarik adalah Rp200.000. Mengapa tidak Rp225.000? Karena seperti yang anda ketahui sendiri di ATM BRI anda hanya bisa menarik dengan pecahan Rp50ribu dan Rp100ribu saja.

  • Nominal penarikan tidak sesuai dengan pecahan uang yang tersedia di mesin ATM

Beberapa mesin ATM BRI ada yang mengkhususkan untuk menarik uang dengan pecahan Rp50000 saja atau Rp100000 saja, namun ada juga yang bisa keduanya. Transaksi tarik tunai anda biasanya akan gagal apabila nominal yang dimasukkan tidak sesuai dengan pecahan uang yang tersedia di mesin ATM yang anda gunakan.

Maka dari itu, sebelum melakukan penarikan, penting bagi anda untuk memperhatikan terlebih dahulu pecahan yang tersedia pada mesin ATM terlebih dahulu melalui notif yang biasanya terlihat di muka mesin ATM.

Bagaimana Jika Uang Tidak Keluar tapi Saldo Berkurang?

Anda mungkin pernah mendengar kasus dimana seseorang yang sedang melakukan transaksi penarikan uang, statusnya berhasil, saldo pun berkurang namun uangnya tidak keluar. Jika anda menghadapi situasi di mana uang tidak keluar dari mesin ATM tetapi saldo rekening anda berkurang, ini bisa menjadi pengalaman yang menimbulkan kekhawatiran.

Baca Juga :  Begini Cara Cek Resi Ninja Lewat Whatsapp 2024
Tarik tunai di ATM BRI Gagal

Khawatir wajar, namun jangan sampai kekhawatiran membuat kamu menjadi tidak tau berbuat apa-apa ya gaes. Yuk ketahui penyebab serta cara mengatasinya berikut ini:

Penyebab uang tidak keluar tapi saldo berkurang

Sebelum lanjut ke solusi, hal pertama yang perlu untuk kamu ketahui tentu saja adalah penyebab yang membuat uang kamu tidak keluar tapi saldo berkurang. Sebenarnya, penyebab masalah ini bermacam-macam diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Server BRI sedang gangguan/ sistem bank BRI sedang down (bug system)
  • BRI sedang dalam pemeliharaan sistem. Saat hal ini berlangsung, beberapa fungsi kemungkinan akan error
  • Terdapat kerusakan pada mesin ATM

Bagaimana cara mengatasi uang tidak keluar tapi saldo berkurang?

Khawatir saja tanpa bertindak apa-apa tentu tidak akan membuat saldo anda kembali bukan? Oleh karena itu, ketika anda sedang berada dalam situasi di mana uang tidak keluar dari mesin ATM tetapi saldo rekening anda berkurang, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Jangan panik

Situasi di mana uang tidak keluar dari mesin ATM tetapi saldo rekening anda berkurang memang akan sangat mengkhawatirkan sekaligus membuat siapapun panik. Tapi perlu untuk anda ketahui, ketika anda menghadapi kejadian seperti itu, penting bagi anda untuk tetap tenang.

Tujuannya adalah agar anda tetap dapat berpikir dengan baik dan jernih. Rasa panik yang berlebihan akan membuat anda justru bertindak gegabah. Ingat ya, solusi tidak akan dapat jika anda panik!

  • Jangan tinggalkan ATM dalam beberapa menit

Jika uang anda tidak keluar, janganlah langsung meninggalkan mesin ATM. Sebaiknya anda menunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa transaksi telah selesai, karena bisa jadi uang anda tidak keluar karena ada gangguan pada sistem atau pada mesin ATM sendiri sehingga delay mengeluarkan uang.

  • Hubungi layanan Bank BRI

Apabila setelah beberapa menit anda menunggu uang anda juga tak kunjung keluar maka solusi selanjutnya adalah menghubungi layanan bank BRI. Laporkan masalah yang anda hadapi, dan berikan informasi yang diperlukan sesuai dengan permintaan customer service bank BRI.

Biasanya anda akan diminta informasi seperti nomor rekening, tanggal dan waktu transaksi. Anda dapat menghubungi layanan bank BRI melalui call center di nomor 14017 atau (021) 1500 017 dan bisa juga melalui nomor Whatsapp BRI 0812 1214 017

  • Tunggu proses pengembalian uang

Jika masalahnya sudah anda laporkan maka pada langkah terakhir anda hanya tinggal menunggu proses peninjauan masalah anda oleh layanan bank BRI untuk mengembalikan saldo anda yang berkurang namun uang tidak keluar. Bila perlu lakukan juga cek rekening secara berkala untuk memastikan saldo anda telah dikembalikan.

Limit Tarik Tunai Harian Kartu ATM BRI

Jenis Kartu ATM Limit Harian
Kartu ATM BRI Simpedes Rp 5.000.000
Kartu ATM BRI BritAma Silver Rp 5.000.000
Kartu ATM BRI BritAma Black Rp. 10.000.000
Kartu ATM BRI BritAma Bisnis Rp. 10.000.000
Kartu ATM BRI BritAma X Classic Rp. 10.000.000
Kartu ATM BRI BritAma X Gold Rp. 20.000.000
Kartu ATM BRI Simpedes TKI Rp 5.000.000
Kartu ATM BRI Junio Rp 5.000.000

Kesimpulan Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang Di ATM BRI
Cara Mengambil Uang Di ATM BRI

Dengan teknologi yang semakin canggih, mengakses dana di rekening Bank sudah menjadi lebih mudah melalui layanan ATM. Terkhusus untuk sobat yang masih baru membuka rekening tabungan BRI, itulah cara mengambil uang di ATM BRI yang dapat kami tampilkan untuk anda. Dengan langkah-langkah yang mudah, mengambil yang di ATM BRI dapat dilakukan dengan mudah oleh siapa pun.

Back to top button