Harga Anjing Golden Retriever 2024 : Anakan, Dewasa, Stambum & Non Stambum

Rohma Dearni

Anjing golden merupakan ras yang cukup diminati untuk dipelihara, karena itu informasi harga anjing golden retriever lebih dibutuhkan saat ini.

Bagi pecinta hewan memiliki anjing merupakan hal yang didambakan, selain lucu dan menggemaskan banyak dari mereka yang beranggapan anjing merupakan teman bahkan anggota keluarga, dan golden retriever merupakan hewan yang sesuai deskripsi tersebut.

Ini karena golden memiliki kepribadian yang unik, mencintai manusia sepenuh hati sampai pada hal-hal mengejutkan lainya. Sebelum membahas harga anjing golden, mari simak dahulu fakta-fakta menarik tentang anjing bertubuh besar ini!

Mengenal Anjing Golden Retriever

Melansir dari Wikipedia golden retriever adalah anjing trah yang mulanya dibiakkan sebagai anjing pemburu untuk mengambil hasil buruan yang sudah ditembak. Anjing trah ini termasuk jenis retriever (pengambil) yang menemukan atau mengambilkan burung air atau unggas liar untuk pemburu.

Dijelaskan ada beberapa jenis golden yang didasarkan pada negara asalnya, yakni American golden retriever, English golden retriever yang berasal dari Skotlandia, dan Canadian golden retriever.

Anjing golden retriever
Sumber : twitter.com

Dari segi fisik, anjing golden retriever jantan memiliki tinggi sekitar 58-60 cm, dengan berat rata-rata 30 sampai 43 kg, sedangkan anjing golden betina akan tumbuh sekitar 55 sampai 57 cm dan beratnya 25 hingga 29 kg.

Anjing golden retriever memiliki susunan bulu yang sangat rapat dan tahan air, bisa lurus dan agak berombak. Warna bulu golden retriever emas berkilau dalam berbagai nuansa, ada juga yang menyebutkan trah ini memiliki bulu berwarna krem.

Kepribadian Anjing Golden Retriever

Anjing golden retriever merupakan salah satu ras yang paling popluer di Amerika Serikat, di Indonesia tak sedikit juga yang memelihara anjing yang ramah ini, bisa dikatakan banyak yang mengidamkan ras ini dijadikan
sebagai sahabat keluarga.

Lantas tahukah kamu bagaimana kepribadian golden retriever? jika belum, simak yuk!

Dedikasi Hidup Untuk Mencintai Manusia 

golden retriever adalah pilihan yang paling sempurna sebagai anjing keluarga karena mereka sangat mencintai manusia dan dinobatkan sebagai anjing yang hangat dan ramah, karena hal inilah golden tidak bisa dijadikan sebagai anjing penjaga.

Pemberani Namun Tidak Terlalu Agresif

karena sebelumnya anjing ini dibiakkan menjadi anjing pemburu jadi mereka salah satu ras anjing pemberani, namun golden tidak agresif karena terlalu mencintai manusia dan menganggap mereka sebagai tuannya, jika sedang curiga pada suatu hal mereka hanya akan menggonggong untuk pemberitahu pemiliknya.

Ras anjing yang suka bersenang-senang

Selain bersifat ramah, mereka juga suka bersenang-senang dan bermain kesana-ke sini. Anjing ini suka bermain di alam terbuka, bermain dengan sesama mereka dan pemiliknya, karena hal itu mereka adalah anjing yang sangat bahagia dan menjadi anjing keluarga.

Karaker anjing golden retriever

Anjing golden juga punya cadangan energi yang tinggi, mereka harus memiliki aktivitas yang terjadwal setiap hari, sebab jika sendiri mereka akan bosan dan kurang gesit. Jadi, sebelum mengetahui harga anjing golden retriever dan membelinya pastikan kamu bisa membagi waktu bersama anabul yang satu ini.

Cerdas dan Mudah Dilatih

Golden retriever masuk kategori anjing yang mudah dilatih, namun dalam pelatihan ini kamu butuh kesabaran dan pelatihan yang berulang-ulang. Agar anjing mudah memahami instruksi, berikan pelatihan yang bertahap yang disukainya dengan begitu mereka lebih mudah untuk mengerti pola yang kamu beri.

Intip juga Harga Anjing Husky Terbaru

Harga Anjing Golden Retriever

Nah, setelah mengetahui karakteristik anjing berhati lembut ini, kamu pastinya bertanya kisaran harga anjing golden retriever. Sebenarnya harga anjing golden retriever tidak terlalu mahal ya sobat, apalagi jika anjing ini disilangkan dengan ras lain.

Harga anjing golden retriever
Harga anjing golden retriever

Tidak hanya persilangan, harga anjing golden retriever juga ditentukan dengan surat stambum. Jadi, surat stambum merupakan akte lahir yang dikeluarkan oleh Perkin bagi anjing yang lahir dari induk dan pejantan dari trah yang sama, ini tentu mempengaruhi harga jualnya.

Bagaimanapun jika anjing anak anjing golden berasal dari indukan yang memiliki trah yang sama namun tidak disertakan surat stambum, harga jual anjing sama dengan anakan anjing mix antara golden dengan jenis yang lainya. Untuk kelengkapan informasimu sebelum memiliki anjing golden, berikut kami lampirkan harga anjing golden retriever terbaru:

Jenis Golden Retriever Harga/ ekor
Golden Retriever Puppies Jantan Rp 3.000.000
Golden Retriever Puppies Betina Rp 2.900.000
Golden Retriever Mix Labrador Betina 3 Bulan Rp 1.500.000
Golden Retriever Mix Samoyed Jantan 3 Bulan Rp 1.500.000
Golden Retriever Jantan & Betina  Puppies Stambum Mulai dari Rp 8.500.000
Golden Retriever Jantan & Betina Dewasa Stambum Rp 6.500.000 – Rp 9.000.000

Daftar harga anjing golden retriever kami peroleh dari beberapa sumber, termasuk situs jual beli online yang berhasil menjual beberapa jenis anjing golden dari trah yang sama maupun hasil persilangan.

Walau begitu, tidak menutup kemungkinan adanya perubahan dan perbedaan harga pada beberapa lokasi. Dalam memilih anjing goden sebaiknya tinjau langsung ketempat untuk melihat fisik anjing berikut dengan kelengkapan berkas yang sudah disepakati sebelumnya.

Lihat juga Jenis dan Harga Anjing Corgi 

Makanan dan Cara Merawat Anjing Golden Retriever

Makanan dan cara merawat anjing golden retriever
Sumber: tokopedia.com

Ternyata tidak hanya harga anjing golden retriever, jika tertarik memelihara anjing berhati emas ini kamu harus keluarkan sejumlah dana untuk merawatnya. Inilah beberapa perawatan yang harus kamu lakukan jika ingin anjing ras golden berumur panjang:

  • Ruangan yang cukup, anjing golden memiliki ukuran tubuh yang besar seiring berjalanya waktu, jadi perlu menyediakan ruang yang cukup agar anjing bergerak bebas disekitar rumah. Golden retriever juga dikenal sebagai anjing yang suka bersosial, jadi pastikan tempat tinggalmu lega untuknya.
  • Pilih makanan berkualitas tinggi, daging merupakan sumber nutrisi utama bagi golden retriever karena anjing merupakan hewan karnivora. Namun, akan lebih baik meberikan makanan yang khusus spesies tertentu, kamu juga bisa pertimbangkan makanan setelah berkonsultasi dengan dokter.
  • Sediakan mainan yang bisa dikunyah, anjing ini sangat gemar menggigit barang disekitar, untuk menghindari hal tersebut berikan mainan untuk dikunyah.
  • Cek telinga rutin, golden retriever rentan mengalami infeksi pada telinga karena mereka punya telinga yang cukup besar. Jadi, cek telinga secara rutin dan pastikan bagian dalam telinga bersih dan kering.
  • Sikat bulu anjing dengan rutin, Golden merupakan salah satu anjing yang memiliki lapisan bulu yang tebal dan panjang, akibatnya bulu mereka rentan kusut dan rontok. Untuk merawat anjing ini pastikan kamu menyikat bulu setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Kesimpulan

Harga Anjing Golden Retriever
Harga Anjing Golden Retriever

Setelah melihat daftar harga anjing golden retriever diatas, kira-kira sobat tertarik memelihara anjing golden yang memiliki surat stambun atau tidak nih? Terlepas dari pilihanmu, pastikan kamu adalah owner yang sepenuh hati membantu dan melatih kecerdasan ras ini.

Itulah informasi terkait anjing golden retriever yang bisa Mocipay bagikan untuk sobat, semoga bermanfaat.

Related Post