4 Cara Pembayaran Tiktok Shop Di Alfamart Dengan Mudah

Irfan Nathanael

Kamu suka belanja di TikTok Shop? Mudah dan praktis, cara pembayaran TikTok Shop di Alfamart dapat kamu lakukan tanpa ribet. Sejak kemunculan fitur TikTok Shop, banyak pengguna yang berbelanja menggunakan fitur tersebut. 

TikTok Shop adalah salah fitur yang tersedia di aplikasi TikTokMelalui fitur ini kamu bisa belanja lewat aplikasi TikTokMenariknya, belanja di TikTok Shop mempunyai banyak promo dan salah satunya adalah promo bebas ongkos kirim (ongkir).

TikTok Shop menyediakan beragam metode pembayaran yang dapat digunakan para pengguna. Metode pembayaran yang dapat dilakukan yaitu antara lain melalui Gopay, OVO, transfer melalui bank, juga bisa melalui kasir Alfamart, Alfamidi atau Indomaret.

Sekilas Tentang TikTok Shop

TikTok merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi media sosial yang digunakan untuk mengedit dan mengunggah video dengan durasi singkat. TikTok banyak disukai karena selalu menampilkan konten yang menarik dan lucu.

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, TikTok menghadirkan berbagai macam fitur menarik. Salah satu fitur unggulan terbarunya adalah fitur belanja bernama TikTok Shop.

Fitur ini diciptakan sebagai salah satu upaya yang dilakukan TikTok untuk menarik lebih banyak minat pengguna dan memudahkan para penggunanya untuk berbelanja secara online langsung di aplikasinya.

Dilansir melalui website resminya, TikTok Shop adalah fitur belanja online yang memungkinkan para penggunanya maupun para kreator untuk mempromosikan dan menjual produk sekaligus melakukan aktivitas belanja.

Dengan berjualan online di TikTok Shop, kamu bisa mendapatkan uang dari TikTok dan meraup keuntungan, mengingat pengguna aplikasi ini juga tengah membeludak.

Berkat kehadiran fitur belanja di aplikasi tersebut, aplikasi TikTok makin digandrungi oleh banyak orang karena dianggap sebagai platform yang multifungsi.

Selain untuk mendapatkan beragam konten hiburan, pengguna jadi tidak perlu beralih menggunakan aplikasi marketplace lain untuk berbelanja dan menyelesaikan transaksi.

Keunggulan TikTok Shop

  • TikTok Shop memberikan keuntungan bagi setiap pengguna, hanya dalam satu aplikasi kamu bisa melakukan berbagai hal. Mulai dari berbelanja, membuat konten atau sekedar mencari dan menonton video menarik.
  • TikTok Shop menyediakan berbagai promo menarik yang tentunya membuat penggunanya bisa lebih hemat dalam berbelanja. Promo yang ditawarkan tidak hanya berupa potongan harga, tapi juga adanya gratis ongkir.
  • TikTok Shop memungkinkan setiap pengguna untuk mendapatkan produk dengan kualitas terbaik. Hal ini disebabkan karena tersedia review produk yang lengkap. Bahkan, review produk yang tersedia dalam bentuk video, sehingga sangat membantu.
  • Keuntungan lain yang didapatkan jika menggunakan TikTok Shop yaitu mudah untuk mendapatkan produk kesukaan. Hal ini disebabkan karena produk-produk yang cukup populer akan tampil pada halaman TikTok atau FYP. Selain itu, ada juga fitur pencarian yang dapat memudahkan untuk mendapatkan produk.

Cara Berbelanja Di TikTok Shop

  1. Buka aplikasi TikTok dan pastikan kamu sudah memiliki akun yang telah terdaftar
  2. Temukan video yang menawarkan produk yang ingin kamu beli. Ini bisa ditemukan di video-video yang disuguhkan ke kamu di tab Home atau biasa disebut FYP (For Your Page)
  3. Selain itu kamu juga bisa klik menu Shop yang ada pojok kiri bawah layar TikTok kamu
  4. Setelah menemukan produk yang ingin kamu beli, klik ikon tas berwarna kuning di video atau klik ikon tas yang muncul di profil utama
  5. Selanjutnya, akan tampil etalase dari beberapa produk yang dijual oleh akun tersebut dan pilihlah produk yang ingin kamu beli
  6. Jika kamu sudah menentukan produk yang akan dibeli, klik ikon troli atau Buy Now untuk membeli produk tersebut
  7. Lakukan konfirmasi pembelian. Untuk pembelian baju misalnya, biasanya di bagian ini akan muncul pilihan ukuran, warna dan jumlah item yang diinginkan. Pilihlah sesuai yang kamu inginkan
  8. Selanjutnya, kamu akan diminta memasukan alamat lengkap, jumlah item yang ingin dibeli dan pilih kurir pengiriman pada laman Order Summary. Kamu juga bisa menambahkan pesan bila diinginkan. Masukkan juga kupon diskon agar belanja kamu menjadi lebih hemat
  9. Lakukan pembayaran melalui berbagai macam metode, seperti COD (Cash on Delivery), transfer bank, e-wallet (OVO, GoPay, Dana dan ShopeePay), kartu debit/kredit dan melalaui gerai Alfamart
  10. Jika sudah menyelesaikan pembayaran, kamu tinggal menunggu pesanan sampai ke kamu

Cara Pembayaran Tiktok Shop Di Alfamart

Sebagai penonton dan pengguna, diaplikasi TikTok juga bisa tahu barang-barang bagus dan murah yang ditawarkan para konten kreator dari TikTok Shop. Kamu bisa membeli semua produk yang tersedia. Nah, cara pembayaran TikTok Shop di Alfamart sangatlah mudah dan praktis.

Kamu hanya perlu mendatangi gerai Alfamart terdekat yang ada ditempat kamu, dan membawa uang sesuai dengan jumlah belanjaan kamu di TikTok Shop. Jangan lupa juga bahwa kamu juga harus membayarkan uang admin senilai Rp. 2.500 untuk satu kali transaksi pembayaran.

Nantinya penonton bisa membeli dan membayar produk nya dengan beberapa metode pembayaran. Dan yang kali kita bahas yaitu cara pembayaran TikTok Shop di Alfamart. Beriktu ini adalah beberapa cara pembayaran TikTok Shop di Alfamart yang bisa kamu ikut, simak ya:

  • Memilih dan Membeli Produk di TikTok Shop

Cara Pembayaran TikTok Shop Di Alfamart
Cara Pembayaran TikTok Shop Di Alfamart

Cara pembayaran TikTok Shop di Alfamart  yang paling pertama adalah pastikan bahwa ada barang atau produk yang hendak kamu beli di TikTok Shop. Buka aplikasi TikTok di ponsel kamu, kemudian klik fitur TikTok Shop yang ada dibawah pojok kiri, kemudian pilih produk yang ingin kamu beli.

Ketika kamu sudah menentukan produk yang ingin kamu beli, maka buatlah pesanannya untuk kemudian masuk ke metode pembayaran.

  • Pilih Metode Pembayaran

Cara Pembayaran TikTok Shop Di Alfamart
Cara Pembayaran TikTok Shop Di Alfamart

Setelah kamu memilih produk, selesaikan pesanan dengan masuk ke metode pembayaran. Dalam metode pembayaran kamu akan diberikan beberapa pilihan lalu klik Lihat semua metode pembayaran yang tersedia di Checkout. Setelah itu pilih Alfamart sebagai metode pembayarannya.

  • Konfirmasi Pembayaran TikTok Shop

Cara Pembayaran TikTok Shop Di Alfamart
Cara Pembayaran TikTok Shop Di Alfamart

Cara pembayaran TikTok Shop di Alfamart berikutnya adalah dengan memencet lanjut atau continue, dan kamu akan langsung diarahkan kemenu nomor virtual account untuk kamu berikan kepada kasir nantinya.

  • Kunjungi Gerai Alfamart Terdekat dan Lakukan Pembayaran

Cara Pembayaran TikTok Shop Di Alfamart
Cara Pembayaran TikTok Shop Di Alfamart

Cara selanjutnya adalah kunjungi Alfamart terdekat yang ada ditempat kamu. Jika sudah berada di Alfamart, langsung temui kasirnya dan sampaikan tujuan kamu untuk melakukan pembayaran pesanan dari TikTok Shop.

Nantinya kalian akan diminta untuk menunjukkan kode pembayaran atau virtual account yang sudah didapatkan sebelumnya. Kasir juga akan memberitahukan berapa besar total uang yang harus dibayarkan.

Perlu kamu ketahui, pelunasan barang belanjaan di TikTok Shop melalui gerai Alfamart ini dilakukan melalui Doku. Apabila transaksi di TikTok Shop melalui Alfamart sudah berhasil, jangan lupa minta struk sebagai bukti pembayaran yang sah.

Tips Membeli Barang di Tiktok Shop

Tips Penjelasan
Periksa Keandalan Penjual Pastikan penjual di TikTok Shop memiliki reputasi baik dengan banyak ulasan positif dari pembeli sebelumnya. Ulasan dan rating penjual dapat memberikan indikasi tentang kualitas dan kepercayaan penjual tersebut.
Periksa Deskripsi Produk Teliti deskripsi produk secara cermat. Pastikan Anda memahami spesifikasi, ukuran, kondisi, dan semua informasi yang diberikan tentang barang yang Anda beli agar tidak ada kebingungan atau kekecewaan saat menerima produk tersebut.
Periksa Harga dan Ongkos Kirim Bandingkan harga produk yang Anda lihat di TikTok Shop dengan harga serupa di tempat lain untuk memastikan Anda mendapatkan penawaran yang wajar. Periksa juga ongkos kirim dan biaya tambahan lainnya yang mungkin dikenakan.
Gunakan Metode Pembayaran Aman Pilih metode pembayaran yang aman dan terpercaya seperti kartu kredit, e-wallet (seperti OVO atau DANA), atau metode pembayaran online yang dilindungi oleh kebijakan perlindungan konsumen. Hindari pembayaran dengan metode yang tidak terjamin keamanannya.
Konfirmasi Detail Pesanan Sebelum menyelesaikan pembelian, periksa kembali rincian pesanan Anda, termasuk jumlah produk yang akan dibeli, alamat pengiriman, dan metode pembayaran yang digunakan. Pastikan semuanya benar sebelum mengonfirmasi pembelian.
Cari Tahu Tentang Kebijakan Pengembalian Kenali kebijakan pengembalian barang dari TikTok Shop dan penjualnya. Pastikan Anda tahu apa yang harus dilakukan jika barang tiba dalam kondisi rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi.

Penutup

Cara Pembayaran Tiktok Shop Di Alfamart
Cara Pembayaran Tiktok Shop Di Alfamart

Dari sekian banyaknya metode pembayaran yang bisa kamu pilih untuk pembayaran TikTok Shop, pembayaran di gerai alfamart adalah salah satu caranya. Sekian artikel tentang cara pembayaran TikTok Shop di Alfamart yang dapat kamu ikuti dan lakukan.

Related Post