Perbandingan Asuransi Mobil Di Indonesia: Mana Yang Terbaik?

Gunawan Sumri

Banyak masyarakat Indonesia yang berusaha mencari perbandingan asuransi mobil demi menentukan pilihan asuransi yang paling sesuai. Meskipun begitu, masih banyak pula pemilik mobil yang belum merasa bahwa asuransi merupakan opsi yang wajib. Oleh karena itu, mari perhatikan informasi mengenai perbandingan asuransi mobil untuk membantu Anda dalam mencari asuransi yang cocok!

Perbandingan Asuransi Mobil di Indonesia

Perbandingan Asuransi Mobil
Perbandingan Asuransi Mobil Di Indonesia

Setiap orang yang memiliki mobil merasa bahwa impiannya sudah tercapai, dan tentunya untuk menjaga impian tersebut hingga waktu yang lama kita harus menggunakan jasa asuransi. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab asuransi mobil akan membantu kita agar bisa berkendara dengan lebih aman bahkan meskipun nantinya menemui kesulitan tertentu.

Kini, sudah ada banyak sekali jasa asuransi yang ada di Indonesia, oleh karena itu kita harus pintar-pintar dalam melakukan perbandingan asuransi mobil. Jika kita salah pilih dan terlalu tergiur dengan janji-janji yang disediakan oleh pihak asuransi, bukan hal yang tidak mungkin bahwa nanti kita merasa kecewa dengan layanan mereka.

Perbandingan asuransi mobil ini bisa kita lihat dari layanan polis asuransi yang mereka sediakan. Seluruh pihak asuransi tentunya menerapkan kebijakan yang berbeda-beda, tergantung dari skala dan tingkat kerugian yang bisa mereka hadapi. Inilah beberapa rincian singkat mengenai perbandingan asuransi mobil:

1. Asuransi Mobil Abda

Asuransi Mobil Abda
Asuransi Mobil Abda

Perbandingan asuransi mobil yang pertama jatuh kepada Abda Auto Insurance atau yang juga dikenal sebagai Asuransi Mobil Anda. Mereka memberikan perlindungan Total Loss dan All Risk, sehingga ketika mobil Anda mengalami kecelakaan tertentu maka tidak perlu merasa bingung sebab biaya perbaikan pasti akan ditanggung oleh mereka.

  • Hal lain yang membuat Asuransi Mobil Abda begitu menarik adalah adanya layanan yang cukup unik, yakni Road Assistance 24 jam.
  • Dengan layanan tersebut, maka pihak Abda akan menyediakan bantuan Perbandingan Asuransi Mobil Di Indonesia berupa flat tire, locksmith, fuel delivery, mobil derek, dan lain sebagainya.

Perbandingan Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Mobil Abda

Bahkan, Asuransi Mobil Abda pun memberikan perlindungan tambahan yang mumpuni yakni membantu pengemudi yang sebelumnya kecelakaan disertai tambahan biaya premi terjangkau. Perbandingan asuransi mobil dari Abda dengan yang lainnya terletak dari beberapa hal yang mereka sediakan, berupa:

Manfaat Kekurangan
Cara klaim yang cukup mudah, yakni hanya melalui aplikasi saja. Hanya tersedia untuk yang tertanggung karyawan saja.
Bengkel rekanan tersedia di berbagai daerah meliputi Kalimantan, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan masih banyak lagi. Pelayanan yang cukup lambat oleh pihak asuransi.
Biaya premi mulai dari 205 ribu per bulan (All Risk) dan 36 ribu per bulan (TLO) Harus menunggu ketika ingin melakukan klaim asuransi.

2. Jasa Raharja Putera

Jasa Raharja Putera
Jasa Raharja Putera

Ketika membahas mengenai perbandingan asuransi mobil, akan terasa kurang apabila tidak turut serta menyebut Jasa Raharja Putera. Hal tersebut karena nama asuransi ini termasuk yang sudah cukup populer di mata publik, sehingga tidak mengherankan apabila banyak sekali masyarakat Indonesia yang turut serta menggunakan jasa mereka.

  • Pada tahun 2021 yang lalu mereka dianggap sebagai salah satu asuransi mobil terbaik di seluruh Indonesia.
  • Mereka menghadirkan layanan yang baru untuk membantu melindungi pemilik kendaraan, baik itu motor atau pun mobil agar senantiasa bisa berkendara dengan baik tanpa harus mengalami kerugian karena kecelakaan.

Banyak yang mengira bahwa Jasa Raharja Putera dan Jasa Raharja adalah asuransi yang sama, akan tetapi sebenarnya keduanya adalah asuransi yang berbeda. Jasa Raharja sendiri merupakan asuransi yang dinaungi oleh BUMN untuk mengelola kecelakaan lalu lintas dan diperuntukkan bagi pejalan kaki, angkutan umum, kendaraan pribadi.

Perbandingan Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Jasa Raharja Putera

Sementara itu, Jasa Raharja Putera merupakan anak dari perusahaan Jasa Raharja yang bertujuan untuk menyasar masyarakat Indonesia lainnya. Berikut ini adalah perbandingan asuransi mobil antara Jasa Raharja Putera dan Jasa Raharja:

Jasa Raharja Jasa Raharja Putera
Memberikan perlindungan yang bersifat dasar dan iuran yang dilakukan bersifat wajib. Memiliki nilai yang unlimited, serta memberikan penawaran perlindungan yang cukup banyak.
Biaya premi yang diterima berasal dari uang pajak tahunan yang dibayar oleh masyarakat. Iuran berasal dari biaya premi yang dibayar secara pribadi ketika memutuskan untuk menggunakan jasa ini.
Secara otomatis akan langsung mendapatkan bantuan ketika mengalami masalah di jalan raya. Harus berlangganan dengan sistem asuransi terlebih dahulu sebelum mendapatkan perlindungan yang mumpuni dari asuransi.

3. Simas Mobil Exclusive

Simas Mobil Exclusive
Simas Mobil Exclusive

Perbandingan asuransi mobil yang selanjutnya berkaitan dengan asuransi yang juga tidak kalah populer, yakni Asuransi Sinar Mas. Sama halnya dengan asuransi mobil pada umumnya, pihak Sinar Mas juga telah menyediakan perlindungan kepada setiap pemilik asuransi secara lengkap.

  • Berdiri sejak tahun 1985 yang lalu, Sinar Mas menjadi salah satu asuransi mobil dengan produk asuransi yang sangat unggul dan inovatif, oleh karena itu banyak pihak yang berusaha untuk menggunakan jasa mereka.
  • Bahkan, Sinar Mas pun melakukan kerja sama dengan perusahaan internasional untuk menjamin lebih jauh tentang keamanan yang mereka sediakan.

Umumnya, Sinar Mas memberikan layanan asuransi mobil yang memiliki penumpang mencapai empat orang. Bagi Anda yang selama ini sering bepergian bersama dengan anggota keluarga, pastinya bisa merasa jauh lebih tenang ketika memakai asuransi ini.

Perbandingan Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Simas Mobil Exclusive

Ada beberapa fasilitas lain yang disediakan oleh pihak Sinar Mas, salah satunya yaitu penggantian biaya transportasi yang mencapai angka 200 ribu rupiah per hari. Tidak hanya itu, namun inilah beberapa perbandingan asuransi mobil Sinar Mas dari manfaat dan kekurangan serta Perbandingan Asuransi Mobil Di Indonesia yang dimilikinya:

Kelebihan Kekurangan
Ketika terjadi kecelakaan di daerah Jabodetabek, maka Anda akan mendapatkan biaya derek yang gratis tanpa harus membayar lagi. Sistem UI/UX yang disediakan oleh pihak Sinar Mas masih sering dikeluhkan oleh banyak pengguna asuransi terlebih ketika mereka ingin melakukan klaim.
Perlindungan yang diberikan kepada penumpang dan pengemudi sangat maksimal. Aplikasi Sinar Mas masih tergolong cukup lambat digunakan, dan sering terjadi error yang mengganggu kenyamanan para pengguna.
Mempunyai bengkel rekanan yang tersebar di Indonesia mencapai 473 bengkel.
Melayani tanggungan berbagai jenis mobil dengan usia kendaraan maksimal 10 tahun.

4. Garda Oto

Garda Oto
Garda Oto

Nama asuransi mobil yang lain adalah Garda Oto, sebuah asuransi yang dikeluarkan oleh pihak Astra Buana. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1995, hingga kini Garda Oto menjadi salah satu asuransi yang dijadikan favorit oleh para pemilik mobil karena layanan mereka yang cukup memuaskan.

  • Mereka memberikan dua jenis pertanggungan yang ditujukan kepada pelanggan, yakni Comprehensive yang bisa menjamin total loss dan juga partial loss.
  • Sementara itu, jenis pertanggungan yang lainnya adalah TLO, untuk mengganti biaya kerusakan atau kehilangan mobil lebih dari 75%.

Pada tahun 2015 lalu, Garda Oto memperoleh penghargaan sebagai perusahaan yang paling dikagumi oleh Business Week Magazine. Setiap tahunnya, mereka berusaha untuk memberikan pelayanan yang mumpuni kepada seluruh pengguna sehingga tingkat kepercayaan dan kredibilitas yang mereka miliki pun begitu memuaskan.

Perbandingan Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Garda Oto

Meskipun begitu, tentunya Garda Oto juga tetap mempunyai beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya. Ini dia perbandingan asuransi mobil Garda Oto berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang kemungkinan besar akan dirasakan oleh setiap pengguna:

Kelebihan Kekurangan
Laporan klaim untuk polis asuransi yang sebelumnya sudah dibeli dapat dilakukan secara online, sehingga Anda tidak perlu mengunjungi kantor asuransi. Layanan Home Survey masih cukup terbatas dan belum merata di seluruh Indonesia. Sebab, layanan yang satu ini baru tersedia di beberapa kota, yakni Surabaya, Bandung, Bogor, dan juga Jakarta.
Proses yang dilakukan untuk klaim asuransi terbilang sangat mudah, terlebih dengan adanya Home Survey yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah pribadi.

5. Sompo Insurance Indonesia

Sompo Insurance Indonesia
Sompo Insurance Indonesia

Bagi pemilik mobil yang beragama Islam dan masih meragukan proses-proses asuransi pada perusahaan umum, maka telah tersedia alternatif yang lain yakni Sompo Insurance Indonesia. Asuransi mobil yang satu ini memang menerapkan prinsip syariah dalam melakukan prosesnya, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir atau pun mempertanyakan kaidah-kaidah yang mereka lakukan.

  • Kejadian tertentu seperti pencurian, kecelakaan, hingga tindakan kriminal lainnya yang berkaitan dengan mobil Anda akan segera diproses sesuai dengan apa yang tertuang di hukum syariah.
  • Di sini, dana yang dipakai untuk membayar klaim pengguna asuransi berasal dari dana tabarru yang berasal dari hasil infaq milik seluruh peserta.

Berdasarkan informasi yang tertuang di data Statistik Perasuransian yang dirilis oleh OJK pada tahun 2021, Sompo Insurance Indonesia menempati posisi 10 sebagai perusahaan asuransi terbesar yang ada di Indonesia. Dengan begitu, maka setiap pelanggan akan memperoleh perlindungan yang mumpuni tanpa harus merasa bingung dengan kualitas yang mereka sediakan.

Perbandingan Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Sompo Insurance Indonesia

Sompo Insurance Indonesia menyediakan tunjangan transportasi yang cukup mumpuni yakni 150 ribu per hari apabila mobil Anda diperbaiki selama lebih dari 7 hari. Selain itu, Sompo Insurance juga memiliki beberapa informasi lainnya, seperti:

Kelebihan Kekurangan
Proses klaim bisa dilakukan melalui layanan secara daring yakni WhatsApp, telepon, atau pun email selama 24 jam. Meskipun bisa melakukan klaim secara online, akan tetapi Sompo masih belum menyediakan aplikasi yang tersedia di App Store atau pun Google Play.

6. Asuransi Mobil Tokio Marine

Asuransi Mobil Tokio Marine
Asuransi Mobil Tokio Marine

Terakhir, ada Tokio Marine yang juga menjamin risiko kerusakan dan kerugian pada mobil yang rusak karena berbagai alasan. Ada dua macam perlindungan yang disediakan oleh Tokio Marine yakni kerugian total dan komprehensif yang sesuai dengan tingkat kerusakan mobil.

Perbandingan Kelebihan Dan Kekurangan Asuransi Mobil Tokio Marine

Melalui perlindungan yang disediakan oleh Tokio Marine, maka Anda dapat merasa lebih tenang ketika berkendara di jalan raya. Namun, Tokio Marine juga tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dijadikan sebagai bahan perbandingan dan pertimbangan, seperti berikut:

Kelebihan Kekurangan
Memberikan perlindungan yang masif terhadap kerusakan mobil, dan penghitungan premi asuransi pun transparan sesuai dengan tahun mobil. Tidak menyediakan manfaat tambahan lain untuk kendaraan yang mengalami masalah tertentu, sehingga terkadang akan membuat calon pengguna merasa sedikit keberatan ketika hendak menggunakan jasa mereka.

Penutup

Perbandingan Asuransi Mobil
Perbandingan Asuransi Mobil

Demikian beberapa informasi terkait perbandingan asuransi mobil yang dapat menjadi salah satu bahan bagi Anda ketika ingin memilih asuransi. Asuransi mobil yang terbaik adalah asuransi yang bisa membantu Anda dan menjanjikan perlindungan terhadap kerusakan yang parah. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu bijak ketika ingin memilih asuransi mobil yang ada di atas.

Gunawan Sumri

Pejuang Semester Akhir, Menyalurkan Inspirasi Dengan Menulis. Menyukai Kopi dan Kamu! Iya Kamu :D

Related Post

Tinggalkan komentar