7 Aplikasi Penghemat Kuota Android Terbaik

Iusnar Sinaga

Apakah kamu merasa sangat boros dalam pemakaian kuota? Jika iya, atasi saja dengan beberapa aplikasi penghemat kuota Android terbaik yang akan kami tampilkan dalam artikel ini.

Di era digital seperti sekarang ini, kuota internet memang sudah menjadi salah satu kebutuhan utama untuk para pengguna ponsel. Namun, dipicu oleh banyaknya tontonan menarik pada berbagai aplikasi media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook, termasuk juga YouTube dan masih banyak aplikasi lainnya kerap membuat para pengguna SmartPhone menjadi boros akan pemakaian kuota.

Untuk itu aplikasi penghemat kuota android sangat diperlukan disini. Gunanya tak lain adalah untuk mengontrol pemakaian kuota internet yang anda gunakan dalam aktivitas anda terkait pemakaian kuota milik anda.

Apa penyebab boros kuota?

Sumber: 3.bp.blogspot.com

Sebelum meninjau topik utama yang akan kita bahas dalam artikel ini yakni terkait aplikasi penghemat kuota Android, tentu hal pertama yang perlu untuk kamu ketahui adalah memahami apa sebenarnya yang menyebabkan ponsel menjadi boros kuota.

Nah, dibawah ini kami akan menunjukkan beberapa penyebab yang membuat ponsel menjadi boros kuota. Beberapa penyebab yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Banyaknya aplikasi yang berjalan dilatar belakang
  • Terlalu sering menggunakan aplikasi-aplikasi yang memakan banyak data seperti: TikTok dan Instagram
  • Aktivitas menonton Live Streaming
  • Memutar video pada YouTube dengan menggunakan kualitas terbaik (HD)
  • Penggunaan aktif pada aplikasi-aplikasi platform menonton seperti WeTv, Viu, Netflix, Chrome, Telegram, Vidio, dll
  • Tetap menyalakan data saat sedang tidak digunakan seperti misalnya ketika sudah waktunya beristirahat
  • Menghidupkan fitur update aplikasi otomatis aplikasi pada google play store

Bagaimana caranya agar kuota tidak cepat habis?

Sebelum beralih menggunakan aplikasi, kami ingin kamu mengetahui setidaknya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kuota mu tidak cepat habis. Penasaran apa saja caranya? Silahkan lihat ke bawah ini:

  1. Mematikan data saat sedang tidak diperlukan atau ketika anda hendak istirahat pada malam hari
  2. Buang aplikasi yang berjalan dilatar belakang
  3. Batasi penggunaan bulanan yang dapat kamu akses melalui menu setelan
  4. Gunakan kualitas “sedang” saat sedang berselancar di halaman YouTube
  5. Aktifkan mode hemat data melalui menu setelan > Jaringan seluler > Aktifkan penghemat data
  6. Batasi waktu anda dalam menggunakan aplikasi-aplikasi yang boros kuota
  7. Jika ingin menonton film, sebaiknya download filmnya terlebih dahulu. Jika memungkinkan, manfaatkan waktu untuk mendownload ditempat yang tersedia wifi
  8. Matikan fitur update aplikasi secara otomatis
  9. Matikan fitur download otomatis file-file yang dikirim melalui Whatsapp

Aplikasi penghemat kuota Android terbaik

Beberapa cara agar kuota tidak cepat habis yang telah kami sebutkan diatas sebenarnya dapat bekerja secara efektif untuk menghemat pemakaian kuota internet anda. Namun jika anda ingin juga mencoba beberapa aplikasi penghemat kuota Android, maka berikut ini kami tampilkan untukmu!

  • My Data Manager

Aplikasi penghemat kuota Android terbaik

Aplikasi penghemat kuota Android yang pertama kami rekomendasikan adalah “My Data Manager” Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk dapat mengendalikan pemakaian data seluler dan menggunakan paket kuota dengan lebih efektif yang membawa dapat membawa dampak positif, salah satunya yaitu menghemat uang.

Aplikasi ini dapat melacak berapa besar data yang anda pakai, memantau aplikasi apa saja yang menggunakan data paling besar, dan juga akan memberikan sinyal sebelum kuota anda habis. Adapun beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah:

  1. Pelacak data
  2. Alarm
  3. pelacak aplikasi
  4. Histori, yang akan melacak riwayat pengomsumsian data guna memastikan pemaikan kuota tidak berlebih
  • Glasswire

Glasswire juga termasuk sebagai salah satu monitor penggunaan data terbaik untuk Android. Aplikasi ini memudahkan anda untuk memantau penggunaan data seluler dan membatasi pemakaian data. Selain itu, Glasswire ini juga dapat mendeteksi aplikasi apa yang memperlambat koneksi ponsel anda atau membuang-buang data seluler anda.

Mengenai fitur dari aplikasi ini, Glasswire juga memiliki beberapa fitur yang tak kalah menarik dari fitur yang dimiliki oleh aplikasi sebelumnya “My data manager”. Beberapa fitur dalam aplikasi Glasswire adalah:

  1. Fitur peringatan sebelum mencapai batas data yang telah anda setel sebelumnya
  2. Menyediakan grafik dari aplikasi yang menggunakan data seluler anda
  3. Memberikan notifikasi setiap kali ada aplikasi yang baru saja mengakses jaringan data seluler
  4. Terdapat juga fitur untuk melindungi privasi anda
  5. Dapat memblokir aplikasi agar tidak terhubung dengan dengan jaringan data seluler
  6. memiliki fitur yang dapat mengukur kecepatan jaringan data seluler
  • Data Usage Manager & Monitor

Anda ingin menghemat uang dengan membatasi pemakaian kuota internet? Mungkin Data usage manager & monitor dapat anda jadikan sebagai salah satu solusinya! Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat memonitor pemakaian data seluler anda dengan baik sehingga tidak jatuh pada pemborosan kuota.

Menariknya aplikasi ini adalah memungkinkan penggunanya untuk membuat widget unik dan simpel yang dapat dipasang pada layar beranda untuk memantau penggunaan data seluler. Sama seperti aplikasi lainnya, Data usage manager & monitor ini memiliki beberapa fitur seperti:

  1. Widget layar beranda
  2. Penggunaan roaming
  3. Penggunaan data historis
  4. paket data dan siklus penagihan yang fleksibel dengan tanggal mulai dan periode kustom: bulanan, mingguan, harian, atau bisa juga atur ulang manual.
  5. Layar kecepatan internet
  • Neodata

Aplikasi penghemat kuota Android

Aplikasi penghemat kuota Android yang berikutnya adalah “Neodata” yang merupakan sebuah aplikasi yang dapat menunjukkan jumlah data yang digunakan secara akurat. Aplikasi ini termasuk sebagai salah satu aplikasi penghemat kuota terbaik yang sangat kami rekomendasikan untuk anda gunakan. Namun sayangnya, aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna Indosat (IM3), Telkomsel dan XL saja.

Selain efektif dalam menghemat kuota internet, aplikasi ini juga dapat memanage penggunaan Hotspot seluler. Sehingga ketika fitur Hotspot anda sedang aktif, anda dapat membatasi penggunaanya serta dapat mengetahui perangkat mana saja yang terhubung ke hotspot anda.

  • Data Usage

Aplikasi penghemat kuota Android

Data usage adalah sebuah aplikasi yang dapat mengelola dan melacak penggunaan data seluler ataupun wifi pada SmartPhone anda. Aplikasi ini pertama kali di rilis pada tahun 2019, dan sampai saat ini aplikasi ini sudah mencapai rating yang bagus disertai dengan komentar yang bagus pula dari para penggunanya pada google play store.

Hal itu tentu saja sudah membuktikan bahwa aplikasi ini bekerja dengan baik sebagai penghemat kuota Android. Data usage memiliki beberapa fitur andalan, seperti:

  1. Notifikasi, untuk menampilkan data seluler dan WiFi pada notifikasi
  2. Pelacak data, menampilkan data harian setiap aplikasi saat anda membukanya
  3. Data warning, menampilkan peringatan jika penggunaan data sudah melebihi batas yang telah ditentukan
  4. Penggunaan data aplikasi, yaitu untuk menampilkan data untuk aplikasi selama jangka waktu tertentu
  • Data Watcher

Aplikasi “data watcher” merupakan sebuah aplikasi yang merangkap dua fungsi utama sekaligus yakni untuk menghemat data seluler dan juga menghemat penggunaan baterai. Melalui aplikasi ini anda dapat:

> memeriksa masing-masing aplikasi untuk mengetahui bagaimana data digunakan

> Menghentikan data internet seluler maupun Wifi pada aplikasi-aplikasi tertentu

> Mengontrol penggunaan data berdasarkan masing-masing aplikasi

> Memantau penggunaan data seluler/ wifi per harinya dan dilengkapi dengan statistik penggunaan aplikasi

  • Internet Speed Meter Lite

Rekomendasi aplikasi penghemat kuota Android terbaik yang terakhir kami tampilkan adalah “Internet Speed Meter Lite” Jika dilihat dari dari nama aplikasi nya, Internet speed meter lite ini lebih mengarah ke pelacakan kecepatan internet. Ya, memang benar demikian!

Namun ternyata fitur utamanya tidak hanya untuk mengukur kecepatan internet saja. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk dapat mengontrol penggunaan data seluler dengan baik. Selain itu, ada juga fitur hemat baterai yang akan sangat berguna untuk memperpanjang waktu penggunaan ponsel anda.

Link Download Aplikasi Penghemat Kuota Android

Nah, anda telah mengetahui beberapa aplikasi penghemat kuota Android, biar lebih lengkap pada tampilan selanjutnya, berikut kami akan menyertakan juga Link Download dari masing-masing aplikasi penghemat kuota Android yang telah kami sebutkan diatas. Silahkan kamu pilih mana kira-kira yang lebih cocok untuk kamu pasang di SmartPhone kamu.

Nama Aplikasi Ukuran Download Link Download
my data manager 5,0 MB com.mobidia.android.mdm
Neodata 3,7 MB com.neozomii.deeta
Data usage manager & Monitor 6,9 MB com.roysolberg.android.datacounter
Glasswire 4,7 MB com.glasswire.android
Data usage 3,5 MB com.agooday.datausage
Data watcher 15 MB com.brb.datasave.b
Internet speed meter lite 1,6 MB com.internet.speed.meter.lite

Penutup

aplikasi penghemat kuota Android
aplikasi penghemat kuota Android

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi penghemat kuota Android terbaik yang dapat kamu jadikan sebagai referensi sebelum mendownload dan memasang aplikasi penghemat kuota di ponsel milik kamu. Terapkan hidup hemat mulai dari sekarang! Salah satu caranya yaitu dengan membatasi dan mengelola penggunaan kuota internet.

Related Post