5 Alasan Kenapa Tidak bisa COD di Tiktok Shop

Rohma Dearni

Kenapa tidak bisa COD di tiktok shop? pertanyaan ini selalu muncul tatkala kamu tidak bisa melakukan pembayaran ditempat untuk setiap pesanan di tiktok shop.

Cash on delivery merupakan metode pembayaran ditempat yang diminati pembeli, tak lain karena
metode ini sangat simple dan mudah. Walaupun demikian kita kerap mengalami permalahan tidak bisa COD di berbagai marketplace seperti tiktok shop.

Sebenarnya apa saja penyebab tidak bisa COD di tiktok shop ini? lantas bagaimana cara mengatasinya? Untuk menjawab semua pertanyaan terkait tiktok shop, mari ikuti pembahasan dibawah ini.

Tiktok Shop

Tiktok salah satu aplikasi media sosial yang tengah hits saat ini, melalui aplikasi ini kamu bisa membuat sebuah karya berupa video pendek yang menarik melalui fitur-fitur yang canggih.

Tiktok diperkirakan masuk ke Indonesia pada tahun 2017, tak lama setelahnya platform ini mulai dikenal dan mampu bersanding dengan aplikasi terdepan lainya seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp.

Sekilas tentang tiktok shop
Sumber: shop.tiktok.com

Tak lama setelah itu hadirlah tiktok shop sebagai fitur belanja online yang sudah dikenal masyarakat. Tiktok shop juga dikatakan sebagai fitur yang sudah setara dengan marketplace lain seperti shopee, tokopedia dan sebagainya.

Tiktok disebut sebagai aplikasi multifungsi, digunakan sebagai media informasi dan hiburan yang tidak ada habisnya. Apalagi munculnya tiktok shop dimana kamu bisa scroll sekaligus berbelanja tanpa harus repot berpindah-pindah aplikasi.

Metode Pembayaran di tiktok Shop

Aplikasi marketplace umumnya menyediakan beberapa metode pembayaran yang memudahkan kamu bertransaksi dengan dan tanpa tunai. Jadi pelanggan sendiri dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan, begitupun dengan tiktok shop.

Sebelum membahas kenapa tidak bisa COD di tiktok shop, mari kita singgung sedikit apa saja metode pembayaran yang bisa kamu gunakan ketika berbelanja disini:

  1. OVO
  2. Dana
  3. Gopay
  4. Transfer bank
  5. Pembayaran tunai di Indomaret dan Alfamart
  6. Kartu Debit/kredit
  7. Cash on delivery

Kenapa Tidak bisa COD di Tiktok Shop?

COD adalah metode pembayaran yang paling digemari masyarakat, apalagi kamu yang tidak memiliki kartu debit bank dan dompet digital untuk transaksi non tunai. Disamping itu metode COD dianggap sederhana dan minim resiko untuk kehilangan uang.

Nah, diatas kamu sudah mengetahui metode pembayaran yang didukung oleh tiktok shop, ternyata pembayaran ditempat merupakan salah satunya. Walaupun begitu banyak masyarakat berkeluh disaat metode pembayaran ini tidak bisa digunakan, sebab itu mari kita ulas alasan kenapa tidak bisa cod di tiktok shop.

  • Belum Update Aplikasi Tiktok

Alasan utama kenapa tidak bisa COD di tiktok shop karena anda belum melakukan upgrade aplikasi kedalam versi terbaru.

Baik tiktok maupun aplikasi lainya selalu memberikan ruang bagi pengguna untuk update aplikasi di playstore maupun appstore, ini dilakukan agar fitur tiktok muncul salah satunya fitur COD yang kita bahas saat ini.

  • Penjual Tidak Mengaktifkan Fitur COD

Kenapa Tidak bisa COD di tiktok shop
Kenapa Tidak bisa COD di tiktok shop

Ini merupakan alasan utama kenapa tidak bisa COD di tiktok shop tak lain karena penjual tidak/belum mengaktifkan fitur bayar ditempat.

Walaupun develepor tiktok menciptakan fitur cash on delivery, bagi pemilik toko yang tidak mengaktifkanya tetap saja COD tidak bisa digunakan seperti pada gambar diatas. Jadi disimpulkan kalau penjual memiliki kendali untuk mengaktifkan fitur COD maupun sebaliknya.

  • Melebihi Batas Maksimum COD

Batas maksimum pembelian barang menggunakan sistem COD tiktok shop sekitar Rp 1.450.000, jadi kamu bisa periksa maksimum belanjamu dan segera ketahui alasan kenapa tidak bisa COD di tiktok shop.

Disamping itu ada beberapa jenis barang yang tidak bisa menggunakan metode pembayaran ditempat, seperti perhiasan, perabotan rumah tangga yang besar, barang elektronik dan lain-lain.

  • Alamat Tujuan Pesanan Tidak Lengkap

Selain tiga poin diatas, penyebab tidak bisa cod di tiktok shop karena alamat tujuan belum lengkap.

Kamu pastinya mengetahui sistem pembayaran ditempat dilakukan setelah barang diterima, lantas bagaimana jika alamat pengantaran tidak jelas? Karena inilah penjual tidak bisa memproses sistem pembayaran yang membuat kamu tidak bisa menikmati fitur COD.

Intip juga 16 Link Penambah Like di TikTok Tanpa Password

  • Alamat Tujuan Pesanan di Luar Jangkauan Sistem COD

Perlu diketahui bahwa alamat pembeli yang dimasukkan akan terekam kedalam coverage area sistem pembayaran COD. Ada beberapa area yang tidak bisa dijangkau untuk memberlakukan sistem pembayaran di tempat.

Jadi alasan terakhir kenapa tidak bisa COD di tiktok shop tak lain karena alamat tujuan pesanan diluar jangkauan sistem COD, jadi opsi berikut hanya bisa ditangani dengan mengganti alamat dan metode pembayaran.

Cara Mengatasi Tiktok Shop Tidak Bisa COD

Pesanan tiktok shop yang tidak bisa COD akan menyulitkanmu sebagai pengguna. Setelah mengetahui alasan kenapa tidak bisa COD di tiktok shop, pastinya kamu membutuhkan cara untuk mengatasinya, jika iya mari kita ulas!

Update Aplikasi Tiktok

Diatas anda sudah mengetahui kenapa tidak bisa cod di tiktok shop, salah satunya karena aplikasi masih dalam versi lama. Jadi cara pertama yang bisa kamu coba dengan mengupgrade aplikasi di google playstore maupun appstore untuk mengatasi masalah bug dalam sistem.

Temukan Toko yang Bisa COD

Tiktok shop sudah menjadi salah satu marketplace yang diburu, hal ini membuat seller bergabung dan menjual barang disini.

Cara mengatasi tiktok shop tidak bisa COD dengan menemukan toko yang mengaktifkan fitur tersebut. Dalam tiktok shop setidaknya ada dua toko maupun lebih yang menjual barang serupa, jadi masukkan kata kunci berupa nama produk di shop lalu produk serupa dan penjual akan muncul setelahnya, kamu bisa cek dibeberapa toko tersebut.

Pastikan Pesananmu Tidak Melebihi Batas Maksimum

Setelah upgrade dan menemukan toko yang mengaktifkan fitur COD tetapi tak berhasil, kamu diarahkan untuk melihat kembali nominal pesanan dan pastikan tidak melebihi batas maksimum senilai Rp 1.450.000.

Jika pesanan melebihi angka tersebut, sebaiknya kamu menunda pembelian atau mengganti metode pembayaran menjadi non tunai, kamu juga bisa menemukan toko lain yang menjual barang serupa dengan harga yang lebih murah.

Lengkapi Alamat Pengiriman

Cara kedua yang bisa kamu lakukan dengan melengkapi alamat pengiriman, ada beberapa opsi untuk mengubah maupun melengkapi alamat pengiriman, berikut diataranya:

cara mengatasi tidak bisa COD tiktok shop
cara mengatasi tidak bisa COD tiktok shop
  1. Masuk ke tiktok dan klik shop yang ada di beranda
  2. Sejajar dengan pesanan temukan alamat, klik dan muncul info pengiriman
  3. Kamu bisa klik edit alamat pengiriman atau menambah alamat yang baru
  4. Pastikan alamat sudah lengkap lalu klik simpan

Tunggu Sampai Wilayah Terjangkau Sistem COD

Cara terakhir untuk mengatasi tiktok shop tidak bisa COD dengan menunggu sampai wilayahmu terjangkau sistem COD, walaupun begitu belum bisa dipastikan kapan opsi ini terselenggara mengingat saat ini hanya J&T express yang memberlakukan sistem pembayaran ditempat.

Alternatif lain dengan mengganti alamat pengiriman pada area yang terjangkau, baik rumah teman maupun kerabat.

Tips COD di Tiktok Shop

Tips Deskripsi Singkat
Pilih Produk dengan Opsi COD Tidak semua produk di TikTok Shop menawarkan opsi Cash on Delivery (COD). Pastikan produk yang Anda inginkan menawarkan opsi ini.
Periksa Detail Produk dan Penjual Sebelum melakukan pembelian, pastikan Anda telah memeriksa detail produk dan ulasan penjual dengan seksama.
Isi Alamat dengan Tepat Isi alamat pengiriman Anda dengan jelas dan detail, termasuk landmark atau petunjuk tambahan jika perlu. Ini membantu kurir menemukan lokasi Anda.
Siapkan Uang Pas Jika Anda memilih COD, siapkan uang tunai yang pas saat barang datang. Ini untuk memudahkan proses transaksi dengan kurir.
Cek Produk saat Pengiriman Sebelum memberikan pembayaran, pastikan untuk memeriksa kondisi produk dan apakah itu sesuai dengan apa yang Anda pesan.

Kesimpulan

Kenapa Tidak bisa COD di Tiktok Shop
Kenapa Tidak bisa COD di Tiktok Shop

Kini anda sudah mengetahui alasan kenapa tidak bisa COD di tiktok shop, dari beberapa opsi yang telah kita bahas toko yang tidak mengaktifkan fitur COD dan alamat pengiriman yang belum lengkap merupakan penyebab umumnya tidak bisa melakukan pembayaran ditempat ini.

Kamu juga bisa menanyakan langsung kepada penjual kenapa tidak bisa COD di tiktok shop dengan mengunjungi toko dan memulai obrolan. Demikian pembahasan ini, kunjungi Mocipay untuk melihat artikel lain yang mungkin kamu butuhkan.

Related Post