Info Harga Burung Puter Terbaru 2024 : Lokal, Putih, Coklat, Pelung

Rohma Dearni

Daftar Harga Burung Puter Semua Jenis Terbaru 2024 – Memiliki suara yang Indah adalah kata yang cocok menggambarkan burung puter tatkala mereka berkicau. Walaupun keberadaan burung puter sudah jarang, di beberapa daerah khususnya pulau jawa dan bali burung ini masih banyak dipelihara.

Walaupun populasi burung puter yang melimpah di lokasi tertentu, hal itu tidak mengurangi kesempatan anda untuk segera memiliki burung puter, pun karena harga burung puter terjangkau sehingga siapa saja tertarik mengoleksi satu dari sekian banyak jenis di pasaran.

Burung Puter
Burung Puter

Burung puter adalah salah satu dari beberapa jenis burung yang biasa di pelihara, apalagi kamu yang mengoleksi banyak burung tentu mengetahui merdu kicauan burung puter jika bersahut-sahutan dengan burung sejenis dan jenis lain yang memiliki potensi kicauan yang sama.

Dikutip dari Kehati atau Keaneka Ragaman Hayati Daerah Istimewa Yogyakarta burung ini memiliki tubuh yang berukuran sedang (30 cm), ekor panjang, berwarna cokelat kemerah-jambuan. Burung ini mirip dengan tekukur biasanya dengan perbedaan pada waran bulu di kepala lebih abu-abu, bercak hitam di sisi leher bertepi putih, tidak berbintik putih.

Jenis Burung Puter yang Dipelihara di Indonesia

Burung puter sejatinya memiliki beberapa jenis, namun saat ini kami akan membahas 6 daftar burung puter yang biasa di pelihara di Indonesia dan cocok bagi anda yang belum berpengalaman memelihara jenis ini, hal ini didasarkan keberadaan enam jenis burung puter yang mudah ditemukan di toko burung maupun situs resmi online shop.

  • Puter Lokal

Burung Puter Lokal
Burung Puter Lokal

Burung puter lokal masuk dalam daftar pertama burung yang mudah ditemukan dan dikembangbiakkan di negara kita. Puter lokal merupakan burung yang mudah beradaptasi dan direkomedasikan untuk pemula dengan pakan yang mudah dijangkau.

Fisik berwaran cokelat muda dengan kalung berwarna hitam yang dibatasi warna putih. Walaupun dalam berkategori lokal suara jenis ini merdu dengan tiga nada, harga burung puter lokal juga cukup terjangkau sehingga semua kalangan bisa memelihara jenis ini.

  • Puter Albino

Burung Puter Albino
Burung Puter Albino

Puter albino merupakan jenis burung puter yang mengalami mutasi warna karena adanya perubahan gen burung yang menyebabkan warna dan kulitnya menjadi putih.

Menariknya, puter albino memiliki mata berwarna merah dan merupakan poin mencolok dari jenis ini, tidak ditemukan adanya corak tertentu pada puter albino. Berbicara tentang paruh, warna paruh albino beragam bisa saja ditemukan warna merah dan kuning pucat, tidak ada perbedaan warna kaki antara albino dan burung puter lokal.

Lihat juga daftar harga burung lainya Harga Burung Unta Anakan, Remaja, Hingga Burung Unta Dewasa

  • Puter Lumut

Puter lumut salah satu jenis burung puter yang mudah ditemukan di pasar hewan, disebut sebagai puter lumut karena warna merah bata dengan kalung kombinasi warna hitam dan putih. Kepala puter lumut berwarna abu-abu dengan iris mata berwarna jingga.

Selain hal tersebut, warna kaki dan kicauan puter lumut serupa dengan puter lokal dengan tiga nada. Untuk perawatan dan perkembangbiakan jenis ini diyakini mudah, kamu cukup berikan pakan biji-bijian untuk tumbuh kembang puter lumut.

  • Puter Irak
Burung Puter Irak
Burung Puter Irak

Secara fisik dan ukuran puter irak hampir sama dengan puter lokal, namun jenis ini juga mengalami mutasi warna seperti puter albino, untuk ukuran puter irak hampir sama dengan burung puter lokal.

untuk membedakan puter irak dengan puter lainya melalui warna bulu, puter irak memiliki variasi warna yang unik dengan pola bata tua, cokelat keputih-putihan dengan kaki berwarna merah. Untuk harga burung puter irak bervariasi berdasarkan temuan burung dengan dan tanpa jambul.

  • Puter Pelung

Puter pelung merupakan jenis burung yang mudah ditemukan di pasar burung, bahkan via situs jual beli online. Sekilas puter pelung memiliki kemiripan fisik dengan burung puter lainya berdasarkan bentuk tubuh, ukuran dan paruh. Jenis puter pelung memiliki keistimewaan sendiri karena memiliki kicauan yang lebih panjang dan santai.

Walaupun dikatakan harga burung puter berkisar ratusan ribu, jangan heran jika beberapa pasang burung dijual jutaan apalagi burung yang memiliki sertifikat kejuaraan kicauan.

  • Puter Blorok

Burung Puter Blorok
Burung Puter Blorok

Burung Puter blorok dikenal sebagai salah satu burung yang memiliki keindahan fisik, sekilas mirip dengan burung puter irak hanya saja jenis ini memiliki sisi bulu berwarna putih yang lebih banyak. Untuk pecinta burung terkadang kicauan dirasa sebagai pelengkap, yang terutama adalah keindahan burung.

Tidak perlu khawatir, dengan uang ratusan ribu anda akan memiliki burung puter cantik yang memiliki suara khas tentunya dengan perawatan yang mudah. Agar berkembang memiliki puter sepasang merupakan ide menarik dan bisa dimanfaatkan untuk bisnis.

Daftar Harga Burung Puter Tahun 2024

Harga Burung Puter
Harga Burung Puter / Sumber: olx.co.id

Jika ingin memiliki burung puter memang informasi harga burung puter terbaru sangat dibutuhkan, jangan berpatokan disini saja sebaiknya persiapkan juga kandang yang nyaman, pakan yang bernutrisi dan googling lebih dalam cara merawat burung puter.

Daftar harga burung puter yang kami sajikan diulas dari beberapa situs yang selalu diperbaharui. Oleh karena itu, kemungkinan menemukan harga yang berbeda selalu ada apalagi kamu yang mengunjungi langsung pasar hewan, sebaiknya lakukan tawar menawar dengan dasar harga yang kami ulas berikut ini:

Jenis Burung Puter Harga (Rp)
Burung Puter Lokal Anakan Sepasang Rp150.000
Burung Puter Lokal Dewasa  Sepasang Rp200.000
Burung Puter Jantan Lokal Rp110.000
Burung Puter Albino Mata Merah Dewasa Sepasang Rp300.000
Burung Puter Albino Mata Merah Jantan Rp193.000
Burung Puter Albino Mata Merah Betina Rp160.000
Burung Puter Lumut Jantan dan Betina Rp150.000
Burung Puter Irak Tangerine Mutiara Remaja Rp156.000
Burung Puter Irak Jantan Dewasa Rp175.000
Burung Puter Irak Mutiara Jambul Dewasa Rp250.000
Burung Puter Pelung Anakan Rp150.000
Burung Puter Pelung Indukan Sepasang Rp400.000
Burung Puter Blorok Jambul Rp250.000
Burung Puter Blorok Remaja Sepasang Rp395.000

Penutup

 Harga Burung Puter Terbaru
Harga Burung Puter Terbaru

Itulas Informasi terkait harga burung puter berdasarkan jenis, usia dan jenis kelamin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu ingin memelihara burung dengan kicauan yang indah ini, kunjungi Mocipay untuk melihat daftar harga lain yang mungkin anda butuhkan.

Related Post