7 Cara Melewati Iklan YouTube di TV Praktis dan Aman

Ainsley

Apakah kamu sedang mencari informasi mengenai cara melewati iklan YouTube di TV? Kamu sudah mengklik artikel yang tepat, guys. Di sini akan dibahas apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk melewati iklan saat menonton YouTube di TV. So, baca sampai akhir agar kamu dapat menemukan cara yang tepat, ya.

Iklan YouTube seringkali menjadi masalah bagi beberapa orang karena membuat penggunanya harus menunggu terlebih dahulu sebelum menonton konten video di YouTube. Meskipun beberapa iklan YouTube dengan durasi lama bisa di skip, namun ada beberapa yang tidak bisa di skip, lho.

Nah, daripada harus menunggu iklan, kamu bisa ikuti beberapa cara melewati iklan YouTube di TV berikut ini.

Apakah bisa Melewati Iklan YouTube di TV atau Smart TV?

Cara Melewati Iklan YouTube di TV
Sumber: Radar Sulbar

Buat kamu yang memasang aplikasi YouTube di TV atau Smart TV dan tidak ingin terganggu dengan iklan, kamu bisa melewatinya, lho. Tentunya, dengan beberapa cara yang sudah kami sediakan di artikel ini. Walaupun ada banyak caranya, tetapi kamu bisa memilih salah satu cara yang cocok dan mudah kamu lakukan.

Sehingga, ketika berhasil melewati iklan YouTube di TV, kamu pun bisa menonton konten video YouTube dengan nyaman tanpa gangguan iklan. Jadi, kamu dapat fokus menonton dan menyerap informasi dari konten tersebut, ‘kan?

Daripada menunggu lama, yuk langsung saja simak cara melewati iklan YouTube di TV yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Cara Melewati Iklan YouTube di TV Tanpa Ribet

Cara Melewati Iklan YouTube di TV
Sumber: Pexels

Berikut beberapa cara melewati iklan YouTube di TV yang bisa kamu lakukan tanpa ribet, mudah, dan praktis, yaitu:

1. Upgrade ke YouTube Premium

YouTube Premium
Sumber: Jagat Review

Cara melewati iklan YouTube di TV pertama bisa kamu lakukan dengan mengupgrade akun YouTube ke YouTube premium. Kalau sudah berlangganan YouTube premium, kamu bisa melewati iklan, bahkan sampai menghilangkan iklan tersebut.

Tak hanya terbebas dari iklan, berlangganan YouTube Premium akan membuat kamu mendapatkan sejumlah fitur tambahan lainnya.

Kamu bisa berlangganan YouTube Premium menggunakan akun pribadi atau akun keluarga yang dapat digunakan hingga 5 orang. Untuk harganya cukup terjangkau, sesuai dengan manfaat yang diberikan YouTube Premium sendiri.

2. Blokir Iklan YouTube dengan Router Internet

Cara melewati iklan YouTube di TV selanjutnya dapat kamu lakukan dengan memblokir iklan menggunakan router internet. Metode ini dilakukan dengan memasukkan URL iklan YouTube tertentu ke dalam daftar hitam, sehingga iklan-iklan yang awalnya berseliweran akan langsung hilang di smart TV.

Cara ini tidak perlu kamu lakukan di TV-nya langsung, kok. Tetapi, bisa menggunakan perangkat lain, seperti desktop komputer, PC atau laptop. Ada baiknya kamu menggunakan komputer supaya lebih mudah mengaturnya karena terdapat keyword serta sistem navigasi yang praktis.

3. Cara Melewati Iklan YouTube di TV dengan Layanan AdGuard

Kalau kamu masih kesulitan menggunakan dua cara di atas, maka bisa coba cara melewati iklan YouTube di TV dengan bantuan pihak ketiga, yaitu layanan AdGuard. Layanan ini dapat membantumu untuk memblokir iklan melalui server DNS yang bisa diakses pada bagian pengaturan jaringannya.

Dengan menggunakan layanan AdGuard, maka semua iklan YouTube pun bisa terlewatkan dengan lancar.

4. Lakukan Reset ID Iklan

Cara melewati iklan YouTube di TV Samsung, Xiaomi, LG, Toshiba dan smart TV lainnya, maka bisa coba lakukan reset ID iklan. Melakukan reset ID iklan ini bisa kamu lakukan dengan mengatur setelannya. Namun, perlu diperhatikan bahwa saat kamu sudah mereset ID iklan YouTube, maka pihak pengiklan akan kembali memulai informasi baru untuk iklan yang dipersonalisasikan.

Jika kamu ingin mencoba cara melewati iklan YouTube di TV dengan melakukan reset ID iklan, maka bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka layar utama di Android TV
  • Pada bagian atas, silakan pilih menu “Setelan-Setelan
  • Selanjutnya, kamu bisa klik “Perangkat”, lalu pilih opsi “Preferensi” dan klik “Tentang
  • Kemudian, kamu dapat memilih “Informasi Hukum”, klik opsi “Iklan” dan terakhir klik “Reset ID Iklan”.

Selesai, kini kamu sudah bisa melewati iklan saat sedang menonton YouTube di TV. Gimana mudah sekali, ‘kan?

5. Gunakan VPN untuk Blokir Iklan YouTube

VPN
Sumber: Exabytes

VPN menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memblokir atau melewati iklan YouTube. Hal ini karena kamu dapat menggunakan salah satu server VPN dari negara lain yang tidak memiliki pendapatan atas iklan YouTube yang tayang di akunmu.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi VPN, lalu tambahkan jaringan dari negara lain melalui VPN tersebut. Setelah itu, hubungkan ke aplikasi YouTube yang sedang tayang di TV. Sehingga, iklan pun otomatis terhapus dan tidak akan kamu saksikan.

6. Cara Melewati Iklan YouTube di TV Android via AdAway

Tak hanya melalui layanan AdGuard, kamu juga bisa menggunakan AdAway untuk melewati iklan YouTube di TV.

AdAway akan memblokir iklan YouTube melalui sistem DNS di perangkat masing-masing. Tentunya, aplikasi ini bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui PlayStore secara gratis.

Nah, kalau kamu tertarik mencoba cara melewati iklan YouTube di TV melalui AdAway, maka bisa ikuti langkah-langkahnya berikut:

  • Pertama, kamu bisa instal aplikasi AdAway yang tersedia di PlayStore terlebih dahulu ke perangkat smartphone
  • Jika sudah terinstal, kamu bisa membuka aplikasi AdAway dan klik “Tambahkan Sumber Baru
  • Selanjutnya, kamu bisa memasukkan URL ke dalam kolom input, yaitu https://adaway.org/hosts.txt
  • Pastikan kamu menekan tombol “OK” agar sumber dapat ditambahkan
  • Kalau sudah, silakan kembali ke layar utama dan pilih “Unduh File Host” yang mana tindakan ini akan langsung mendownload daftar domain penayangan dari iklan yang tidak dikenal
  • Klik “Terapkan Pemblokiran Iklan”, sehingga jaringan DNS akan berubah dan ikln YouTube di TV Android pun bisa terhapus atau dihilangkan.

Setelah mengikuti cara melewati iklan YouTube di TV tersebut, kini kamu bisa menikmati berbagai acara konten video YouTube tanpa perlu khawatir ada iklan mengganggu.

7. Nonaktifkan Iklan Personalisasi

Cara melewati iklan YouTube di TV terakhir adalah kamu bisa menonaktifkan iklan yang dipersonalisasi. Maksud dari iklan personalisasi adalah iklan khusus yang hanya ditayangkan kepadamu sesuai dengan minat atau ketertarikanmu saat menjelajahi internet.

Kalau kamu tidak ingin iklan personalisasi muncul saat sedang menonton video YouTube, maka bisa coba untuk menonaktifkannya.

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan iklan personalisasi? Kamu hanya perlu masuk ke pengaturan akun YouTube, lalu klik opsi pengaturan iklan. Pada bagian ini, kamu bisa langsung menonaktifkan iklan personalisasi, sehingga YouTube akan membatasi iklan yang muncul di akun milikmu.

Walaupun cara ini tidak sepenuhnya menghilangkan iklan dari YouTube, setidaknya kamu tidak akan terlalu menemukan banyak iklan saat membuka video YouTube, ya.

Selain melewati iklan YouTube, ternyata ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau tidak skip iklan YouTube, lho. Yuk, cek 5 Keuntungan Tidak Skip Iklan YouTube yang Wajib Kamu Tahu ini, ya.

Apakah Melewati Iklan YouTube di TV Terjamin Aman?

Setelah mengetahui cara melewati iklan YouTube di TV di atas, kamu mungkin masih bertanya-tanya, sebenarnya cara tersebut aman gak sih?

Tenang saja, kamu gak perlu khawatir, guys. Soalnya cara-cara di atas tergolong aman untuk kamu gunakan, terutama jika mengupgrade akun YouTube ke YouTube Premium.

Apalagi YouTube Premium menghadirkan banyak sekali manfaat untuk para penggunanya, seperti bebas dari iklan, resolusi yang lebih tinggi serta fitur YouTube yang tidak ada dalam YouTube gratis lainnya.

Cara lainnya pun bisa kamu gunakan untuk melewati iklan YouTube, tetapi mungkin harus mengunduh aplikasi pihak ketiga atau mengubah pengaturan dari perangkat atau akun, ya.

Tips Melewati Iklan Youtube di TV Penjelasan
Upgrade ke YouTube Premium Langkah legal dan resmi untuk menghindari iklan di YouTube adalah dengan mengupgrade ke layanan YouTube Premium. Ini menyediakan pengalaman bebas iklan di seluruh platform.
Gunakan Ad-Blocking Devices Beberapa perangkat dan aplikasi ad-blocking dapat digunakan untuk menghilangkan iklan dari tayangan YouTube. Pastikan untuk mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku.
Perbarui Router dengan Fitur Ad-Block Beberapa router memiliki fitur pengaturan yang memungkinkan pengguna memblokir iklan. Ini memerlukan penyetelan di tingkat jaringan dan perlu diperhatikan risiko potensialnya.
Gunakan Aplikasi atau Modifikasi TV Beberapa pengguna mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga atau modifikasi perangkat Smart TV untuk melewati iklan. Namun, hal ini dapat melanggar ketentuan penggunaan.

Kesimpulan

Cara Melewati Iklan YouTube di TV
Cara Melewati Iklan YouTube di TV

Cara melewati iklan YouTube di TV di atas bisa kamu pilih salah satu untuk dipraktekan secara langsung. Kamu bisa mencoba satu per satu sampai menemukan cara yang cocok. Tenang saja, cara di atas bisa digunakan untuk semua merk smart TV. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa mencobanya, ya.

Itulah beberapa cara melewati iklan YouTube di TV yang bisa kamu ketahui. Kini, tidak perlu bingung atau kesal lagi kalau ada iklan di tengah-tengah konten video YouTube yang sedang kamu tonton, ya. Soalnya, iklan YouTube sudah bisa kamu skip, baik melalui upgrade ke premium, bantuan aplikasi pihak ketiga, serta pengaturan akun YouTube sendiri.

Related Post

Tinggalkan komentar