6 Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video Tanpa Aplikasi

Rohma Dearni

Apakah kamu masih bingung dengan cara mengetahui judul lagu dari video? jika iya, mari ulas dan temukan jawabanya disini.

Sudah tidak jarang kita melihat penggunaan lagu untuk menyempurnakan sebuah video. Karena mengandung lirik, musik dan irama diyakini makna dan isi video lebih cepat tersampaikan kepada penonton.

Walaupun demikian, tidak semua penonton video mengetahui judul lagu yang mereka lihat melalui youtube dan aplikasi lain yang mungkin digunakan. Oleh karena itu cara mengetahui judul lagu dari video ini akan membantu anda mengetahui judul dan menemukan lirik lagu.

Bagaimana Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video?

Sebenarnya ketidaktahuan anda mengenai judul lagu dari sebuah video bukan hal yang serius, karena banyak cara untuk mengetahui judul lagu sehingga kamu tidak akan mengalami kendala serius didalamnya. Berikut kami sajikan cara mengetahui judul lagu dari video untuk anda:

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video tanpa Aplikasi

Dalam pembahasan ini akan diulas cara mengetahui judul lagu dari sebuah video yang telah kamu lihat sebelumnya tanpa aplikasi, dimana anda cukup gunakan browser dan lakukan beberapa tindakan.

  • Penelusuran Lirik di Google

Keberadaan google yang diterima baik oleh masyarakat mmebuatnya menjadi aplikasi googling terlaris. Nah, sudah tidak heran jika google merangkup segala hal termasuk judul lagu lalu menampilkan lirik dan detail album.

Cara mengetahui judul lagu dari video
Cara mengetahui judul lagu dari video

Cara inipun mudah dilakukan, cukup dengan memasukkan tiga sampai lima kata dalam lirik lagu yang telah anda lihat, kemudian google akan bekerja dan menampilkan lagu dan lirik yang relevan sesuai pencarian. Apabila sudah tampil, kamu bisa melihat judul dari video tersebut.

  • Manfaatkan Google Assistant

google assistant
google assistant

Google assistant merupakan assistant virtual yang dikembangkan oleh google untuk melakukan percakapan dua arah dan melakukan fungsi dan tugas.

Dengan mengucapakan ”ok google” lalu dekatkan lagu video dan perangkat yang membuka google assistant. Lantas bagaimana cara kerja google assistant untuk menampilkan judul lagu? pertama sekali google akan merekam suara maupun perintah, lalu mengirimkan rekaman audio kepada google untuk di analisis.

Google akan menemukan kata yang cocok dalam kombinasi suara, jika sudah google assistant akan menampilkan judul lagu yang anda cari.

  • Melalui Situs Midomi

Selain memanfaatkan google, ada beberapa situs yang mampu mendeteksi judul lagu melalui suara bernama midomi. Penggunaanya ringan dan mudah dipahami menjadi rekomendasi situs untuk mengetahui judul lagu dari vieo yang kamu lihat.

Silahkan kunjungi situs Midomi melalui browser anda, jika sudah klik lingkaran orange berlogo midomi untuk memulai pengidentifikasian. Saat proses ini pastikan untuk mendekatkan audio video dengan midomi, lalu tunggu sebentar sampai hasil identifikasi muncul dihalaman.

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video Tanpa Aplikasi Langkah-langkah
Gunakan Google Assistant Aktifkan Google Assistant, putar video, dan tanyakan “Apa judul lagu ini?”
Pencarian Lirik Lagu Cari lirik yang didengar dalam video, lalu temukan judul lagu melalui pencarian
Tanya di Forum atau Media Sosial Unggah cuplikan video dan minta bantuan orang lain untuk mengidentifikasi lagu
Identifikasi Musik melalui Situs Web Kunjungi situs seperti Shazam atau SoundHound, ikuti instruksi untuk mengidentifikasi lagu
Tanyakan pada Penyedia Video Hubungi pengunggah video atau penyedia platform dan tanyakan judul lagu yang digunakan

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video dengan Aplikasi

Selain penggunaan browser, ada beberapa aplikasi yang mampu melakukan tugas tersebut. Berikut aplikasi terbaik untuk mengetahui judul lagu dari video yang bisa kamu coba :

  • Song Finder & Identifier

Cara mengetahui judul lagu dari video melalui aplikasi song finder & identifier, aplikasi yang melakukan identifikasi suara kilat.

Kamu akan melihat library yang memuat semua aktifitas yang kamu lakukan didalam aplikasi. Pada umumnya cara kerja aplikasi ini sama dengan google assistant hanya perlu mengidentifikasi lagu melalui suara. Berikut langkah yang perlu dilakukan jika menggunakan aplikasi berikut :

  1. Instal dan buka aplikasi song finder & identifier
  2. Aktifkan penggunaan audio saat aplikasi digunakan
  3. Siapkan musik video yang ingin diketahui judulnya
  4. Klik tap to recognize/logo aplikasi saat musik sedang diputar, pastikan musik dan aplikasi berdekatan
  5. Akan muncul judul lagu yang sesuai.
Ukuran 17 MB
Total Ulasan 4,3
Link Download Song Finder & Identifier
  • Shazam: Music Discovery

Shazam merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi suara dari video. Tidak tanggung-tanggung aplikasi ini dapat menampilkan judul lagu lalu pengguna dapat memutarnya di dalam aplikasi.

Cara menggunakan aplikasi shazam juga mudah, setelah mengunduh aplikasi berwarna biru ini segera buka dan klik logo shazam untuk memulai analisa lagu. Apabila analisa berhasil akan muncul judul, video relevan dan informasi track yang bisa anda baca. Tahap terakhir kamu bisa berbagi lagu kepada teman terdekat.

Ukuran 9,1 MB
Total Ulasan 4,8
Link Download Shazam: Music Discovery
  • Music Recognition

Berikutnya kamu bisa menggunakan aplikasi bernama music recognation sebagai cara mengetahui judul lagu dari video. Sama seperti aplikasi shazam silahkan unduh terlebih dahulu dan hidupkan pengaturan mikrofon aplikasi agar proses analisa berhasil. Lakukan tahap brikut untuk mengetahui judul lagu dari video yang anda lihat sebelumnya.

  1. Buka aplikasi music recognition
  2. Aktifkan audio saat menggunakan aplikasi
  3. Untuk memulai analisa lagu klik logo music recognition ditengah layar
  4. Tunggu sampai analisa selesai lalu judul lagu akan muncul.
Ukuran 5,5 MB
Total Ulasan 4,5
Link Download Music Recognation

Lihat juga Cara Melihat Riwayat Aplikasi yang Pernah di Download

Penutup

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video
Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video

Itulah beberapa cara mengetahui judul lagu dari video dengan dan tanpa aplikasi. Apabila sobat hanya tertarik untuk mencari judul lagu silahkan manfaatkan penggunaan situs yang kami paparkan, jika berkeinginan mendengarkan musik dan menggunakanya untuk jangka panjang gunakan salah satu dari aplikasi diatas.

Demikian pembahasan mengenai cara mengetahui judul lagu dari sebuah video, sampai bertemu dipembahasan selanjutnya.

Related Post