5 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Motor dan Mobil

Widya Samosir

Adanya aplikasi cek pajak kendaraan memang sangat membantu kita saat sedang kesulitan waktu untuk mengecek pajak secara langsung ke samsat.

Aplikasi-aplikasi tersebut memang sengaja di ciptakan untuk cek jumlah pajak dengan cepat apabila ada masyarakat Indonesia yang mungkin sedang menunggak pajak namun belum mempunyai kesempatan untuk menyelesaikannya.

Bagi anda yang sedang mengalami kendala serupa, rekomendasi aplikasi cek pajak kendaraan motor dan mobil berikut bisa anda gunakan.

Aplikasi cek pajak kendaraan motor dan mobil

Membayar pajak bangunan maupun kendaraan merupakan salah satu kewajiban seluruh masyarakat Indonesia yang sudah dikenakan wajib bayar pajak setiap tahunnya.

Untuk pembayaran pajak kendaraan biasanya setiap orang hanya perlu datang ke kantor samsat, samsat keliling atau samsat corner terdekat dari tempat tinggalnya.

Setelah sampai disana umumnya setiap orang yang ingin membayar pajak akan mengikuti proses pembayaran pajak STNK (surat tanda nomor kendaraan) seperti biasa.

Sedangkan pada proses nya sendiri, tahapan pembayaran pajak langsung di kantor samsat memang cukup memakan waktu lama karena setiap orang tidak dapat menghindari antrian pajak yang cukup panjang setiap harinya.

Sehingga tak heran jika memilih opsi lain seperti menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan motor dan mobil akan menjadi cara cepat bayar pajak tanpa perlu nomor antrian.

Apa saja aplikasinya? berikut aplikasi cek pajak kendaraan motor dan mobil terbaik 2023:

  1. Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor

aplikasi cek pajak kendaraan bermotor online
sumber gambar : play.google.com

Cek pajak kendaraan bermotor merupakan aplikasi cek pajak kendaraan yang bisa membantu anda untuk mengecek status pajak kendaraan sepeda motor yang anda miliki hanya dengan memasukkan nomor plat kendaraan anda saja.

Namun tidak semua daerah atau kota dapat menggunakan aplikasi ini melainkan hanya beberapa saja seperti daerah DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Barat.

Meski kedengarannya cukup terbatas, aplikasi cek pajak kendaraan bermotor ini nyatanya mampu menampilkan informasi detail dari jumlah pajak beserta nominal tunggakan yang harus anda bayarkan.

Selain itu, tersedia juga fitur tanggal masa berlaku STNK anda berakhir di dalamnya saat anda menggunakan aplikasi ini nantinya.

Link unduh aplikasi cek pajak kendaraan bermotor

✅ Nama aplikasi Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor
✅ Rate 3,6
✅ Jumlah pengguna 1 jt+
✅ Link play store com.indonesiabisa.pkb
  1. Aplikasi Signal (samsat digital nasional)

aplikasi samsat digital nasional
aplikasi samsat digital nasional

Masih bingung mau cari aplikasi cek pajak kendaraan bermotor yang langsung terhubung dengan samsat setempat?

Anda bisa menggunakan aplikasi berikutnya bernama aplikasi signal. Signal menjadi salah satu aplikasi yang dapat melakukan pengesahan STNK tahunan, dapat membayar pajak kendaraan bermotor online

Termasuk dapat menjadi metode pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ). Dengan hanya mencantumkan nomor plat kendaraan yang anda miliki maka anda sudah dapat melihat data-data lengkap kendaraan anda.

Sebab aplikasi signal sudah mencantumkan semua data kendaraan yang dimiliki polri dan polda di setiap provinsi dan tentunya semua data-data yang ada telah resmi ataupun aman karena sudah terintegrasi dengan data induk kependudukan dari Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Link unduh aplikasi signal

✅ Nama aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional)
✅ Rate 4,6
✅ Jumlah pengguna 1 jt+
✅ Link play store app.signal.id
  1. Aplikasi Newsakpole

aplikasi newsakpole
sumber gambar : play.google.com

Dari sekian banyak aplikasi cek pajak kendaraan motor maupun mobil, aplikasi newsakpole merupakan satu satunya aplikasi yang berfungsi baik hampir diseluruh perangkat android.

Dikarenakan aplikasi newsakpole memiliki ukuran aplikasi hingga ukuran download yang kecil sehingga dapat di unduh dengan cepat dan dapat digunakan semua tipe hp android saat ini.

Jauh berbeda dari kedua aplikasi sebelumnya, aplikasi newsakspole hanya memiliki satu fitur dan menu saja yakni menu cek pajak kendaraan bermotor anda.

Tidak ada data-data atau informasi seputar identitas kendaraan, alamat samsat terdekat, nomor bantuan samsat dan sebagainya.

Selain daripada itu, aplikasi newsakpole hanya dapat digunakan oleh masyarakat yang tinggal di jawa tengah dan sekitarnya saja.

Link unduh aplikasi newsakpole

✅ Nama aplikasi Newsakpole
✅ Rate 3,2
✅ Jumlah pengguna 1 jt+
✅ Link play store com.jatengprov.bapenda
  1. Aplikasi Sambara

aplikasi cek pajak kendaraan sambara
aplikasi cek pajak kendaraan sambara

Aplikasi cek pajak kendaraan yang khusus di ciptakan untuk para penduduk yang tinggal di sekitaran daerah Jawa Barat ialah Sambara.

Saat memasuki halaman aplikasi sambara nantinya anda akan menemukan layanan info kendaraan, info pajak kendaraan dan PNBP khususnya lokasi pelayanan samsat setempat.

Disatu sisi, aplikasi sambara pun menyediakan metode pembayaran pajak seperti pembayaran melalui bank dan disana juga telah terdapat sejumlah jadwal samling ataupun jadwal samdong.

Sedangkan kesulitan yang umum terjadi ketika mencoba aplikasi sambara tidak lain hanya kendala pembaruan aplikasi ulang secara tiba-tiba sehingga masalah susah login telah kerap terjadi.

Link unduh aplikasi Sambara

✅ Nama aplikasi Sambara
✅ Rate 3,2
✅ Jumlah pengguna 5 jt+
✅ Link play store id.go.bapenda.sambara
  1. Aplikasi Sambat

aplikasi cek pajak kendaraan sambat
aplikasi cek pajak kendaraan sambat

Kebanyakan aplikasi cek pajak kendaraan motor dan mobil memang dikhususkan untuk masing-masing wilayah seperti aplikasi Sambat ini.

Dimana aplikasi sambat merupakan aplikasi cek pajak kendaraan yang di ciptakan berkat inovasi tim pembina samsat privinsi Banten khusus untuk masyarakat yang bertempat tinggal di sekitaran Banten.

Sesuai fakta yang ada, aplikasi samsat telah memberikan pelayanan terkait pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), pengesahan STNK dengan metode pembayaran bank.

Aplikasi-aplikasi e-commerce seperti online shop dan modern channel yang telah bekerjasama dengan bank bjb (bank jabar Banten).

Sesaat sebelum tahun 2022, aplikasi sambat ini masih dalam kondisi yang baik-baik saja. Namun setelah tahun tersebut aplikasi cek pajak kendaraan mulai mengalami hasil data pengecekan yang kurang akurat dan itu wajib menjadi perhatian anda walaupun permasalahan tersebut mungkin tidak terlalu sering terjadi.

Link unduh aplikasi Sambat

✅ Nama aplikasi Sambat
✅ Rate 1,8
✅ Jumlah pengguna 100 rb+
✅ Link play store com.sambat.banten

Pada dasarnya 5 aplikasi cek pajak kendaraan diatas memang dapat membantu anda untuk mengatasi pembayaran pajak yang sempat menunggak akibat anda tidak mempunyai waktu untuk membayar pajak di kantor samsat terdekat.

Akan tetapi aplikasi cek pajak kendaraan tersebut tidak mendukung permasalahan aktivasi pajak, mutasi pajak dan persoalan yang lebih berat seputar pajak kendaraan anda.

Keuntungan Membayar Pajak Kendaraan Online

Terkadang membayar pajak kendaraan ke kantor samsat terdekat bisa menjadi hal yang cukup melelahkan bagi anda yang ingin membayar pajak kendaraan yang anda miliki pastinya.

Apalagi jika anda tidak mempunyai waktu yang cocok untuk membayar pajak ditengah-tengah kesibukan anda padahal pajak kendaraan anda sudah jatuh tempo pembayaran atau bahkan sudah memiliki denda.

Sehingga lewat aplikasi cek pajak kendaraan mungkin akan menghasilkan keuntungan buat anda. Nah, dengan sistem yang ada pada setiap aplikasi cek pajak kendaraan online ada beberapa keuntungan lain yang bisa anda dapatkan selain dapat menghemat waktu anda seperti :

  1. Anda dapat memanajemen waktu dengan lebih baik untuk menjaga produktivas anda yang lainnya
  2. Anda tidak perlu menyiapkan dokumen-dokumen penting layaknya anda mengurus pajak kendaraan langsung di kantor samsat.
  3. Dengan aplikasi cek pajak kendaraan online anda hanya perlu memasukkan data NIK, KTP dan nomor polisi dari kendaraan yang anda miliki ke dalam aplikasi tersebut untuk mengetahui tunggakan pajak kendaraan anda.
  4. Seluruh aplikasinya bisa anda unduh gratis di play store
  5. Data yang tertera sudah sangat lengkap dan menyeluruh sesuai data-data kendaraan anda
  6. Pembayaran pajak dapat dilakukan secara online pula karena aplikasi-aplikasi tersebut dapat terhubung dengan rekening pribadi anda
  7. Selain bisa dibayarkan lewat bank, aplikasi cek pajak kendaraan juga memungkinkan anda untuk membayar pajak melalui e-commerce seperti marketplace dan sejenisnya.
  8. Anda bisa cek biaya pajak tahunan kapan saja dan dimana saja.
  9. Aplikasinya bisa digunakan untuk cek nama pemilik kendaraan berdasarkan plat kendaraan juga

Bagaimana sobat? apakah keuntungan penggunaan aplikasi cek kendaraan bermotor diatas cukup meyankinkan anda untuk menggunakan salah satu aplikasi yang ada? jika ya silahkan download dan coba kemudahannya.

Jenis-jenis Pajak Kendaraan

Mengetahui aplikasi cek pajak kendaraan ternyata sama pentingnya dengan mengetahui apa saja jenis-jenis pajak kendaraan yang ada.

Sebab sebelum anda memutuskan untuk membayar pajak ada baiknya anda mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu agar anda tidak salah dalam memilih cara pembayaran pajak nantinya.

Pajak kendaraan sebenarnya dibagi menurut waktu pembayarannya dan ada 2 jenis pajak kendaraan diantaranya pajak tahunan dan pajak 5 tahun. Berikut penjelasan lengkap terkait kedua jenis pajak kendaraan yang ada:

  • Pajak tahunan

Pajak kendaraan tahunan merupakan pajak rutin yang harus dibayarkan setiap tahunnya seperti pajak penghasilan (PPh) umumnya.

Pajak kendaraan tahunan ini bisa dibayarkan secara offline maupun online melalui aplikasi atau anda bisa langsung pergi ke kantor samsat terdekat.

Nah, saat mengurus pajak tahunan ini anda perlu menyiapkan beberapa dokumen penting begitu juga saat hendak membayar pajak tahunan ini nantinya dan ada baiknya dilakukan di cabang samsat terdekat.

Beberapa dokumen yang diperlukan dalam mengurus pajak kendaraan tahunan ialah STNK asli anda, KTP dengan nama yang sesuai.

Apabila nama di data STNK anda tidak sesuai dengan KTP anda maka keinginan anda untuk membayar pajak tidak dapat di proses nantinya.

  • Pajak lima tahunan

Jika pada pajak kendaraan tahunan anda hanya perlu membayar pajak sekali dalam setahun maka untuk pajak lima tahunan anda hanya perlu membayarkan pajak kendaraan anda setiap lima tahun sekali saja.

Pajak lima tahunan ini nantinya ditandai dengan pergantian plat nomor kendaraan dan STNK dan khusus jenis pajak ini anda hanya dapat membayarkan nya secara langsung ke kantor samsat terdekat.

Di kantor samsat juga nantinya anda akan menerima pemeriksaan fisik kendaraan dimulai dari keutuhan rangka, body, standar keselamatan dan beberapa fitur yang akan di cocokan dengan data STNK anda sebelum penggantian STNK.

Sehingga tak heran jika pembayaran pajak 5 tahunan tidak boleh lewat aplikasi cek pajak kendaraan motor maupun mobil diatas.

Tips Penjelasan
Pastikan Aplikasi Resmi atau Terpercaya Pilih aplikasi yang resmi atau terpercaya, seperti yang disediakan oleh otoritas pajak kendaraan setempat atau instansi terkait. Hindari sumber yang tidak dikenal.
Periksa Ulasan dan Peringkat Cek ulasan dan peringkat pengguna di toko aplikasi (Google Play Store, Apple App Store) untuk mendapatkan gambaran kualitas dan keandalan aplikasi.
Cari Aplikasi yang Memiliki Fitur Lengkap Pastikan aplikasi memiliki fitur yang lengkap, termasuk pemeriksaan pajak, perhitungan jumlah pajak, dan pengingat jatuh tempo.
Cek Ketersediaan Informasi Lengkap Pastikan aplikasi memberikan informasi pajak kendaraan yang akurat, seperti jadwal jatuh tempo, jumlah yang harus dibayar, dan lokasi pembayaran.
Pertimbangkan Keamanan dan Privasi Pilih aplikasi yang menjaga keamanan data dan privasi pengguna. Pastikan tidak ada pengumpulan data pribadi tanpa izin Anda.

Penutup

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Motor dan Mobil
Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Motor dan Mobil

Jika anda tidak punya waktu untuk bayar pajak kendaraan offline, kini anda bisa menggunakan 5 aplikasi cek pajak kendaraan yang telah kami hadirkan.

Setelah aplikasi yang anda pilih berhasil terunduh, jangan lupa untuk registrasi terlebih dahulu agar pengecekan pajak kendaraan anda nantinya bisa diproses dengan cepat.

Sekian penjelasan terkait aplikasi cek pajak kendaraan hari ini semoga membantu segala urusan anda terkait pajak kendaraan ya sobat. Terima kasih

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay