Review Spinjam: Jenis, Cara Daftar, Cara Pinjam Uang, Kelebihan dan Kekurangan

Melisa Utami

Baru-baru ini, tak sedikit dari kalangan masyarakat yang mengaku penasaran dan bertanya-tanya mengenai bagaimana review Spinjam (Shopee Pinjam) yang sudah banyak digunakan oleh para pengguna.

Pasalnya, salah satu marketplace tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari, akan tetapi juga bisa digunakan untuk tempat pinjaman uang online.

Karena itulah, bagi Anda di rumah yang mungkin saja merasa penasaran akan ulasan dari Spinjam sebelum memutuskan menggunakannya, maka bisa menyimak detail ulasannya di artikel berikut ini.

Mengenal Review Spinjam (Shopee Pinjam) Lengkap

Mengenal Review Spinjam (Shopee Pinjam) Lengkap
Mengenal Review Spinjam (Shopee Pinjam) Lengkap

Berbicara mengenai review Spinjam (Shopee Pinjam) sendiri, tentunya banyak dari kalangan masyarakat yang penasaran mengenai fitur pinjaman yang ditawarkan oleh marketplace Shopee ini. Terlebih lagi, Shopee diklaim sebagai salah satu marketplace yang cukup laris di Indonesia yang sudah banyak digunakan oleh kalangan masyarakat Indonesia dalam memudahkan bertransaksi online.

Basis Penawaran Shopee Pinjam

Pada dasarnya, fitur pinjaman dari Spinjam ini sendiri dikenal sebagai salah satu produk pinjaman tunai yang ditawarkan kepada seluruh pengguna aplikasi marketplace Shopee.

  • Kehadiran Spinjam di Indonesia satu ini, turut menawarkan fitur pengajuan pinjaman yang mudah dengan bunga rendah sekitar 1,5% per bulan serta memiliki sistem pembayaran cicilan dengan angsuran mulai dari 2, 3, 6 dan 12 bulan.
  • Sementara itu, mengenai limit pinjaman yang ditawarkan di Spinjam sendiri, yakni mulai dari Rp 5 juta sampai dengan Rp 20 juta.
  • Menurut informasi yang beredar, program pinjaman tunai yang ditawarkan oleh Shopee sendiri merupakan bentuk kerja sama antara pihak PT Shopee Indonesia dengan PT Lentera Dana Nusantara.

Terlepas dari hal tersebut, bagi Anda di rumah yang mungkin belum pernah menggunakan fitur pinjaman di Shopee (Spinjam), tentunya penasaran bukan mengenai review Spinjam tersebut?

Oleh sebab itulah, di bawah ini akan disajikan informasi lengkap mengenai fitur pinjaman uang Spinjam yang bisa digunakan oleh para pengguna. Yang mana, hal ini nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda, apakah ingin menggunakan fitur pinjaman Shopee tersebut atau justru sebaliknya.

Jenis-Jenis Spinjam

Jenis-jenis Spinjam
Jenis-jenis Spinjam

Jika tadi kita sudah mengulas sedikit mengenai review Spinjam dari segi pengertiannya dan informasi penting di dalamnya, maka berikutnya kita akan membahas dari jenis-jenis Spinjam itu sendiri. Dalam hal ini dikatakan, bahwa pihak Shopee turut menawarkan dua jenis fitur pinjaman yang bisa digunakan oleh para pengguna Shopee.

Yang mana, kedua jenis fitur pinjaman Shopee tersebut yakni berupa Spinjam penjual dan Spinjam pembeli. Dari kedua jenis Spinjam yang ditawarkan tersebut, pastinya Anda membutuhkan penjelasan yang lebih mendetail mengenai Spinjam penjual dan Spinjam pembeli, bukan?

Maka dari itulah, di bawah ini akan dijelaskan mengenai perbedaan di antara kedua jenis Spinjam sebelum Anda menggunakannya.

1. Shopee Pinjam Penjual / Seller

Shopee Pinjam Penjual / Seller
Shopee Pinjam Penjual / Seller

Mengenai Spinjam penjual / seller sendiri, umumnya merupakan program pinjaman tunai yang diberikan kepada pengguna yang dikategorikan sebagai penjual di aplikasi marketplace tersebut.

Ketentuan Shopee Pinjam Penjual / Seller

  • Dalam hal ini, para penjual di Shopee bisa melakukan pinjaman uang tunai tanpa agunan yang dapat ditarik kapan saja selama limit yang disediakan masih berlaku untuk digunakan.
  • Kendati demikian, perlu diketahui bahwa untuk Spinjam penjual sendiri biasanya hanya diperuntukkan untuk modal usaha dan pengembangan toko online penjual di Shopee dengan tenor 3 dan 6 bulan saja.

2. Shopee Pinjam Pembeli

Shopee Pinjam Pembeli
Shopee Pinjam Pembeli

Berbeda dengan Spinjam penjual, review Spinjam untuk pembeli sendiri hadir untuk memberikan fitur pinjaman bagi para pembeli yang terpilih di aplikasi Shopee tersebut. Nantinya, setiap pembeli yang sudah terpilih akan dengan mudah melakukan pinjaman uang tunai yang bisa ditarik kapan saja selama limit yang diberikan masih berlaku.

Ketentuan Shopee Pinjam Untuk Pembeli

  • Adapun untuk tenor yang diberikan pada fitur Spinjam pembeli sendiri, yakni mulai dari 2, 3, 6 dan 12 bulan untuk belanja ataupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari lainnya.
  • Meskipun kedua fitur Spinjam tersebut bisa digunakan sebagai tempat pinjaman uang tunai untuk para penjual dan pembeli di Shopee, akan tetapi keduanya juga memiliki perbedaan dari segi penggunaan limit yang dimilikinya.

Perbedaan Spinjam Penjual Dan Spinjam Pembeli

Agar Anda lebih paham, maka bisa melihat perbedaan dari Spinjam penjual dan Spinjam pembeli pada tabel berikut ini.

Spinjam Penjual / Seller Spinjam Pembeli
Menawarkan tenor pinjaman uang tunai yakni 3 dan 6 bulan saja. Tenor pinjaman uang tunai yang diberikan yakni mulai dari 2, 3, 6, 9 dan 12 bulan.
Suku bunga yang dikenakan untuk penjual sekitar 1,2% sampai dengan 1,5% per bulan. Khusus pembeli, suku bunga yang dikenakan yakni sekitar 2,45% per bulan.

Tata Cara Daftar Spinjam Bagi Pengguna Baru

Tata Cara Daftar Spinjam Bagi Pengguna Baru
Tata Cara Daftar Spinjam Bagi Pengguna Baru

Di tengah banyaknya orang yang menggunakan fitur pinjaman uang tunai Spinjam dan melakukan review Spinjam sendiri, tentunya Anda sendiri butuh informasi mengenai tata cara daftar Spinjam tersebut, bukan?

Untuk itulah, di bawah ini ada beberapa tips dalam melakukan pendaftaran Spinjam yang perlu diketahui dan dipahami sebelum menggunakannya.

  • Login Aplikasi Shopee di Perangkat yang Dimiliki

Login Aplikasi Shopee di Perangkat yang Dimiliki
Login Aplikasi Shopee di Perangkat yang Dimiliki

Tips daftar Spinjam bagi pengguna baru yang pertama kali harus dilakukan, yakni dengan melakukan proses login di aplikasi Shopee tersebut.

Menurut review Spinjam dari banyak pengguna, sangat disarankan bagi seseorang menggunakan akun Shopee yang sering dipakai dalam melakukan transaksi.

Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, yakni agar peluang diterimanya lebih tinggi.

  • Masuk ke Menu Spinjam

Masuk ke Menu Spinjam
Masuk ke Menu Spinjam

Langkah berikutnya, Anda nantinya hanya perlu masuk ke bagian menu fitur Spinjam tersebut yang bisa ditemukan di bagian menu “Saya”.

  1. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat dan tinggi pilih Spinjam di sebelah ShopeePayLater (SPayLater).
  2. Jika sudah, maka Anda tinggal melanjutkan proses dengan mengklik bagian menu Spinjam tersebut dan tunggu beberapa saat.
  • Mengisi Data Diri Lengkap

Mengisi Data Diri Lengkap
Mengisi Data Diri Lengkap

Nantinya, Anda akan diminta untuk melakukan pengisian data diri untuk memudahkan dalam melakukan pinjaman uang tunai di Spinjam nantinya.

Tips Mengajukan Data Diri Spinjam

  1. Jika dilihat dari review Spinjam sendiri, setiap pengguna yang ingin mendaftarkan diri di fitur tersebut harus melakukan pengisian data diri secara lengkap dan valid.
  2. Sebab dengan data diri yang sudah diisi oleh pengguna ini, nantinya akan dilakukan review terlebih dahulu dari pihak Spinjam, apakah mereka layak untuk menerima pinjaman tunai atau justru sebaliknya.
  • Memperoleh Informasi Kredit Limit Spinjam

Memperoleh Informasi Kredit Limit Spinjam
Memperoleh Informasi Kredit Limit Spinjam

Setelah pengisian data diri selesai dilakukan, maka Anda nantinya hanya perlu melakukan verifikasi wajah. Proses verifikasi ini, biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 menit saja untuk bisa memperoleh informasi apakah pengajuan pinjaman uang tunai diterima atau justru ditolak.

Apabila Anda nantinya diterima mengajukan pinjaman di Spinjam tersebut, maka akan langsung memperoleh informasi mengenai kredit limit yang sudah disediakan oleh pihak Spinjam.

  • Pengajuan dan Pencairan Uang Tunai

Pengajuan dan Pencairan Uang Tunai
Pengajuan dan Pencairan Uang Tunai

Langkah terakhir, Anda nantinya hanya perlu melakukan pengajuan pinjaman uang tunai di Spinjam tersebut. Dalam melakukan pinjaman uang di Spinjam ini, sebaiknya Anda menyesuaikan pinjaman dengan besaran kreditnya lantaran pinjaman biasanya tidak boleh melebihi kredit limit yang tersedia.

Untuk minimal pengajuan pinjaman di Spinjam sendiri, yakni sebesar Rp 200 ribu yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Tips Cara Pinjam Uang di Spinjam

Tips Cara Pinjam Uang di Spinjam
Tips Cara Pinjam Uang di Spinjam

Setelah mengetahui informasi seputar tata cara daftar Spinjam di atas, tentunya kurang lengkap jika Anda sendiri tidak mengetahui bagaimana cara pinjam uang di fitur pinjaman tersebut. Pada dasarnya, meminjam uang tunai di Spinjam sendiri cukup mudah untuk dilakukan oleh para pengguna baru.

Meskipun demikian, dalam hal ini seseorang juga perlu tahu apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan pinjaman uang di Spinjam tersebut. Adapun dari kebanyakan pengguna yang sudah melakukan review Spinjam, ada beberapa langkah yang harus diikuti oleh pengguna sampai selesai untuk memudahkan pengajuan pinjaman.

Cara Mengajukan Pinjaman Uang Via Shopee Pinjam

Beberapa langkah dalam melakukan pinjaman di Spinjam tersebut, di antaranya yakni sebagai berikut :

  1. Tips pertama, silahkan Anda buka aplikasi Shopee yang sudah terpasang di perangkat ponsel miliki Anda.
  2. Setelah halaman aplikasi Shopee terbuka, Anda hanya perlu memilih pada bagian menu “Saya” dan tunggu selama beberapa saat.
  3. Kemudian, silahkan Anda klik bagian fitur Spinjam yang sudah berhasil Anda daftarkan sebelumnya yang terletak di bagian sebelah kanan SPayLater.
  4. Apabila Anda sudah berhasil masuk pada fitur Spinjam tersebut, maka tinggal klik bagian ajukan dan pilih nominal pinjaman uang tunai yang Anda inginkan.
  5. Di samping itu, Anda juga bisa memilih jangka waktu cicilan pembayaran pinjaman tersebut.
  6. Jika sudah selesai memilih nominal dan jangka waktu cicilan pembayaran pinjaman, Anda tinggal memilih rekening bank untuk mencairkan dana pinjaman yang diinginkan.
  7. Nantinya, Anda hanya perlu menambahkan rekening bank dan pilih bagian menu ajukan sekarang.
  8. Langkah terakhir, Anda cukup menunggu selama beberapa saat saja sampai uang pinjaman tunai yang diajukan berhasil dikirimkan oleh pihak Shopee.

Review Spinjam dari Kelebihan dan Kekurangan

Review Spinjam dari Kelebihan dan Kekurangan
Review Spinjam dari Kelebihan dan Kekurangan

Di tengah banyaknya orang yang sudah melakukan review Spinjam dan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tentunya membuat tak sedikit orang mengaku tertarik untuk menggunakan fitur pinjaman tersebut.

Terlebih lagi, Spinjam satu ini sudah terdaftar dan berizin resmi di pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, hal inilah yang menjadikan penggunaan fitur pinjaman uang tunai tersebut terbukti memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna.

Daftar Kelebihan Dan Kekurangan Shopee Pinjam

Kendati demikian, di sisi lain Anda pastinya butuh informasi mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan dari fitur pinjaman tersebut, bukan? Karena itulah, di tabel berikut ini akan disajikan beberapa kelebihan dan kekurangan Spinjam dari banyaknya review Spinjam para pengguna.

Kelebihan Spinjam Kekurangan Spinjam
Proses pinjaman uang tunai lebih mudah dan cepat. Ada biaya admin yang harus dibayarkan pengguna.
Menawarkan kredit limit pinjaman yang besar hingga puluhan juta. Memiliki denda keterlambatan tagihan yang cukup besar.
Pencairan pinjaman cepat, yakni hanya dalam hitungan menit. Program Spinjam tidak semua diberikan kepada pengguna, baik kepada penjual ataupun pembeli di Shopee.
Menawarkan suku bunga yang kompetitif. Fitur Spinjam hanya dapat digunakan di aplikasi mobile.
Pengajuan pinjaman tanpa ada jaminan kepemilikan aset.

Penutup

Review Spinjam (Shopee Pinjam)
Review Spinjam (Shopee Pinjam)

Demikianlah tadi review Spinjam (Shopee Pinjam) lengkap yang bermanfaat untuk Anda. Dengan melihat ulasan dari Spinjam ini, Anda nantinya bisa memutuskan apakah akan menggunakan fitur pinjaman uang tunai tersebut atau justru sebaliknya.

Melisa Utami

Suka Makan, Berbelanja, dan Bepergian. Suka Menulis Tentang Keuangan, Bisnis, Teknologi, & Gaya Hidup Untuk Membantu Banyak Orang Sadar Tentang Keuangan Dan Bagaimana Menghadapinya Dengan Bijak.

Related Post

Tinggalkan komentar