Update Harga Arang Batok Kelapa 2024 : Berdasarkan Merk & Satuan

Rohma Dearni

Ingin mengetahui harga arang batok kelapa hari ini? Tenang, semua rincian harga arang terlengkap akan kamu temukan dalam artikel ini!

Selain arang dari kayu, keberadaan arang batok kelapa cukup menarik perhatian pelaku bisnis, hal ini karena tempurung kelapa dimanfaatkan sebagai bahan baku pabrik karbon aktif, industri briket dan bahan bakar langsung.

Karena hal tersebut pencarian seputar arang batok kelapa dan harga jual mulai dicari, jika sobat tertarik mengetahui harga arang terupdate hari ini, mari ikuti pembahasan ini sampai tuntas!

Apa itu Arang Batok Kelapa?

Arang batok kelapa merupakan arang yang dibuat dari bahan dasar tempurung kelapa yang saat ini digunakan sebagai sektor usaha.

Arang batok kelapa
Sumber: resepi.net

Kenapa dikatakan sebagai sektor usaha? ini karena masyarakat jarang sekali memanfaatkan tempurung ataupun batok kelapa, jadi peluang bisnis arang batok kelapa cukup menjanjikan.

Arang batok kelapa memiliki kelebihan seperti mudah terbakar dan bara apinya tetap menyala tanpa dikipasi, beberapa orang berasumsi arang tempurung kelapa menghasilkan asap dan abu yang lebih sedikit dibandingkan arang kayu sehingga tidak menimbulkan bau pada makanan.

Keunggulan lain pada arang batok kelapa dilihat dari hasil pembakaranya yang lebih matang sempurna, lezat tanpa mengubah rasa makanan, karena hal ini informasi harga arang batok kelapa kiloan hingga perkarung mulai dibutuhkan.

Untuk menghasilkan arang yang berkualitas bahan dasar harus dari kelapa yang sudah tua, karena memiliki kombinasi yang lebih padat dan kandungan udara jauh lebih sedikit. Disisi lain, harga arang ini cukup tinggi sebab mendapatkan tempurung kelapa juga sulit dan proses pembuatan arang terbilang rumit.

Harga Arang Batok Kelapa

Sudah mengetahui apa saja kelebihan arang batok kelapa, lantas apakah kamu tertarik untuk mencoba peruntungan dalam bidang ini?

Untuk menambah rasa percaya diri memulai usaha ini sepertinya kamu harus mengetahui harga jual arang batok kelapa dipasaran. Bisa dikatakan harga arang batok kelapa ini menduduki peringkat arang termahal setelah arang kayu yang biasa kita temui dipasaran.

Harga arang batok kelapa
Harga arang batok kelapa

Tidak hanya untuk calon pebisnis, harga arang batok kelapa ini juga dicari mereka yang menjual beberapa makanan karena punya aroma khas, terutama dalam pembakaran sate.

Disisi lain banyak yang sudah menyadari kegunaan arang batok kelapa seperti baik dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Untuk menjawab rasa penasaranmu berikut kamu sajikan harga arang batok kelapa berdasarkan hasil pengolahan di pasaran.

Jenis dan Merk Arang Batok Kelapa Harga (Rp)
Arang Batok Kelapa Cube 1 kg Rp 9.000
Arang Batok Kelapa Briket 1 kg Rp 10.700
Arang Batok Kelapa 1 Kg Rp 14.900
Arang Batok Kelapa Cap Klabang 1 kg Rp 23.000
Arang Bara Briket Kotak Premium 1kg Rp 25.000
Arang Batok Kelapa Cap Bunga Kelapa 1 kg Rp 30.000
Arang Batok kelapa Cap Kembang Kelapa 1 kg Rp 30.000
Arang Briket Brongkol Bulat Batubara 1 kg Rp 43.500
Arang Areng Batok Kelapa Asli 4 kg Rp 50.000
Arang Batok Kelapa Original 15 kg Rp 155.000
Arang Batok Kelapa 50 Kg Rp 687.000

Harga arang batok kelapa kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online yang berhasil menjual berbagai merk arang.

Walau demikian harga arang batok kelapa bisa saja berubah sewaktu-waktu, sobat bisa saja menemukan harga beli yang lebih murah dan sebaliknya. Perubahan harga sesuai dengan ketersediaan bahan baku dan keputusan penjual, namun selisih harga biasanya tidak jauh berbeda dari tabel harga diatas.

Kegunaan Arang Batok Kelapa

Saat ini arang batok kelapa sudah dihargai dengan harga yang cukup tinggi, ini karena proses pembuatan cukup rumit sampai bahan baku yang sulit untuk didapatkan.

Apakah kamu mengenal arang batok kelapa digunakan untuk menyajikan makanan saja? benar saja, arang ini memang cukup unggul digunakan dalam mengolah bahan mentah seperti daging, beberapa pedagang juga mengklaim pembakaran menggunakan arang ini lebih cepat jika dibandingkan dengan arang kayu biasa.

Ternyata selain untuk mengolah makanan, karbon aktif dari arang juga dimanfaatkan dalam bidang kecantikan sampai pada pengobatan. Simak uraian berikut untuk mengetahui apa saja manfaat arang batok kelapa:

Sebagai Anti Bisa dan Racun

Arang sebagai anti racun harus melewati proses pengolahan terlebih dahulu, hasil olahan ini disebut sebagai Active charcoal atau arang aktif. Proses pembuatan active charcoal dengan memurnikan arang melalui  proses pemanasan sampai tekstur arang berpori.

Hasil pengolahan arang ini nantinya dimanfaatkan sebagai anti racun dari makanan, dengan begitu kandungan karbon aktif akan menyerap racun dalam tubuh pengonsumsi. Selain itu, kandungan ini sangat baik digunakan menawat bisa hewan seperti ular maupun lebah, tak heran harga arang batok kelapa cukup menguras saku.

Mempercantik Kulit

Untuk mempercantik kulit lagi-lagi kamu harus menggunakan arang batok kelapa yang sudah melewati proses permurnian yang kita sebut sebagai active charcoal.

manfaat arang batok kelapa
Sumber gambar: kompas.com

Karbon aktif bisa digunakan untuk mempercantik kulit yakni sebagai masker dan scrub, karbon aktif akan mengangkat kotoran yang menempel pada permukaan kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit lebih cerah dan putih.

Selain itu, arang aktif juga membantu menenangkan kulit iritasi dan gigitan serangga, charcoal juga mengurang rasa gatal pada area kulit dan merangkap sebagai antibakteri/antijamur yang dirancang dalam produk sabun mandi.

Intip juga Update Harga Beras 1 Karung

Dimanfaatkan dalam Bidang Kesehatan

Active charcoal paling umum digunakan dalam bidang kesehatan, arang batok kelapa yang sudah melewati proses pemurnian akan membantu kamu membersihkan usus dan melancarkan sistem pencernaan. Konsumsi arang batok kelapa ini digunakan untuk detokfikasi usus lalu mengeluarkan kotoran yang terdapat dalam organ-organ pencernaan pengonsumsi.

manfaat arang batok kelapa
Sumber gambar: medcom.id

Karbon aktif pada arang akan mengobati luka, menurunkan kolestrol dan meredakan peredangan karena racun, bakteri maupun virus yang akan diserap langsung oleh karbon akrif arang batok kelapa tersebut. Berikut manfaat lain arang batok kelapa dalam kesehatan:

  1. Membersihkan sistem pencernaan
  2. Menghentikan diare
  3. Mengarasu perut kembung
  4. Menjaga fungsi ginjal

Selain dimanfaatkan dalam bidang kecantikan dan kesehatan, arang  batok kelapa kerap digunakan untuk menetralkan alkhohol, jadi kamu bisa konsumsi arang ini untuk mencegah mabuk sesaat setelah minum bir dan minuman beralkohol lainya.

Lihat juga daftar harga susu formula dari termurah sampai termahal

Kesimpulan

Harga Arang Batok Kelapa
Harga Arang Batok Kelapa

Sekarang kamu sudah mengetahui keunggulan dan harga arang batok kelapa di pasaran, semoga informasi diatas membantu kamu memutuskan jenis arang tempurung kelapa yang digunakan dalam mengembangkan bisnismu.

Itulah informasi yang bisa Mocipay bagikan, kunjungi kami untuk melihat toutorial, kumpulan gambar dan daftar harga lain yang mungkin sedang kamu butuhkan!

Related Post