Tutorial

4 Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus

Toutorial cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus merupakan salah satu penelusuran terbanyak akhir-ahir ini. Mengapa demikian? hal ini karena banyaknya kasus aplikasi bawaan yang menghilang secara mendadak yang menimbulkan kegelisahan pada pengguna, apalagi kamu yang bergantung pada aplikasi untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan tentu hal ini sangat menggangu.

Untungnya, sekarang sudah diketahui cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus yang dapat kamu praktikkan sendiri. Tanpa berlama-lama, berikut pembahasan tentang alasan dan trik untuk mengembalikan aplikasi bawaan ponsel yang sudah terhapus sebelumnya.

Penyebab Aplikasi Bawaan Terhapus

Aplikasi merupakan salah satu layanan yang punya peran penting. Sebuah android harus dilengkapi aplikasi yang dalam penggunanya dimana hal ini terbagi menjadi dua hal, yakni aplikasi bawaan dan aplikasi yang diinstal.

Penyebab aplikasi bawaan terhapus
Penyebab aplikasi bawaan terhapus

Baik aplikasi bawaan maupun aplikasi yang diinstal memiliki kemungkinan terhapus dan menghilangkanya dari layar ponsel. Jika berbicara tentang kata terhapus, maka sebuah aktivitas yang dilakukan tanpa sengaja atau tidak sadar dilakukan.

Oleh karena itu, sebelum mengetahui cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus mari lihat beberapa penyebab yang membuat aplikasi hilang dari ponsel:

  1. Crash dengan aplikasi yang lain, hal ini karena pengguna memasang aplikasi lain yang serupa dengan aplikasi bawaan.
  2. Tidak sengaja menghapus aplikasi ketika bermain ponsel
  3. Cache yang betambah disaat pengguna menjalankan aplikasi yang beresiko menghilangkanya.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus

Apakah kamu beranggapan aplikasi bawaan tidak bisa terhapus? tentu saja bisa, aplikasi bawaan ponsel memiliki resiko terhapus sama halnya dengan aplikasi yang diinstall.

Seperti yang kami sampaikan bahwa penyebab aplikasi bawaan terhapus beragam, namun apapun itu perlu diyakini ada cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus. Jika menyadari aplikasi bawaan ponsel tidak ditemukan, sebaiknya coba langkah-langkah berikut untuk mengembalikanya:

  • Melalui Google Playstore

Cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus untuk pengguna android dengan mengunjungi google playstore dan lihat riwayat aplikasi yang pernah didownload atau tidak digunakan lagi. Dengan begitu kamu bisa mengembalikan aplikasi-aplikasi yang tidak sengaja dihapus.

Baca Juga :  5 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri

Adapun cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus via google playstore dapat dilihat melalui penjelasan berikut:

Cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus
Cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus

 

  1. Buka dan jalankan google play store
  2. Cari ikon garis tiga ataupun akun google kamu yang terletak dipojok kiri atas halaman
  3. Sekarang klik ikon tersebut
  4. Berikutnya pilih kelola aplikasi dan perangkat lalu klik kembali kelola
  5. Akan muncul opsi aplikasi yang diinstall maupun tidak.
  6. Untuk melihat aplikasi bawaan yang terhapus masukkan opsi tidak diinstal, akan ditampikan semua aplikasi bawaan dan diinstall yang sudah kamu hapus sebelumnya.
  7. Dalam daftar ini temukan aplikasi bawaan tersebut, untuk mengembalikanya tandai aplikasi dan klik ikon tanda panah disudut kanan atas layar ponsel.
  8. Tunggu sampai aplikasi selesai dipasang.

Artikel menarik untuk kamu Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

  • Manfaatkan App backup & Restore

app backup & amp; restore transfer
App backup & Restore

Selain via google playstore, cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus lainya menggunakan app backup restore transfer.

Aplikasi backup restore transfer merupakan aplikasi pencadangan, pemulihan dan membagikan aplikasi yang diunduh dan dipasang user pada memori HP. Jadi, app backup restore transfer akan membantu kamu memulihkan data pada aplikasi. Adapun cara memulihkan aplikasi bawaan yang hilang via backup & restore sebagai berikut:

  • Kunjungi google playstore lalu pasang App Bakcup & Restore
  • Buka dan jalankan aplikasi tersebut
  • Lakuka pengaturan pada aplikasi yang ingin kamu backup dengan memberikan centang di aplikasi yang diinginkan
  • Setelah memilih aplikasi, klik backup untuk memulai prosesnya
  • Tunggu sesaat sampai proses backup selesai.

Cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus dengan backup& retsore sangat mudah bukan? aplikasi ini dapat kamu gunakan ketika aplikasi tiba-tiba hilang atau terhapus dari layar ponsel kamu.

  • Gunakan Menu Pengaturan

Berikutnya cara untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus dengan memanfaatkan menu pengaturan yang ada pada setiap perangkat. Ini langkah-langkah mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di menu pengaturan:

  1. Buka menu pengturan ponsel kamu
  2. Kunjungi menu cloud dan akun
  3. Berikutnya pilih pencadangan dan pemulihan > Pemulihan lalu kamu akan diarahkan ke halaman baru
  4. Disini silahkan cari aplikasi yang terhapus dan beri centang
  5. Selanjutnya setujui pemasangan aplikasi lalu klik ok untuk memulai proses pemulihan aplikasi tersebut.
  6. Tunggu beberapa saat sampai pemulihan selesai, maka kamu dapat menggunakan aplikasi seperti semula
  • Aktifkan Kembali Aplikasi

Pernahkah kamu terpikir bahwa ikon aplikasi bawaan tidak muncul karena kamu tida sengaja menonaktifknya? Kamu pasti mengetahui sistem touchscreen yang sudah digunakan pada semua tipe ponsel, hal ini berdampak pada rentanya aplikasi digunakan bahkan tidak sengaja dinonaktifkan.

Baca Juga :  6+ Cara Download Video Capcut Tanpa Watermark Mudah dan Gratis
Mengaktifkan aplikasi
Mengaktifkan aplikasi

Nah, agar dapat menggunakan kembali aplikasi tersebut cukup mudah dengan mengatur tombol aktif pada menu aplikasi dan notifikasi androidmu. Ini adalah cara mengembalikan aplikasi bawaan yang dapat kamu pratikkan sendiri.

  1. Kunjungi menu pengaturan ponsel kamu
  2. Cari opsi aplikasi dan notifikasi
  3. Pada menu aplikasi cari aplikasi yang dimaksud lalu klik opsi aktifkan
  4. Setelah menekan tombol aktifkan, aplikasi bawaan kembali bisa digunakan.

Mengembalikan Aplikasi yang Hilang dari Layar Utama

Sekarang kamus sudah mengetahui cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus, lantas bagaimana ketika aplikasi tersedia namun tidak muncul di layar utama? Memang, permasalahn aplikasi yang hilang seringkali dialami pengguna dan mereka mengklaim aplikasi terhapus, namun sebenarnya tidak.

Sudah tahu penyebab aplikasi hilang dari layar ponsel kamu? penyebab ikon aplikasi tidak nampak pada layar ponsel karena kamu menyembunyikan aplikasi karena alasan privasi dan keamanan data. Disisi lain, aplikasi yang hilang ini besar kaitanya karena bug sistem atau ikon yang saling bertindih didalam folder.

Lalu bagaimana cara untuk mengembalikan ikon tersebut? untuk menemukan dan mengembalikan aplikasi ke layar ponsel kamu dapat menggunakan cara-cara berikut:

1. Lihat Aplikasi yang Disembunyikan di Menu Pengaturan

Kemungkinan aplikasi disembunyikan selalu ada, apalagi kamu yang selalu waspada terhadap data-data yang kamu gunakan untuk mengakses sebuah aplikasi. Maka, untuk menemukan dan mengembalikan aplikasi kamu dapat gunakan cara berikut:

Mengembalikan Aplikasi yang Hilang dari Layar Utama
Aplikasi yang Disembunyikan di Menu Pengaturan
  • Buka menu pengaturan ponsel kamu
  • Masuk kedalam keamanan lalu pilih privasi & enskripsi aplikasi
  • Masukkan sandi privasi kamu, apabila lupa silahkan klik lupa kata sandi
  • Setelah masuk pada menu privasi & enskripsi, klik sembunyikan aplikasi lalu pilih lihat aplikasi yang tersembunyi
  • Untuk mengembalikan aplikasi tersebut, silahkan matikan tanda aktif maka secara otomatis ikon aplikasi akan terlihat diberanda kamu.
Baca Juga :  6 Penyebab dan Solusi Jaringan Telkomsel Lemot

2. Restart Ponsel

Bug dan error sistem salah satu faktor yang memperlambat akses ponsel, kesalahan ini bisa saja mengakibatkan ikon aplikasi akan hilang disaat gangguan datang.

Untuk mengatasi aplikasi bawaan dan diinstall yang tidak nampak di layar, silahkan restart HP dahulu karena kebanyakan kasus akan normal kembali setelah restart dilakukan yakni untuk memulihkan sistem.

3. Seret Aplikasi ke Ruang Kosong

Mungkin kamu pernah mengalami aplikasi yang saling bertindih yang membuat dua ikon bermerek folder. Sekarang lihat kembali apakah ada dua aplikasi yang saling tertindih, lalu seret salah satunya keruang kosong dengan begitu aplikasi yang hilang dapat dipulihkan.

Langkah-langkah Penjelasan
Cari di Aplikasi Aplikasi – Buka menu aplikasi pada perangkat Anda. <br> – Cari aplikasi bawaan yang hilang. <br> – Ketuk dan tahan ikon aplikasi tersebut, lalu tarik ke layar beranda atau menu aplikasi Anda.
Pengaturan Aplikasi – Buka aplikasi “Pengaturan” pada perangkat Anda. <br> – Gulir ke bawah dan temukan opsi “Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi.” <br> – Cari daftar aplikasi yang terinstal. <br> – Temukan aplikasi yang ingin Anda kembalikan dan ketuk aplikasinya. <br> – Di dalam pengaturan aplikasi tersebut, Anda mungkin akan menemukan opsi untuk “Mengaktifkan” atau “Menampilkan.” Pilih opsi tersebut untuk mengembalikan aplikasi.
Unduh dari Google Play Store – Buka Google Play Store di perangkat Anda. <br> – Cari aplikasi bawaan yang hilang dengan menggunakan fitur pencarian di Play Store. <br> – Ketuk aplikasinya, lalu ketuk “Pasang” atau “Aktifkan” untuk mengunduhnya kembali.
Gunakan Aplikasi Pembantu – Gunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Default App Manager” yang dapat membantu mengaktifkan kembali aplikasi bawaan yang terhapus.
Pulihkan Pengaturan Pabrik (Factory Reset) – Ini adalah langkah ekstrem yang harus digunakan sebagai pilihan terakhir. <br> – Jika langkah-langkah lain tidak berhasil, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan reset pabrik pada perangkat Anda. <br> – Namun, ingatlah bahwa ini akan menghapus semua data dan pengaturan pribadi Anda dari perangkat.

Lihat juga Cara Mengembalikan File PDF Yang Terhapus di Whatsapp

Kesimpulan

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus
Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus

Aplikasi bawan ponsel nampaknya memiliki peran yang lebih dibandingkan aplikasi yang diinstal, banyak pengguna yang memanfaatkan untuk menyimpan file-file ataupun membantu tugas-tugas utama sehingga sangat kerepotan ketika aplikasi hilang dan terhapus.

Kini kamu susah memahami sepenuhnya bagaimana cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus. Apabila pembaca mengalami hal yang sama silahkan praktikkan cara yang kami sampaikan agar aplikasi dapat dipergunakan kembali, sekian.

Back to top button