TipsReview

Lebih Menguntungkan Antam atau UBS? Simak Ulasannya disini!

Antara Antam atau UBS, manakah yang lebih menguntungkan? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasan mengenai “lebih menguntungkan Antam atau UBS” dalam artikel ini!

Emas merupakan salah satu barang investasi yang cukup menjanjikan. Disamping harganya yang relatif mahal, emas juga kerap mengalami kenaikan harga dari waktu ke waktu. Sehingga besar kemungkinan anda untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Dalam artikel kali ini, secara khusus akan membahas mengenai perbandingan terkait mana yang lebih menguntungkan antara emas Antam dan UBS. Oleh karena itu, teruntuk kamu yang berencana untuk berinvestasi emas dari dua jenis jenis emas yang telah disebutkan, silahkan simaklah terlebih dahulu penjelasan kami berikut ini!

Tentang Emas Antam dan UBS

Sebelum membahas tentang “lebih menguntungkan Antam atau UBS” yang merupakan inti topik dalam artikel ini, tentunya kamu perlu mengetahui dan mengenali terlebih dahulu tentang emas Antam dan UBS ini.

Maka dari itu, simaklah penjelasan kami dibawah ini yang memaparkan tentang deskripsi lengkap dari emas Antam dan UBS!

Apa itu emas Antam?

Lebih menguntungkan Antam atau UBS
Sumber: jateng.tribunnews.com/ Lebih menguntungkan Antam atau UBS

Emas Antam adalah produk emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang. Nama “Antam” ini diambil dari nama perusahaannya sendiri yakni Aneka Tambang yang disingkat menjadi Antam.

Pertambangan emas oleh PT Aneka Tambang ini telah berdiri sejak dari tahun 1968 dan berkantor pusat di Jakarta Indonesia. Emas Antam tersedia dalam bentuk batangan emas, perhiasan dan koin emas.

Produk emas yang satu ini telah di akui secara luas karena proses pengolahan dan pemurniannya yang telah memenuhi standar Internasional dan telah memiliki sertifikasi resmi yang menjamin keaslian dan kualitasnya.

Apa itu emas UBS?

Lebih menguntungkan Antam atau UBS
assets.pikiran-rakyat.com/ Lebih menguntungkan Antam atau UBS

Emas UBS adalah emas yang di produksi oleh perusahaan Untung Bersama Sejahtera yang disingkat menjadi UBS. Dilansir dari ubsgold.com menyatakan bahwa perusahaan UBS pertama kali menjalankan bisnis tambang emasnya pada tahun 1981. Artinya, hingga sampai saat ini di tahun 2023, UBS telah beroperasi kurang lebih dari 42 tahun lamanya.

Baca Juga :  5 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Chat Paling Mudah

Pemicu utama mengapa bisa bertahan selama itu tentu saja adalah karena kualitasnya yang bagus, sehingga masyarakat Indonesia mempercayakan perusahaan UBS sebagai salah satu produsen perhiasan emas dan logam mulia terkemuka di Indonesia.

Perbedaan Emas Antan dan UBS

Lebih menguntungkan Antam atau UBS
Sumber: investbro.id/ Lebih menguntungkan Antam atau UBS

Untuk mengetahui mana lebih menguntungkan Antam atau UBS, hal yang penting untuk kamu pahami sebagai pertimbangan tentu saja adalah memahami perbedaan emas Antam dan UBS.

Nah, berikut ini kami tampilkan beberapa perbedaan emas Antam dan UBS:

Segi Perbedaan Emas Antam Emas UBS
Variasi Ukuran Emas Antam memiliki berbagai variasi ukuran atau berat emas, mulai dari 0,5 gr, 1gr, 2gr, 2,5gr, 3gr, 4gr, 5gr, dan 10gr. Selain itu terdapat juga ukuran yang lebih berat yang dibuat dalam bentuk emas batangan yakni mulai dari 25gr, 50gr, 100gr, dan 1000gr (1kg). Emas UBS memiliki varian yang lebih sedikit dibandingkan dengan emas Antam. Adapun ukuran yang terdapat pada emas UBS adalah dimulai dari 0,5 gr, 1gr, 2gr, 3gr, 4gr, 5gr, dan juga 10gr. Serta varian lainnya ada dalam bentuk emas batangan yang beratnya mulai dari 25gr, 50gr, 100gr saja.
Sertifikat Jika kamu membeli emas Antam maka kamu akan menemukan Sertifikat emas Antam yang menyatu secara langsung dalam kemasannya. Dan untuk emas batangannya memiliki sertifikat LBMA (London Bullion Market Association), yang membuat emas Antam dapat dengan mudah diperdagangkan di pasar internasional (pasar manapun di seluruh negara di dunia) Untuk emas UBS dengan berat dari yang terkecil yaitu 0,5gr sampai 4gr akan diberikan sertifikat dengan bentuk yang menyerupai seperti kertas dan terlaminasi dengan emas secara langsung sehingga bentuknya menjadi menyerupai SIM Card. Sedangkan untuk emas UBS dengan berat 5gr keatas, sertifikatnya memiliki bentuk kertas hologram. Kertas hologram tersebut berada terpisah dari emasnya sehingga dapat dikeluarkan dari kemasannya.

Sertifikat ini merupakan sertifikat nasional yang dikeluarkan langsung oleh perusahaan UBS sendiri. Karena masih bersertifikat nasional, menjadikan emas UBS tidak dapat dijual kembali dinegara lain terkecuali hanya di Indonesia.

Bentuk emas Emas Antam pada umumnya memiliki bentuk yang cenderung lebih kecil tetapi tebal, sehingga lebih kuat. Emas UBS memiliki bentuk yang lebih lebar namun tipis, yang membuatnya rentan patah untuk ukuran yang kecil.
Produsen Emas Antam di produksi oleh PT Aneka Tambang yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Emas UBS merupakan produksi emas yang dihasilkan oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) yang merupakan salah satu perusahaan swasta di Surabaya.
Ketersediaan stok Emas Antam dapat dibeli secara langsung melalui unit bisnis Antam yang berlokasi di Pulogadung. Selain itu, anda juga bisa dengan mudah mendapatkan emas Antar pada beberapa butik emas pada beberapa kota di Indonesia yang didirikan oleh perusahaan Antam. Hingga saat ini, emas UBS nelum memiliki lokasi pusat penjualan khusus. Emas UBS didistribusikan melalui toko emas, pegadaian hingga marketplace. Sayangnya pembelian di toko biasanya menyediakan ukuran yang cukup terbatas, terutama untuk ukuran yang lebih besar, biasanya harus dilakukan pemesanan terlebih dahulu.
Harga Harga antara emas Antam dengan emas UBS memiliki perbedaan harga, yang mana harga emas Antam cenderung lebih mahal dibandingkan dengan emas UBS. Melansir dari beberapa sumber yang membahas tentang harga emas Antam dan emas UBS dapat kami simpulkan bahwa selisih antara harga emas Antam dan UBS adalah berkisar dari puluhan ribu hingga ±Rp150.000 an untuk ukuran biasa, dan selisih sampai jutaan untuk ukuran dalam bentuk emas batangan.

Itulah beberapa perbedaan mencolok antara emas Antam dan emas UBS. Namun, untuk kadar emas, baik emas Antam maupun UBS memiliki kadar emas yang sama yaitu 99,99 persen.

Lebih Menguntungkan Antam atau UBS?

Lebih menguntungkan Antam atau UBS
Lebih menguntungkan Antam atau UBS

Anda telah mengetahui beberapa perbedaan antara emas Antam dan UBS. Melalui perbedaan tersebut kita dapat mengetahui jawaban dari “manakah yang lebih menguntungkan antara Antam atau UBS.

Dari beberapa perbedaan antara emas Antam dan UBS dapat kami tarik kesimpulan bahwa yang lebih menguntungkan diantara keduanya adalah “Emas Antam

Alasannya adalah:

  • Emas Antam dapat diperdagangkan di pasar internasional (pasar mendunia) karena telah bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association). Berbeda dengan emas UBS yang hanya bersertifikat nasional, sehingga tidak dapat di jual kembali di luar dari negara Indonesia. Selain itu, sertifikat emas Antam sudah menyatu dengan kemasan, berbeda dengan sertifikat UBS yang berbentuk kertas hologram dan dapat diluarkan dari kemasan, sehingga tak menutup kemungkinan bisa hilang.
  • Emas Antam memiliki lebih banyak ukuran dibandingkan dengan UBS. Sehingga anda lebih bebas untuk memilih
  • Dan alasan yang terakhir adalah karena emas Antam jauh lebih kuat walaupun ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan emas UBS yang ukurannya cenderung lebih besar namun tipis.

Kesimpulan dari pertanyaan “lebih menguntungkan Antam atau UBS”

Sebagai pernyataan terakhir kami menarik kesimpulan bahwa memilih emas Antam sebagai investasi lebih menguntungkan dibandingkan dengan UBS. Walaupun harga emas Antam relatif lebih mahal dibandingkan dengan UBS, namun dengan mempertimbangkan 3 alasan diatas, anda tentunya tidak akan rugi membeli emas Antam.

Penutup

Lebih Menguntungkan Antam atau UBS?
Lebih Menguntungkan Antam atau UBS?

Emas termasuk sebagai salah satu barang berharga yang bisa dijadikan sebagai investasi dimasa depan. Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk membeli emas Antam atau UBS, penting bagi anda untuk mengetahui perbandingannya terlebih dahulu sebagai pertimbangan agar bisa mengambil keputusan yang tepat! Dengan demikian tidak akan ada yang namanya penyesalan bagi anda dikemudian hari.

Itulah penjelasan yang dapat kami tampilkan terkait dengan lebih menguntungkan Antam atau UBS. Besar harapan kami, melalui penjelasan diatas kiranya mengatasi rasa dilema anda yang bingung antara memilih emas Antam atau UBS.

Back to top button