Tutorial

5 Cara Mengetahui Jawaban Ujian Online di HP Terbukti Berhasil!

Cara Mengetahui Jawaban Ujian Online di HP – Meskipun saat ini sudah banyak sekali orang yang menjadikan Google Form sebagai alternatif platform dalam membuat berbagai soal ujian, namun ternyata masih banyak orang yang ingin tahu mengenai cara mengetahui jawaban ujian online di HP.

Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah, bagaimana cara mudah untuk mengetahui jawaban ujian online Google Form di HP tersebut? Agar Anda lebih paham mengenai hal ini, maka sebaiknya menyimak terlebih dahulu penjelasannya di artikel berikut.

Alasan Kenapa Ujian Online Banyak Dilakukan di Perangkat HP

Alasan Kenapa Ujian Online Banyak Dilakukan di Perangkat HP
Alasan Kenapa Ujian Online Banyak Dilakukan di Perangkat HP

Melihat perubahan zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, tentunya memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali sektor pendidikan.

Yang mana, disini kita bisa melihat banyaknya sekolah baik jenjang SD, SMP, SMA maupun yang sederajat menerapkan ujian berbasis online.

Salah satu platform yang mendukung penerapan ujian online sendiri, yakni bisa menggunakan Google Form yang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda lihat di tabel berikut.

Kelebihan Google Form Kekurangan Google Form
Penggunaan Google Form sangat mudah digunakan banyak kalangan pengguna. Google Form umumnya tidak bisa digunakan pada forum-forum khusus diskusi online.
Memberikan layanan gratis bagi pengguna. Tidak bisa menggunakan equation atau simbol-simbol matematik.
Termasuk program aplikasi yang ringan digunakan. Tidak Tersedia
Bisa dibagikan ke berbagai platform sesuai keinginan dan kebutuhan. Tidak Tersedia
Memiliki fitur SpreadSheets, untuk memudahkan pengguna melihat info dari tanggapan waktu dan grafik. Tidak Tersedia

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan Google Form di atas, Anda tentunya penasaran bukan mengenai alasan kenapa ujian online sekarang ini banyak dilakukan di perangkat HP?

Sebelum kita membahas mengenai cara mengetahui jawaban ujian online di HP, sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa keuntungan menerapkan ujian online di HP berikut ini.

  • Menyesuaikan dengan Perkembangan Teknologi

    Menyesuaikan dengan Perkembangan Teknologi
    Menyesuaikan dengan Perkembangan Teknologi

Meskipun ujian dengan menggunakan cara konvensional masih tetap diberlakukan di sekolah-sekolah hingga saat ini, akan tetapi seiring dengan berkembangnya zaman cara ini sudah semakin ditinggalkan.

Yang mana, kini banyak sekolah-sekolah yang menerapkan pelaksanaan ujian online di perangkat HP lantaran dinilai lebih mudah dan praktis.

Baca Juga :  Top Up Saldo Mocipay dengan Metode Transfer Bank

Terlebih lagi dengan pelaksanaan ujian online di perangkat HP ini, banyak diminati oleh kalangan siswa dan wali murid lantaran menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada.

  • Dapat Menghemat Anggaran yang Dikeluarkan

    Dapat Menghemat Anggaran yang Dikeluarkan
    Dapat Menghemat Anggaran yang Dikeluarkan

Keuntungan lain yang bisa diperoleh dari pelaksanaan ujian online di perangkat HP menggunakan Google Form, yakni akan jauh menghemat anggaran yang dikeluarkan.

Pasalnya ketika sekolah masih menggunakan ujian dengan cara konvensional, sudah pasti akan mengeluarkan anggaran berupa biaya cetak dan lembar soal maupun jawaban.

Sementara jika menerapkan ujian secara online, sudah pasti anggaran yang digunakan untuk biaya cetak dan lembar soal maupun jawaban bisa dialih fungsikan untuk keperluan lain.

Baca juga: 8 Produk Makanan Terlaris di Shopee yang Mudah Dibuat

  • Proses Persiapan Ujian Jauh Lebih Mudah

Perlu Anda ketahui, bahwa proses persiapan ujian bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh para guru di sekolah. Oleh karena itulah, penerapan ujian online bisa dijadikan sebagai solusi alternatif bagi para guru lantaran tidak perlu melakukan proses cetak lembar soal dan jawaban.

Terlebih lagi setelah ujian online selesai dilakukan, para guru akan lebih santai lantaran bisa menginput data jawaban siswa yang sudah ter sistem dengan baik.

  • Memudahkan dalam Proses Pengerjaan Siswa

Pada saat ujian sekolah berlangsung, sering kali para siswa merasa kesulitan ketika diminta untuk menjawab sebuah pertanyaan yang diberikan.

Dan yang sering kali terjadi, tidak sedikit siswa yang biasanya akan mencoret-coret lembar soal dengan berbagai rumus untuk mencari jawaban yang tepat.

Namun dengan kemunculan penerapan ujian online yang berlaku saat ini, menjadikan siswa lebih gampang dalam proses pengerjaan ujian dengan cukup mengklik atau mengetik kan jawaban di lembar jawab online.

  • Hasil Ujian Online Lebih Akurat

Adapun keuntungan lain yang diberikan dari penerapan ujian online di HP, yakni hasil ujian online akan secara otomatis di input oleh sistem yang dapat memberikan hasil yang lebih akurat.

Jauh berbeda dengan perhitungan hasil ujian secara manual, yang mana terkadang masih mengalami kesalahan lantaran banyak hal yang memengaruhinya.

Dengan menggunakan Google Form untuk penerapan ujian online, maka menjadikan penggunaannya lebih nyaman dan hasilnya akan jauh lebih akurat tanpa kesalahan.

Bagaimana Tips Cara Mengetahui Jawaban Ujian Online di HP?

Bagaimana Tips Cara Mengetahui Jawaban Ujian Online di HP?
Bagaimana Tips Cara Mengetahui Jawaban Ujian Online di HP?

Jika tadi kita sudah membahas mengenai alasan kenapa banyak sekolah yang kini menerapkan ujian online di HP, maka selanjutnya Anda perlu tahu mengenai tata cara mengetahui jawaban ujian online di HP dengan platform Google Form.

Baca Juga :  2 Cara Cairkan Spaylater Dengan Gestun Shopee Paylater

Pada dasarnya, mengetahui jawaban ujian online Google Form di HP bisa dilakukan dengan mudah oleh para pengguna dengan hanya menerapkan langkah-langkah secara berurutan dan benar. Sehingga, hal jawaban yang didapatkan sudah dipastikan akan lebih akurat.

Kendati demikian, terkadang masih ada sebagian orang yang bingung dalam menerapkan tata cara mengetahui jawaban ujian online di HP tersebut. Apabila Anda sendiri termasuk salah satunya, maka berikut ini ada beberapa tips mengetahui jawaban ujian online Google Form di HP yang perlu Anda perhatikan baik-baik.

  • Menggunakan Google Form Langsung

    Menggunakan Google Form Langsung
    Menggunakan Google Form Langsung

Salah satu cara mengetahui jawaban ujian online di HP yang bisa Anda lakukan, yakni dengan menggunakan platform Google Form secara langsung. Yang mana untuk tata cara yang dilakukan disini, tentu saja cukup mudah untuk Anda praktikkan sendiri di perangkat HP. Beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui jawaban ujian online di Google Form, yakni sebagai berikut :

  1. Langkah pertama, silahkan Anda buka kembali formulir yang Anda miliki di Google Form.
  2. Setelah itu, Anda tinggal memilih bagian tab “Response” yang berada di bagian atas formulir.
  3. Jika tab “Response” sudah terbuka, maka selanjutnya Anda bisa langsung melihat jawaban responden dengan menerapkan cara yang berbeda seperti halnya Summary, Question dan
  4. Sebagai catatan, Summary digunakan untuk melihat ringkasan jawaban dari semua responden yang disajikan dalam bentuk bagan / diagram. Kemudian untuk tab Question, Anda bisa melihat jawaban responden untuk masing-masing pertanyaan. Dan untuk bagian Individual, bisa Anda gunakan untuk melihat jawaban dari responden secara individual.
  • Cara Mengetahui Jawaban Ujian Online di HP Melalui Viewanalytics

Untuk cara mengetahui jawaban ujian online di HP yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yakni dengan memanfaatkan fitur Viewanalytics. Dalam hal ini, Anda perlu mengubah sebagian link tersebut yang sudah diperoleh dari Google Form. Adapun untuk tata cara mengetahui hasil jawaban ujian online melalui fitur Viewanalytics di HP, yakni sebagai berikut.

  1. Pertama-tama, silahkan Anda cek soal yang sudah Anda dapatkan.
  2. Kemudian, Anda tinggal melakukan proses pengeditan pada link soal Google Form tersebut.
  3. Sebagai contoh jika Anda mendapatkan link Google Form berupa “https://…./viewform”, maka di bagian kata viewform tersebut Anda ganti dengan kata viewanalytics menjadi “https://…./viewanalytics”.
  4. Setelah itu, Anda tinggal lanjutkan perintah dengan mengklik opsi “Ok”.
  5. Tunggu selama beberapa saat, dan nantinya Anda akan melihat sendiri jawaban dari ujian online di Google Form.
  • Menggunakan Mesin Pencari Google

Selain menggunakan kedua cara di atas, Anda juga bisa menerapkan cara mengetahui jawaban ujian online di HP dengan bantuan mesin pencari Google. Melalui cara ini, Anda tidak perlu lagi harus melakukan pengubahan pada link soal Google Form seperti sebelumnya. Untuk langkah-langkah penerapan nya, Anda bisa mengikuti tahapan seperti berikut ini.

Baca Juga :  6 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Tri Tanpa Pulsa Terbaru 2024

Tahapan pertama, Anda perlu membuka link jawaban dari soal yang sudah dibagikan kepada Anda.

  1. Jika sudah, Anda nantinya dapat membuka masing-masing dari soal ujian online yang diberikan.
  2. Setelah itu, tinggal Anda salin semua pertanyaan dari soal-soal ujian yang diberikan dan paste-kan pertanyaan tersebut di mesin pencari Google.
  3. Untuk jawaban dari pertanyaan di Google Form tersebut, biasanya akan langsung tersaji di mesin pencari Google.
  4. Anda nantinya bisa menyesuaikan jawaban dengan pilihan soal yang diberikan.
  • Cara Mengetahui Jawaban Ujian Online di HP dengan Fitur Split Screen

Menggunakan fitur Split Screen, juga menjadi salah satu cara mengetahui jawaban ujian online di HP yang bisa dengan mudah untuk Anda terapkan. Diketahui, fitur yang berasal dari sistem Android dan sudah tersedia pada versi 7.0 maupun Nougat satu ini, hadir untuk memudahkan pengguna layanan untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan. Adapun untuk mengetahui jawaban ujian online dengan fitur Split Screen sendiri, yakni bisa Anda lakukan sebagai berikut.

  1. Cara mengetahui jawaban ujian online di HP dengan fitur Split Screen yang pertama, Anda perlu membuka platform Google Form lewat web browser Google Chrome.
  2. Selain Google Chrome, Anda juga bisa menggunakan layanan browser lain yang dimiliki seperti Opera yang terpasang di perangkat ponsel Anda.
  3. Jika sudah, maka selanjutnya Anda tinggal masuk ke bagian tampilan tab aplikasi yang sedang dibuka.
  4. Setelah itu, Anda tekan dan segera tahan dari ikon Google Chrome tersebut.
  5. Kemudian, Anda tinggal klik bagian menu “Open In Split Screen View”.
  6. Apabila bagian atas layanan sudah terbuka Google Chrome, maka Anda tinggal melanjutkan dengan memilih aplikasi Opera GX di bagian tampilan bawahnya.
  7. Nantinya, Anda bisa melihat sendiri jawaban ujian online Google Form di HP.
  • Membuka File Script di Google Form

Terakhir, Anda bisa membuka file script di Google dalam menerapkan tata cara mengetahui jawaban ujian online di HP. Dalam hal ini, Anda diharuskan untuk membuka file source yang terdapat di soal Google Form. Setelah itu, Anda tinggal melakukan beberapa langkah mudah seperti berikut.

  1. Pertama-tama, silahkan buka aplikasi web browser yang ada di perangkat ponsel Anda.
  2. Kemudian, Anda tinggal ambil link soal dari Google Form dan lakukan proses pengeditan link yang didapatkan tersebut.
  3. Seperti misalnya jika Anda mendapatkan link berupa “https://…./viewform”, maka Anda tinggal menambahkan view-source di bagian depan link nya.
  4. Nantinya, link yang diedit akan berubah menjadi “view-source:https://…./viewform”.
  5. Selanjutnya, Anda tinggal klik “Ok” di tampilan layar dan bisa langsung melihat jawaban ujian online Google Form tersebut.

 

Cara Mengetahui Jawaban Ujian Online di HP
Cara Mengetahui Jawaban Ujian Online di HP

Itulah tadi kelima tips cara mengetahui jawaban ujian online di HP paling mudah dan terbukti berhasil, yang mana bisa Anda coba sendiri sekarang juga. Dengan menerapkan cara ini, Anda tidak perlu lagi khawatir ketika mendapati soal ujian yang sulit sekalipun.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button